WAIST BAG

TRAVEL POUCH

BACKPACK

LIGHT TRAVEL BACKPACK

TRAVEL BACKPACK

PACKING ORGANIZER

OFFICE SERIES

OFFICE TOTEBAG

OFFICE SLEEVE

CASUAL CAMPING

UMBRELLA

GLASSES

MULTIFUNCTIONAL TOOLS

ARRAFA SANDAL

JACKET

T-SHIRT

PANT

SHIRT

OUTERWEAR

NECK WALLET

KEYCHAIN

WALLET

KONFIRMASI PEMBAYARAN

#TORCHSTORY

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

Marvel Black Panther

This section doesn’t currently include any content. Add content to this section using the sidebar.

Image caption appears here

Add your deal, information or promotional text

Apa Itu Itinerary? Kenapa Ini Sangat Penting untuk Perjalanan Traveling Kamu?

Sobat Torch mau pergi liburan? Supaya perjalananmu semakin asyik, jangan lupa buat bikin itinerary perjalanan ya Sob. Sobat Torch yang udah sering liburan pasti tau dong apa itu itineraryItinerary bisa disebut juga sebagai jadwal kegiatan selama liburan, termasuk estimasi budget yang akan dikeluarkan selama perjalanan.

Menyusun itinerary perjalanan wajib banget dilakukan, supaya kamu punya tujuan destinasi yang jelas selama traveling. Apalagi kalau kamu baru pertama kali mengunjungi destinasi wisata tersebut. Biar perjalananmu makin menyenangkan, pahami dulu yuk apa sih sebenarnya itinerary itu. 

Apa itu Itinerary?

Secara literal, itinerary berarti rencana rinci atau rute perjalanan. Kalau definisinya sendiri, itinerary merupakan rencana perjalanan yang disusun ketika kamu hendak pergi berlibur. Rencana perjalanan ini termasuk jadwal kegiatan harian, daftar destinasi wisata yang ingin dikunjungi, estimasi biaya, dan segala hal yang berhubungan dengan rencana liburanmu.

Menyusun itinerary perjalanan bakal bikin pengeluaran liburanmu lebih hemat lho. Hal ini lantaran semua kebutuhan kamu selama liburan sudah diperhitungkan, mulai dari makan, minum, penginapan, bahkan biaya tidak terduga yang mungkin muncul. So, susun dulu nih perencanaan yang matang sebelum melakukan perjalanan

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Backpack dan Kelebihannya untuk Traveling

Apa Fungsi Membuat Itinerary Ketika Akan Traveling?

Secara umum, itinerary berfungsi sebagai pedoman selama Sobat Torch sedang liburan. Tapi nggak cuma itu, masih ada beberapa fungsi lainnya yang bisa kamu simak di bawah ini ya.

1. Bisa Memperkirakan Durasi Perjalanan

Saat kamu menyusun destinasi wisata mana saja yang akan dikunjungi, tentu kamu bisa sembari memperkirakan durasi traveling-mu. Mengetahui durasi perjalanan itu sangat penting Sob, tentunya biar kamu bisa memperkirakan budget perjalanan yang diperlukan.

2. Lebih Mudah dalam Menyusun Budget

Itinerary yang disusun dengan baik, tentu akan lebih memudahkan kamu dalam menyusun budget perjalanan. Sebab, budget yang kamu hitung tidak hanya untuk pos-pos besar saja seperti penginapan dan transportasi, tapi juga yang lebih kecil seperti tiket masuk tempat wisata bahkan ongkos buat bayar toilet aja bisa kamu susun.

3. Punya Daftar Destinasi Wisata

Kalau kamu sudah punya daftar destinasi wisata, artinya kamu gak akan kebingungan lagi setiba di tujuan wisata nanti. Setelah tiba di bandara atau terminal, bahkan kamu sudah tahu harus pergi kemana. Begitupun hari besoknya, tentu kamu sudah punya rencana akan mengunjungi destinasi wisata mana saja.

