WAIST BAG

TRAVEL POUCH

BACKPACK

LIGHT TRAVEL BACKPACK

TRAVEL BACKPACK

PACKING ORGANIZER

OFFICE SERIES

OFFICE TOTEBAG

OFFICE SLEEVE

CASUAL CAMPING

UMBRELLA

GLASSES

MULTIFUNCTIONAL TOOLS

ARRAFA SANDAL

JACKET

T-SHIRT

PANT

SHIRT

OUTERWEAR

NECK WALLET

KEYCHAIN

WALLET

KONFIRMASI PEMBAYARAN

#TORCHSTORY

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

Marvel Black Panther

This section doesn’t currently include any content. Add content to this section using the sidebar.

Image caption appears here

Add your deal, information or promotional text

Punya Hobi Naik Gunung? Inilah 5 Tips Hiking untuk Pemula

Sebagian orang memilih naik gunung untuk menikmati keindahan alam terbuka. Sebab itu, aktivitas mendaki gunung tidak hanya dilakukan oleh pecinta alam saja Sob. Banyak anak muda seperti pelajar dan mahasiswa yang melakukan perjalanan hiking pemula untuk menikmati keindahan alam dengan mendaki gunung.

Lalu, bagaimana dengan Sobat Torch? Apakah tertarik mendaki gunung? Bagi kamu yang masih pemula, sebaiknya tidak mendaki gunung terlalu jauh. Sebab, kamu perlu latihan dan pembiasaan terlebih dahulu. 

Banyak hal juga yang perlu kamu sesuaikan, mulai dari persiapan fisik dan mental, hingga peralatan lengkap yang sesuai standar. So, kamu bisa belajar hiking di daerah rendah terlebih dahulu sebelum nanti bisa menuju puncak. 

Apa Itu Kegiatan Hiking?

Hiking bisa dikatakan sebagai kegiatan outdoor atau rekreasi sambil berolahraga. Rekreasi yang dimaksud identik dengan kegiatan refreshing atau liburan untuk menikmati keindahan alam dengan pemandangan yang indah. 

Hikingdilakukan dengan menyusuri jalur yang mudah dilalui. Biasanya, jalur tersebut menyediakan tempat istirahat, papan penunjuk jalan, dan lain sebagainya. Durasi kegiatan hiking berkisar antara 2 hingga 8 jam, tergantung dengan jalur yang dilewati.

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Mengikuti Latihan Panjat Tebing

Apa Saja yang Harus Dipersiapkan untuk Hiking Bagi Pemula?

Sebelum mendaki gunung, tentu ada banyak persiapan yang perlu dilakukan pendaki pemula. Berbagai persiapan ini diperlukan untuk alasan keamanan dan keselamatan selama Sobat Torch menjelajahi alam. Apa saja itu? Yuk simak di bawah ini.

1. Persiapkan Fisik dan Mental dari Jauh-Jauh Hari

Hiking membutuhkan fisik dan mental yang prima. Hal ini karena selama mendaki, tubuh bisa membakar energi yang sangat besar, apalagi durasi hiking yang kamu lakukan lebih dari dua jam. Jika fisik dan mental kamu tidak dilatih, berbagai kemungkinan risiko bisa saja terjadi.

2. Tentukan Lokasi dan Level Mendaki

Kenali terlebih dahulu jalur pendakian dengan melakukan mini riset. Hal ini perlu dilakukan supaya kamu bisa menentukan lokasi pendakian yang sesuai dengan kemampuan. Kamu bisa mempertimbangkan lokasi yang dekat dengan area tempat tinggal dan bisa ditempuh beberapa jam saja sebagai bentuk latihan.

3. Persiapkan Perlengkapan Hiking

Sebagai pendaki yang berstatus sebagai hiking pemula, wajib bagi kamu hukumnya memiliki perlengkapan pendakian yang sesuai dengan standar. Mulai dari backpack yang memiliki kapasitas lumayan besar hingga jaket yang bisa melindungi kamu dari kedinginan.

