8 Cara Foto Aesthetic dan Memukau

8 Cara Foto Aesthetic dan Memukau

Saat ini foto apa pun yang ingin Sobat Torch unggah ke media sosial perlu terlihat aesthetic. Pasalnya foto seperti ini sangat enak dipandang mata dan memperlihatkan kualitasnya yang tinggi. Justru bisnis sering terselamatkan oleh gaya foto yang aesthetic. Cara foto aesthetic bisa dibilang tricky karena tidak banyak orang mampu menguasainya.

 

Kalau Sobat Torch sedang membuka bisnis atau hanya ingin menampilkan foto pribadi dengan nuansa aesthetic maka informasi kali ini tepat dibaca sampai akhir. Torch sudah mengumpulkan serangkaian informasi yang bisa kamu praktikkan agar bisa mendapatkan hasil foto yang memuaskan. Tanpa berpanjang lebar lagi, langsung saja simak informasinya di bawah ini!

 

Apa Saja Dasar-Dasar Fotografi agar Hasil Foto Memukau?

Fotografi sejatinya tidak dilakukan sembarangan. Setiap orang yang menekuninya bahkan harus belajar dasar-dasar teknik fotografi supaya hasilnya memukau. Berikut beberapa dasar teknik foto yang perlu dipelajari dengan baik.

 

1. Motion Blur

Motion blur adalah teknik fotografi yang membuat subjek tampak bergerak dan memiliki arah dalam frame. Ini dicapai dengan memperlambat kecepatan rana atau memperpanjang waktu pemaparan selama subjek bergerak. Teknik ini digunakan untuk menunjukkan gerakan dan menciptakan dramatisasi dalam foto.

 

2. Flash Photography

Flash photography adalah teknik foto yang menggunakan flash untuk menambahkan cahaya pada subjek. Ini membantu mengatasi kurangnya cahaya dan membuat subjek terlihat lebih elas. Teknik ini sering digunakan dalam situasi indoor atau situasi dengan cahaya yang minim.

 

3. Long Exposure

Long exposure photography menggunakan waktu pemotretan yang lama untuk memotret objek bergerak. Hasil foto ini akan memperlihatkan objek yang blur atau memiliki efek seperti air yang bergerak.

 

Teknik ini membutuhkan stabilisasi kamera yang baik agar dapat menghasilkan efek yang dramatis pada objek seperti air, api, dan lalu lintas.

 

4. Macro

Macro photography mengacu pada teknik fotografi yang memfokuskan subjek dengan ukuran kecil tetapi hasil gambarnya berskala besar. Hasil foto seperti ini dicapai dengan menggunakan lensa macro atau menambahkan adaptor macro untuk lensa biasa. Teknik ini sering digunakan untuk memotret tumbuhan, serangga, dan detail-detail kecil lainnya.

 

5. High Key Photography

High key photography merupakan teknik fotografi yang menekankan pencahayaan tinggi dan latar belakang terang. Ini menciptakan foto yang terlihat cerah dan menyenangkan dengan latar belakang yang tidak mengalihkan perhatian dari objek utama.

 

High key photography umumnya digunakan untuk foto manusia, produk, dan foto gaya hidup yang menampilkan warna atau tone terang.

 

6. Black and White

Black and white photography digunakan untuk menghilangkan warna dan hanya menampilkan tonality hitam putih. Ini memfokuskan perhatian pada kontras, tekstur, dan bentuk sehingga membuat foto yang lebih dramatis.

 

Teknik ini digunakan untuk menciptakan foto yang klasik dan artistik, tetapi juga bisa menyampaikan pesan lebih kuat dibandingkan dengan foto berwarna.

 

7. Silhouette

Silhouette photography adalah teknik fotografi yang menampilkan subjek sebagai bayangan yang berlawanan dengan latar belakang terang.

 

Ini dilakukan dengan memosisikan subjek di belakang latar yang terang seperti matahari terbenam atau lampu. Teknik ini digunakan untuk menciptakan efek dramatis dan memfokuskan perhatian pada bentuk subjek.

 

Apa Saja Kriteria Foto Aesthetic?

Suatu foto dikatakan estetik apabila semua komposisi warna, subjek dan pencahayaan benar-benar seimbang. Nah sebelumnya kamu harus tahu dahulu penjelasan detail mengenai kriteria tersebut. 