4. Gak Gampang Kena Tipu

Sudah banyak banget cerita para traveler yang kena tipu saat traveling, terutama ketipu soal ongkos atau harga penginapan yang sengaja dimahalin. Kalau dipikir-pikir, sebenarnya nggak kena tipu juga, tapi bisa jadi kamu kurang referensi. Nah, kalau kamu melakukan riset terlebih dahulu, dijamin gak gampang kena tipu.

Baca Juga: Apa Itu Sling Bag? Bagaimana Cara Memilih yang Terbaik? Cari Tahu Di Sini

Apa Kriteria Tour Itinerary yang Baik?

Perjalanan traveling kamu akan terasa menyenangkan kalau kamu menyusun itinerary dengan baik. Lalu, apa sebenarnya kriteria tour itinerary yang baik itu? Yuk simak di bawah ini.

1. Memiliki Perencanaan yang Matang

Susun itinerary dengan perencanaan yang matang, supaya kamu juga bisa mempersiapkan kebutuhan perjalanan dengan tepat. Kalau bisa, pertimbangkan beberapa hal seperti tema wisata hingga budget yang kamu miliki dalam itinerary kamu.

2. Budgetyang Masuk Akal

Menyusun budget tour itinerary tentu harus masuk akal ya Sob. Soalnya kalau kamu nyusun budget yang ngawang, nanti bisa-bisa kamu kehabisan uang selama perjalanan. Penyusunan budget ini akan sangat bersinggungan dengan perencanaan perjalanan yang matang.

3. Rinci atau Detail

Buatlah itinerary serinci dan seefektif mungkin. Bahkan bisa kamu terjemahkan ke dalam bentuk rundown.Semakin rinci itinerary, maka semakin menyenangkan perjalanan traveling kamu. 

Baca Juga: Ini Dia 4 Cara Menentukan Warna Tas yang Cocok untuk Semua Baju

Cara Membuat Itinerary Traveling yang Baik

Sebenarnya menyusun itinerary ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Tapi kalau kamu merasa bingung bagaimana cara membuat itinerary yang baik, yuk simak tips menyusun itinerary di bawah ini. 

1. Tentukan Tujuan dan Waktu Berkunjung

Kamu bisa lakukan mini riset beberapa destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi. Cari informasi mulai dari lokasinya, sejarahnya, adat istiadat, transportasi, hingga kuliner khas yang wajib dicoba. Bila perlu kamu harus tau batas waktu berkunjung ke tempat wisata tersebut.

2. Pilih Destinasi Wisata 

Ini tahap yang paling seru. Setelah kamu tahu mau kemana, kini giliran memastikan destinasi wisata yang akan kamu kunjungi. Kalau kamu ingin mendapat pengalaman wisata terbaik selama liburan, maka kamu perlu tau apa yang akan kamu lakukan di tempat wisata tersebut.

3. Tentukan Transportasi dan Penginapan Strategis

Tahapan selanjutnya yang penting kamu lakukan yaitu menentukan transportasi yang akan digunakan selama liburan. Selain itu, penginapan yang dekat dengan berbagai tempat wisata juga bisa Sobat Torch pertimbangkan ya.

4. Membuat Jadwal Perjalanan

Setelah menentukan destinasi wisata, transportasi, dan penginapan, saatnya kamu menyusun jadwal perjalanan yang runtut dan rapi. Kamu dapat menyesuaikan waktu berkunjung sesuai keinginan, tapi jangan lupa memberi ekstra waktu di setiap destinasinya ya.

5. Merancang Rencana Cadangan

Ada banyak hal yang bisa terjadi bukan? So, penting buat kamu merancang rencana cadangan. Kamu bisa menuliskan beberapa tempat wisata cadangan yang dekat dengan penginapanmu.

So, itulah dia informasi tentang apa itu itinerary serta cara merancangnya. Biar perjalanan traveling-mu makin keren, kamu bisa pakai Mino 3L Travel Pouch yang sangat praktis untuk menyimpan kebutuhan traveling dan jalan-jalan santaimu. 

Tidak hanya dompet dan HP, Travel Pouch juga bisa menyimpan buku catatan atau buku bacaan yang bisa menemani perjalananmu. Tunggu apalagi? Kunjungi official store Torch sekarang juga untuk Solusi Keren kamu. Dapatkan juga gratis ongkos pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia. 

Cari