makanan lebaran khas betawi

10 Menu Makanan Lebaran 2024 Khas Betawi

Halo Sobat Torch! Hari raya Idul Fitri identik dengan suguhan beragam makanan spesial. Tidak hanya kue-kue manis, tapi juga menu utama yang diharapkan bisa memanjakan lidah seluruh keluarga saat berkumpul.


Nah, apa saja sih menu wajib yang tak boleh ketinggalan menurut tradisi masyarakat Betawi? Jangan khawatir, Torch sudah merangkumkan inspirasi 10 makanan khas Lebaran Betawi untuk Sobat Torch di rumah!


Makanan khas daerah selalu punya pesona tersendiri bukan? Selain cita rasa khas dari rempah dan bahan lokalnya, ada nilai historis yang melekat di balik makanan tradisional tersebut.


Oleh karenanya, Torch ingin Sobat Torch juga mengenal dan mencoba langsung sensasi kuliner spesial Lebaran ala Betawi ini. Siap-siap catat bahan dan caranya ya!


Makanan Lebaran 2024 Khas Betawi


1. Ketupat dan Sayur Pepaya

ketupat dan sayur pepaya

Ketupat dan opor merupakan perpaduan sempurna yang cocok disajikan saat Lebaran. Uniknya, masyarakat Betawi memiliki resep sayur opor dengan bahan utama pepaya muda. Rasa pepaya yang nikmat berpadu sempurna dengan santan dan rempah-rempah. Tak ketinggalan taburan bawang goreng agar terasa lebih gurih!


Baca Juga: Yuk Eksplor Kuliner Wisata Sahur Bandung!

 

2. Tape Uli

tape ui

Sobat Torch pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan ini. Tape Uli adalah kudapan manis khas Betawi berbahan dasar ketan dan uli yang difermentasi dan dibungkus dengan daun pisang. Perpaduan teksturnya yang lembut dan manis alami dari fermentasi sangat menggoda selera!


3. Kue Satu

kue satu

Menu kali ini adalah menu yang biasa disantap sebagai cemilan, yaitu Kue Satu. Kue satu ini merupakan kue kering berwarna putih dengan tekstur renyah. Bahan utama menu yang satu ini menggunakan tepung kacang hijau tanpa kulit yang dipadukan dengan gula untuk menambah rasa manisnya. 


Baca Juga: 5 Tradisi Menyambut Bulan Puasa

 

4. Dodol Betawi

dodol betawi

Jangan sampai kehabisan dodol Betawi saat teman dan kerabat berkunjung ke rumah. Dodol khas Betawi ini pun tak kalah digemari masyarakat Betawi. Rasa manis legitnya begitu khas berpadu dengan tekstur kenyal. Wangi pandan menambah citarasa tersendiri. Bisa dinikmati langsung atau nanti karena dapat disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama.

 

5. Akar Kelapa

akar kelapa

Kue kering khas Betawi berikutnya untuk temani Lebaran nantinya adalah Akar Kelapa. Disebut kue Akar Kelapa karena bentuknya yang menyerupai akar kelapa. Kue yang satu ini memiliki rasa yang gurih dan manis dengan tekstur yang crunchy. 


Untuk membuat snack ini, Sobat Torch perlu menyiapkan bahan utamanya terlebih dahulu, yaitu tepung beras putih, kelapa, dan tepung sagu, Setelah itu diaduk dengan bumbu-bumbu lainnya dan digoreng hingga berwarna keemasan.


Baca Juga: Mengenal 7 Tradisi Lebaran di Indonesia

 

6. Semur Daging

semur daging

Semur daging asal Betawi ini punya ciri khasnya tersendiri lho Sobat Torch. Salah satunya penggunaan rempah yang lebih banyak seperti cengkeh dan kemiri. Hasilnya rasa semur jadi lebih medok dan gurih mantap. Apalagi kalau ditemani sepiring nasi hangat plus acar timun dijamin Sobat Torch akan nambah terus deh!


7. Setup Tape

setup tape

Setup tape adalah merupakan sebuah sajian makanan manis atau biasa disebut desert dengan rasa yang cukup kompleks, yaitu asin gurih dan manis. Setup sendiri merupakan istilah yang dipakai untuk teknik memasak menggunakan cairan seperti susu, kaldu, air, ataupun santan yang dimasak perlahan guna melunakan tekstur makanan. Untuk setup tape betawi sendiri biasanya menggunakan singkong hasil fermentasi. Rasanya segar banget!


Baca Juga: 4 Ide Hampers Lebaran yang Menarik dan Anti Mainstream

 

8. Sayur Besan

sayur besan

Nah selain sayur pepaya, ada lagi variasi sayur spesial khas Betawi bernama sayur besan. Dipadukan kuah santan dan campuran tepung besan goreng setengah matang. Rasanya unik, gurih, dan creamy. 


Yang membedakan hidangan sayur satu ini dengan hidangan sayur santan lainnya adalah bahan utama yang digunakan. Sayur Besan menggunakan bahan utama yang disebut Terubuk atau biasa dikenal dengan Tebu Telur.


9. Kembang Goyang

kembang goyang

Sobat Torch tentu familiar dengan jajanan pasar yang satu ini. Kembang goyang terbuat dari tepung beras ketan putih yang dibentuk menyerupai bunga. Menu yang satu ini merupakan salah satu menu yang wajib dihidangkan ketika sedang lebaran. Sekali kamu mencicipi camilan yang satu ini Torch jamin kamu tidak akan bisa berhenti!


Baca Juga: Simak 7 Rekomendasi OOTD untuk Lebaran Berikut Ini!

 

10. Manisan Kolang Kaling

manisan kolang kaling

Siapa yang bisa menolak enaknya kolang-kaling? Masakan penutup khas Betawi ini juga selalu dinantikan saat Lebaran. Terbuat dari daging buah kolang-kaling yang direbus dengan berbagai rempah. Kuahnya tampil cantik kemerahan dan rasanya pekat manis legit yang sungguh memikat lidah.


Itulah tadi 10 inspirasi menu makanan Lebaran khas Betawi yang dibagikan Torch untuk Sobat Torch. Mulai dari makanan pembuka, utama, hingga makanan penutup sudah Torch rangkum semua.


Dari mulai kudapan ringan seperti tape uli dan akar kelapa, sayur-sayuran khas Betawi, semur daging, hingga jajanan pasar seperti kembang goyang dan kolang kaling manis. Semuanya begitu unik dan lezat!


Nah, tunggu apa lagi Sobat Torch? Segera catat resepnya dan belanja bahan-bahannya. Jadikan momen Idul Fitri kali ini semakin istimewa dengan sajian makanan Lebaran khas Betawi.

 

Jika Sobat Torch sedang mencari tas baru seperti tas ransel, travel backpack, tas selempang, messanger bag, tote bag, tas pinggang, tas kantor, ataupun duffle bag, kamu dapat langsung mengunjungi website koleksi tas Torch ya!

Back to blog

Leave a comment