BEST SELLER

WAIST BAG

TRAVEL POUCH

BACKPACK

LIGHT TRAVEL BACKPACK

TRAVEL BACKPACK

PACKING ORGANIZER

OFFICE SERIES

OFFICE TOTEBAG

OFFICE SLEEVE

CASUAL CAMPING

UMBRELLA

GLASSES

MULTIFUNCTIONAL TOOLS

ARRAFA SANDAL

JACKET

T-SHIRT

PANT

SHIRT

OUTERWEAR

NECK WALLET

KEYCHAIN

WALLET

KONFIRMASI PEMBAYARAN

#TORCHSTORY

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

Marvel Black Panther

This section doesn’t currently include any content. Add content to this section using the sidebar.

Image caption appears here

Add your deal, information or promotional text

Cara Membersihkan Luka Jatuh dari Motor dengan Baik dan Benar


tour guide adalah

Motor dianggap sebagai kendaraan praktis dan mudah digunakan. Meski begitu, tak jarang pengendara yang mengalami kecelakaan lalu lintas di jalan raya karena kelalaiannya. Biasanya, luka jatuh dari motor cukup parah apabila kecelakaan terjadi dengan benturan keras.


Cara membersihkan luka jatuh dari motor secara darurat dapat dilakukan dengan mengalirkan air bersih atau menutup luka dengan kain bersih. Terdapat beberapa cara darurat lain yang bisa Sobat Torch lakukan apabila dihadapkan dalam kondisi demikian. Di bawah ini akan diuraikan hal apa saja yang dapat dilakukan.


Apa yang Harus Dilakukan Ketika Jatuh dari Motor?


Saat Sobat Torch mengalami jatuh atau kecelakaan, biasanya tubuh akan bereaksi panik dan stres. Meski dalam keadaan ini kamu bisa bangun sendiri dan bergerak dengan normal, sebaiknya jangan langsung bergegas dan tancap gas. Tenangkan diri terlebih dahulu agar kamu lebih rileks. Setelah itu,lakukan langkah-langkah di bawah ini. 


1. Cek Kondisi Tubuh


Langkah pertama, segera cek kondisi tubuh apakah ada yang lecet atau tidak. Jika terasa ngilu atau mati rasa, maka jangan dipaksa untuk berdiri. Namun, kalau Sobat Torch masih kuat, bisa segera berpindah dan menjauh dari tempat kejadian untuk mencari pertolongan dan mengantisipasi terjadinya ledakan dari mesin yang masih menyala.


2. Tetap Memakai Alat Pelindung


Hal penting yang perlu diperhatikan sesaat setelah terjadi kecelakaan, jangan langsung melepas alat pelindung seperti helm dan lainnya. Mengapa? Ini dilakukan untuk mencegah cedera atau bertambah parahnya cedera.  


3. Hubungi Teman, Kerabat atau Ambulans


Apabila Sobat Torch masih dalam keadaan sadar, segera hubungi kerabat atau ambulans untuk mendapat pertolongan pertama. Menghubungi salah satu dari mereka dapat dilakukan setelah kamu menjauh dari tempat kejadian perkara agar lebih kondusif.


4. Minta Pertolongan Medis


Dalam kondisi kecelakaan, pertolongan medis tetap diperlukan. Hal ini untuk mengetahui kondisi tubuh setelah terjadinya kecelakaan. Apakah ada trauma yang menyebabkan lebam atau terdapat luka parah lainnya.


Bagaimana Cara Membersihkan Luka Jatuh dari Motor?


Luka jatuh dari motor dengan luka ringan tetap harus ditangani dengan baik dan harus segera diobati agar tidak terinfeksi. Pada luka ringan, sebenarnya bisa ditangani sendiri dengan cara-cara yang benar untuk meminimalisir munculnya jaringan parut pada kulit. Bagaimana caranya? Langsung simak saja uraian di bawah ini.

 

1. Mencuci Tangan Sebelum Mengobati


Sebelum mengobati luka, pastikan Sobat Torch cuci tangan terlebih dahulu dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Tahapan ini dilakukan dengan tujuan agar luka tidak terinfeksi oleh kuman atau bakteri yang ada di tangan. Setelah itu, cuci bagian luka dengan air bersih yang mengalir.


2. Membersihkan Luka


Cara membersihkan luka jatuh dari motor selanjutnya yaitu mengalirkan air atau menggunakan pinset untuk menghilangkan kotoran. Pinset yang digunakan tentu yang sudah disterilkan agar luka terhindar dari infeksi. Jika tahapan ini sulit dilakukan, Sobat Torch bisa mengunjungi tenaga profesional untuk melakukannya.


3. Gunakan Krim Antibiotik


Setelah luka bersih dari kotoran, langkah selanjutnya yaitu mengoleskan krim antibiotik pada luka. Krim antibiotik berfungsi untuk menjaga permukaan kulit tetap lembab dan mencegahnya dari infeksi. Sobat Torch bisa menggunakan salep seperti bacitracin, neosporin atau polysporin. Jika muncul ruam setelah penggunaan krim, maka segera hentikan ya Sob. 


