sekumpulan orang sedang berfoto di koridor sekolah

10 Contoh Kegiatan Ekstrakurikuler Sekolah Terpopuler

Halo Sobat Torch! Selain belajar di kelas, kegiatan ekstrakurikuler juga penting bagi perkembangan diri siswa lho. Nah, ekstrakurikuler terbagi menjadi dua jenis, yaitu wajib dan pilihan. 

 

Nah, apa saja sih pengertian dari kedua jenis ekstrakurikuler tersebut? Dari sekian banyak kegiatan ekstrakurikuler yang tersedia, mana saja yang terpopuler ya? Yuk, Torch bantu rangkum dan jelaskan hal tersebut melalui pembahasan dibawah ini!

 

Jenis Kegiatan Ekstrakurikuler Sekolah

 

Sebelum Torch masuk ke pembahasan contoh kegiatan ekstrakurikuler, Torch akan jelaskan terlebih dahulu apa saja jenis kegiatan ekstrakurikuler sekolah. Berikut adalah jenis-jenisnya:

 

1. Ekstrakurikuler Wajib

 

Ekstrakurikuler wajib adalah kegiatan ekstrakurikuler yang harus diikuti oleh seluruh siswa tanpa terkecuali. Biasanya ekstrakurikuler wajib ditetapkan oleh pihak sekolah dengan tujuan tertentu seperti membentuk karakter dan kepribadian siswa.

 

Contoh ekstrakurikuler wajib yang paling umum adalah Pramuka. Hampir semua sekolah di Indonesia mewajibkan siswanya untuk mengikuti ekstrakurikuler Pramuka. Melalui kegiatan kepramukaan, siswa diajarkan nilai-nilai kepedulian, kemandirian, kepemimpinan, dan keterampilan hidup (life skills).

 

2. Ekstrakurikuler Pilihan

 

Berbeda dengan ekstrakurikuler wajib, ekstrakurikuler pilihan merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang dapat dipilih oleh siswa sesuai dengan minat dan bakat mereka. Biasanya sekolah menyediakan beragam pilihan ekstrakurikuler agar siswa dapat mengembangkan diri sesuai passion masing-masing.

 

Beberapa contoh ekstrakurikuler pilihan antara lain olahraga (basket, futsal, bulutangkis, dan lain sebagainya), seni (tari, musik, teater, dan lain sebagainya), bahasa asing, robotika, jurnalistik, Palang Merah Remaja (PMR), pecinta alam, dan masih banyak lagi.

 

Dengan mengikuti ekstrakurikuler pilihan, siswa dapat menyalurkan hobi serta mengasah keterampilan dan talenta mereka di luar jam pelajaran formal. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk mengembangkan diri secara maksimal.

 

Jadi intinya, ekstrakurikuler wajib harus diikuti sedangkan ekstrakurikuler pilihan bersifat opsional sesuai minat siswa. Keduanya sama penting untuk menunjang pendidikan dan perkembangan siswa secara menyeluruh.

 

Daftar dan Contoh Kegiatan Ekstrakurikuler Sekolah

 

Buat Sobat Torch yang ingin mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tapi bingung memilihnya, Torch akan bantu rangkum dan jelaskan beberapa kegiatan ekstrakurikuler paling populer di sekolah pada umumnya. Berikut adalah penjelasannya: 

 

1. Pramuka

anak-anak yang mengenakan seragam pramuka sedang berkumpul

 

Yang pertama sudah jelas Pramuka, yang merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib bagi sebagian besar sekolah. Meski begitu, tak jarang siswa justru meminati kegiatan ini karena banyak hal seru seperti berkemah, membuat tenda, menyalakan api unggun, dan tentunya mendapatkan teman baru.

 

2. Olahraga

anak-anak sedang berfoto sambil memegang bola basket, bola kaki, dan bola voli

 

Hampir setiap sekolah mengadakan berbagai ekstrakurikuler olahraga, mulai dari basket, sepakbola, renang, bulutangkis, voli, dan masih banyak lagi. Dengan mengikuti ekstrakurikuler olahraga, Sobat Torch bisa menjaga kesehatan fisik sekaligus mengembangkan bakat olahraga favoritmu.

