BEST SELLER

WAIST BAG

TRAVEL POUCH

BACKPACK

LIGHT TRAVEL BACKPACK

TRAVEL BACKPACK

PACKING ORGANIZER

OFFICE SERIES

OFFICE TOTEBAG

OFFICE SLEEVE

CASUAL CAMPING

UMBRELLA

GLASSES

MULTIFUNCTIONAL TOOLS

ARRAFA SANDAL

JACKET

T-SHIRT

PANT

SHIRT

OUTERWEAR

NECK WALLET

KEYCHAIN

WALLET

KONFIRMASI PEMBAYARAN

#TORCHSTORY

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

Marvel Black Panther

This section doesn’t currently include any content. Add content to this section using the sidebar.

Image caption appears here

Add your deal, information or promotional text

7 Simbol Unik di Label Pakaian dan Artinya yang Perlu Kalian Tahu

Tahukah kalian jika simbol unik di label pakaian punya arti yang beragam dan dapat dijadikan panduan perawatan? Untuk mengetahui fakta menarik ini lebih detail, yuk simak penjelasan Torch soal pentingnya simbol di label pakaian beserta artinya dalam ulasan berikut.

Selama ini kita mungkin beranggapan kalau keawetan suatu pakaian ditentukan oleh kualitas bahannya. Padahal sebenarnya, cara kita merawat juga memengaruhi apakah pakaian bisa bertahan lama atau tidak.

Perawatan pakaian sendiri terdiri dari mencuci, menyetrika, dan menjemur atau mengeringkan. Jika ketiga perawatan ini dilakukan dengan cara yang keliru, maka ujungnya pakaian kita mengalami kerusakan seperti kusut, luntur, atau bahkan benang jadi keluar.

Lantas bagaimana sih cara mengetahui perawatan pakaian yang baik dan benar? Ternyata caranya mudah banget Sob. Kalau kalian melihat label pakaian di area kerah baju, disitu pasti ada simbol unik, kan? Nah, simbol inilah yang jadi panduan merawat pakaian. 

Sekarang karena kita sudah menyadari pentingnya simbol tersebut, maka selanjutnya kita tinggal memahami maknanya. Tak perlu panjang lebar, berikut Torch jelaskan makna tujuh simbol unik di pakaian yang harus kalian tahu agar dapat melakukan perawatan yang tepat.

  1. Simbol Setrika 

 

Simbol setrika adalah penentu apakah kita boleh menyetrika pakaian atau tidak. 

Jika simbol ini tampil polos, maka artinya kita boleh menyetrika. Sedangkan jika ada coretan pada simbol, maka artinya pakaian tersebut tidak boleh disetrika. 

Adapun di dalam simbol setrika biasanya ada gambar titik. Kalau titiknya berjumlah 1, maka pakaian dapat disetrika pada suhu rendah. 

Sedangkan pada titik berjumlah 2, pakaian dapat disetrika pada suhu sedang. Sementara jika ada titik berjumlah 3, artinya pakaian dapat disetrika pada suhu tinggi. 

  1. Simbol Persegi

Simbol persegi yang di dalamnya ada lingkaran ini bisa diartikan sebagai panduan suhu untuk mengeringkan pakaian.

Jika lingkaran di dalam persegi berjumlah 1, maka artinya pakaian bisa dikeringkan pada suhu rendah. Jika lingkaran berjumlah 2, maka pakaian baru bisa kering pada suhu sedang. Sedangkan pada lingkaran berjumlah 3, pengeringan pakaian harus dilakukan dengan suhu tinggi. 

  1. Simbol Baskom

Pada simbol baskom ini kita mendapatkan panduan suhu saat mencuci pakaian. 

Dimulai dari baskom yang didalamnya ada 1 titik, disitu kita bisa mencuci pakaian pada suhu maksimal di kisaran 30 derajat Celcius. Lalu untuk titik yang berjumlah 2, kita dapat mencuci pakaian pada suhu maksimal di kisaran 40 derajat Celsius. 

Sementara pada titik berjumlah 3, 4, 5 dan 6, masing-masing mengacu pada suhu maksimal di kisaran 50, 60, 70 dan 95 derajat Celsius. 

  1. Simbol Segitiga
Simbol segitiga jadi panduan penggunaan pemutih dalam mencuci pakaian.

Untuk segitiga yang tampil polos, itu artinya kita bisa menggunakan berbagai jenis pemutih. Sedangkan untuk segitiga yang di dalamnya ada garis diagonal, kita hanya boleh menggunakan jenis pemutih non-klorin. Dan untuk segitiga yang dicoret, kita tidak boleh menggunakan pemutih. 

  1. Simbol Cuci Tangan 

Simbol cuci tangan menandakan pakaian tidak boleh dicuci dengan mesin cuci. Sebaliknya, kita harus mencuci secara manual, yaitu dengan cara mengucek sambil dikasih deterjen ringan. Jadi bisa dibilang, simbol ini mengharuskan kita untuk mencuci dengan metode old school.

  1. Simbol Persegi Bergaris Tiga

Simbol persegi yang di dalamnya ada 3 garis memastikan pakaian bisa kering tanpa dijemur. Jadi untuk mengeluarkan air, kalian hanya perlu menekan atau mengangin-anginkan pakaian sampai kering.

Enaknya lagi, pakaian dengan simbol ini tidak perlu disetrika karena bahannya tidak mudah kusut dan berkerut.

  1. Simbol Mesin Pengering

Bagi kalian yang belum tahu, gambar lingkaran dalam persegi adalah simbol untuk mesin pengering pada mesin cuci.

Lantas untuk simbol yang tampil polos, artinya kalian bisa mengeringkan pakaian dengan mesin pengering. Sementara untuk simbol yang dicoret, kalian tidak boleh mengeringkan pakaian dengan mesin pengering.

Ada juga lho simbol mesin pengering dengan 1 titik, yang artinya pakaian bisa dikeringkan pada suhu rendah. Lalu untuk 2 titik, pakaian bisa dikeringkan pada suhu sedang. Sedangkan untuk 3 titik, pakaian bisa dikeringkan pada suhu tinggi. 

Terakhir, untuk simbol mesin pengering yang lingkarannya berwarna hitam dan tidak mempunyai titik, itu menandakan pakaian bisa dikeringkan hanya dengan menggunakan udara.

Itulah tadi 7 simbol unik di pakaian yang perlu kalian tahu artinya. Dengan memahami arti setiap simbol di pakaian, kita jadi tahu bagaimana melakukan perawatan yang tepat sasaran sehingga produk bisa lebih awet dan tahan lama.

Oh ya, buat informasi tambahan, simbol unik ini sebenarnya juga tersedia lho di label pakaian Torch. Salah satu pakaian Torch yang mempunyai simbol panduan perawatan ini adalah seri packable jacket.Jaket berbahan lembut yang cepat menyerap keringat dan bisa dilipat hingga seukuran genggaman tangan.

So, mulai sekarang jangan lupa ya Sob untuk mengecek simbol di pakaian kalian agar bisa tahu cara merawatnya yang baik dan benar. 

Jangan lewatkan juga promo terbesar 2.2 dari Torch dan bawa pulang produk impianmu.

Cari