KONFIRMASI PEMBAYARAN DISINI!

Torch — destinasi wisata

Blog Menu

WISATA KE KOREA SELATAN UNTUK PARA JOMBLO

Hai ‘mblo! Pengen banget liburan ke Korea Selatan tapi kamu gak punya pasangan buat nemenin jalan-jalan? Eits, jangan salah~ kata siapa orang yang jomblo atau orang yang bepergian sendiri nggak bisa menikmati liburan di Seoul? Di Seoul banyak kok tempat-tempat yang bisa dinikmati oleh orang-orang yang jalan-jalan sendiri. Jangan malu atau minder untuk mengunjungi tempat-tempat ini! Pede aja lagi, you are totally welcomed! 1. SU Noraebang (1 person) Tempat karaoke yang unik ini memang khusus diperuntukkan untuk satu orang saja. Kalo biasanya pergi karaokean sendiri terasa canggung dan memalukan, di “SU Karaoke” ini normal-normal aja kalau kamu karaokean sendiri! 2. Café A:Re Café A:Re ini memiliki konsep seperti sebuah perpustakaan kecil, makanya tempat ini pewe banget buat pengunjung yang mau menyendiri sambil baca buku dan menikmati secangkir kopi panas. Didukung dengan suasana yang cozy dan nyaman, café ini adalah pilihan yang tepat sekali bagi kalian para jomblo! Hehe... 3. GG Go GG go menawarkan solusi yang mudah dan cepat bagi para pelajar atau para jomblo yang sibuk untuk membeli makanan take away. Dapatkan semangkuk nasi atau mie hangat untuk mengisi perut kosongmu. 4. Janes Picky Pizza Tempat ini menyediakan pizza dengan berbagai ukuran. Yang terpenting, mereka menyediakan menu yang dinamakan Jane Size Pizzas yang porsinya pas banget buat kalian para jomblo. Tunggu apalagi, kunjungi Janes Picky Pizza kalau kalian ingin memakan pizza yang lezat sendirian! 5. First Story Restoran ini menawarkan korean beef barbeque lezat yang bisa kalian nikmati meskipun kalian hanya sendirian! 6. Rock Frites Ini adalah tempat yang tepat bagi kalian para jomblo yang ingin menikmati bir dan french fries a la Eropa! Yumm, kombinasi yang tepat! 7. Seonyundo Park Berjalan-jalanlah dan nikmati keindahan di Seonyundo Park, salah satu dari banyak taman di Seoul yang dirancang dengan berbagai tema. Manjakan matamu dengan tamannya yang indah! Bawa juga backpack model baru yang kamu punya untuk menyimpan perlengkapan piknikmu. 8. Montmarte Park Jangan lupa juga untuk mengunjungi Montmarte Park! Di tempat ini kamu bisa menikmati udara segar dan pemandangan indah dalam suasana yang menenangkan. Nah, gimana? Boleh juga, kan? Tidak selamanya jadi jomblo nasibnya ngenes melulu. Ajak aja tas travel model baru atau tas traveling model baru milik Sob dan jalan-jalan juga biar gak ngerasa sendirian banget hihi.  

#Sumber gambar dan tulisan berasal dari beberapa web dan blog
Written by: Aulia Ikhsanti
Edited by: @hanie_20

Yuk Intip Pesona Raja Ampat, "Sang Surga Bahari Indonesia"

Pasti Sob semua udah tau apa itu Raja Ampat kan? Tempat wisata bahari yang sudah terkenal di seantero Indonesia, bahkan hingga mancanegara. Raja Ampat atau Kepulauan Raja Ampat merupakan destinasi wisata di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua barat yang terdiri dari ratusan pulau besar dan kecil. Hanya ada 30an pulau kecil dan 4 pulau besar yang berpenghuni di antaranya yaitu Pulai Waigeo, Pulai Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Bantata. Kepulauan Raja Ampat ini menjadi tujuan wisata para penyelam dunia dikarenakan keindahan bawah lautnya.

Menurut LIPI,  lebih dari 75% jenis karang dunia ada di Kepulauan Raja Ampat ini. Selain itu, Kepulauan Raja Ampat ini juga menyimpan ribuan jenis ikan dan ratusan jenis moluska, tak ada satu pun tempat di dunia ini yang memiliki keakenaragaman hayati bawah laut sebanyak Raja Ampat.