4. Menutup Luka dengan Perban atau Kain Bersih


Jika luka jatuh hanya lecet atau luka kecil, maka cukup bersihkan dan tutup menggunakan plester agar terhindar dari kotoran dan debu. Namun, jika lukanya besar maka sebaiknya tutup menggunakan kain kasa atau kain bersih yang sudah diberi antiseptik.


5. Mengganti Perban Secara Berkala


Pemakaian kain kasa bisa mempercepat proses pemulihan pada luka, tapi perlu diingat harus mengganti kain kasa secara rutin. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya infeksi akibat bakteri yang berkembang biak pada luka.



Berapa Lama Luka Jatuh dari Motor Bisa Sembuh?


Pemulihan pada luka lecet atau jatuh dari motor tergantung seberapa parah lukanya. Jika luka tersebut termasuk luka ringan, biasanya membutuhkan waktu 3 hingga 7 hari. Jika luka yang terjadi tergolong berat maka masa pemulihannya bisa 2 minggu hingga sembuh total.


Proses penyembuhan ini tentu dipengaruhi juga oleh reaksi obat. Penggunaan obat yang cocok dapat mempercepat proses penyembuhan. Sebaliknya, bila obat menimbulkan alergi atau infeksi, segera hentikan penggunaannya dan segera berkonsultasi dengan dokter.


Bagaimana Tips Aman Berkendara Motor?


Sebagai pengendara motor, perlu sekali mengetahui tips berkendara dengan baik. Sebab, berkendara yang baik bisa mengantisipasi terjadinya kecelakaan di jalan raya. Berikut beberapa tips aman saat berkendara motor yang dapat Sobat Torch implementasikan. 


1. Mengecek Kondisi Tubuh dan Kendaraan


Aktivitas berkendara termasuk kegiatan yang melelahkan, apalagi jarak yang ditempuh cukup jauh. Oleh sebab itu, mengecek kondisi tubuh menjadi hal yang sangat penting sebelum melakukan perjalanan. Setelah itu, cek seluruh kondisi kendaraan, seperti bahan bakar, rem, ban, lampu dan lain sebagainya. Pastikan semua dalam keadaan aman.


2. Menghitung Jarak dan Waktu Tempuh


Ada baiknya Sobat Torch memperhitungkan jarak dan waktu tempuh perjalanan. Ini dilakukan supaya kamu bisa memperkirakan waktu yang dibutuhkan selama perjalanan. Misalnya, Sobat Torch harus tiba di kantor pukul 8 pagi dengan jarak tempuh perjalanan 1 jam. Nah, sebaiknya Sobat Torch memulai perjalanan pada jam 7 pagi atau jam 6.30 pagi untuk meminimalisir terburu-buru yang mengakibatkan ngebut dan kecelakaan.


3. Kenakan Perlengkapan Safety Gear


Pastikan Sobat Torch menggunakan semua alat pelindung dengan lengkap, seperti helm, jaket, pelindung dada, sarung tangan, celana panjang, masker dan sepatu. Perlengkapan tersebut sangat penting untuk menjaga diri dari risiko kecelakaan berkendara.


4. Mengendarai Motor dengan Baik


Mengendarai sepeda motor yang baik sangat berpengaruh pada keselamatan. Cara mengendarai motor yang baik saat berkendara yaitu duduk di jok motor dengan posisi tegak, lurus, dan rileks. Saat berkendara juga hanya diperbolehkan membonceng satu orang saja, tidak boleh lebih dari itu.


5. Jaga Jarak dengan Pengendara Lain


Menjaga jarak dengan pengendara lain juga menjadi hal yang sangat penting saat berkendara di jalan raya. Bawa sepeda motor dengan kecepatan normal, terutama saat melewati jalan yang sempit, belok, dan rusak.


Pasalnya, kecelakaan kerap terjadi karena pengendara melakukan rem mendadak. Oleh sebab itu, mengatur kecepatan bertujuan agar motor yang dikendarai tidak terlalu dekat dengan pengendara lain serta untuk menghindari terjadinya potensi kecelakaan.


Itu dia beberapa cara membersihkan luka jatuh dari motor yang dapat dilakukan secara mandiri dalam kondisi darurat. Sebab, luka jatuh dari motor bisa mengalami infeksi bila tidak segera ditangani, apalagi pada luka tersebut terdapat kotoran akibat gesekan kulit dengan aspal atau tanah di tempat kejadian perkara.


Maka dari itu, saat mengendarai motor sangat dianjurkan menggunakan safety gear yang lengkap, seperti mengenakan Minwoo Packable Jacket yang dibuat menggunakan bahan ringan dan breathable.


Jaket ini dirancang khusus agar bisa dilipat dan dimasukkan ke dalam pouch yang terpasang pada jaket. Selain itu, jaket dari Torch selalu dilengkapi dengan fitur anti air, sehingga dapat menahan hujan ringan saat dikenakan. Dapatkan jaket keren tersebut sekarang juga di official website Torch, situs resmi penjualan produk Torch.

Cari