BEST SELLER

WAIST BAG

TRAVEL POUCH

BACKPACK

LIGHT TRAVEL BACKPACK

TRAVEL BACKPACK

PACKING ORGANIZER

OFFICE SERIES

OFFICE TOTEBAG

OFFICE SLEEVE

CASUAL CAMPING

UMBRELLA

GLASSES

MULTIFUNCTIONAL TOOLS

ARRAFA SANDAL

JACKET

T-SHIRT

PANT

SHIRT

OUTERWEAR

NECK WALLET

KEYCHAIN

WALLET

KONFIRMASI PEMBAYARAN

#TORCHSTORY

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

This section doesn’t currently include any content. Add content to this section using the sidebar.

Image caption appears here

Add your deal, information or promotional text

4 Cara Melatih Otot Kaki untuk Perjalanan Jauh

Apakah kamu sering merasa lelah saat melakukan perjalanan jauh? Jika ya, maka Sobat Torch harus memahami cara melatih otot kaki supaya lebih kuat, cepat, dan stabil. Sebab, otot kaki yang kuat dapat menjaga keseimbangan tubuh dan mengantisipasi rasa lelah yang muncul saat melakukan perjalanan. 

Melatih otot kaki memberikan banyak manfaat, terutama bagi Sobat Torch yang punya hobi naik gunung. Otot kaki yang stabil dapat membantumu melewati berbagai rintangan selama mendaki gunung. Tidak hanya itu, terdapat berbagai manfaat lainnya dari melatih otot kaki secara konsisten yang akan diuraikan di bawah ini. 

Apa Manfaat dari Melatih Otot Kaki?

Penting untuk konsisten dalam melatih otot kaki, lantaran bisa membuat tubuh lebih mudah beradaptasi dengan bentuk latihan lain. Secara keseluruhan, melatih otot kaki memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Simak berbagai manfaatnya di bawah ini. 

1. Membantu Membakar Lebih Banyak Kalori

Sebagian otot besar pada tubuh manusia berada di bagian kaki, seperti Gluteus Maximus di area bokong, Quadriceps di bagian paha depan, dan Hamstring di bagian belakang paha. Ketika Sobat Torch melatih kekuatan kaki, tubuh akan membentuk otot dan membakar lebih banyak kalori, khususnya pada ketiga area otot tersebut. 

2. Meningkatkan Kestabilan dan Keseimbangan

Sejumlah latihan pada otot kaki mampu meningkatkan daya cengkeram dan meningkatkan kestabilan serta keseimbangan tubuh. Otot kaki yang stabil dan seimbang dapat menjadi penyangga tubuh yang baik. Bahkan pada perempuan dapat memudahkan mereka saat berjalan menggunakan hak tinggi. 

3. Meminimalisir Risiko Cedera Punggung

Otot tubuh bekerja secara terkoneksi. Jadi, saat kamu melatih satu bagian, maka otot pada bagian tubuh lain akan mendapat rangsangan yang sama meskipun tidak terlalu intens. Dalam hal ini, saat kamu melatih otot kaki, maka otot punggung akan ikut terangsang dan menjadi kuat. Alhasil dapat meminimalisir risiko terjadinya cedera punggung.

Baca Juga: Cara Menentukan Style Pendaki Gunung yang Tepat

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Melatih otot kaki dengan latihansquat, step-up,danleg extensiondapat meningkatkan sistem metabolisme yang baik dibandingkan aktivitas fisik lainnya. Ketika sistem metabolisme meningkat, maka tubuh akan membakar energi lebih cepat. Jadi, makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak akan menjadi lemak, lantaran kamu memiliki sistem metabolisme yang baik.

5. Mendapatkan Tubuh yang Atletis

Perlu dipahami terlebih dahulu bahwa atletis tidak hanya tentang penampilan saja, tetapi juga fungsional. Memiliki tubuh yang atletis artinya kamu bisa bergerak lincah, fleksibel, dan bergerak aktif daripada mereka yang jarang melatih otot kakinya. 

melatih otot kaki

Bagaimana Cara Melatih Otot Kaki untuk Perjalanan Jauh

Terdapat beberapa cara melatih otot kaki yang dapat Sobat Torch lakukan di rumah secara mandiri. Latihan ini berupa gerakan-gerakan sederhana seperti peregangan yang dilakukan minimal tiga kali dalam seminggu. Simak berbagai bentuk gerakan tersebut pada uraian di bawah ini.

