WAIST BAG

TRAVEL POUCH

BACKPACK

LIGHT TRAVEL BACKPACK

TRAVEL BACKPACK

PACKING ORGANIZER

OFFICE SERIES

OFFICE TOTEBAG

OFFICE SLEEVE

CASUAL CAMPING

UMBRELLA

GLASSES

MULTIFUNCTIONAL TOOLS

ARRAFA SANDAL

JACKET

T-SHIRT

PANT

SHIRT

OUTERWEAR

NECK WALLET

KEYCHAIN

WALLET

KONFIRMASI PEMBAYARAN

#TORCHSTORY

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

Marvel Black Panther

This section doesn’t currently include any content. Add content to this section using the sidebar.

Image caption appears here

Add your deal, information or promotional text

Ini Dia Manfaat Mengikuti Latihan Panjat Tebing


latihan panjat tebing

Sedang mencari hobi baru yang sama sekali berbeda dari sebelumnya? Latihan panjat tebing bisa menjadi salah satu kandidat untuk dicoba. Panjat tebing termasuk ke dalam kategori olahraga yang cukup ekstrem bagi kebanyakan orang.


Apalagi untuk yang takut dengan ketinggian. Tetapi melakukan panjat tebing memberikan banyak manfaat positif. Penasaran apa saja manfaatnya Sob? Yuk langsung simak informasi selengkapnya di bawah ini.


Apa Itu Latihan Panjat Tebing?


Panjat tebing atau rock climbing merupakan suatu aktivitas memanjat yang dilakukan di alam terbuka. Aktivitas panjat tebing terbilang sulit dilakukan dan tidak ditujukan untuk semua orang. Dibutuhkan fisik dan mental yang kuat untuk dapat memanjat tebing dari bawah sampai ke atas, yaitu ke puncaknya.


Namun fisik dan mental yang kuat saja sebenarnya belum cukup. Sobat Torch yang ingin mencoba melakukannya perlu memiliki pengetahuan mengenai informasi dasar panjat tebing, peralatan apa saja yang harus digunakan, jenis-jenis, serta teknik-tekniknya.


Terakhir tetapi yang tidak kalah penting adalah latihan. Latihan panjat tebing bertujuan untuk menghindari kecelakaan yang tidak diinginkan. Pasalnya panjat tebing yang sering dilihat, sama sekali tidak mudah dilakukan.


Sobat Torch tentu tidak tahu seberapa banyak atau seberapa kerasnya latihan yang dilakukan oleh orang-orang yang sudah lama memanjat tebing. Latihan panjat tebing dilakukan dalam skala yang lebih kecil.


Apa Saja Jenis-Jenis Latihan Panjat Tebing?


Panjat tebing yang Sobat Torch tahu kemungkinan besar hanyalah aktivitas memanjat biasa. Tetapi sebenarnya panjat tebing atau rock climbing memiliki banyak jenisnya Sob. Coba perhatikan beberapa jenisnya berikut ini.


1. Bouldering


Jenis panjat tebing satu ini disebut-sebut sebagai yang paling dasar daripada jenis lainnya. Aktivitas memanjat bouldering dilakukan tanpa memerlukan peralatan seperti di alam terbuka. Matras yang ditaruh di dasar sudah cukup untuk memastikan keamanan para pemanjat.


2. Trad Climbing


Jenis panjat tebing ini lebih advanced dari bouldering. Aktivitas memanjat jenis trad climbing dilakukan pada medan yang lebih tinggi dan esktrem dari sebelumnya. Itu sebabnya trad climbing membutuhkan peralatan memanjat yang lengkap. Mulai dari helm, tali, harness, carabiner, sepatu khusus memanjat, dan lain sebagainya.


3. Sport Climbing


Sport climbing hampir serupa dengan trad climbing. Keduanya sama-sama lebih advance dari bouldering. Hanya saja medan trad climbing jauh lebih sulit karena tidak ada jalur pasti untuk memanjat. Sport climbing di sisi lain sudah memiliki jalur memanjat dengan baut yang sudah dipasang sehingga pemanjatan akan lebih aman.


4. Dry Tooling


Dry tooling berarti aktivitas memanjat yang dilakukan dengan menggunakan kapak es dan sepatu khusus panjat tebing bebatuan. Jenis satu ini sering dilakukan karena dapat meningkatkan skill memanjat.


5. Big Wall Climbing


Big wall climbing mengacu pada aktivitas memanjat gunung besar yang membutuhkan waktu berhari-hari. Keunikannya berada dalam proses pemanjatan dari awal hingga akhir. Setiap orang yang melakukan jenis panjat tebing ini setidaknya pasti pernah merasakan tidur di samping bebatuan.


6. Alpine Climbing


Dari semua jenis panjat tebing, alpine climbing menjadi yang paling sulit. Goal dari pemanjatan ini ialah puncak tertinggi dari tebing atau gunung yang dipanjat. Pemanjatan jenis ini sudah pasti membutuhkan peralatan lengkap, pengalaman, serta penguasaan teknik panjat tebing.


Apa Saja Teknik-Teknik yang Harus Dikuasai untuk Latihan Panjat Tebing?


Sebelumnya disebutkan bahwa panjat tebing tidak hanya membutuhkan fisik dan mental yang kuat tetapi juga pengetahuan yang baik tentang teknik-tekniknya. Sobat Torch sudah tahu belum apa saja teknik-teknik yang perlu dikuasai? Dari berbagai teknik yang ada, Sobat Torch akan diajak untuk memahami 3 teknik dasar panjat tebing. Berikut masing-masing penjelasannya.