Backpack yang digunakan sebaiknya tidak membuat punggung merasa kesakitan. Apalagi kamu akan menggunakan backpack tersebut dalam waktu yang cukup lama. 

Kanzaki Light Travel Backpack dapat menjadi pilihanmu. Dilengkapi dengan fitur airbender foam back system, punggung kamu akan aman dari rasa sakit meski barang bawaan kamu cukup banyak. Backpack ini tentunya selalu hadir dengan bahan tahan air yang kuat dan tetap ringan. 

4. Perhatikan Asupan Makanan Sebelum Mendaki

Dua hari sebelum mendaki, kamu bisa mulai mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan protein. Kamu bisa menggandakan porsinya agar energi yang kamu dapatkan cukup besar. Sebab, saat pendakian sudah dimulai, tubuh kamu akan membakar energi tersebut dalam jumlah yang besar. 

tips hiking

Tips untuk Hiking Bagi Pemula

Banyak hal yang perlu dipersiapkan pemula sebelum mendaki gunung. Mulai dari hal-hal teknis hingga non-teknis. Apa saja itu? Berikut ini beberapa tips mendaki gunung yang bisa dijadikan referensi. 

1. Membawa Pakaian Hangat

Penting bagi Sobat Torch untuk membawa pakaian hangat saat hendak mendaki gunung. Pakaian hangat bukan hanya melindungi dari kedinginan, tapi melindungi tubuh kamu dari kemungkinan kecelakaan saat menyusuri jalur.

2. Membawa Makanan dan Minuman yang Mencukupi

Bagi yang baru pertama kali hiking, bisa jadi mengalami kebingungan harus membawa makanan dan minuman sebanyak apa. Sebagai salah satu tips, sebaiknya Sobat Torch membawa makanan ringan yang tinggi kalori dan karbohidrat seperti telur. 

Sedangkan, untuk minumannya kamu bisa membawa minimal 1 Liter air. Sebenarnya, kebutuhan air ini tergantung dengan medan yang akan kamu lewati. Jika merasa butuh minum yang banyak, maka kamu bisa melebihkan hal ini.

3. Membawa Peralatan yang Mumpuni

Selain menggunakan backpack yang bagus, kamu perlu membawa peralatan penting lainnya. Mulai dari membawa kompas untuk navigasi, obat-obatan untuk pertolongan pertama, membawa alat bantu seperti pisau dan gunting, dan membawa kacamata hitam bila diperlukan.

Baca Juga: Mari Mengenal Kegiatan Sport Climbing yang Bagus untuk Kesehatan

4. Ketahui Cara Aman Mendaki

Tips aman mendaki untuk pemula tidak hanya soal peralatan teknis, adapun kamu harus benar-benar memahami langkah-langkah aman mendaki di gunung tersebut. Kamu perlu mengetahui rute dan medan gunung yang akan didaki. Bahkan penting untuk kamu mengetahui perkiraan cuaca sebelum melakukan pendakian.

5. Perhatikan Hal yang Tidak Boleh Dilakukan

Kamu perlu menghormati alam saat melakukan pendakian, seperti tidak membuang sampah sembarangan, tidak meninggalkan apa pun kecuali jejak, tidak merusak pohon, tidak mengambil apa pun kecuali foto, dan tidak membuat bising.

Nah, itu dia beberapa tips hiking pemula yang dapat Sobat Torch lakukan saat hendak mendaki gunung. Butuh tambahan tas saat mendaki gunung? Shiroi Foldable Bag 19 Liter hadir sebagai backpack yang bisa dilipat dan mudah dibawa ke mana-mana.

Tas ini bisa menjadi alternatif untuk membawa barang tambahan seperti makanan ringan. Tidak hanya cocok dibawa saat hiking, tas ini bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari, misalnya bersepeda santai. Tunggu apalagi Sob? Kunjungi official storeTorch sekarang juga!. 

Cari