2 Cara Memperbaiki Tas yang Mengelupas

2 Cara Memperbaiki Tas yang Mengelupas

Tas yang sering digunakan untuk berbagai aktivitas sehari-hari bisa membuat jahitannya terlepas atau bahkan mengelupas. Intinya tas yang Sobat Torch gunakan bisa saja rusak akibat usia pemakaian yang terlampau cukup lama. Namun kalau Sobat Torch masih ingin menggunakannya, ada beberapa cara memperbaiki tas yang mengelupas.

 

Perbaikannya pun tidak bisa sembarangan karena kesalahan yang kamu lakukan bisa berakibat fatal pada daya tahan tas pada kemudian hari. Jadi simak baik-baik informasi yang akan dijelaskan berikut ini untuk mendapatkan pemahaman yang menyeluruh!

 

Apa Saja Penyebab Tas Mengelupas?

Tas bisa mengelupas karena banyak alasan berbeda. Bisa dari penggunaannya yang terlalu sembarangan, tidak dirawat dengan baik, dan lain sebagainya. Bahkan penyimpanan yang salah juga bisa menjadi penyebab terkelupasnya tas kamu yang baru saja dibeli. Coba baca penjelasannya berikut ini. 

 

1. Terkena Panas Sinar Matahari Langsung dalam Waktu Lama

Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa merusak tas dan menyebabkannya mengelupas. Apalagi kalau tas yang kamu punya menggunakan bahan-bahan yang sensitif terhadap panas. Contohnya seperti tas berbahan kulit asli dan sintetis.

 

Kalau pun kamu harus keluar menggunakan tas tersebut, jangan biarkan tas kulit berada dalam waktu cukup lama di bawah sinar matahari.

 

2. Tempat Penyimpanan Tas Sangat Lembap

Penyimpanan tas yang tidak baik juga bisa membuatnya menjadi mengelupas. Pasalnya penyimpanan tas apa pun perlu diperhatikan baik-baik. Jangan sampai justru tas disimpan di tempat yang terkena bocor atau dekat dengan sumber air lainnya.

 

Percuma saja apabila kamu membeli tas berkualitas tetapi penyimpanannya salah karena tas tersebut cepat atau lambat pasti akan mengelupas juga.

 

3. Bahan Pembersih yang Digunakan Tidak Sesuai

Penggunaan bahan pembersih yang tidak tepat lama-kelamaan bisa menyebabkan tas jadi mengelupas. Pasalnya memang penggunaan bahan pembersih untuk masing-masing barang perlu dibedakan.

 

Kekuatan masing-masing bahan ketika bertemu dengan bahan kimia dalam pembersih juga berbeda. Jadi jangan samakan penggunaannya dengan semua bahan pembersih agar tas yang kamu punya bisa digunakan untuk periode waktu yang panjang.

 

4. Membersihkan Tas dengan Alat yang Kasar

Nah penyebab lainnya dari tas bisa mengelupas ialah karena cara pembersihannya yang salah. Kalau kamu menemukan noda di tas kemudian dibersihkan dengan menggunakan sikat baju maka tidak heran kalau pada akhirnya akan banyak bagian yang mengelupas.

 

Ada baiknya gunakan alat-alat yang sudah dianjurkan. Mencari alat membersihkan tas juga tidak sulit karena kamu bisa mendapatkannya melalui berbagai e-commerce. 

 

5. Jarang Dibersihkan

Kebanyakan orang yang memiliki tas tidak membersihkannya setelah penggunaan. Biasanya tas akan langsung digantung atau disimpan begitu saja. Padahal setelah pemakaian di luar ruangan, tas sangat mudah menjadi kotor akibat debu atau kotoran lainnya yang ada di jalanan. Lama-kelamaan kotoran debu tersebut akan menumpuk dan menimbulkan jamur.

 

Kemudian secara tidak disadari tas mulai mengelupas dan tidak mampu lagi menampung beban barang bawaan yang berat. Akhirnya tas tersebut hanya dijadikan pajangan atau bahkan dibuang karena tidak lagi bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Bagaimana Cara Memperbaiki Tas yang Mengelupas?

Apabila kamu menyadari tas yang mengelupas di tahap awal maka masih ada kesempatan untuk memperbaikinya. Setidaknya ada dua cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membuatnya menjadi baru lagi atau setidaknya bisa digunakan seperti sediakala.

 

1. Gunakan Pelembap Tas

Penggunaan pelembap tas bisa menjadi solusi cepat untuk memperbaiki tas yang mengelupas. Biasanya pelembap tersebut sudah dilengkapi dengan alat untuk mengoleskannya sehingga pengaplikasian ke tas menjadi lebih mudah.

 

Coba oleskan pelembap tersebut secara menyeluruh dan gosok dengan halus. Kemudian coba biarkan tas di tempat terbuka agar bisa mengering sempurna. Jika sudah maka kamu bisa menggunakannya kembali atau menyimpannya dengan baik di lemari yang kering.