Selain dianugerahi alam yang indah, Raja Ampat juga dianugerahi kebudayaan dan kearifan lokal. Raja ampat kaya akan seni budaya yang eksotis. Dari sekian banyak seni budaya yang mengakar di Raja Ampat, beberapa contoh seni budaya yang sering ditunjukan adalah tariannya. Diantaranya yaitu tarian penyambutan seperti Tarian Moun, Tarian, Batpo, Tarian Yako, dan Tarian Wor.

tarian raja ampat
Tarian Moun (by: warnawarniwisata.asia)

Di samping kebudayaan yang kaya nilai eksotisme. Masyarakat Raja Ampat memiliki budaya kearifan lokal yang sudah turun-temurun diajarkan dari zaman kerajaan hingga saat ini. Salah satunya adalah budaya Sasi Raharja. Sasi Raharja merupakan suatu cara budaya masyarakat Raja Ampat untuk melindungi hasil laut dan keanekaragaman bawah lautnya dalam jangka waktu tertentu demi kepentingan bersama. Secara tak langsung budaya tersebut sudah menjaga alam Raja Ampat selama ratusan tahun.

Raja Ampat
Eksotisme Raja Ampat (by: livetourtravel.com)

Dalam rangka mempopulerkan wisata alam Kepulauan Raja Ampat. Pemerintah pusat mau pun daerah menggelar Festival Bahari dalam tahun-tahun terakhir ini. Festival ini diharapkan bisa menyerap lebih banyak wisatawan-wisatan , terutama wisatawan mancanegara. Festival Bahari Raja Ampat ini pun mendorong wisata-wisata bahari lainnya di sepanjang kepulauan Indonesia. Indonesia sebagai negara yang dianugerahi banyak pulau dan garis pantai yang panjang, sudah tentunya memiliki potensi pariwisata yang sangat luar biasa.

#Sumber gambar dan tulisan berasal dari beberapa web dan blog
Written by: @teguhgetuk
Edited by: @hanie_20

Bosan ke Pangandaran? Kunjungi 6 Destinasi Wisata Alternatif Ini Yuk!

Bagi masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya mungkin tidak asing lagi dengan Pangandaran. Pangandaran merupakan salah satu daerah wisata di Kabupaten Ciamis yang terkenal dengan pantai dan berbagai wisata air lainnya. Namun pada saat libur panjang, daerah ini dapat dipastikan penuh sesak dengan wisatawan yang datang berkunjung. Lusa kemarin, salah satu tim #TorchID mengunjungi 6 destinasi wisata keren yang terletak tidak jauh dari Pangandaran, tepatnya di daerah Cijulang dan Cimerak.  Mau tau tempat apa saja yang dikunjungi? Yuk simak review lengkapnya dibawah ini :)

1. Batu Karas
Pantai Batu Karas, Cijulang
Pantai Batu Karas, Cijulang

Batu Karas merupakan salah satu destinasi pantai yang dapat Sob temui di daerah Cijulang, Kabupaten Ciamis. Pantai ini memiliki pasir putih yang indah serta ombak yang kuat sehingga  cocok untuk berenang dan berselancar. Jika berkunjung kesini, Sob juga bisa mencoba berbagai wahana air seperti perahu, banana boat, doughnut boat dan jet ski. Kelebihan lainnya dari Batu Karas ialah tidak terlalu banyak wisatawan yang datang sehingga Sob bisa lebih leluasa menikmati suasana pantai bersama teman ataupun keluarga.

Tips:

Bulan November-April merupakan waktu terbaik untuk menikmati pantai Batu Karas karena ombaknya yang sangat kuat dan cantik. Selain itu, jika Sob ingin berenang atau berselancar pilih spot paling ujung karena terdapat ombak dua arah. Namun ingat untuk selalu berhati-hati ya Sob! :)

2. Green Canyon

Green Canyon, Cijulang
Green Canyon, Cijulang

Sob pasti sudah tak asing lagi dengan tempat wisata satu ini kan? Yup, Green Canyon atau Cukang Taneuh yang terletak di Cijulang ini memiliki air sungai indah berwarna tosca yang dikelilingi hutan dan tebing. Dengan 125 ribu, Sob dapat menelusuri Grand Canyon dengan perahu hingga sampai di air terjun yang dikelilingi bebatuan. Disini, Sob juga bisa berenang di sekitar air terjun… tapi ingat Sob waktunya dibatasi hanya 45 menit hingga 1 jam karena harus bergantian dengan wisatawan lainnya.

