KONFIRMASI PEMBAYARAN DISINI!

Torch — daerah di Indonesia

Blog Menu

6 Tradisi Unik Memperingati Idul Adha di Indonesia

Sobatorch pernah dengar ga apa itu Sadari Mangalomang? Sadari Mangalomang merupakan salah satu dari enam tradisi unik masyarakat Indonesia memperingati Hari Raya Idul Adha di wilayah-wilayah yang berbeda di Indonesia. Langsung aja kita simak 6 tradisi unik tersebut di bawah ini!

accera kalompoang
  1. Accera Kalompoang, Gowa

Accera Kalompoang merupakan upacara adat membersihkan benda-benda pusaka peninggalan Kerajaan Gowa yang tersimpan di Museum Balla Lompoa. Inti dari upacara adat ini biasa disebut Allangiri Kalompoang, yaitu upacara pembersihan dan penimbangan Salokoa (Mahkota) yang dibuat di abad ke-14.  Upacara adat ini disaksikan oleh para keturunan Raja-raja Gowa dan masyarakat umum dengan syarat mesti menggunakan pakaian adat Makasar selama acara berlangsung. Upacara adat Accera Kalompoang ini rutin diselenggarakan satu tahun sekali setelah perayaan solat Idul Adha.

grebegan
  1. Grebegan, Jogjakarta

Gerebegan merupakan upacara kerajaan yang diselenggarakan oleh Kesultanan Jogjakarta untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, Hari raya Idul Fitri dan Hari raya Idul Adha. Dalam bahasa Jawa Garebeg atau Gerbeg bermaksa suara angin yang menderu, dan hanggerebeg mengandung makna mengiring Raja. Upacara Grebegan ini menyimpan nilai sejarah tentang perkembangan kerajaan-kerajaan Jawa Islam.

kaul abda'u
  1. Kaul dan Abda’u, Ambon

Kaul dan Abda’u merupakan tradisi adat masyarakat Negeri Tulehu yang dilaksanakan setelah solat Idul Adha. Prosesi acara adatnya terhitung unik, yaitu sebelum disembelih 3 ekor kambing digendong dengan kain oleh pemuka adat dan agama untuk diarak keliling desa diiringi alunan dzikir dan salawat menuju pelataran Masjid Negeri Tulehu. Kaul dan Abda’u merupakan bentuk refleksi sejarah yang terinspirasi dari sikap pemuda Anshar menyambut Hijrah Rasulullah dari Mekah ke Madinah.

Daulmusik1

  1. Musik Daul, Sampang

Musik Daul menjadi kegiatan tahunan menjelang Idul Adha sebagai sarana mengakrabkan diri antar warga di Kecamatan Tanjung, Kabupaten Sampang. Musik Daul sendiri merupakan perpaduan musik tradisional, salah satunya Gendang Tong-Tong dan Kaleningan. Kegiatan Musik Daul ini mengambil tempat di sepanjang jalan raya setempat.

mangalomang1

  1. Sadari Mangalomang, Tapanuli Selatan

Tradisi Sadari Mangalomang merupakan tradisi warga di wilayah Tapanuli Selatan menyambut datangnya Hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Tradisi di mana warga sekitar membuat lemang ini sudah mereka lakukan turun temurun. Untuk memasak lemang setiap keluarga dibantu keluarga lainnya, sebab nanti pun mereka akan menyantap lemang secara bersama-sama.

Toron1

  1. Toron, Madura

Toron yang bermakna turun atau datang untuk beristirahat merupakan tradisi dimana seseorang yang merantau dari pulau Madura pulang ke rumah mereka di Pulau Madura. Masyarakat Madura bahkan lebih banyak pulang ke tanah mereka di Hari Raya Idul Adha, terbalik dari tradisi mudik kebanyakan masyarakat Indonesia yang mengambil waktu pada Hari Raya Idul Adha.