 

3. Palang Merah Remaja (PMR)

anak-anak sedang melakukan simulasi palang merah remaja

 

Kegiatan ekstrakurikuler PMR dapat melatih kamu untuk tetap peduli terhadap sesama dan siap menangani situasi gawat darurat. Biasanya, kegiatan PMR meliputi simulasi pertolongan pertama, donor darah, bakti sosial, dan kegiatan kemanusiaan lainnya.

 

4. Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra)

beberapa orang sedang melakukan upacara di sekolah diiringi dengan pasukan pengibar bendera

 

Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) merupakan ekstrakurikuler yang bertugas untuk mengibarkan dan menurunkan bendera Merah Putih, terutama dalam upacara bendera. Tak heran jika anggota Paskibra terlatih disiplin dan penuh kehormatan. Sobat Torch juga akan diajarkan teknik baris-berbaris yang rapi dan gagah.

 

Baca Juga: Macam-macam Hobi Seru

 

5. Paduan Suara

sekumpulan anak sekolah sedang melakukan ekstrakurikuler paduan suara

 

Bagi Sobat Torch yang suka bernyanyi, pastikan tak melewatkan ekstrakurikuler paduan suara ya! Di sini, suara merdu kalian akan diasah dengan arahan pelatih vokal khusus. Selain memupuk bakat menyanyi, ekstrakurikuler ini juga mengajarkan kerja sama tim dan percaya diri saat tampil di depan umum.

 

6. Teater

sekumpulan anak sekolah sedang melakukan teater di atas punggung

 

Kamu suka berakting? Ekstrakurikuler teater bisa menjadi wadah mengekspresikan bakat aktingmu! Mulai dari latihan vokal, olah tubuh, hingga menghayati karakter, semua dipelajari di ekstrakurikuler teater. Tak hanya itu, kamu juga akan belajar bekerja sama dalam sebuah produksi pertunjukan.

 

7. Bela Diri

dua orang anak kecil sedang berlatih bela diri

 

Ingin badan sehat dan terampil membela diri? Ekstrakurikuler bela diri seperti pencak silat, karate, taekwondo, dan sejenisnya bisa menjadi pilihan menarik. Selain belajar teknik bertarung, Sobat Torch juga akan dibekali mental tangguh, disiplin, dan rasa percaya diri.

 

8. Marching Band

sekumpalan anak sekolah sedang melakukan marching band di jalanan

 

Siapa yang tidak terpana melihat pertunjukan marching band? Gabungan antara musik, formasi baris-berbaris, dan koreografi gerakan membuat ekstrakurikuler satu ini begitu memukau. Selain melatih bakat musikal, ekstrakurikuler ini mengajarkan koordinasi dan kerja sama tim yang solid.

 

9. Pecinta Alam

beberapa orang sedang berbaring di kawasan berkemah

 

Kamu suka berpetualang di alam dan ingin melestarikannya? Pecinta Alam bisa jadi pilihan yang tepat untukmu Sobat Torch! Kegiatannya mulai dari kemah alam liar, mendaki gunung, susur gua, hingga kerja bakti membersihkan lingkungan. Seru banget bukan?

 

10. Seni Tari

sekumpulan orang sedang menampilkan tarian di atas panggung

 

Seni tari tradisional maupun modern sama menariknya untuk dipelajari lho! Lewat ekstrakurikuler ini, Sobat Torch akan memperoleh kelenturan tubuh, meningkatkan rasa percaya diri, dan tentunya memperkaya wawasan budaya.


Rekomendasi Tas Untuk Kegiatan Ekstrakurikuler dari Torch Tahun 2024

 

Torch merupakan sebuah brand yang awalnya didirikan untuk mengatasi permasalahan yang sering dialami oleh para traveler, mulai dari permasalahan saat packing hingga problem lain yang biasa ditemui dalam perjalanannya. 

 

Namun seiring berjalannya waktu, Torch mulai menghadirkan berbagai macam produk tas seperti tas backpack, travel bag, tas selempang, messenger bags, tote bag, waist bag, tas kantor, duffle bag, dan lainnya yang tak hanya variatif dan multi-fungsi, namun juga simpel dan inovatif, sehingga praktis untuk digunakan dalam setiap aktivitas, salah satunya untuk kegiatan ekstrakurikuler. 

 

Berikut merupakan beberapa rekomendasi tas untuk melengkapi kegiatan ekstrakurikulermu dari Torch:

 

1. Ganghwa Daypack 19L

seorang lelaki sedang berdiri di tepi koridor sambil menghambin ganghwa daypack 19 liter

 

Desain daypack yang paling simple. Bisa banget dipakai pergi ke sekolah atau ke kantor. Resletingnya unik banget, dari samping ke depan. Dengan bentuk resleting begitu, memungkinkan daypack berkapasitas hingga 19 liter ini lebih muat banyak barang.


