anak-anak sedang belajar di kelas

12 Perlengkapan Sekolah Anak TK yang Wajib Disiapkan

Halo Sobat Torch! Memasukkan anak ke Taman Kanak-Kanak (TK) adalah langkah penting dalam perjalanan pendidikan buah hati. Selain mengasah keterampilan sosial dan mengembangkan kemandirian, masa TK juga memperkenalkan anak pada aktivitas akademik awal seperti belajar menulis, menggambar, dan berhitung. Agar anak dapat mengikuti kegiatan belajar dengan baik, penting untuk memastikan mereka memiliki perlengkapan sekolah yang tepat dan lengkap.


Torch memahami bahwa mempersiapkan perlengkapan sekolah anak TK bisa menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua. Oleh karena itu, Torch akan membagikan panduan lengkap tentang 10 perlengkapan sekolah anak TK yang wajib dimiliki beserta tips untuk mempersiapkannya. Yuk, simak ulasannya berikut ini ya!


Daftar Perlengkapan Sekolah Anak TK


Berikut adalah perlengkapan sekolah anak TK yang perlu kamu persiapkan:


1. Tas Sekolah


Tas sekolah menjadi perlengkapan paling utama yang harus disiapkan untuk anak TK. Pilihlah tas berukuran sesuai dengan tinggi badan anak, terbuat dari bahan yang kuat dan nyaman digunakan. 


Tas ransel adalah pilihan terbaik yang dapat membagikan berat secara merata di kedua bahu. Jika memungkinkan, pilihlah tas bermotif lucu atau karakter favorit anak agar mereka lebih bersemangat membawanya ke sekolah setiap hari.


Baca Juga: Rekomendasi Tas Sekolah


2. Buku Gambar


Di TK, anak akan banyak diajarkan kegiatan mewarnai dan menggambar untuk mengembangkan motorik halus serta kreativitas mereka. Oleh karena itu, buku gambar menjadi perlengkapan wajib yang harus disiapkan. Pilihlah buku gambar berukuran standar dengan kualitas kertas yang baik agar hasil karya anak tampak maksimal.


3. Pensil Warna/Crayon


Peralatan menggambar seperti pensil warna atau krayon tentunya harus tersedia untuk melengkapi buku gambar anak. Pastikan pilih produk berkualitas yang aman bagi anak dan tidak mudah patah atau rusak. Lengkapi pula dengan spidol permanen untuk memberi label nama di setiap perlengkapan.


4. Buku Tulis


Tahap belajar menulis di TK biasanya dimulai dengan menggunakan buku tulis bergaris besar. Siapkan beberapa buah buku tulis untuk persediaan ketika buku anak robek atau habis digunakan. Upayakan untuk memilih buku tulis yang memiliki spasi lebar agar tulisan anak tidak terlalu sempit.


5. Pensil


Selain untuk menggambar, pensil juga dibutuhkan anak untuk belajar menulis di buku tulis. Sediakan beberapa pensil dengan permukaan tidak terlalu runcing agar aman ketika dipegang anak. Pensil yang memiliki pegangannya lebih tebal juga sangat direkomendasikan agar lebih mudah digenggam.


6. Penghapus


Belajar menulis dan menggambar pasti tak lepas dari kesalahan. Maka dari itu penghapus menjadi perlengkapan yang tak kalah penting. Pilih penghapus dengan ketebalan cukup agar mudah dipegang tangan mungil anak dan tidak terlalu cepat habis terpakai.


7. Rautan


Pensil yang cukup runcing tentu akan membantu anak menulis dan menggambar dengan hasil yang rapi. Oleh sebab itu, sediakan rautan berkualitas baik sebagai pasangan pensil. Pilihlah rautan portable agar bisa disimpan di dalam kotak pensil.


8. Kotak Pensil

tampilan dari salah satu kotak pensil dari torch

 

Jangan sampai pensil, krayon atau alat tulis lainnya tercecer. Kotak pensil akan sangat membantu anak untuk menyimpan perlengkapan tulisnya dengan rapi. Pilihlah kotak pensil yang terbuat dari bahan berkualitas sehingga awet untuk digunakan dalam jangka panjang.


Beberapa rekomendasi kotak pensil atau stationery dari Torch adalah Fernan Stationery Pouch dan Evo Musu Stationery. Kedua kotak pensil ini punya varian warna yang cukup beragam. Selain itu, bahan yang digunakan menggunakan Duralite Nylon yang sudah teruji awet dan water repellent atau mampu menahan air dengan intensitas sedang.


