KONFIRMASI PEMBAYARAN DISINI!

Torch — negara maju

Blog Menu

Tak Mau Dicap Udik? Perhatikan 5 Kebiasaan Ini Sebelum Traveling ke Negara Maju!

Ketika traveling ke negara maju, ada beberapa kebiasaan yang harus Sob perhatikan agar tak mengalami culture shock. Mulai dari hal kecil seperti buang air, berinteraksi dengan masyarakat hingga menggunakan berbagai fasilitas umum. Jangan sampai Sob dibilang udik dan tak tahu sopan santun saat berada di negara lain. Untuk itu, #TorchID merangkum 5 kebiasaan penting yang harus Sob perhatikan ketika traveling ke negara maju, seperti berikut ini.

1. Kebiasaan Buang Air

Dry Toilet

Kebanyakan toilet di negara maju seperti Eropa menggunakan sistem dry toilet alias toilet kering yang hanya menyediakan tisu untuk membersihkan diri ketika selesai buang air. So, ucapkan selamat tinggal pada air... Jika Sob masih risih dan belum terbiasa, solusinya adalah selalu bawa botol air saat akan buang air di toilet, simple bukan? :)

2. Kebiasaan Menggunakan Transportasi Umum

MRT STATION

Jangan samakan kebiasaan Sob di Indonesia saat sedang traveling ke luar negeri. Jika di Indonesia angkutan umum bisa Sob temui kapan saja dan dimana pun, di negara maju seperti Jepang, semua transportasi umum sudah terjadwal dan hanya bisa Sob naiki di halteu atau stasiun. So, jangan harap bisa 'cegat' bus sembarangan di pinggir jalan... Bukannya berhenti, bisa-bisa Sob dianggap aneh oleh orang-orang disana :P

3. Tepat Waktu

Tepat Waktu Saat Janjian

Jika Sob janjian bertemu orang lokal di negara maju, usahakan untuk selalu tepat waktu karena orang-orang di negara maju sangat menghargai waktu. Contohnya ialah orang Jepang yang terkenal dengan kedisiplinan serta ketepatan waktu. Mereka akan sangat kesal bahkan marah jika Sob memberlakukan jam karet saat janjian. Seperti yang tercantum dalam peribahasa, "waktu adalah uang", so hargai setiap detik waktumu dan orang lain ya Sob.

4. Hindari SKSD dan Basa-Basi

MRT SINGAPURA

Budaya orang timur dan barat memiliki beberapa perbedaan, khususnya dalam hal ramah-tamah. Di Indonesia, mungkin dianggap biasa jika kita senyum atau mengajak orang lain ngobrol ketika sedang berada di angkutan umum. Beda halnya ketika sedang berada di luar negeri khususnya negara-negara barat, basa-basi atau SKSD (Sok Kenal Sok Deket) tak dianjurkan karena salah-salah Sob akan dianggap aneh bahkan terlihat bodoh. Sebelum mengajak orang lain ngobrol, perhatikan dulu kebiasaannya... Jika mereka terlihat ramah dan mudah berbaur, Sob bisa coba berkenalan dan ajak ngobrol.

5. Kebiasaan Makan dan Minum

Air Keran Italia

 

Negara maju memiliki beberapa kebiasaan makan dan minum yang berbeda dari negara kita Sob. Contohnya ialah air keran di Singapura yang bisa langsung diminum oleh siapapun... Sob tak perlu khawatir karena air keran di negara maju sudah terjamin kebersihannya. Selanjutnya yaitu kebiasaan memberi tip (khususnya) jika Sob makan di restoran. Jangan lupa memberi uang tip kepada pelayan untuk menghargai service yang mereka berikan. Dam yang terpenting ialah 'adab' ketika makan... sebisa mungkin hindari makan menggunakan tangan kosong karena di beberapa negara seperti Eropa, makan menggunakan tangan kosong (tanpa sendok atau garpu) dianggap sangat menjijikan, apalagi jika ditambah menjilati jari sehabis makan, So, agar tak dicap sebagai 'orang aneh', lebih baik perhatikan kebiasaan yang berlaku di negara tujuan traveling Sob ya ;)

#Web & Picts Source: TORCH
Written by: hanie_20