 

1. Komposisi

Komposisi merupakan cara menempatkan elemen-elemen dalam frame untuk membuat karya yang harmonis dan memiliki daya tarik. Dalam fotografi estetika, komposisi memainkan peran penting dalam menciptakan suatu kesan yang kuat dan memukau. Beberapa teknik yang sering digunakan untuk memperkuat komposisi ialah rule of thirds, leading lines, dan memainkan foreground, middle ground, serta background.

 

2. Pencahayaan

Pencahayaan dapat memengaruhi suasana dan tekstur dalam sebuah foto. Dalam fotografi estetika, penggunaan pencahayaan yang tepat dapat membantu memperkuat suasana dan membuat subjek lebih menonjol.

 

Contohnya, pencahayaan yang terang dapat membuat suasana lebih cerah dan menyenangkan, sedangkan pencahayaan yang gelap dapat membuat suasana lebih misterius dan dramatis.

 

3. Warna

Warna memiliki pengaruh besar terhadap suasana dan emosi dalam sebuah foto. Dalam fotografi estetika, warna yang harmonis dan konsisten dapat membantu membangun suasana serta memperkuat pesan yang ingin disampaikan.

 

4. Subjek

Subjek jelas menjadi bagian penting dari sebuah foto. Dalam fotografi estetika, subjek harus menarik dan memiliki pesan atau cerita yang kuat. Sebuah subjek yang memiliki daya tarik atau makna dalam konteks karya akan membuat foto lebih menarik.

 

5. Teknik Fotografi

Teknik fotografi seperti depth of field, perspektif, dan rule of thirds dapat membantu memperkuat komposisi sekaligus memberikan kesan yang kuat dalam foto. Teknik ini dapat membuat subjek lebih menonjol seperti membuat suatu kesan yang kuat dan memukau.

 

6. Editan

Editan ialah proses pengolahan foto setelah diambil. Editan yang minimal dan tidak berlebihan dapat membantu memperkuat konsep serta membangun suasana yang konsisten. Editan yang berlebihan justru dapat mengurangi kualitas dan authenticity.

 

Apa Saja Tips dan Cara Foto Aesthetic serta Memukau dengan HP?

Kalau sebelumnya kamu sudah dikenalkan dengan berbagai teknik dasar fotografi maka sekarang saatnya untuk mulai mencoba mempraktikannya. Tidak apa-apa kalau kamu belum menguasai setiap tekniknya dengan baik. Beberapa cara berikut bisa jadi langkah awal yang baik untuk memulainya. 

 

1. Mirror Photoshoot

Mirror photoshoot merupakan cara mengambil objek foto dengan memanfaatkan kaca besar yang ada di rumah atau studio foto. Mengambil gambar dari kaca bisa sangat aesthetic kalau didukung dengan pencahayaan yang tepat. Jadi memang sangat baik untuk mengambil gambar saat ada cahaya alami dari matahari.

 

2. Maksimalkan Properti

 

Penggunaan properti yang ada juga bisa dimaksimalkan untuk membuat foto aesthetic. Saat ini penggunaan bunga sebagai properti untuk dekorasi meja atau frame bisa sangat aesthetic. Kamu juga bisa memanfaatkan tembok putih polos dengang beberapa mannequin atau balok untuk menghasilkan foto dengan komposisi yang seimbang.

 

3. Temukan Angle Foto dan Cahaya yang Tepat

Fotografi terkadang tidak selalu berbicara soal subjek yang cantik dan menawan. Justru seringkali para fotografer berusaha keras mencari angle pose dan cahaya terbaik supaya hasil fotonya pun memukau. Memang agak tricky soal angle pose dan cahaya, tetapi makin banyak kamu berlatih maka menemukan keduanya tidak akan sulit.

 

4. Buat Background yang Aesthetic

Membuat background yang aesthetic sebenarnya tidak sulit. Kebanyakan background aesthetic justru menampilkan kesederhanaan tetapi tetap terlihat mewah dan menawan. Hal-hal yang paling menjadi fokus adalah bagaimana kamu ingin membuat mood atau suasana ketika menghasilkan foto tersebut.

 

5. Manfaatkan Aplikasi Edit Foto

Last but not least, foto yang telah kamu hasilkan membutuhkan beberapa tambahan sehingga hasilnya sempurna. Entah itu menambahkan filter, mengubah exposure, dan lain sebagainya. Makin pandai kamu menggunakan aplikasi photo editing maka main baik juga foto yang dihasilkan.

 

6. Mengaktifkan Grid

Salah satu cara yang tidak boleh terlewatkan untuk mengambil foto yang estetik menggunakan HP khususnya android adalah dengan mengaktifkan grid pada layar. Grid adalah garis bantu yang ditampilkan di layar dan membantu Sobat Torch dalam membagi posisi foto objek.