List fitur Ganghwa Daypack 19L:

  • Terbuat dari 100% Duralite Nylon X7 yang tahan air terhadap intensitas sedang, menjaga barang-barang di dalamnya tetap kering. Selain itu, bahannya sudah teruji 2x lebih kuat dan 30% lebih ringan dari bahan tas pada umumnya.
  • Memiliki ruang utama yang cukup luas untuk membawa semua kebutuhan sekolah, serta dilengkapi dengan resleting tahan air untuk perlindungan tambahan.
  • Dilengkapi dengan kompartemen khusus untuk laptop hingga ukuran 15 inch dan sudah dilapisi dengan padding untuk melindungi laptop dari benturan.
  • Dilengkapi dengan saku depan yang dilengkapi dengan sistem velcro yang memudahkan penyimpanan peralatan sekolah atau barang kecil lainnya.
  • Dirancang dengan back system TRD Foam untuk kenyamanan bahu dan punggung saat digunakan dalam waktu yang lama.
  • Terdapat saku samping di kedua sisi tas, cocok untuk menyimpan botol minum atau payung untuk akses yang mudah.
  • Dilengkapi dengan rain cover sebagai tambahan untuk melindungi tas dari hujan dengan intensitas sedang serta menjaga barang-barang di dalamnya tetap kering dan aman.
  • Varian warna: Navy dan Black
  • Dimensi tas: 32 cm x 47 cm x 16 cm

 

2. Sinpo Backpack Tas Sekolah

seorang siswi sedang mengambil handphone dari sinpo backpack tas sekolah

 

Kamu pengen beli tas sekolah yang nyaman dan banyak kompartemennya? Sinpo Backpack adalah salah satu pilihan yang tepat untukmu. Apalagi dengan bahan duralite nylon yang water repellent, awet, kuat, dan ringan pastinya akan membuatmu nyaman memakainya.


List fitur Sinpo Backpack Tas Sekolah:

  • Bahan Duralite Nylon yang sudah teruji anti air dengan intensitas air sedang. Selain itu, bahannya dijamin lebih awet, kuat, dan warnyanya yang tahan lama.
  • Kompartemen utamanya muat banyak barang dan memiliki kompartemen khusus untuk laptop berukuran 14 inch.
  • Di saku atasnya terdapat bagian flap yang bisa muat untuk tissue pack atau headset.
  • Terdapat 2 saku samping yang cocok untuk menyimpan tumbler ataupun payung lipat.
  • Terdapat rain cover agar tas semakin terlindungi dari hujan dengan intensitas tinggi.
  • Ada back system TRD foam canal melindungi punggung menjadi nyaman ketika memakai tas.
  • Volume tas: 20 Liter
  • Varian warna: Black, Legion Blue, dan Nine Iron Grey
  • Dimensi tas: 30cm x 45cm x 15cm

 

3. Yesan Foldable Duffle Bag

seorang siswa sedang berjalan sambil memegang bola basket dan mengenakan yesan foldable duffle bag

 

Tas sporty yang satu ini cocok banget buat kamu bawa ke sekolah ketika ada kegiatan olahraga atau ekstrakurikuler. Salah satu kelebihan dari tas ini adalah foldable, jadi bisa dilipat hingga berukuran kecil dan dimasukan ke kantong lain, atau bisa dijadikan tambahan khusus ketika kamu travelling. 


List fitur Yesan Foldable Duffle Bag:

  • Materialnya terbuat dari 100% Duralite Nylon X7 yang kuat untuk menahan air dengan intensitas sedang masuk ke dalam tas. Selain itu, bahan ini juga 2x lebih kuat dan 30% lebih ringan dibandingkan dengan bahan tas pada umumnya.
  • Bawa semua kebutuhan sekolah kamu di kompartemen utama dari tas ini. Dari buku tulis, buku pelajaran, sampai headphone bisa masuk ke dalam tas ini. 
  • Resletingnya sudah water repellent sehingga lebih aman dari celah air dengan intensitas sedang.
  • Ada kompartemen untuk laptop yang muat maksimal 15 inch yang sudah dilengkapi sistem padding sehingga aman dari benturan.
  • Terdapat saku depan dengan resleting yang memiliki compas puller. Di saku depan ini, kamu bisa simpen barang-barang kecil seperti stationary, dompet, atau barang kecil lainnya.
  • Sudah dilengkapi dengan back system TRD Foam yang bikin nyaman pundak dan punggung.
  • Terdapat saku samping di bagian kanan dan kiri tas. Kamu bisa simpan botol minum atau payung di sini.
  • Dilengkapi rain cover yang sebagai tambahan untuk melindungi kamu dari hujan intensitas sedang.
  • Varian warna: Black and Navy
  • Dimensi tas: 31cm x 41cm x 15cm

