WAIST BAG

TRAVEL POUCH

BACKPACK

LIGHT TRAVEL BACKPACK

TRAVEL BACKPACK

PACKING ORGANIZER

OFFICE SERIES

OFFICE TOTEBAG

OFFICE SLEEVE

CASUAL CAMPING

UMBRELLA

GLASSES

MULTIFUNCTIONAL TOOLS

ARRAFA SANDAL

JACKET

T-SHIRT

PANT

SHIRT

OUTERWEAR

NECK WALLET

KEYCHAIN

WALLET

KONFIRMASI PEMBAYARAN

#TORCHSTORY

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

Marvel Black Panther

This section doesn’t currently include any content. Add content to this section using the sidebar.

Image caption appears here

Add your deal, information or promotional text

 Ini Dia 5 Cara Memperbaiki Resleting yang Rusak

Resleting tas kamu rusak? Jangan langsung beli tas yang baru ya Sob, karena resleting kamu bisa diperbaiki menggunakan peralatan sederhana yang bisa ditemukan di rumah. Cara memperbaiki resleting rusak salah satunya dapat dilakukan dengan menggunakan lilin sebagai pelumas.


Tidak jarang resleting yang rusak disebabkan gigi resleting yang nyangkut, sehingga membutuhkan pelumas untuk kembali bekerja seperti semula. Jika di rumah kamu tidak ada lilin, maka Sobat Torch bisa menggunakan alternatif pelumas yang lain. Apa saja itu? Simak uraiannya di bawah ini ya.


Apa Itu Resleting?


Resleting merupakan alat yang digunakan untuk menyambungkan dua potong kain. Biasanya digunakan dalam pakaian, berbagai model tas, koper, perlengkapan berkemah, alat-alat olahraga, dan lain sebagainya.


Salah satu kegunaan resleting yaitu dapat mempercepat proses membuka pakaian, tas, dan lainnya dibandingkan menggunakan tali atau kancing. Umumnya, resleting terdiri dari dua potong kain yang disambungkan dengan puluhan gigi yang terbuat dari metal atau plastik.


Penarik resleting dapat dioperasikan menggunakan tangan yang bergerak di sepanjang deretan gigi-giginya. Di dalam penariknya terdapat saluran berbentuk Y yang berfungsi menyambungkan atau memisahkan gigi yang saling berhadapan.


Kenapa Resleting Tas Macet?


Sepertinya hampir semua orang pernah mengalami kemacetan resleting pada tas yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Entah itu macet akibat nyangkut, salah satu gigi resleting lepas, atau justru suka turun sendiri secara tiba-tiba. Kira-kira karena apa ya? Cari tahu penyebabnya di bawah ini ya Sob.


1. Terdapat Benang Halus pada Kepala Slider


Resleting yang macet meski sudah ditarik dengan sekuat tenaga biasanya disebabkan karena slider atau kepala resleting dipenuhi benang-benang halus di sekitarnya. Bisa juga disebabkan gigi resleting yang mengalami kekeringan, sehingga membutuhkan pelumas supaya bisa digunakan kembali.


2. Gigi Resleting Kotor dan Slider yang Bengkok


Kedua kondisi ini dapat menyebabkan resleting macet, bahkan resleting tidak bisa menutup dengan sempurna. Biasanya disebabkan karena Sobat Torch tidak menjaga kebersihan tas dan terlalu banyak membawa barang bawaan, sehingga slider tidak bisa menutup seperti biasanya.


3. Salah Satu Gigi Resleting Lepas atau Sobek


Resleting tas yang macet dapat disebabkan juga karena resleting yang lepas atau sobek. Jika kamu hendak memperbaikinya, maka Sobat Torch perlu menjahit gigi resleting yang lepas tersebut supaya bisa kembali berfungsi dengan baik.


Bagaimana Cara Memperbaiki Resleting yang Rusak?


Resleting tas yang rusak dapat diperbaiki sendiri dengan menggunakan peralatan sederhana yang Sobat Torch miliki di rumah. Mulai dari lilin, sabun, pensil, hingga jarum dan benang. Kalau begitu, mari simak cara memperbaiki resleting rusak dengan menggunakan alat-alat tersebut di bawah ini.