 

Posisi objek yang ideal pada umumnya terletak di titik perpotongan grid atau berada di tengah-tengah. Dengan memposisikan objek secara tepat di tengah-tengah, Kamu juga tidak perlu khawatir bahwa hasil foto nantinya tidak akan terlihat miring.

 

7. Mengatur Shutter Speed

Untuk memperoleh foto yang estetik, penting bagi Sobat Torch untuk mengatur shutter speed pada kamera kamu. Hal ini sangat bermanfaat pada saat kamu ingin mengambil foto berdasarkan cahaya yang ditangkap oleh kamera.

 

8. Memakai Fitur ISO

Jika kamu ingin memotret berdasarkan cahaya, maka kamu bisa mengaktifkan ISO. Fitur kamera satu ini berfungsi untuk mengatur tingkat sensitivitas lensa kamera HP terhadap cahaya. Dengan meningkatkan ISO, sensitivitas lensa terhadap cahaya juga meningkat.

 

Jika Sobat Torch sedang memotret pada siang hari dengan pencahayaan yang terang, kamu dapat mengatur ISO pada tingkat rendah. Sebaliknya, jika kondisi pencahayaan kurang terang seperti malam hari, kamu dapat meningkatkan tingkat ISO untuk menambah kekurangan cahaya tersebut.

 

Apa Saja Aplikasi Edit Foto Aesthetic di HP?

Menghasilkan foto yang aesthetic tidak perlu mahal kok Sob! Kamu bisa mulai dengan aplikasi editing yang tersedia gratis di App Store maupun Play Store. Beberapa contoh aplikasinya ialah sebagai berikut. 

 

1. VSCO Cam

VSCO CAM menawarkan fitur pengeditan lanjutan, termasuk penyesuaian dan preset (filter) tingkat profesional. Ada banyak preset menarik yang bisa kamu coba sekaligus berbagai pengaturan untuk bikin foto aesthetic terbaik.

 

Aplikasi ini juga menyediakan platform komunitas untuk berbagi dan menemukan foto yang menginspirasi. Pemakaian aplikasinya dibuat user-friendly sehingga sangat berguna mendukung pemotretan sekaligus pengeditan foto dan video.

 

2. PicsArt Studio

PicsArt juga memiliki berbagai filter dan tool yang disediakan untuk membantu pengguna dalam mengekspresikan diri melalui pengeditan foto. Aplikasi satu ini menawarkan pengeditan foto dan template untuk membuat kolase foto yang menarik serta up-to-date sehingga cocok untuk kamu yang aktif di media sosial.

 

3. Adobe Lightroom

Adobe Lightroom adalah salah satu aplikasi yang bisa menjadi pilihan utama untuk melakukan pengeditan foto melalui smartphone. Aplikasi yang tersedia gratis di Google Play Store dan App Store ini dapat membantu kamu dalam mengedit foto, misalnya seperti menghilangkan objek yang mengganggu, sehingga hasil akhirnya tampak lebih halus dan bagus. Bukan sampai disitu saja, Adobe Lightroom juga mempunyai fitur yang berguna untuk memperhalus dan mempertajam kedalaman warna dalam foto.

 

4. Adobe Photoshop Express

Adobe Photoshop Express disebut-sebut sebagai aplikasi edit foto terbaik dan pilihan yang familiar bagi mereka yang sering mengedit foto. Aplikasinya cepat dan mudah digunakan sehingga sangat cocok untuk pemula maupun profesional. Desainnya yang minimalis dan sederhana menarik bagi penggemar kecantikan visual.

 

Foto aesthetic merupakan salah satu gaya fotografi yang sedang populer saat ini. Untuk menciptakan foto aesthetic, kamu harus memperhatikan detail, warna, dan komposisi. Dalam proses editing, kamu bisa memanfaatkan berbagai aplikasi untuk menghasilkan foto sesuai yang diinginkan.

 

Jangan ragu lagi untuk bereksperimen dan mengeksplorasi cara foto aesthetic yang unik dan kreatif! Selain cara foto, penampilan Sobat Torch pastinya juga harus aesthetic.

 

Di official store Torch, tersedia berbagai pakaian, tas, dan aksesoris trendy yang akan membuat penampilanmu makin aesthetic. Langsung saja coba mix and match produk Torch favoritmu sekarang!

Back to blog

Leave a comment