BEST SELLER

WAIST BAG

TRAVEL POUCH

BACKPACK

LIGHT TRAVEL BACKPACK

TRAVEL BACKPACK

PACKING ORGANIZER

OFFICE SERIES

OFFICE TOTEBAG

OFFICE SLEEVE

CASUAL CAMPING

UMBRELLA

GLASSES

MULTIFUNCTIONAL TOOLS

ARRAFA SANDAL

JACKET

T-SHIRT

PANT

SHIRT

OUTERWEAR

NECK WALLET

KEYCHAIN

WALLET

KONFIRMASI PEMBAYARAN

#TORCHSTORY

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

This section doesn’t currently include any content. Add content to this section using the sidebar.

Image caption appears here

Add your deal, information or promotional text

Ini Dia 5 Ciri-Ciri Tenda yang Cocok Digunakan untuk Hiking

Saat hendak mendaki gunung, ciri-ciri tenda yang aman dan nyaman menjadi salah satu perlengkapan yang wajib kamu perhatikan. Apalagi Sobat Torch berencana berkemah di area gunung tersebut. Lalu, bagaimana cara mengetahui tenda yang hendak digunakan aman? Simak artikel ini hingga tuntas untuk menemukan jawabannya. Namun, sebelum itu, pahami dulu apa ituhikingatau mendaki gunung di bawah ini. 

Apa ituHiking?

Hikingmerupakan proses mendaki gunung dengan jarak tempuh yang lebih ringan daripadatrekking.Biasanya jarak tempuh tersebut berkisar antara 3 km sampai 50 km. Juga, waktu yang digunakan untuk menempuh jarak tersebut lebih pendek, yaitu 5-8 jam, kecuali kamu memang berencana untuk berkemah di gunung tersebut untuk menikmati alam lebih lama.

Kegiatanhikingidentik dengan aktivitas rekreasi, sebab mampu menghilangkan stres dan meningkatkan hormon endorfin. Oleh sebab itu, kegiatanhikingrutin dilakukan pada waktu libur, sepertiweekenddan libur nasional. Selain itu, berbagai studi menyatakan bahwahikingmemiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan, baik itu fisik maupun mental.

Bagaimana Cara Menentukan Tenda yang Cocok untuk DigunakanHiking?

Terdapat berbagai macam tenda yang bisa Sobat Torch gunakan saathiking.Namun, sebelum itu pahami dulu cara menentukan tenda yang cocok untuk digunakan di area gunung supaya tetap aman dan nyaman. Setidaknya ada lima hal penting dalam menentukan tendahiking,simak penjelasannya di bawah ini.

1. Tahan Air dan Udara

Bahan tenda untukhikingharus tahan air dan udara supaya bisa bertahan dalam berbagai kondisi cuaca. Sobat Torch dapat memilih tenda berbahan dasar nilon, lantaran memiliki kelebihan menahan air dan udara masuk ke dalam tenda. 

Kepadatan serat nilon dihitung dengan satuan Denier. Jadi, kalau kamu akan membeli tenda, dapat memperhatikan ketebalannya melalui angka berikut 420D, 600D, hingga 1050D. Semakin besar angkanya menandakan semakin kuat tenda tersebut. 

Baca Juga: 3 Tips Jalan-jalan ke Bandung yang Aman dan Nyaman

2. Pilih Ukuran Tenda Sesuai Kebutuhan

Sobat Torch dapat memilih ukuran tenda sesuai dengan kebutuhan. Namun, alangkah baiknya kalau memilih ukuran tenda di atas jumlah orang yang akan mengisi tenda tersebut. Misalnya, jika tenda akan diisi dua orang, maka pilih tenda berkapasitas 3 sampai 4 orang. Mengapa? Karena kamu akan memerlukan ruang untuk menyimpan berbagai peralatan kemah lain. Jadi, lebih baik memilih tenda yang sedikit lebih besar daripada kenyamanan Sobat Torch terganggu. 

