4 Keindahan Kepulauan Anambas dan Cara Mengunjunginya

4 Keindahan Kepulauan Anambas dan Cara Mengunjunginya

Sob, Indonesia sebagai negara kepulauan selalu menawarkan potret keindahan alam yang sangat luar biasa. Kepulauan Anambas salah satunya. Pulau ini pernah dinobatkan sebagai salah satu pulau tropis di Asia. Keindahannya diklaim mampu mengalahkan Raja Ampat di Papua Barat dan Maldives di Samudra Hindia. Memangnya seindah apa Pulau Anambas?

 

Buat Sobat Torch yang hobi traveling dan menyukai keindahan alam seperti pantai, kamu wajib mengunjungi Kepulauan Anambas. Meski jaraknya cukup jauh terutama dari Pulau Jawa, tapi kamu gak akan kecewa Sob, apalagi setelah melihat keindahan alamnya. Yuk langsung simak saja pembahasan mengenai Kepulauan Anambas, biar kamu tahu seindah apa pulau tersebut. 

 

Mengenal Kepulauan Anambas

Kepulauan Anambas merupakan sebuah pulau yang terletak di Laut Cina Selatan, Indonesia. Terdiri dari beberapa pulau kecil, kepulauan ini memiliki kekayaan alam yang luar biasa, termasuk hutan hujan tropis, pantai berpasir putih, dan laut yang berwarna biru.

 

Kepulauan ini juga menjadi tempat perkembangan pariwisata yang pesat dengan berbagai fasilitas seperti resort mewah, penginapan murah, dan aktivitas air seperti snorkeling dan diving.

 

Sebagai wilayah terluar Indonesia, Kepulauan Anambas memiliki sejarah yang unik dan kaya. Beberapa pulau di sini pernah ditempati oleh suku-suku tradisional yang tinggal di dalam hutan, sementara pulau lain pernah ditempati oleh kolonialis Belanda dan Jepang selama Perang Dunia. Kepulauan ini juga memiliki arsitektur yang khas dengan rumah-rumah dari bambu dan genting yang menghadap ke laut.

 

Saat ini, Kepulauan Anambas sedang berkembang menjadi tujuan wisata baru yang menarik bagi wisatawan nusantara dan mancanegara. Kepulauan ini menawarkan pemandangan yang indah dan aktivitas yang menyenangkan, seperti menjelajahi hutan hujan, berselancar di ombak, dan menikmati hidangan seafood fresh.

 

Makin tertarik berlibur ke Kepulauan Anambas? Tunggu dulu Sob, kamu juga harus tahu apa saja fakta menarik dari Kepulauan Anambas. Tentu biar kamu bisa membuat itinerary yang lengkap mengenai destinasi wisata mana saja yang akan kamu kunjungi. Kalau begitu, simak terus ya pembahasan kali ini.

 

Apa Saja Fakta Menarik Mengenai Kepulauan Anambas?

Sob, apakah kamu tahu kalau Kepulauan Anambas ini terdiri dari 255 pulau kecil? Ini menjadi salah satu fakta menarik dan unik dari Anambas lho. Masih ada juga nih Sob fakta menarik lainnya. Yuk simak saja selengkapnya berikut ini.

 

1. Berbatasan dengan Malaysia, Thailand, dan Vietnam

Anambas terletak dan berbatasan langsung dengan perairan 3 negara sekaligus. Posisi tersebut menjadikan Anambas sebagai salah satu gerbang pulau terdepan Indonesia, karena kamu bisa melakukan perdagangan dengan lebih mudah. Begitu pun dengan sejarah yang terbentuk di Anambas yang dimanfaatkan sebagai tempat perdagangan pada masa penjajahan.

 

2. Memiliki 264 Destinasi Wisata

Pemerintah setempat sedang memberdayakan Anambas sebagai destinasi wisata berbasis kepulauan terbaik. Menurut data dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Anambas, terdapat 264 destinasi atau daya tarik wisata. Ini terdiri dari 214 wisata alam seperti pulau, pantai, spot untuk diving, dan lainnya. Kemudian ada juga 45 wisata sejarah dan 5 wisata buatan. Banyak nih Sob tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Anambas.

 

3. Keragaman Suku dan Budaya

Penduduk di Anambas sangat majemuk, terdiri dari suku Minang, Melayu, Tionghoa, Jawa, Batak, Banjar, Bugis, dan beberapa suku lainnya. Saking beragamnya, penduduk Anambas menggunakan Bahasa Melayu untuk berkomunikasi. Selain itu, tempat ibadahnya juga sangat beragam dan lengkap.

 

4. Pusat Budidaya Ikan Napoleon

Anambas menjadi salah satu pusat budidaya ikan napoleon terbesar di Indonesia. Ikan ini dibudidayakan oleh nelayan di Desa Sina dan Desa Batu Belah untuk kemudian diekspor ke Hongkong. Harga jual ikan ini cukup tinggi, yaitu 1 kg ikan napoleon dibanderol dengan harga 1 juta. 