Tips:

Waktu terbaik untuk berkenjung ke Green Canyon ialah pada saat kemarau karena air sungai akan berwarna tosca  jernih dan lebih tenang. Selain itu, jika Sob berkunjung pada musim liburan sebaiknya datang lebih pagi agar tidak mengantre lama. Ketika sampai di Green Canyon, Sob harus selalu menggunakan pelampung yang disediakan pengelola serta pilih busana dan alas kaki yang nyaman dan aman karena bebatuan di sekitar air terjun cukup licin.

3. Bandar Udara Nusawiru

Hanggar Pesawat Bandar Udara Nusawiru
Hanggar Pesawat Bandar Udara Nusawiru, Cijulang

Di Cijulang terdapat satu bandar udara yang khusus digunakan oleh pesawat-pesawat kecil seperti pesawat latihan sekolah penerbangan hingga pesawat charter atau sewaan milik menteri kelautan dan perikanan, Ibu Susi. Jika Sob tertarik berkunjung ke Cijulang menggunakan pesawat charter ini, Sob dapat melakukan reservasi dari Jakarta atau Bali. Harga tiket per-orangnya cukup mahal sih Sob, sebesar 1.5 juta rupiah tapi demi pengalaman baru, why not ya Sob?! Hhe :D

[gallery columns="2" size="medium" ids="3278,3280"]

Tips: Sebenarnya foto-foto di hanggar dilarang Sob XD …Tapi kalau Sob ingin, lebih baik datang pagi-pagi sekali sebelum petugas kemanan datang untuk melakukan kontrol (peace ^^v)

4. Pelelangan Ikan

Pelelangan Ikan, Cijulang
Pelelangan Ikan, Cijulang

Tak jauh dari Bandar Udara Nusawiru, Sob dapat berkunjung ke tempat pelelangan ikan. Disini Sob dapat membeli ikan yang baru ditangkap oleh para nelayan. Tapi sayang, ketika tim #TorchID datang, tempat pelelangannya masih tutup karena libur lebaran.

Tips: Waktu terbaik untuk kesini ialah pada subuh-pagi hari ketika nelayan baru selesai menangkap ikan. Di pagi hari, Sob juga bisa mendapatkan bonus melihat pemandangan indah ketika matahari terbit.

5. Pantai Indah Madasari

Pantai Indah Madasari
Plang Pantai Indah Madasari, Cimerak

Tak jauh dari Cijulang, tepatnya di Cimerak, Sob bisa berwisata ke Pantai Indah Madasari. Sama seperti pantai Batu Karas, pantai Indah Madasari tidak terlalu ramai oleh wisatawan sehingga Sob bisa menikmati suasana pantai dengan lebih leluasa. Di pantai yang landai ini, Sob juga dapat bermain pasir dan berenang di pinggiran pantai. Disini juga terdapat spot yang cukup unik untuk berfoto ria yaitu tebing batu… Bagi Sob yang suka foto-foto, jangan lewatkan spot ini! :)

[gallery size="medium" ids="3285,3286,3284" orderby="rand"]

Tips:

 Karena ombaknya yang cukup besar, lebih baik Sob tidak berenang ke tengah pantai… jika ingin menikmati ombak dan air laut disini, pilih spot di ujung dekat tebing batu karena ombaknya tidak terlalu besar.

6. Menara Suar Legok Jawa
Menara Suar Legok Jawa
Menara Suar Legok Jawa, Cimerak

Masih di kawasan Pantai Indah Madasari, Sob bisa berkunjung ke menara suar Legok Jawa. Menara dengan tinggi 40 meter ini berfungsi untuk membantu dan menunjukkan para navigator dalam menentukan posisi dan arah haluan kapal. Jika tertarik untuk melihat pemandangan pantai yang luas, Sob dapat naik ke atas menara dengan menggunakan tangga yang tersedia. Rasa takut akan ketinggian terbayar lunas ketika berhasil naik ke puncak menara dan melihat pemandangan pantai yang menakjubkan! :D

[gallery size="medium" ids="3288,3291,3289"]

Tips: 

Sebelum naik ke puncak menara, Sob harus meminta ijin dulu kepada petugas. Selain itu, Sob juga harus berhati-hati ketika naik tangga karena banyak anak tangga yang sudah agak rapuh.

Bagaimana Sob, tertarik untuk berwisata ke 6 tempat diatas? Jika Sob punya pengalaman atau tips seputar tempat wisata alternatif di Pangandaran atau daerah Kabupaten Ciamis lainnya, silahkan share di kolom komen ya :)

Documented & Written by:
@hanie_20 (ig)