KONFIRMASI PEMBAYARAN DISINI!

Torch — passport

Blog Menu

LIST NEGARA BEBAS VISA BAGI WNI

Sebelum berpergian ke berbagai negara di dunia, ada beberapa dokumen yang harus dilengkapi, salah satunya ialah visa. Dokumen pelengkap ini wajib dimiliki oleh traveler sebagai syarat untuk bisa masuk ke negara tujuan. Berbagai syarat pun harus dipenuhi guna mendapatkan visa mulai dari salinan identitas hingga surat pengantar instansi tertentu yang terkadang rumit dan tak mudah begitu saja didapatkan. Namun kini ada 36 negara yang bebas visa kunjungan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dalam kurun waktu tertentu, sebagai berikut:

[table id=3 /]

#Sumber web: rideforpeace.net & www.travelesia.co
Written by: hanie_20

Sob! Jangan Dulu Mulai Traveling Sebelum Cek 10 Hal Ini

Sebelum Sobatorch melakukan perjalanan ke luar negeri, sebaiknya cek dulu 10 hal ini agar perjalanan Sob lancar dan terhindar dari masalah.

1. Passport dan Visa Dua dokumen ini wajib Sob siapkan dengan baik sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri. Sob juga harus memastikan masa berlaku passport. Untuk amannya, pastikan masa berlaku passport tidak kurang dari 6 bulan. Jika kurang dari 6 bulan, ada baiknya Sob memperpanjang passport sebelum melakukan perjalanan.

2. Reservasi Sob lebih baik melakukan reservasi seperti reservasi akomodasi (penginapan, transportasi) dari jauh hari sebelum jadwal keberangkatan khususnya jika Sob pergi pada peak season. Hal ini berguna agar Sob mendapatkan akomodasi yang baik dengan harga yang tidak terlampau mahal.

3. Tiket Pesawat Sama dengan reservasi akomodasi, Sob juga dapat booking tiket pesawat dari jauh hari sebelum jadwal keberangkatan. Jika Sob berencana pergi pada saat peak season, Sob bisa hunting tiket pesawat promo 3-4 bulan sebelum keberangkatan. Konon, waktu terbaik untuk memesan tiket adalah pada hari Rabu atau Kamis.

4. Kartu debit/Kartu kredit Selain membawa uang cash, Sob bisa membawa kartu debit ataupun kartu kredit selama perjalanan ke luar negeri. Akan tetapi, pastikan dulu kartu debit atau kredit tersebut dapat digunakan di negara tujuan. Selain itu, pastikan juga limit kartu kredit sebelum berangkat.

5. Salinan Dokumen Untuk berjaga-jaga, ada baiknya Sob membawa beberapa salinan dokumen perjalanan penting seperti KTP, passport dan visa. Selain itu, Sob juga dapat membawa salinan form asuransi dan medical record atau catatan kesehatan.

6. Buku Panduan Jika Sob melakukan perjalanan ke luar negeri tanpa didampingi guide, buku panduan dapat menjadi alternatif utama untuk membantu Sob mencari tempat-tempat wisata serta petunjuk arahnya.

7. Obat-obatan Ada baiknya Sob mempersiapkan obat-obatan pribadi dan melakukan medical check-up untuk memastikan kondisi kesehatan sebelum melakukan perjalanan.

8. Itinerary atau Rencana Perjalanan Buat list atau daftar rencana perjalanan Sob selama melakukan traveling ke negara tujuan. Hal ini berguna agar Sob dapat menentukan tempat apa saja yang ‘harus’ didatangi disana. Untuk berjaga-jaga, Sob juga dapat memberikan salinan itinerary ke keluarga atau teman terdekat.

9. Download Aplikasi Guna mempermudah Sob selama perjalanan, download beberapa aplikasi seperti aplikasi translator (penerjemah), map (peta/penunjuk arah) dan transit schedules (jadwal transportasi/perjalanan).

10. Barang Bawaan Sebelum berangkat, cek dan pastikan barang bawaan Sob supaya tidak ada yang tertinggal. Selain itu, Sob juga harus memastikan serta memilah barang-barang apa saja yang akan Sob bawa di kabin pesawat, jangan sampai melanggar ketentuan.

  Content Source: www.ricksteves.com/travel-tips/trip-planning/travel-checklist