1.Squats

Squat termasuk gerakan melatih otot kaki yang sederhana, tetapi efektif untuk memperkuat dan mengencangkan otot-otot pada kaki. Untuk mempraktikkannya, Sobat Torch dapat berdiri dengan kaki yang terbuka lebar dan juga posisi punggung yang lurus. 

Tekuk lutut dan turunkan bokong ke bawah. Tahan pada posisi tersebut selama 5 detik, kemudian naikkan tubuh kamu ke posisi berdiri. Sobat Torch dapat melakukansquatminimal 10 kali dalam sehari.

Baca Juga: 3 Tips Jalan-jalan ke Bandung yang Aman dan Nyaman

2.Side Lunges

Gerakanside lungesdapat membantu memperkuat otot paha dan meningkatkan fleksibilitas. Latihan ini melibatkan seluruh otot, termasuk pada bagian depan dan belakang paha.Untuk melakukannya, kamu dapat berdiri dengan kaki yang terbuka selebar pinggul. Lalu jaga punggung kamu untuk tetap lurus.

Gerakan pertama yang harus kamu lakukan yaitu mengambil langkah besar ke samping sambil menurunkan lutut hingga menekuk sekitar 90 derajat. Pada posisi ini tahan dada agar tetap lurus dan kencang. Ulangi gerakan ini pada posisi lainnya. Jika gerakan pertama dimulai ke arah kiri, maka selanjutnya bisa dilakukan ke arah kanan. Lakukan gerakan ini secara rutin, minimal 5 kali dalam sehari.

3.Side Leg Raises

Gerakanside leg raisesdinilai efektif dalam meningkatkan kekuatan otot pada paha luar dan pinggul. Latihan ini menargetkan otot Gluteus Maximus yang dapat membantu menstabilkan tubuh, meningkatkan daya tahan otot pinggul, dan membantu gerakan pinggul menjadi lebih fleksibel. 

Cara melakukannya yaitu dengan berbaring dan meluruskan posisi kaki. Lalu, angkat kaki bagian atas ke arah langit-langit dan turunkan secara perlahan. Saat mengangkat kaki, pastikan kamu mengangkat pinggul dan bokong ya, bukan punggung bawah. Ulangi gerakan ini sebanyak 12 kali untuk mendapat hasil maksimal.

Baca Juga: Punya Hobi Naik Gunung? Inilah 5 Tips Hiking untuk Pemula

4.Calf Raises

Gerakancalf raisesmenargetkan otottibialis posterior, gastrocnemius,dansoleuspada bagian tungkai bawah. Sobat Torch dapat berdiri dengan satu kaki dan kaki lainnya ditekuk hingga 90 derajat.

Jaga agar posisi tulang belakang kamu dalam kondisi lurus. Kemudian, tahan posisi ini sekitar 5 detik, lalu turunkan jari kamu ke bawah hingga terkena lantai. Untuk mendapat hasil yang maksimal, lakukan gerakan ini setidaknya 15 kali dalam satu hari. 

Demikian cara melatih otot kaki yang dapat Sobat Torch lakukan di rumah secara mandiri. Otot kaki yang kuat dapat menjadi modal utama untuk melakukan perjalanan jauh, terutama saat melakukanhiking, trekking,maupuntraveling.Terlebih saat melakukan ketiga aktivitas tersebut, kamu akan membawatravel backpackyang memuat berbagai barang bawaan.

Supaya perjalanan kamu lebih nyaman dan praktis, Sobat Torch dapat menggunakan  Travel Backpack Takahagi  yangcabin friendlymeskipun ukurannya besar. Tersediatrolly strapyang berfungsi mengikat tas ini ke koper yang kamu bawa. Efisien banget kan Sob tas yang satu ini? Kunjungi  official websiteTorch  sekarang juga untuk mendapatkannya. 

Cari