BEST SELLER

WAIST BAG

TRAVEL POUCH

BACKPACK

LIGHT TRAVEL BACKPACK

TRAVEL BACKPACK

PACKING ORGANIZER

OFFICE SERIES

OFFICE TOTEBAG

OFFICE SLEEVE

CASUAL CAMPING

UMBRELLA

GLASSES

MULTIFUNCTIONAL TOOLS

ARRAFA SANDAL

JACKET

T-SHIRT

PANT

SHIRT

OUTERWEAR

NECK WALLET

KEYCHAIN

WALLET

KONFIRMASI PEMBAYARAN

#TORCHSTORY

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

Marvel Black Panther

This section doesn’t currently include any content. Add content to this section using the sidebar.

Image caption appears here

Add your deal, information or promotional text

Mari Mengenal Apa Itu Porter dan Jenis-Jenisnya di Indonesia

Porter adalah sebutan bagi seseorang yang biasanya membawakan barang bawaan orang lain. Istilah porter pasti sudah sering terdengar di telinga Sobat Torch yang sukatraveling. Keberadaan porter tentunya sangat membantu masyarakat ketika berlibur atau pulang kampung. 

Berbagai barang bawaan yang sulit untuk dipindahkan jadi mudah karena ada porter yang dapat membantu kamu mengangkatnya. Porter tidak hanya berada di stasiun kereta saja. Sobat Torch bisa menemukan porter dengan mudah di pelabuhan hingga bandara. 

Bahkan ada juga porter untuk mendaki gununglho. Kemungkinan besar Sobat Torch jadi bingung siapa sebenarnya porter ini. Tenang Sob, tenang. Torch telah mengumpulkan informasi seputar porter yang akan membuka pemikiran serta menambah wawasan. Yuk langsung saja simak informasinya di bawah ini. 

Apa Itu Porter?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa porter merupakan seseorang yang membawakan barang bawaan orang lain. Porter ini termasuk ke dalam profesi yang ada di Indonesia dan dapat ditemukan pada berbagai tempat transportasi umum. 

Sobat Torch dapat menemukannya di stasiun kereta, pelabuhan, atau bandara. Orang-orang yang bekerja sebagai porter umumnya tidak memiliki pemasukan atau gaji tetap seperti karyawan. 

Mereka mengandalkan masyarakat yang ingin menggunakan jasa porter untuk membawa berbagai barang bawaan. Tarifnya pun berbeda-beda tergantung lembaga porter atau kesepakatan yang dibuat. Sobat Torch yang ingin menggunakan jasa porter dapat bertanya mengenai tarifnya terlebih dahulu agar tidak terjadi perselisihan. 

Apa Saja Jenis-Jenis Porter?

Porter terbagi ke dalam beberapa jenis berdasarkan tempatnya yaitu porter bandara, porter stasiun kereta, porter pelabuhan, porter gunung, dan porter perhotelan. Berikut masing-masing penjelasannya. 

1. Porter Bandara

Porter bandara membantu masyarakat yang ingin bepergian menggunakan jalur udara alias pesawat. Porter bandara ini bekerja dengan sistemshiftyang sudah diatur sedemikian rupa oleh lembaga atau perusahaan porter. 

Tarif yang dipatok pun beragam tergantung kesepakatan dengan pengguna jasa porter. Namun tarif ini akhirnya ditiadakan pada tahun 2017 alias gratis seperti yang diatur oleh pihak bandara. 

Porter kemudian dialih tugaskan menjadiairport helperyang bekerja selama 8 jam penuh membantu masyarakat di area bandara. Gajinya juga sudah diatur sesuai UMR oleh PT Angkasa Pura Solusi. 

Baca Juga: 3 Keunggulan Travel Pouch Shibata 2 Liter!

2. Porter Stasiun Kereta

Berbeda dengan porter bandara yang sekarang memiliki gaji tetap, porter stasiun kereta api masih mengandalkan masyarakat yang menggunakan jasa mereka. Tarif jasa porter juga tidak tetap, yakni bergantung kerelaan pengguna jasa mereka. 

Umumnya masyarakat memberikan upah sebesar Rp20.000 sampai Rp30.000. Sekilas informasi untuk Sobat Torch bahwa porter stasiun kereta api tidak dikelola oleh PT KAI. Meskipun berada di stasiun kereta api mereka tidak diberikan gaji tetap oleh PT KAI melainkan ada lembaga atau perusahaan khusus yang menaungi para porter. 

3. Porter Pelabuhan

Porter pelabuhan juga tidak dikelola oleh pihak pelabuhan melainkan ada lembaga atau perusahaan khusus yang menaungi mereka. Namun ada beberapa pelabuhan yang menetapkan aturan bagi para porter, khususnya mengenai tarif dan tata tertib selama melayani pengguna jasa. 

Seperti halnya di pelabuhan Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Pemerintah setempat telah mengatur standar tarif yang diberikan kepada porter oleh pengguna jasa. 

Para pengguna jasa porter dapat memberikan upah sebesar Rp35.000 sampai Rp90.000 tergantung jenis barang yang harus dibawa porter. Jadi Sobat Torch tidak perlu mengeluarkan biaya yang sangat besar saat ingin menggunakan jasa porter di pelabuhan.

