Ukuran Koper agar Muat Masuk ke Kabin Pesawat

Ukuran Koper agar Muat Masuk ke Kabin Pesawat

Halo Sobat Torch! Tentu kamu sering bepergian menggunakan pesawat baik domestik maupun internasional. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah ukuran koper kabin agar muat dan nyaman dibawa masuk ke pesawat.

 

Torch tahu kadang bingung menentukan ukuran koper kabin yang ideal. Tenang saja, di artikel ini Torch akan bahas tuntas mulai dari standar ukuran, aturan penerbangan, hingga rekomendasi koper dan tas traveling pilihan kami!

 

Ukuran Koper Kabin yang Tepat

Yang dimaksud dengan koper kabin adalah koper yang dibawa masuk ke kabin penumpang pesawat. Berbeda dengan koper check-in yang disimpan di bagasi, koper kabin berukuran lebih kecil agar muat dibawa ke dalam kabin. Oleh karena itu, koper kabin juga memiliki aturannya sendiri agar bisa di bawa masuk ke kabin pesawat. Berikut merupakan beberapa hal penting yang perlu Sobat Torch perhatikan saat memilih ukuran koper kabin yang ideal:

Dimensi

Setiap maskapai penerbangan memiliki aturan dimensi ideal koper kabin yang berbeda-beda. Namun, secara umum ukuran koper kabin yang diperbolehkan untuk sebagian besar maskapai adalah panjang 56 cm (22 inci) x lebar 45 cm (18 inci) x tinggi 25 cm (10 inci). 

Bobot/Berat

Selain dimensi, batas maksimal berat juga perlu diperhatikan. Berat standar koper kabin adalah 7 kg. Namun beberapa maskapai bisa mentolerir hingga 10 kg atau 12 kg tergantung kelas penerbangannya.
Jika membawa koper kabin melebihi standar berat yang ditetapkan maskapai, Sobat Torch akan diminta menaruh barang tersebut ke bagasi dengan tambahan biaya bagasi overweight.

Jumlah Koper

Maskapai umumnya hanya mengizinkan 1 koper kabin untuk setiap penumpang dewasa. Jika membawa lebih dari 1 koper melewati standar ini juga beresiko diminta check-in ke bagasi dengan tambahan biaya tentunya.
Cara cepat memastikan apakah ukuran koper kabin kamu sesuai standar adalah dengan mengukurnya. Gunakan pita ukur untuk mengecek dimensi panjang, lebar dan tinggi koper.
Bandingkan hasil pengukuran dengan standar masing-masing maskapai dimana kamu akan terbang. Jika melebihi ambang batas dimensi ataupun bobot yang ditetapkan, sebaiknya kurangi jumlah barang bawaan sampai ukuran koper aman di bawah limit maskapai.
Nah Sobat, setelah mengetahui standar ukuran koper kabin yang ideal dari segi dimensi dan beratnya, hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah berbagai kebijakan maskapai penerbangan terkait membawa koper ke pesawat. Kebijakan-kebijakan ini juga harus dipatuhi agar koper kamu tetap aman dan nyaman untuk dibawa masuk ke kabin.

Kebijakan Membawa Koper Masuk ke Kabin

Berikut merupakan kebijakan umum membawa koper masuk ke kabin pesawat:

Tidak Membawa Cairan lebih dari 100mL

Untuk alasan keamanan, dilarang membawa cairan melebihi 100ml di dalam koper atau bagasi kabin. Termasuk minuman, krim, losion, parfum, pasta gigi, dan lainnya. Kecuali ada alasan medis atau bayi.

Senjata Api dan Gas

Tidak Diperbolehkan Senjata api, peluru, petasan, kembang api dan tabung gas bertekanan tinggi sangat berbahaya, sehingga dilarang masuk ke area bandara apalagi dibawa ke pesawat.

Tunjukan Barang Elektronik

Saat pemeriksaan sekuriti bandara, penumpang wajib mengeluarkan dan memperlihatkan peralatan elektronik seperti laptop, ponsel dan tablet yang dibawa. Hal ini dilakukan demi alasan keamanan penerbangan.

Koper Tidak Melebihi Berat Maksimal

Selalu periksa berat koper sebelum check-in. Pastikan tidak melewati batas berat maksimal koper kabin, yaitu sekitar 7-10 kg untuk sebagian besar maskapai. Jika melebihi, Anda harus membayar biaya tambahan.

Hindari Membawa Barang Mudah Pecah

Koper akan mengalami banyak benturan dan guncangan saat penerbangan. Sebisa mungkin hindari membawa barang mudah pecah dan rapuh di dalam koper seperti gelas, vas bunga, cermin dan lainnya agar tidak rusak.
Begitu banyak aturan yang harus diperhatikan dalam membawa koper kabin ke pesawat bukan? Kalau Sobat Torch ingin traveling tetap praktis tapi lebih bebas, coba pilih tas traveling sebagai pengganti koper. Salah satu rekomendasi yang bisa Kamu pertimbangkan adalah tas multifungsi dari brand lokal ternama Torch.

Rekomendasi Tas Pengganti Koper dari Torch

Torch merupakan sebuah brand yang didirikan untuk mengatasi permasalahan yang sering dialami oleh para traveler, mulai dari permasalahan saat packing hingga problem lain yang biasa ditemui dalam perjalanannya. Oleh karena itu, Torch menghadirkan berbagai macam produk tas dan perlengkapan traveling lainnya yang tak hanya simple, namun juga inovatif, sehingga praktis untuk digunakan dalam setiap momen perjalananmu.