 

2. Bawa ke Tempat Reparasi Tas

Apabila pengelupasan tas sudah cukup parah hingga kamu tidak bisa memperbaikinya sendiri maka ada baiknya serahkan kepada profesional di bidangnya. Saat ini pun sudah ada banyak tempat reparasi yang bisa memperbaiki tas mengelupas dengan mudah.

 

Meski harus mengeluarkan biaya yang cukup besar, tetapi hal ini sepadan dengan hasil yang akan didapatkan. Hasilnya pun lebih terjamin daripada dilakukan sendiri karena mereka sudah sering melakukan perbaikan.

 

Bagaimana Cara Merawat Tas agar Tidak Cepat Mengelupas?

Sebelum semua tas yang ada rusak atau mengelupas, pastikan kamu telah merawatnya dengan cara tepat. Ingat juga untuk selalu melakukan perawatan demi menjaga kualitasnya tetap baik seperti pertama kali membelinya. Coba ikuti beberapa cara merawatnya berikut ini.

 

1. Simpan di Tempat yang Tepat

Saat menyimpan tas, pastikan untuk meletakkannya di tempat yang tepat. Hindari menyimpan tas di tempat yang lembap, panas, atau terkena sinar matahari secara langsung. Sebaiknya simpan tas di tempat yang kering dan sejuk, seperti di dalam lemari atau di bawah tempat tidur.

 

2. Bersihkan secara Teratur

Kemudian bersihkan tas secara teratur agar tidak ada jahitan yang lepas atau kotoran yang menumpuk. Pasalnya semua kotoran yang dibiarkan begitu saja dapat membuat tas mengelupas. Membersihkannya pun harus sesuai dengan bahan masing-masing tas.

 

Contohnya seperti bahan kulit yang perlu dibersihkan dengan menggunakan kain lembut agar permukaannya tidak tergores. Kemudian tambahkan bahan pembersih khusus yang dianjurkan. Lalu barulah tas kulit tersebut diberikan pelembap yang dapat membuat kualitasnya kembali bagus.

 

3. Hindari Paparan Sinar Matahari secara Langsung

Paparan sinar matahari bukan hanya tidak bagus ketika mengenai kulit, tetapi juga untuk tas. Panasnya sinar matahari yang langsung mengenai tas bisa melelehkan bahan kimia tertentu yang digunakan di dalamnya.

 

Belum lagi kalau tas kamu menggunakan lem yang rentan dengan suhu panas. Jadi ingat untuk tidak membiarkan tas berada di bawah sinar matahari secara langsung.

 

4. Gunakan Pelembap Tas

Pastikan kamu selalu mengaplikasikan pelembap tas khusus yang dapat membantu menjaga kualitas dari tas tersebut. Biasanya pemakaian satu sampai dua kali dalam seminggu sudah cukup untuk membuat kualitas kulit seperti semula. Jadi jangan sampai lupa untuk menggunakannya demi daya tahan tas.

 

5. Hindari Kontak dengan Bahan Kimia

Bahan kimia seperti parfum, hair spray, atau produk pembersih rumah tangga bisa merusak kulit tas dan membuatnya cepat mengelupas. Jadi sebaiknya hindari menyemprotkan atau mengoleskan bahan kimia pada kulit tas secara langsung kalau kamu tidak mau merusaknya.

 

Apabila tas tidak sengaja terkontak dengan bahan kimia maka segera bersihkan menggunakan kain lembut yang dibasahi air bersih.

 

Jadi itu dia cara-cara memperbaiki tas yang mengelupas. Apabila Sobat Torch sudah melakukan apa yang bisa dilakukan mandiri tetapi tidak berhasil juga maka langsung saja bawa ke tukang reparasi tas yang ahli.

 

Namun kalau tas yang digunakan sudah sangat rusak maka tidak ada cara lain selain dibuang dan membeli tas baru. Jika kamu ingin membeli tas yang baru maka pastikan kualitas bahan yang digunakan bagus serta tahan lama.

 

Periksa juga bagaimana kapasitasnya serta akses kompartemen yang diberikan. Apabila semua aspek tersebut tersedia maka kamu bisa membelinya tanpa khawatir tas akan rusak dalam waktu yang cepat.

 

Ingin memiliki tas berkualitas yang terbukti kuat, cari saja di Torch! Berbagai jenis tas yang kamu butuhkan semuanya tersedia di Torch. Mulai dari neck wallet, travel pouch, waist bag, daypack, dan backpack. Desainnya pun sangat keren yang menjadi tren di kalangan anak kuliah maupun pekerja.

 

Beberapa contoh tasnya seperti Marvel Hongcheon Daypack 22 L, Songhwa Daypack 19L - Navy, Neck Wallet Ama - Caviar Black, Marvel Black Panther (Patches) Galsan, Kanzaki 30 Liter - Jet Black, dan masih banyak lagi.

 

Kalau kamu ingin menemukan tas favorit yang sesuai dengan kebutuhan, coba langsung saja kunjungi Official Store Torch sekarang!

Back to blog

Leave a comment