Baca Juga: Rekomendasi Tas Sekolah Terbaik


4. Seongju Daypack 19L

seorang wanita sedang mengenakan seongju daypack di kawasan sekolah

 

Daypack dengan gaya yang klasik tapi stylish ini bervolume sampai 19Liter. Cukup compact tapi tetep muat banyak untuk membawa semua kebutuhan sekolah bahkan kerja. Bentuk kompartemen utama yang diserut dengan penutup di atas tasnya, bikin daypack kamu mengikuti zaman sepanjang masa.


List fitur Seongju Daypack 19L:

  • Materialnya terbuat dari 100% Duralite Nylon X7 yang kuat untuk menahan air dengan intensitas sedang masuk ke dalam tas.
  • Dengan bentuk yang diserut, tas ini lebih optimal bawa banyak barang yang kamu butuhkan.
  • Muat maximal laptop 15 inch yang sudah dilengkapi sistem padding sehingga aman dari benturan.
  • Saku depannya sudah dilengkapi dengan velcro. Di sini kamu bisa simpen stationary atau headset.
  • Sudah dilengkapi dengan back system TRD Foam yang bikin nyaman pundak dan punggung.
  • Terdapat saku samping di bagian kanan dan kiri tas. Kamu bisa simpan botol minum atau payung di sini.
  • Dilengkapi rain cover yang melindungi kamu dari hujan intensitas sedang.
  • Varian warna: Black dan Olive
  • Dimensi tas: 31cm x 41cm x 15cm

5. Guri Backpack Jinjing (2 in 1)

seorang pria sedang menjinjing guri backpack jinjing (2 in 1) dari torch

 

Series tote bag terbaru dari Torch! Tas 2-in-1 yang bisa dijadikan backpack atau dijinjing. Cocok untuk kegiatan sehari-hari, sekolah, perkuliahan, bahkan kantoran. Selain itu, Guri Backpack Jinjing ini juga memiliki fitur roll top untuk kompartemen ekstra 2 liter.


List fitur Guri Backpack Jinjing (2 in 1):

  • Dengan kapasitasnya sebesar 15 liter, cocok banget digunakan untuk anak sekolah mulai dari SD-SMA. Apalagi dengan tambahan kapasitas 2 liter dari fitur roll top.
  • Menggunakan bahan Duralite Nylon X7 yang sudah water repellent dan sudah teruji 2X lebih kuat serta 30% lebih ringan dari bahan lainnya
  • Buat anak sekolah yang membawa laptop ke sekolah, kamu tidak perlu khawatir karena terdapat kompartemen laptop berukuran up-to 14-inch
  • Terdapat kompartemen depan untuk mengorganisir barang-barang kecil untuk sekolah dan dilengkapi dengan resleting water repellent.
  • Ada kompartemen di sisi sampingnya untuk bawa botol minum atau tumblr.
  • Varian warna: Black
  • Dimensi tas: 40cm x 30cm x 10cm

Nah, itu dia 10 contoh ekstrakurikuler sekolah terpopuler yang bisa Sobat Torch ikuti. Tidak hanya menyalurkan bakat dan minat, kegiatan ekstrakurikuler juga bermanfaat untuk mengasah keterampilan, mengembangkan jiwa kepemimpinan, hingga menambah relasi pertemanan.


Jadi, jangan ragu untuk mengikuti ekstrakurikuler ya, Sobat Torch! Selain membuat masa sekolah jadi lebih berwarna, kegiatan ekstrakurikuler juga bisa menjadi nilai tambah saat melamar kerja atau kuliah nanti. Yang penting, pilihlah ekstrakurikuler sesuai minat dan kemampuan, sehingga bisa dijalani dengan maksimal dan menyenangkan!

Back to blog

Leave a comment