9. Seragam Sekolah


Mengenakan seragam sekolah akan meningkatkan rasa percaya diri anak dan membangun kepatuhan terhadap peraturan sedari dini. Sesuaikan seragam dengan ketentuan dari pihak sekolah, baik dalam hal model, warna maupun jumlahnya. Jangan lupa lengkapi pula dengan almamater atau atribut sekolah lainnya.


10. Sepatu dan Kaos Kaki


Di samping seragam, sepatu dan kaos kaki juga termasuk perlengkapan wajib yang harus dipakai anak ketika sekolah. Pilihlah sepatu dengan bahan yang empuk dan awet, serta berikan kaos kaki yang nyaman agar kaki anak tidak mudah lecet atau kesakitan.


11. Botol Minum

tampilan dari salah satu botol minum dari torch

 

Minum yang cukup sangatlah penting agar anak tetap terhidrasi dan bugar selama beraktivitas di sekolah. Sediakan botol minum tahan panas dan dingin dengan desain khusus untuk anak-anak. Botol minum dengan gambar karakter favorit bisa jadi pilihan menarik untuk anak.


Salah satu rekomendasi botol minum dari Torch adalah Jarra Tumbler. Botol minum yang satu ini terbuat dari bahan stainless steel yang sudah pasti anti air. Selain itu, kamu juga bisa request untuk menambahkan nama anak kamu di permukaan botolnya agar tidak tertukar dengan botol temannya.


12. Kotak Makan


Bagi anak yang membawa bekal ke sekolah, kotak makan menjadi perlengkapan yang tak boleh terlewatkan. Pilih kotak makan dengan desain lucu dan terbuat dari bahan yang aman serta tahan panas untuk mencegah kebocoran ataupun bakteri. Lengkapi pula dengan peralatan makan sekali pakai untuk memudahkan anak.


Tips Mempersiapkan Perlengkapan Sekolah Anak TK


Setelah mengetahui daftar lengkap perlengkapan sekolah anak TK, simak pula tips berikut dari Torch agar proses persiapannya dapat berjalan lebih lancar:


1. Buat Daftar Perlengkapan


Untuk mengantisipasi agar tidak ada perlengkapan yang terlewatkan, buatlah daftar terlebih dahulu sesuai kebutuhan anak. Kamu bisa mencantumkannya dalam notes hp atau menuliskannya di buku catatan agar bisa kamu cek satu per satu.


2. Siapkan Jauh Hari Sebelum Masuk


Jangan menunggu hari-hari menjelang masuk sekolah untuk berbelanja perlengkapan. Mulailah mempersiapkannya jauh-jauh hari agar proses pembelian tidak terburu-buru. Dengan begitu, kamu juga akan memiliki waktu lebih banyak untuk memilih barang-barang berkualitas terbaik.


3. Gunakan Tas yang Tepat (Tas Ransel)


Sampai saat ini, tas ransel masih menjadi pilihan terbaik bagi anak-anak usia TK. Bentuknya yang unik dan menarik akan membuat anak senang untuk membawanya. Selain itu, beban tas ransel juga lebih terbagi merata di kedua pundak sehingga mengurangi resiko sakit punggung.


4. Cek Ulang Perlengkapan Sebelum Mulai Masuk TK


Setelah semua perlengkapan terkumpul, pastikan untuk mengecek kembali satu per satu sebelum hari pertama masuk TK. Hal ini untuk memastikan tidak ada barang yang masih kurang atau tertinggal. Kamu juga bisa mengingatkan anak tentang nama dan fungsi setiap perlengkapan sehingga mereka bisa lebih bertanggung jawab menjaganya.


5. Labeli Barang-Barang Anak


Memberikan label nama anak di setiap perlengkapan sekolahnya sangat dianjurkan. Hal ini akan membantu menghindari tertukarnya barang milik anak satu dengan yang lain. Gunakan spidol permanen atau cari stiker khusus pelabelan agar nama anak tidak mudah hilang atau terhapus.


Nah, dengan menyiapkan 10 perlengkapan sekolah anak TK lengkap beserta menerapkan tips di atas, Sobat Torch tidak perlu lagi khawatir buah hati akan kekurangan apa pun saat memulai masa belajar barunya. Anak pun akan lebih bersemangat mengikuti aktivitas di sekolah karena merasa siap dengan perlengkapan yang telah dimiliki.


Torch berharap artikel ini dapat membantu Sobat Torch mengatasi kebingungan dalam mempersiapkan perlengkapan sekolah anak TK. Selamat menyiapkan kebutuhan anak dan semoga mereka selalu antusias menempuh pendidikan!

Back to blog

Leave a comment