KONFIRMASI PEMBAYARAN DISINI!

Torch — cerita perjalanan

Blog Menu

MENDAKI RERUNTUHAN NEMRUT DAGI (TURKI)

#CeritaIcak #181HariKelilingAsia

Nemrut Dagi atau Gunung Nemrut adalah satu puncak gunung di pedalaman Turki. Puncaknya memiliki ketinggian 2.134 meter. Namun puncak gunung ini tak bisa didaki karena merupakan makam Raja Antiochus I dari kerajaan Commagene yang memerintah pada abad ke-1 sebelum masehi.

Di sisi barat terdapat reruntuhan patung-patung yang terpenggal, semua kepalanya terlepas dari badannya. Patung-patung raksasa berukuran 8-9 meter ini melambangkan dewa-dewa Yunani, Armenia atau Iran. Patung-patung ini diidentifikasi sebagai Vahagn atau Hercules, Ahuramazda atau Zeus, Bakht atau Tyche dan Mihr atau Apollo atau Mithra. Dan ditengah-tengah mereka ada patung Antiokhus I yang sejajar dengan para dewa-dewa.

Uniknya, lokasi Nemrut Dagi sangat jauh dari bekas ibu kota peradaban di masa lalu. Sama seperi piramida, hal ini membuat arkeolog bertanya-tanya bagaimana manusia jaman dahulu membawa patung-patung tersebut ke puncak gunung. Bahkan bagaimana caranya mereka membangun Tumulus (atau kerucut besar) yang konon menutupi makam Antiokhus.

Written & documented by: Icak (@darmastyo)
Edited by: @hanie_20