Wisata Pantai Pink 2024: Aktivitas, Lokasi, dan Biaya

Wisata Pantai Pink 2024: Aktivitas, Lokasi, dan Biaya

Wisata Pantai Pink 2024: Aktivitas, Lokasi, dan Biaya


Halo Sobat Torch! Tertarik untuk mengunjungi tempat wisata baru yang Instagrammable dan menyegarkan mata? Yap, salah satu pantai tersebut adalah Pantai Pink. Pantai ini memang tengah naik daun dan menjadi buruan para traveler tanah air maupun manca negara. Selain warna pasir pantainya yang unik, spot-spot fotogenik dan pemandangan alam eksotis di Pantai Pink juga sukses mencuri perhatian banyak orang.


Mungkin kamu juga tertarik untuk mengunjungi Pantai Pink setelah melihat foto-foto kece nan kekinian temanmu di media sosial. Nah, sebelum bersiap-siap merencanakan perjalanan, tidak ada salahnya menggali informasi lebih dalam terlebih dahulu mengenai Pantai Pink lewat artikel dari Torch ini.


Mulai dari pengenalannya, aktivitas seru apa saja yang bisa dilakukan, di mana letak pastinya, hingga info harga tiket dan penginapan. Dengan bekal informasi lengkap, perjalanan wisatamu ke Pantai Pink pasti akan makin mengesankan! Jadi, yuk simak informasi selengkapnya berikut ini ya!

Pengenalan Pantai Pink

Pantai Pink resmi dibuka untuk umum sebagai destinasi wisata baru pada 2022 lalu. Dinamakan Pantai Pink karena pasir pantainya yang berwarna merah muda alami akibat lumut merah muda atau 'red algae'. Selain itu, batu karang di sepanjang pesisir pantai juga berwarna merah jambu cerah.

Keunikan warna pasir dan batu karang inilah yang menjadikan Pantai Pink populer. Apalagi saat foto selfie atau wefie dengan latar belakang pemandangan alam berwarna pink, hasil jepretan fotomu pasti akan terlihat sangat kece badai dan Instagrammable!

Aktivitas Seru di Pantai Pink

Setelah puas mengabadikan foto cantik dengan background alam eksotis Pantai Pink, sederet aktivitas seru bisa Sobat lakukan di sini. Torch sudah merangkum kan beberapa rekomendasi aktivitas favorit, nih:

1. Snorkeling 

Amati terumbu karang dan biota laut dengan snorkeling. Air laut Pantai Pink terbilang jernih dengan visibilitas baik sampai kedalaman 1,5 sampai 2,5 meter. Kamu bisa melihat ikan badut, kucing laut, bahkan penyu laut jika beruntung!

2. Berenang

Dengan ombaknya yang tergolong cukup tenang, Sobat Torch juga dapat melakukan aktivitas seperti berenang di Pantai Pink. Sensasi berenang sambil menikmati hamparan pasir pink tentu seru untuk melepas penat. Jangan lupa untuk memakai sun screen dan memastikan kesehatan kondisi badan sebelum melakukan aktivitas berenang ya Sobat Torch! 

3. Berjemur di Pantai

Bersantai sekaligus mendapatkan kulit eksotis kecoklatan? Tentu saja berjemur jadi salah satu pilihan aktivitas wajib untuk Sobat Torch cobain! Hamparkan tikar pantai atau kursi di pantai lalu nikmati sinar sang surya dan pemandangan bak lukisan ini.

4. Menjelajahi Sekitar Pantai

Pantai Pink dikelilingi oleh hamparan padang rumput dan bukit-bukit kecil yang bisa Sobat Torch jelajahi dan temukan spot-spot Instagrammable lainnya. Foto dengan latar belakang hamparan padang rumput disertai pemandangan pantai yang indah, pastinya akan memiliki hasil yang cakep lho!