3. Pilih Jenis Tenda yang MemilikiFlysheet

Memilih tenda yang memilikiflysheetsaat akan berkemah di pegunungan merupakan hal yang penting.Flysheetberguna untuk menahan embun dan paparan sinar matahari masuk ke dalam tenda. Jika cuaca terasa dingin,flysheetakan membuat tenda menjadi lebih hangat. Begitupun sebaliknya, jika cuaca panas,flysheetdapat melindungi kamu dari paparan sinar matahari.

4. Perhatikan Sambungan dan Jahitan di Luar Tenda

Sebelum kamu membeli tenda untukhiking,pastikan semua sambungan memilikisealyang terbuat dari karet atau plastik. Selain itu, jahitan yang baik akan memastikan kamu aman dari rasa dingin, sebab udara dingin dan air hujan tidak akan masuk ke dalam tenda.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Riding Motor yang Sedang Tren Saat Ini

5. Pilih Tenda dengan Model LantaiBathtub

Model lantaibathtubyang dimaksud yaitu lantai tendahikingtersebut menyentuh tanah, tetapi keempat ujungnya terangkat beberapa cm dari tanah. Memilih tenda dengan model lantaibathtubmerupakan bagian dari antisipasi agar air tidak masuk dari bawah tenda. Juga, membuat tenda lebih aman dari gangguan hewan atau serangga yang hidup di tanah. 

 

ciri tenda

 

Apa Saja Ciri-Ciri Tenda yang Cocok Digunakan untukHiking?

Ciri-ciri tenda yang cocok digunakan untuk mendukung aktivitashikingtentunya yang memberikan keamanan dan kenyamanan. Namun, perlu dipahami bahwa tidak semua tenda bisa cocok digunakan mendaki gunung. Sebab itu, Sobat Torch perlu memahami ciri tenda yang cocok digunakan untukhiking yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Konstruksi Tenda Lebih Rendah

Tenda untuk pendakian gunung konstruksinya cenderung lebih rendah dari tenda untukcampingbiasa. Hal ini karena konstruksi tenda tersebut lebih tahan terhadap tiupan angin kencang di ketinggian gunung tertentu. Jadi, Sobat Torch dapat memilih tenda dengan konstruksi yang lebih rendah untuk persiapanhiking. 

2. Perhatikan Jarak antaraFlysheetdan Bagian Dalam Tenda

Jarak yang bagus antaraflysheetdan dinding tenda yaitu satu jengkal. Tujuannya supaya bagian dalam tenda tidak ikut basah saat terjadi hujan lebat dan tidak menyebabkan kebocoran. Jarak yang tepat antaraflysheetdan bagian dalam tenda akan memungkinkan uap embun hilang tertiup angin, sehingga tidak berubah menjadi titik air dan jatuh ke dalam tenda.

3. TendaHikingMemiliki Tali Pengencang

Tenda untukhikingdidesain mempunyai tali-tali pengencang pada bagian tertentu. Fungsinya untuk menjaga ketahanan tenda dalam mengantisipasi tiupan angin kencang di gunung. Tali-tali ini terletak di bagian titikframekonstruksi yang akan memberikan kekuatan tambahan padaframeagar tidak patah.

Baca Juga: 5 Langkah dan Contoh Penerapan Go Green

4. Tersedia Ruang Penyimpanan

Tenda yang cocok digunakan untukhikingsalah satunya tersedia ruang penyimpanan. Ruang ini bisa digunakan untuk menyimpan barang bawaan atau bisa dijadikan dapur saat cuaca tidak memungkinkan untuk memasak di luar tenda. 

Nah, itu dia ciri-ciri tenda yang cocok digunakan untukhiking serta cara memilihnya. Selagi menentukan tenda yang sesuai dengan kebutuhan, Sobat Torch perlu memperhatikan perlengkapan lain juga, seperti memilihbackpackyang dilengkapi dengan fitur-fitur untuk perjalanan yang praktis dan nyaman.  

Misalnya,  Takahagi Backpack  yang menyediakan fiturtowel loaderdanundercloth meshuntuk menyimpan handuk dan pakaian kotor. Selain itu,backpackini memiliki kompartemen yang aman untuk menyimpan barang-barang elektronik. Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi  official websiteTorch  sekarang juga untuk mendapatkanbackpacktersebut. 

Cari