4. Porter Gunung

Selain transportasi, Sobat Torch juga bisa menggunakan jasa porter saat mendaki gunung. Porter gunung ini memiliki tugas yang sama yaitu membantu membawa barang bawaan pengguna jasa. 

Para pendaki pemula yang kesulitan mendaki bisa menggunakan jasa porter untuk membawakan barang sampai lokasi yang diinginkan. Selain membawakan barang, porter gunung juga bisa membantu Sobat Torch untuk memasak serta menemani pendakian hingga ke puncak. 

5. Porter Perhotelan

Porter juga ada di hotel-hotel di Indonesia. Porter hotel sebenarnya adalahbellboyyang juga bertugas membantu pelanggan hotel membawa barang bawaan mereka darilobbysampai ke kamar. 

Porter hotel sudah pasti berada di bawah naungan manajemen hotel. Jadi Sobat Torch sebenarnya tidak perlu memberikan upah atau tip karena porter hotel sudah mendapatkan gaji sesuai kesepakatan pihak manajemen hotel. 

Baca Juga:Travel Pouch Praktis untuk Berbagai Aktivitas

Apa Saja Manfaat dari Memakai Jasa Porter?

Kehadiran jasa porter sudah jelas sangat membantu para pengguna jasa dalam membawa barang bawaan mereka sampai ke tempat tujuan. Terlepas dari biaya yang ditetapkan oleh masing-masing porter, Sobat Torch akan merasakan tiga manfaat berikut.

1. Membantu Meringankan Beban

Penggunaan jasa porter akan membantu meringankan beban Sobat Torch ketika ingin berlibur. Meskipun hanya dibantu di area transportasi umum tetapi tetap saja dapat meringankan beban. Apalagi kalau harus naik turun puluhan anak tangga seperti di stasiun kereta api. 

Menggunakan jasa porter gunung juga sangat meringankan beban selama mendaki. Kamu tidak perlu berat-berat memikul tas besar sampai ke puncak. Belum lagi jalanan terjal yang sering kali mengakibatkan cedera. Kehadirannya pasti akan membantu kamu mendaki sampai puncak dengan lebih mudah. 

porter

2. Dipandu Sampai Tujuan

Porter dapat memandu Sobat Torch sampai ke tempat tujuan. Hal ini khususnya berlaku untuk porter gunung. Jasa porter gunung yang kamu gunakan tidak hanya bermanfaat untuk membawa barang bawaan tetapi juga sebagai pemandu yang mengantarkan sampai ke puncak. 

Mereka tentu sudah berkali-kali naik turun gunung tersebut karena dari sanalah penghasilan porter gunung. Jadi Sobat Torch tidak perlu khawatir akan tersesat karena para porter gunung akan memandu dari awal hingga akhir pendakian.

3. Tidak Perlu Pusing dengan Barang Bawaan

Selama menggunakan jasa porter Sobat Torch tidak perlu khawatir dengan barang-barang bawaan. Sobat Torch bisa mempercayakan barang bawaan kepada para porter ketika haruscheck inatau pergi membeli beberapa barang kebutuhan diminimarket

Nah itu dia informasi seputar apa itu porter. Jadi sekarang Sobat Torch tidak perlu bingung kenapa ada banyak porter di berbagai tempat transportasi umum bahkan hingga gunung dan perhotelan. 

Porter adalah jasa yang sangat dibutuhkan saat ingintravelingke berbagai tempat di Indonesia. Bagaimana? Jadi ingin cepat-cepattravelinglagi, bukan? Yuk mulai siapkan semua barang kebutuhantraveling

Mulai buatitinerarydan kumpulkan uang yang dibutuhkan untuk berlibur. Jangan lupa membeli tas khusustravelingsupaya perjalanan jadi praktis dan menyenangkan. Tentunya kamu bisa membeli tastravelingberkualitas di Torch. 

Torch hanya menggunakan bahan-bahan terbaik di kelasnya agar perjalanan Sobat Torch nyaman dan aman. Salah satunya tas  Takahagi 40 Liter yang siap menemani perjalanan Sobat Torch. Takahagi terbuat dari bahan Duralite Nylon yang 2x lebih kuat serta 30% lebih ringan dari tas biasanya sehingga kamu tidak perlu khawatir tas robek. 

Tas Takahagi memiliki berbagai kompartemen dengan kapasitas yang besar untuk menyimpan semua barang kebutuhan selamatraveling. Tas satu ini bisa dibuka hingga 270 derajat sehingga Sobat Torch akan lebih mudah untuk memasukkan barang-barang bawaan. Meskipun kapasitasnya besar, tas Takahagi tetapcabin friendly lho! 

Baca Juga: Ini Dia Rahasia Mencuci Packable Jacket Torch!

Belum cukup? Tas Takahagi juga dilengkapi dengan Strap Trolley di bagian belakang yang bisa diikat di koper Sobat Torch.Travelingtentu jadi aman, nyaman, dan menyenangkan. Jadi tunggu apalagi Sob? Yuk pesan tas Takahagi di  official website Torch sekarang juga sebelum kehabisan! 

Cari