Taman Wisata Pusuk Sembalun 2024: Aktivitas, Lokasi, dan Biaya

Taman Wisata Pusuk Sembalun 2024: Aktivitas, Lokasi, dan Biaya

Taman Wisata Pusuk Sembalun 2024: Aktivitas, Lokasi, dan Biaya


Halo Sobat Torch! Kamu sedang merencanakan liburan di tahun 2024 ini tapi bingung mau kemana? Torch punya rekomendasi tempat wisata hits yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Lombok, yaitu kawasan wisata Pusuk Sembalun.


Sebelum kamu penasaran lebih jauh, Torch akan memperkenalkan terlebih dahulu mengenai tempat wisata favorit yang satu ini. Pusuk Sembalun adalah kawasan wisata pegunungan yang memiliki tinggi sekitar 900-1300 mdpl dan terletak di Jalan Wisata Rinjani, Desa Sembalun Bumbung, Kabupaten Lombok Timur di bawah kaki Gunung Rinjani.


Destinasi wisata ini menyuguhkan pemandangan alam pegunungan yang sangat menakjubkan. Sobat Torch bisa menikmati hamparan pohon dan rumput hijau nan luas yang dikelilingi rangkaian pegunungan menawan.


Dengan udaranya yang bersih dan sejuk serta nuansa alam yang masih asri, tak heran bila Pusuk Sembalun selalu diminati oleh para wisatawan. Baik itu wisatawan lokal maupun tamu mancanegara sekalipun.


Nah, tertarik untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya? Ikuti terus pembahasan kami di ulasan berikut ini ya Sobat!

Lokasi dan Rute Taman Wisata Pusuk Sembalun

Secara geografis, Wisata Pusuk Sembalun terletak di tinggi sekitar 900-1300 mdpl. Lokasinya terletak di Jalan Wisata Rinjani, Desa Sembalun Bumbung, Kabupaten Lombok Timur di bawah kaki Gunung Rinjani.

Untuk mencapai Wisata Pusung Sembalun dari Kota Mataram, Sobat Torch dapat menggunakan dua rute utama, yaitu rute jalur timur dan rute jalur utara.

Jika melalui rute jalur timur, jarak yang ditempuh lebih dekat dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam perjalanan saja, yaitu melalui Jalan Raya Mataram-Labuhan Lombok dan Jalan Segara Anak menuju ke Jalan Wisata Gunung Rinjani. Namun, rute ini hanya menyuguhkan pemandangan berupa terasering sawah saja, tanpa banyak pemandangan alam lain yang memesona.

Sementara itu, rute jalur utara memiliki jarak tempuh yang lebih jauh, yaitu melewati Jalan Raya Mataram kemudian masuk ke Jalan Raya Bayan. Namun, kelebihannya adalah terdapat banyak spot singgahan menarik yang bisa kamu nikmati seperti deretan pantai utara, Rumah Tradisional Bayan, Masjid Kuno Bayan, dan Desa Cagar Budaya.

Jadi pilihlah rute perjalanan yang paling sesuai dengan preferensimu. Jika ingin lebih cepat sampai, kamu bisa lewat rute jalur timur. Tapi jika ingin menikmati pemandangan dan spot singgahan yang lebih banyak, disarankan lewat rute jalur utara ya, Sobat!

Aktivitas Seru di Taman Wisata Pusuk Sembalun

Pastinya Sobat Torch bertanya-tanya juga apa saja sih aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Wisata Pusuk Sembalun?

1. Menjelajah Padang Savanna

Jelajahi hamparan padang rumput hijau seluas mata memandang. Berfoto ria atau piknik bersama keluarga di atas tikar sambil menikmati suasana pegunungan yang sejuk dan menenangkan.

2. Berkemah

Bagi Sobat Torch yang hobi berkemah, tersedia spot perkemahan di dekat Wisata Pusuk Sembalun yaitu Wistanai Garden. Jaraknya hanya sekitar 7 menit perjalanan menggunakan kendaraan. Nikmati sensasi camping sambil menyaksikan taburan bintang di langit malam bersama dengan pasangan atau temanmu.

3. Melihat Sunrise

Jangan lewatkan momen matahari terbit dari puncak Taman Wisata Pusuk Sembalun. Pemandangan bersih dan cerah saat fajar menyingsing di ufuk timur tentu akan jadi pengalaman tak terlupakan.

4. Bersantai di Gazebo

Sesudah puas beraktivitas,Kamu bisa bersantai sejenak di gazebo yang disediakan sambil menikmati hidangan kuliner khas Sembalun. Ada sayur ares khas suku Sasak yang wajib Kamu cicipi.

Fasilitas di Taman Wisata Pusuk Sembalun

Fasilitas pendukung lainnya yang tersedia antara lain toilet, mushola, arena bermain anak dan area parkir kendaraan. Di sekitar lokasi wisata juga terdapat homestay atau penginapan lokal yang bisa Kamu sewa. Untuk tiket masuknya Sobat Torch hanya perlu membayar sekitar Rp5.000/orang. Sedangkan untuk parkir motor dikenai biaya sebesar Rp5.000/kendaraan dan untuk parkir mobil sebesar Rp10.000/kendaraan.

Tips Berwisata ke Taman Wisata Pusuk Sembalun

Agar perjalanan wisata Sobat Torch makin lancar dan menyenangkan, Torch punya beberapa tips praktis nih. 

Waktu Kunjungan

Memilih waktu kunjungan di pagi atau sore hari untuk menikmati udara sejuk pegunungan.

Outfit dan Perlengkapan

persiapkan jaket, topi, kacamata hitam dan perlengkapan outdoor lainnya. Gunakan pakaian yang nyaman bergerak dan sepatu agar aman untuk hiking.

Bawa Bekal

Bawa perbekalan makanan ringan dan air minum secukupnya. Pilih makanan yang tahan lama agar tetap segar untuk dinikmati di perjalanan.

Untuk Sobat Torch yang ingin liburan dengan low budget, kamu dapat membuat itinerary sebelum memulai perjalanan. kamu juga dapat melihat beberapa artikel yang sudah Torch bahas seperti cara membuat itinerary dan contoh itinerary untuk liburan agar pengalaman berliburmu menjadi lebih menyenangkan!
Nah, itu dia informasi lengkap seputar Taman Wisata Pusuk Sembalun, mulai dari lokasi, aktivitas, fasilitas, hingga tips praktisnya.

Semoga artikel dari Torch ini bisa membantu Sobat Torch untuk merencanakan liburan di destinasi wisata hits satu ini. Jangan lupa sampaikan kesan dan foto-fotomu setelah menikmati pengalaman seru di Pusuk Sembalun ya!
Back to blog

Leave a comment