Wisata Bukit Malimbu 2024: Aktivitas, Lokasi, dan Biaya

Wisata Bukit Malimbu 2024: Aktivitas, Lokasi, dan Biaya


Halo Sobat Torch! Di artikel ini Torch akan mengajak kamu untuk menjelajahi salah satu destinasi wisata yang sedang naik daun, yaitu Bukit Malimbu yang terletak di Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Bukit Malimbu menawarkan pemandangan alam luar biasa dengan pemandangan laut lepas dan sunsetnya yang memukau.


Bukit Malimbu juga dikenal sebagai bukit persinggahan bagi para wisata yang akan melakukan penyebrangan ke Pulau Gili (Gili Meno, Gili Trawangan, dan Gili Air). Sobat Torch juga dapat refreshing setelah melewati perjalanan jauh dengan melihat keindahan dari Pantai Malimbu yang luas dari ketinggian 30 meter.


Destinasi wisata ini diperkirakan akan semakin ramai dikunjungi karena berbagai fasilitas baru seperti penginapan dan kafe pesona alam yang sedang dibangun di sekitarnya. Mulai penasaran ingin berkunjung ke Bukit Malimbu? Simak informasi lengkapnya berikut ini ya Sobat Torch!

Lokasi Bukit Malimbu

Secara geografis, Bukit Malimbu berada di Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Sobat Torch dapat memilih beragam rute untuk menuju ke destinasi wisata yang satu ini. Beberapa diantaranya adalah:

Dari Kota Mataram

Jarak tempuh sekitar 26 km dengan durasi perjalanan sekitar 1 jam. Kamu akan melalui Jalan Raya Senggigi ke Malaka.

Dari Pantai Senggigi

Jarak tempuh sekitar 10 km dengan durasi perjalanan sekitar 30 menit. Aksesnya terbilang cukup mudah dan cepat. Namun, Sobat Torch harus menggunakan kendaraan yang cocok dengan medan berat dan menanjak.

Dari Bandara internasional Lombok

Sobat Torch dapat menaiki bis damri dengan biaya Rp30.000 menuju ke Pantai Senggigi. Kemudian dari Pantai Senggigi, kamu dapat menyewa kendaraan seperti motor dan mobil di sekitaran Pantai Senggigi untuk menuju ke Bukit Malimbu.

Untuk aksesnya sendiri tidak begitu sulit karena rute akan melewati jalan yang beraspal dan bisa dimasuki oleh seluruh moda kendaraan (motor, mobil, bis, dan lain sebagainya). Namun perlu dicatat bahwa jalan daerah perbukitan memiliki kemiringan jalan yang lebih besar jika dibandingkan dengan jalan pada umumnya. Oleh sebab itu, Torch rekomendasikan untuk menggunakan kendaraan yang memiliki tenaga lebih besar.

Aktivitas Seru di Bukit Malimbu

Bukit Malimbu menawarkan pesona panorama alam nan eksotis khas pegunungan Lombok. Kamu bisa menikmati hamparan savana luas dengan ribuan pohon mulai dari pohon kelapa dan lainnya dari ketinggian. Juga laut lepas sejauh mata memandang dari atas bukit.

Untuk spot-spotnya sendiri, Bukit Malimbu dibagi menjadi dua bagian, yaitu Bukit Malimbu bagian timur dan bagian barat jalan raya. Pada bagian barat, Sobat Torch akan mendapati rest area tempat para wisatawan beristirahat sambil menikmati pemandangan sunsetnya yang indah. Sedangkan di bagian timur, kamu akan menemukan tempat duduk untuk bersantai dibagian atasnya, namun kamu perlu menaiki beberapa anak tangga terlebih dahulu untuk mencapainya.

Aktivitas populer yang biasa dilakukan pengunjung adalah berfoto, memancing, berkemah, hingga sekedar bersantai menikmati angin sepoi-sepoi dan hamparan alamnya yang indah dan eksotis.

Fasilitas di Bukit Malimbu

Untuk fasilitas yang dapat dinikmati di Bukit Malimbu sudah mulai cukup lengkap. Mulai dari warung makan yang menyajikan kuliner lokal dan jajanan-jajanan di sepanjang jalan di Bukit Malimbu. Toilet umum yang terawat serta tampat ibadah seperti musholla. Area parkir luas dan aman cukup menampung puluhan mobil dan motor para pengunjung. Selain itu, ada juga banyak penginapan mulai dari harga yang terjangkau dengan harga yang lebih mahal namun dengan fasilitas yang lebih mewah pula.

Bagi Sobat Torch yang ingin menginap, Torch rekomendasikan reservasi penginapan 2-4 minggu sebelumnya karena wisatawan yang berkunjung diperkirakan akan semakin ramai setiap tahunnya.

Perkiraan Budget ke Bukit Malimbu

Berikut merupakan perkiraan biaya perjalanan wisata kamu ke Bukit Malimbu yang Torch ramkum:
- Tiket masuk: Gratis
- Tiket parkir mobil: Rp10.000/kendaraan
- Tiket parkir motor: Rp5.000/kendaraan
- Biaya makan: mulai dari Rp100.000/hari

Untuk Sobat Torch yang ingin liburan dengan low budget, kamu dapat membuat itinerary sebelum memulai perjalanan. kamu juga dapat melihat beberapa artikel yang sudah Torch bahas seperti cara membuat itinerary dan contoh itinerary untuk liburan agar pengalaman berliburmu menjadi lebih menyenangkan!
Itulah informasi lengkap seputar Wisata Bukit Malimbu di tahun 2024 dari Torch. Mulai dari lokasi strategis, berbagai aktivitas seru nan instagramable, fasilitas pendukung, hingga estimasi budget perjalanan Kamu ke destinasi wisata hits satu ini.

Secara ringkas, Bukit Malimbu merupakan destinasi wisata alam baru nan eksotis di Lombok dengan pemandangan luar biasa indahnya. Aktivitas populer yang bisa Kamu nikmati antara lain berfoto, memancing, hingga berkemah. Sarana penunjang seperti penginapan dan warung makan juga semakin lengkap dengan pembangunan fasilitas baru di sekitarnya.

Nah Sobat, tertarik untuk mengunjungi Bukit Malimbu dan menikmati sensasi petualangan serunya? Tunggu apalagi, segera siapkan rencana perjalanan kamu ke destinasi wisata hits yang satu ini ya!
Back to blog

Leave a comment