Lokasi dan Akses Menuju Pantai Pink

Secara geografis, Pantai Pink terletak di pesisir selatan Lombok Timur, yang tepatnya di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru. Pantai ini sendiri masuk ke dalam kawasan yang memiliki potensi budidaya perikanan laut dan terdapat beberapa teluk hingga gili (pulau kecil) disekitarnya.

Untuk akses menuju lokasinya, Sobat Torch bisa menggunakan 2 moda jalur dan moda transportasi, yaitu:

Jalur Darat

Untuk estimasi waktu yang dibutuhkan dari Kota Mataram menuju ke Pantai Pink adalah sekitar 2 sampai 2,5 jam, dengan jarak tempuh sekitar 85 km.

Untuk rutenya sendiri Sobat Torch hanya perlu mengarah ke Timur menuju Praya dari Kota Mataram. Setibanya di Praya, kamu cukup melanjutkan perjalanan lewat Jalan Raya Keruak menuju Pantai Pink. Kondisi jalan ini cukup bagus dengan aspal tebal meski tak seenak jalanan di ibukota. Kemudian susuri pula Jalan TGH Moh. Mutawalli hingga nanti 4-5 km sebelum lokasi, kamu akan melewati jalan tidak beraspal dan berlubang di beberapa titik sehingga perlu lebih berhati-hati. Untuk tanda sudah dekat dengan Pantai Pink ada gerbang tiket masuk yang dijaga warga lokal dengan biaya masuk sebesar Rp5.000 saja.

Jalur Laut

Akses menuju ke Pantai Pink juga bisa dilakukan melalui jalur laut dari Pelabuhan Tanjung Luar, Kota Mataram. Perjalanan dari pusat Kota Mataram ke pelabuhan ini dapat memakan waktu 1,5 jam menggunakan jalur darat.

Setibanya di Pelabuhan Tanjung Luar, Sobat Torch dapat memilih dua opsi transportasi laut ke Pantai Pink, yakni kapal wisata (private boat) dan kapal penumpang umum (public boat). Untuk private boat biayanya sekitar Rp800.000-Rp900.000 pulang-pergi. Sementara public boat Rp30.000-Rp40.000/orang per sekali jalan. Pilihlah sesuai anggaran dan kebutuhanmu ya Sobat Torch. Jangan lupa untuk menawar harga sewa kapalnya agar bisa mendapatkan potongan harga yang menarik!

Fasilitas di Sekitar Pantai Pink

Untuk fasilitas di sekitar Pantai Pink masih tergolong cukup minim. Namun, seiring bertambah populernya Pantai Pink sebagai destinasi wisata, kedepannya fasilitas di tempat wisata yang satu ini juga akan ditingkatkan dan lengkap. Berikut adalah beberapa list fasilitas di sekitar Pantai Pink:
- Kamar mandi
- Mushola
- Tempat sampah
- Warung makan
- Gazebo
Untuk Sobat Torch yang ingin liburan dengan low budget, kamu dapat membuat itinerary sebelum memulai perjalanan. kamu juga dapat melihat beberapa artikel yang sudah Torch bahas seperti cara membuat itinerary dan contoh itinerary untuk liburan agar pengalaman berliburmu menjadi lebih menyenangkan!
Nah, itu dia semua informasi lengkap wisata Pantai Pink mulai dari aktivitas, lokasi, hingga biaya yang harus kamu siapkan.

Singkat kata, Pantai Pink layak sekali jadi rekomendasi destinasi wisata favorit untuk rencana liburanmu. Sobat Torch pasti bakal mendapatkan pengalaman mengesankan, pulang-pulang membawa kenangan indah serta foto kece sebagai buah tangan.

Nah, gimana Sobat tertarik untuk berwisata ke Pantai Pink? Jangan ragu lagi. Mulai susun rencana perjalananmu, dan nikmati sensasi berwisata ke tempat Instagrammable satu ini. Sampai berjumpa di artikel Torch yang lainnya ya Sobat Torch!
Back to blog

Leave a comment