image source: https://salsawisata.com/wp-content/uploads/2022/05/Tempat-Wisata-Indonesia-terbaru-dan-terbaik.webp

Arti Destinasi Wisata Beserta Jenis-jenisnya di Indonesia

Halo Sobat Torch! Saat ini, semakin dimudahkan untuk bepergian dan mengunjungi berbagai tempat wisata atau yang biasa disebut destinasi wisata. Tapi sebenarnya, apa sih arti destinasi wisata itu? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini, termasuk berbagai jenis destinasi wisata di Indonesia yang wajib kamu ketahui!


Pengertian Umum Destinasi Wisata


Destinasi wisata secara sederhana dapat dimaknai sebagai tempat atau daerah tujuan wisata yang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk dikunjungi. Destinasi biasanya memiliki beragam fasilitas dan atraksi wisata yang dapat dinikmati para wisatawan saat berkunjung.


Misalnya Bali yang terkenal sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia karena memiliki pesona alam serta budaya yang eksotis. Atau Yogyakarta yang menawarkan beragam objek wisata mulai dari Candi Borobudur, Malioboro, hingga wisata kuliner. Nah, daerah-daerah tersebut bisa disebut sebagai contoh destinasi wisata.


Baca Juga: Mengenal Arti Short Trip yang Saat Ini Sedang Tren


Pengertian Destinasi Wisata Menurut Para Ahli


Berikut ini adalah pengertian destinasi wisata menurut beberapa ahli pariwisata:


1. Burkart dan Medlik (1974), Davidson dan Maitland (1997), serta Hall (2000)


Menurut Burkart dan Medlik (1974), Davidson dan Maitland (1997), serta Hall (2000), destinasi pariwisata secara tradisional disebut sebagai wilayah geografis seperti negara, pulau, atau kota.


2. Tuohino & Konu (2014)


Sementara itu Tuohino & Konu (2014) menyatakan bahwa pengertian dari destinasi adalah area geografis sebagai lokasi yang dapat menarik wisatawan untuk tinggal secara sementara yang terdiri dari berbagai produk wisata, sehingga membutuhkan berbagai prasarat untuk merealisasikannya.


3. Hu & Ritchie (1993)


Menurut Hu & Ritchie (1993), destinasi adalah sebuah paket (bundle) yang terdiri dari berbagai fasilitas dan layanan pariwisata yang seperti produk jasa yang lainnya, terdiri dari sejumlah atribut multidimensi yang bersama-sama menentukan daya tariknya bagi individu tertentu dalam situasi pilihan tertentu.


4. Buhalis (2000), Cooper et al (1998)


Destinasi juga telah dianggap sebagai kombinasi dari produk, layanan dan pengalaman pariwisata yang disediakan secara lokal (Buhalis, 2000; Cooper et al., 1998)


Baca Juga: Mengenal Arti dari Olahraga Wall Climbing


5. UNWTO (2007)


Menurut UNWTO (2007) destinasi adalah ruang fisik yang memiliki batas-batas fisik dan administrasi yang mencakup campuran (bauran) dari layanan, produk, serta daya tarik. UNWTO (2007) juga menyatakan bahwa daya tarik dan pengalaman destinasi dapat dibentuk oleh berbagai elemen seperti atraksi, fasilitas, aksesibilitas, sumber daya manusia, citra, dan harga.


6. Hidayah (2021)


Hidayah (2021) dalam buku Pemasaran Destinasi Pariwisata Berkelanjutan di Era Digital, mengemukakan batasan suatu tempat dapat diartikan sebagai destinasi adalah jika di dalamnya terdapat komponen kegiatan pariwisata (daya tarik wisata, sarana penunjang wisata, infrastruktur atau prasarana) yang dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu yang memiliki batas administratif seperti negara, kab/kota, kecamatan, desa dll., atau yang tidak memiliki batasan administratif atau lintas administratif seperti kawasan pariwisata.


Jadi secara umum, destinasi wisata dapat didefinisikan sebagai kawasan geografis yang menyediakan berbagai fasilitas, atraksi, akomodasi, dan layanan wisata bagi wisatawan. Destinasi biasanya memiliki batas administratif seperti kota atau provinsi, meskipun ada pula yang lintas administratif seperti kawasan wisata.


Jenis-jenis Destinasi Wisata


Nah setelah paham definisinya, berikut ini Torch akan jelaskan berbagai jenis destinasi wisata yang ada, khususnya di Indonesia:


1. Wisata Pertanian/Farm Tourism 


Jenis wisata ini sedang naik daun di Indonesia beberapa tahun belakangan. Wisata pertanian atau farm tourism memanfaatkan lahan pertanian seperti perkebunan, peternakan, atau perikanan sebagai objek wisatanya.


Contoh destinasi farm tourism yang recommended buat kamu: Green Village di Bali, Strawberry Hill di Lembang Bandung, Tenjo Apple Farm di Bogor, Pandawa Farm di Bandung, dan masih banyak lagi. Disana kamu bisa memetik buah sendiri, mengelus hewan ternak, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan alam pedesaan.


2. Wisata Budaya/Culture Tourism


Wisata budaya sangat identik dengan Indonesia yang kaya akan keragaman suku dan budaya. Destinasi wisata budaya biasanya menampilkan atraksi seni tradisional, museum, upacara adat, desa adat, hingga kuliner khas daerah.


Beberapa contoh destinasi wisata budaya di Indonesia antara lain Kawasan Kota Tua dan Museum Fatahillah di Jakarta, Kampung Naga di Jawa Barat, Desa Tenganan di Bali, Danau Toba di Sumatera Utara, Tana Toraja di Sulawesi Selatan, serta Wamena di Papua.


Baca Juga: Solo Trip: Arti Serta Caranya Tetap Aman Walau Sendirian di Jalan


3. Wisata Bahari/Nautical Tourism 


Wisata bahari merupakan kegiatan wisata yang memanfaatkan potensi laut sebagai daya tarik utamanya. Misalnya berenang, diving/snorkeling, surfing, memancing, berlayar, hingga mengunjungi pulau-pulau kecil.


Beberapa tempat wisata bahari terpopuler di Indonesia antara lain Pantai Kuta Bali, Raja Ampat Papua, Bunaken Manado, Pulau Seribu Jakarta, serta Lombok dan Gilli yang terkenal dengan surfing spot-nya.


4. Wisata Ziarah/Pilgrim Tourism 


Jenis wisata ini diperuntukkan bagi wisatawan yang ingin melakukan ibadah atau ziarah ke tempat suci atau situs religius. Contoh destinasi wisata ziarah di Indonesia yaitu Masjid Agung Demak, Klenteng Sam Poo Kong Semarang, Candi Prambanan Yogyakarta, Candi Borobudur Magelang, hingga makam-makam leluhur di berbagai daerah.


Itulah penjelasan mengenai arti destinasi wisata beserta macam-macam jenisnya, khususnya yang ada di Indonesia. Destinasi wisata pada intinya adalah kawasan geografis yang menyediakan beragam fasilitas dan daya tarik wisata bagi para wisatawan.


Indonesia sendiri memiliki ribuan bahkan jutaan destinasi wisata yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner, hingga wisata religi. Semuanya memiliki daya tarik masing-masing yang sayang untuk dilewatkan.


Jadi, tunggu apa lagi Sobat Torch? Segera eksplor dan nikmati sensasi berwisata di destinasi-destinasi menakjubkan negeri ini. Jangan lupa terapkan protokol kesehatan dan jaga kelestarian lingkungan ya!

Back to blog

Leave a comment