Jadi, Sobat Torch tidak perlu khawatir menggunakan tas travel backpack dari Torch karena tas ini memang di desain khusus untuk Sobat Torch yang ingin melakukan kegiatan traveling. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi tas yang cocok untuk sebagai pengganti kopermu:

Kanzaki 30 Liter

Merupakan salah satu series best seller dari Torch untuk kategori travel backpack. Series yang satu ini bisa dipakai untuk perjalanan traveling karena bisa muat banyak barang. Tas ini juga dilengkapi dengan bahan Water Repellent yang tahan dari cipratan air dengan intensitas sedang membuat Sobat Torch tidak perlu takut dengan hujan. Berikut merupakan list fitur dari Kanzaki 30 Liter:
- Dilengkapi dengan Rain Cover untuk melindungi barang bawaan kamu dan Trolley Strap untuk mengaitkan tas pada troli koper kamu.
- Air Bender Foam Back System yang terdapat di series Kanzaki akan membuat punggungmu terasa lebih nyaman dan tidak kepanasan.
- Dengan kapasitas 30 liter tas ini memiliki banyak saku dan kompartemen yang bisa kamu manfaatkan untuk organizer barang kamu agar semakin rapi.
- Terdapat kompartemen laptop yang terpisah di bagian belakang, agar laptop kamu tetap aman dari goresan benda lain dan memudahkanmu untuk mengambilnya.
- Terdapat tambahan kompartemen sepatu di bagian bawah, yang akan memudahkanmu membawa sepatu/sandal lebih dan tetap tampil kece saat sedang berpergian.
- Terbuat dari bahan Duralite Nylon yang memiliki sifat Water Repellent dan diberi rain cover tambahan, sehingga kamu gak perlu takut kehujanan lagi.
- Varian warna: Jet Black, Legion Blue, dan Nine Iron Grey
- Dimensi: 32cm x 50cm x 19cm

New Collection! Series yang satu ini cocok untuk temani kegiatan traveling dengan durasi yang cukup lama. Series ini juga spesial karena terdapat detail desain gamers di bagian depannya sehingga terlihat lebih trendy. Berikut merupakan list fitur dari Ace 30 Liter:
- Desain simpel dan stylish membuat tas ini bisa dipakai untuk hampir semua kegiatan.
- Sudah disertai dengan banyak saku tambahan untuk organizer barang kamu
- Dilengkapi dengan bukaan kompartemen utama yang besar yaitu 270 derajat, sehingga memudahkanmu untuk packing barang.
- Series tas ini sudah menggunakan bahan Duralite Nylon Triangle, yang tentu saja 2 kali lebih kuat dan 30% lebih ringan.
- Bagian belakang tas yang sudah menggunakan TRD foam dan S-Strap yang sudah nyaman dan akan mengikuti lekuk pundak penggunanya
- Sudah terdapat kompartemen pemisah antara barang lainya dengan laptop kamu dengan ukuran 16 ichh. Jadi kamu gak perlu khawatir laptop kamu akan tergores barang lainnya.
- Sudah ada kompartemen untuk botol minum di bagian kanan untuk membawa botol tumblr kamu, agar kamu tetap tetap terhidrasi dengan baik.
- Tidak perlu takut lagi barang kamu akan basah karena tas ini sudah dapat bonus rain cover.
- Dimensi tas: 33cm x 54cm x 16cm

Jika Sobat Torch membutuhkan tas dengan ukuran yang lebih kecil namun tetap bisa menampung banyak barang, Sobat Torch dapat menggunakan tas Ishikari 20+2 Liter ini. Jadi, perjalanan traveling Sobat Torch akan jadi lebih nyaman . Berikut merupakan list fitur Ishikari 20+2 Liter:
- Bahan Duralite Nylon yang sudah teruji anti air dengan intensitas air sedang. Selain itu, bahannya juga sudah teruij 2 kali lebih kuat dan 30% lebih ringan
- Muat banyak barang dan memiliki kompartemen khusus untuk laptop 14 inch.
- Muat untuk beragam barang seperti notebook A5, Charger pack, dan dompet. Juga sudah dilengkapi dengan compas puller
- Terdapat saku atas ata bagian flap untuk muat tissue pack atau headset dan saku samping yang cocok untuk menyimpan botol tumblr Sobat Torch
- Bagian belakang tas yang sudah menggunakan TRD foam dan S-Strap yang sudah nyaman dan akan mengikuti lekuk pundak penggunanya
- Tidak perlu takut lagi barang kamu akan basah karena tas ini sudah dapat bonus rain cover.
- Dimensi: 30cm x 47cm x 17cm

Nah, bagaimana Sobat Torch? Apakah sudah mulai paham cara untuk menentukan ukuran koper kabin yang ideal, dan kebijakan apa saja yang haru ditaati bukan? Semoga sudah mulai paham ya!
Yang pastinya, Sobat Torch harus memeriksa kembali kebijakan dari masing-masing maskapai penerbangan. Karena terkadang masing-masing dari maskapai penerbangan juga mempunyai aturannya sendiri-sendiri.
Jangan khawatir, jika ingin tetap melakukan traveling gaya tapi tidak repot dengan koper besar, bisa pertimbangkan tas multifungsi Torch sebagai alternatifnya.
Semoga tips praktisnya bisa membantu persiapan perjalanan Sobat Torch menjadi lebih mudah ya. Jangan ragu untuk terbang dengan maskapai pilihanmu. Safe flight dan happy adventure!

Back to blog

Leave a comment