1. Gunakan Lilin


Lilin berfungsi sebagai pelumas untuk memperbaiki resleting yang macet. Aplikasikan lilin pada bagian gigi resleting secara berulang, hingga resleting tersebut bisa digunakan kembali. Namun, Sobat Torch perlu berhati-hati saat menggunakan metode ini, lantaran noda lilin bisa menempel pada tas dan sulit dihilangkan.


2. Memakai Sabun


Selain lilin, Sobat Torch dapat menggunakan sabun sebagai alternatif pelumas. Sebenarnya sabun jauh lebih licin dibandingkan lilin. Cara memperbaikinya yaitu cukup dengan menggosokkan sabun beberapa kali saja pada resleting yang macet tersebut. Jika sudah, tarik resleting dan lihat seberapa lancar resleting yang telah kamu perbaiki itu.


3. Memakai Pensil


Pensil mengandung grafit. Untuk grafit sendiri mengandung minyak alami dari lapisan atom karbon, sehingga dapat menggelincir dengan mudah. Nah, cara memperbaiki resleting yang macet dengan pensil yaitu menghitamkan seluruh gigi resleting. Jika sudah, Sobat Torch dapat mengeceknya dengan menaikkan dan menurunkan resleting tersebut.


4. Gunakan Jarum dan Benang


Gigi resleting yang bengkok dapat menjadi salah satu penyebab resleting macet dan mengalami kerusakan. Kondisi ini bahkan dapat mengakibatkan resleting sulit dibuka, ditutup, dan sulit digerakkan. Penyebab kerusakan resleting ini biasanya terjadi dengan sendirinya, lantaran resleting terlalu sering digunakan.


Gunakan jarum dan benang untuk memperbaiki penyebab resleting macet ini. Pertama, luruskan terlebih dahulu gigi resleting yang bengkok menggunakan tang. Setelah itu, jahit resleting dengan warna benang yang selaras dengan tas untuk meluruskan kembali gigi resleting yang bengkok.


Terakhir, cek resleting tas dengan menggerakkannya ke atas dan ke bawah sebanyak 2-4 kali. Jika sudah tidak macet, maka resleting berhasil diperbaiki.


5. Gunakan Petroleum Jelly


Petroleum jelly umum digunakan sebagai pelembab bibir yang memiliki kandungan minyak yang cukup banyak. Oleh sebab itu, petroleum jelly menjadi salah satu alternatif pilihan pelumas yang dapat Sobat Torch gunakan untuk memperbaiki resleting yang rusak akibat macet.


Untuk mengaplikasikan petroleum jelly pada resleting bisa menggunakan alat bantu cotton bud. Oleskan petroleum jelly hingga resleting benar-benar bisa berfungsi seperti sedia kala. Petroleum jelly aman digunakan lantaran tidak meninggalkan noda serta mudah larut dalam air.


Nah, itu dia cara memperbaiki resleting rusak menggunakan peralatan sederhana yang bisa ditemukan di rumah. Mudah bukan? Namun, sebaiknya Sobat Torch menghindari penyebab resleting macet dengan menyimpan barang sesuai dengan kapasitas tas tersebut. Jika dipaksa, maka akan berakhir dengan resleting yang macet dan rusak.


Jika Sobat Torch memerlukan tas traveling dengan kapasitas yang cukup luas, Kashiba 3L Travel Pouch solusinya. Tas ini dapat menyimpan kebutuhan traveling seperti pasport, dompet, ponsel, dan alat tulis dengan rapi. Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi official website Torch untuk mendapatkan tas keren dan efisien tersebut sekarang juga!

Sale Off
Hamura Waist Bag - Caviar Black
Rp 138,000.00Rp 103,500.00
Sale Off
Hamura Waist Bag - Dark Grey
Rp 138,000.00Rp 110,400.00
Sale Off
Kashiba 3L Travel Pouch - Caviar Black
Rp 168,000.00Rp 151,200.00
Sale Off
Hamura Waist Bag - Legion Blue
Rp 138,000.00Rp 107,640.00
Sale Off
Kashiba 3L Travel Pouch - Everglade Tosca
Rp 168,000.00Rp 139,440.00
Sale Off
Kashiba 3L Travel Pouch - Dark Grey
Rp 168,000.00Rp 151,200.00
Sale Off
Kashiba 3L Travel Pouch - Sicamore Green
Rp 168,000.00Rp 134,400.00
Sale Off
Kanzaki 30 Liter - Legion Blue
Rp 999,000.00Rp 899,100.00

Cari