KONFIRMASI PEMBAYARAN DISINI!

Torch — pengeluaran

Blog Menu

SOB, INILAH LANGKAH MEMPERSIAPKAN KEUANGAN SEBELUM TRAVELING!

UANG..... Satu hal yang gak bisa dimakan tapi bisa untuk beli makanan. Uang, salah satu benda  bukan hal yang paling penting di dunia tetapi cukup mewakili. Suka atau gak suka, bahkan travelling pun harus mempersiapkan uang. Gak harus punya banyak uang sih, tapi tetep harus punya rencana keuangan.

Saya yakin banyak Sobatorch yang bingung sebelum melakukan perjalanan. Berapa jumlah uang yang harus dibawa? Aman tidaknya, gimana kalau hilang? Bingung tentang kurs mata uang, harus nuker dimana, dll. Nah loh! Gimana caranya biar gak bingung? Ya buat rencana tentang uang dong!

Dulu sebelum saya berangkat, saya bingung tentang berapa jumlah uang yang mesti saya tabung sebelum melihat dunia karena biaya hidup harian di tiap negara itu beda-beda! Semakin banyak mencari informasi, saya malah semakin bingung. Sampai akhirnya saya menemukan informasi di salah satu situs internet kalau kisaran biaya travelling adalah sekitar USD 30-50/ hari.

Wew! Angka itu masih agak terlalu besar untuk saya, tapi berhubung memang ingin jalan-jalan. jadilah saya lalu bekerja keras dan juga menabung giat lalu berjalan-jalan menghabiskan tabungan tadi.

Singkat kata saya berhasil mengumpulkan sejumlah uang yang bisa saya gunakan untuk beli motor ninja atau KLX atau  DP rumah. Mengingat banyak orang punya motor KLX, Ninja atau nyicil rumah, saya rasa nominal tabungan saya masih masuk akal kok, gak banyak-banyak amat.

Jadilah saya jalan-jalan! Yeaaay!! Apakah pengeluaran saya sesuai rencana tadi? Gak.

Ternyata, selama perjalanan uang yang tiap hari saya keluarkan kurang dari USD 30. Tapi ada hari-hari dimana pengeluaran melonjak! Hal ini terjadi kalau saya harus bepergian dari satu kota ke kota lain. Uangnya terpakai untuk membeli tiket perjalanan atau tiket untuk masuk ke satu area wisata Pengeluaran harian saya di negara Asia pun jauh dibawah USD 30 (terutama negara Asia Tenggara selain Singapura. Gak heran backpacker bule senang tinggal di Thailand berbulan-bulan). Pada akhirnya, kisaran pengeluaran sekitar USD 30-50 ini termasuk biaya transportasi saat saya perlu naik kereta atau bus jarak jauh.

Mengatur Keuangan Untuk Traveling
Ilustrasi: Mata Uang Riyal Iran

Perhitungan saya untuk biaya menginap setiap hari  di hostel sekitar USD 10-15, sisanya untuk makan paling mahal sekitar USD 3 sekali makan (dan saya gak selalu beli makan 3x sehari) dan transportasi harian, wisata dan lainnya saya anggarkan max USD 5. Nah biaya transportasi untuk tiket kereta atau bus atau pesawat atau lainnya ini yang biasanya mahal.

(Sekedar informasi, saat itu saya masih menggunakan kurs dollar 10rIbuan, biar ngitungnya gampang, hahaha, bukan kurs yang sekarang).

Nah, bagaimana cara untuk lebih berhemat dan mengurangi biaya kalau lagi traveling??

Jawabannya ialah nebeng, selalu pilih makanan murah. siap jalan kaki supaya biaya transport murah. Jalan kaki agak jauh demi harga makanan atau tempat menginap rumah (harga di dekat kawasan wisata, biasanya mahal-mahal), berbagi biaya transport dan biaya menginap dengan traveler lain. menginap gratisan dengan cara couchsurfing atau bertenda atau apapunlah.

Hasil akhirnya? Tabungan yang saya siapkan untuk perjalanan selama maksimal 4 bulan (kalau beruntung) ternyata cukup untuk 6 bulan perjalanan, Yeaah!

(Walau akhirnya tabungan saya habis bukan kepalang hahaha)

Written & documented by: Icak (@darmastyo)
Edited by: @hanie_20