1. Chimneying


Chimneying merupakan teknik yang dilakukan dengan memanjat celah vertikal pada tebing. Pemanjatan dilakukan dengan menyandarkan tubuh pada salah satu permukaan tebing sementara kedua tangan dan kaki di permukaan tebing yang lain.


2. Free Climbing


Free climbing merupakan teknik memanjat yang mengandalkan kemampuan genggaman tangan dan kaki untuk menopang tubuh. Alat-alat seperti tali dan harness tetap digunakan tetapi hanya sebagai pengamanan.


3. Hooking


Hooking adalah teknik yang menitikberatkan beban tubuh pada kaki sehingga tangan tidak terlalu sakit. Teknik ini juga membantu agar proses pemanjatan lebih lancar karena beban tubuh tidak hanya terpaku pada tangan tetapi juga pada kaki.


Manfaat Mengikuti Latihan Panjat Tebing


Melakukan aktivitas panjat tebing memiliki manfaat yang positif bagi tubuh dan jiwa seseorang. Tidak percaya Sob? Berikut beberapa manfaat yang bisa dirasakan setelah melakukan panjat tebing.


1. Meningkatkan Ketahanan Tubuh


Panjat tebing disebut-sebut sebagai olahraga terbaik untuk menggerakkan seluruh bagian otot tubuh. Awalnya pasti tangan dan kaki akan terasa sakit setelah melakukan aktivitas memanjat. Tetapi setelah rutin dilakukan maka kekuatan tangan dan kaki menjadi lebih besar dari sebelumnya. Jadi tidak heran kalau aktivitas ini dapat meningkatkan ketahanan tubuh.


2. Mengurangi Stres


Apakah Sobat Torch pernah mendengar pernyataan “Men Sana In Corpore Sano”? Pernyataan yang berasal dari bahasa Latin ini ingin memberitahukan bahwa “Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat".


Itu artinya aktivitas olahraga yang dilakukan tidak hanya meningkatkan ketahanan tubuh tetapi juga jiwa, termasuk pikiran. Setiap kali berolahraga, terjadi peningkatan hormon norepinefrin yang berguna sebagai antidepresan.


3. Baik Bagi Fungsi Otak


Setiap pemanjat tebing dituntut untuk dapat berpikir dan mencari solusi terkait jalan mana yang bisa ditempuh agar dapat mencapai puncak. Pasalnya tidak semua batu bisa dijadikan tumpuan yang tepat.


Hal inilah yang akhirnya membuat otak bekerja. Makin sering aktivitas panjat tebing dilakukan maka fungsi otak juga makin meningkat.


4. Meningkatkan Jiwa Sosial


Ada banyak orang yang menyukai aktivitas olahraga satu ini. Ketika Sobat Torch bergabung dengan salah satu komunitas panjat tebing maka relasi baru dengan teman-teman lainnya akan terbangun. Relasi inilah yang lama-kelamaan akan memunculkan jiwa sosial yang sudah lama mati atau tidak diaktifkan.


Nah itu dia beberapa informasi terkait latihan panjat tebing. Meskipun bukan olahraga yang mudah, berbagai manfaatnya sungguh sangat baik bagi kesehatan tubuh dan jiwa Sobat Torch. Bagaimana Sob? Tertarik untuk mencobanya?


Sobat Torch dapat langsung mendaftar atau masuk komunitas panjat tebing yang ada. Jangan lupa untuk mempersiapkan semua peralatan panjat tebing, termasuk tas. Sobat Torch pasti memerlukan tas berkapasitas besar untuk membawa semua peralatan memanjat.


Selain berkapasitas besar, tentu tas tersebut harus kuat dan pada saat yang bersamaan juga ringan. Karakteristik tas seperti ini bisa ditemukan pada produk backpack keluaran Torch. Backpack yang tersedia di Torch menggunakan bahan material Duralite Nylon yang memiliki daya tahan 2x lebih kuat dan 30% lebih ringan dari produk lainnya.


Contohnya light backpack Takahagi Backpack. Backpack ini memiliki berbagai kompartemen yang tersedia di bagian depan, dalam, samping, dan bawah yang dapat menyimpan semua barang kebutuhan memanjat. Jadi tunggu apalagi Sob? Yuk langsung pesan tas backpack berkualitas di official website Torch sekarang juga dan dapatkan semua promo best deal yang menguntungkan!

Sale Off
Sinjae Basic Tshirt Allsize Yellow
Rp 158,000.00Rp 134,300.00
Sale Off
Yujae Basic Tshirt All Size Yellow
Rp 158,000.00Rp 134,300.00
Sale Off
Yangbo Graphic Tshirt Boarding Pass - White
Rp 158,000.00Rp 134,300.00
Sale Off
Yangbo Graphic Tshirt Hijriah - White
Rp 158,000.00Rp 118,500.00
Sale Off
Jongdae Packable Jacket -  Bright Violet
Rp 399,000.00Rp 355,000.00
Sale Off
Jongdae Packable Jacket -  Iceberg Green
Rp 399,000.00Rp 355,000.00
Sale Off
Jihyun Women Long Sleeve Tees - Cactus Green
Rp 299,000.00Rp 254,150.00
Sale Off
Jihyun Women Long Sleeve Tees - Black
Rp 299,000.00Rp 254,150.00

Cari