 

Apa Saja Rekomendasi Wisata dengan Potret Keindahan Kepulauan Anambas?

Nah, sekarang kamu bisa bikin itinerary yang lebih lengkap lagi nih buat traveling ke Anambas. Torch akan memberikan informasi mengenai rekomendasi wisata dengan potret keindahan Anambas yang luar biasa. Yuk langsung simak saja rekomendasi wisata Anambas di bawah ini.

 

1. Pantai Telaga Biru

Pantai Telaga Biru termasuk pantai terindah di Kepulauan Anambas. Nama pantai ini berasal dari warna air laut yang biru muda. Warna air ini membuat pantai terlihat sangat indah dan menakjubkan.

 

Pantai ini juga memiliki pasir putih yang halus dan lembut, sangat cocok untuk bersantai dan bermain air. Di sini, Sobat Torch bisa menikmati pemandangan alam yang indah, berjemur di bawah matahari, atau menikmati aktivitas air seperti berenang, snorkeling, dan memancing.

 

2. Taman Nasional Anambas

Kalau kamu ingin berkunjung ke salah satu taman nasional terbesar di Indonesia, kamu sudah tepat jika datang ke Taman Nasional Anambas. Di sini, terdapat berbagai jenis flora dan fauna yang unik dan endemik, seperti hutan hujan tropis, spesies burung, dan tumbuhan.

 

Sobat Torch bisa menjelajahi hutan hujan tropis dan menikmati pemandangan alam yang indah atau menyaksikan aktivitas satwa liar yang hidup di hutan. Trekking dan camping juga dapat dilakukan di taman nasional ini yang membuat pengalaman wisata kamu tentunya makin menyenangkan.

 

3. Pulau Bawah

Pulau ini memiliki pasir putih yang halus dan laut yang berwarna biru, membuatnya sangat indah dan menakjubkan. Sambil menikmati keindahan alamnya, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas air seperti snorkeling dan diving. Pulau Bawah juga memiliki beberapa penginapan yang nyaman dengan view pantai yang luar biasa. Dijamin kamu akan merasa kerasan ketika menginap di salah satu hotel di kawasan Pulau Bawah ini. 

 

4. Kota Tarempa

Sebagai ibu kota, Tarempa memiliki sejarah dan budaya yang kaya serta memiliki beberapa tempat wisata yang menarik, seperti museum, taman, dan pasar tradisional. Di Tarempa, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang indah, membeli oleh-oleh khas, atau mencoba makanan khas setempat.

 

Selain itu, ada beberapa acara tradisional dan festival yang sering diadakan di Kota Tarempa. Tentunya ini membuat pengalaman wisata kamu makin berwarna dan menyenangkan. Buat kamu yang tertarik dengan sejarah dan budaya Kepulauan Anambas, kamu wajib menjelajahi kota ini.

 

Apa Saja Rekomendasi Kuliner Lezat Khas Kepulauan Anambas?

Gak lengkap rasanya nih Sob kalau kamu melewatkan kuliner khas Kepulauan Anambas. Selain wisata sejarah dan budaya, kamu juga bisa menikmati keindahan alam sambil menikmati makanan khas Anambas lho. Di bawah ini ada beberapa rekomendasi kuliner lezat khas Anambas yang bisa kamu coba.

 

1. Ikan Bakar

Anambas terkenal dengan ikan bakarnya yang sangat lezat. Ikan segar ini dibakar dengan bumbu khas dan rempah-rempah yang membuat rasa ikan sangat lezat dan nikmat. Sobat Torch dapat menikmati ikan bakar ini di beberapa warung atau restoran lokal di pulau. Kamu juga bisa membelinya di pasar tradisional dan menikmatinya di pantai. Ikan bakar ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mencoba makanan khas Kepulauan Anambas.

 

2. Sate Udang

Mungkin makanan khas satu ini terdengar seperti biasa saja, tapi seafood di Anambas ini sangat fresh Sob. Gak heran kalau sate udang jadi salah satu makanan khas yang wajib kamu coba, karena udang yang digunakan adalah udang segar dan berkualitas. Kamu bisa coba sate udang bersamaan dengan ikan bakar di restoran lokal atau pasar tradisional. 

 

3. Soto Mie Anambas

Selain seafood, kamu juga wajib coba soto mie Anambas Sob. Soto Mie Anambas menggabungkan kuah soto dengan mie basah dan ditambah dengan bahan-bahan seperti daging, sayuran, telur, dan bumbu khusus. Rasa kuah soto mie Anambas juga lezat dan gurih, membuat makanan ini menjadi salah satu hidangan populer di Kepulauan Anambas.

 

Bagaimana Cara Mengunjungi Kepulauan Anambas?

Untuk sampai ke Kepulauan Anambas, jika kamu berangkat dari Jakarta, maka kamu harus menggunakan pesawat. Bisa juga menggunakan kapal ferry, tapi jika jarak kamu ke pulau cukup dekat. Supaya mendapat referensi yang lebih jelas, mari simak bagaimana cara mengunjungi kepulauan Anambas berikut ini ya Sob.

 

1. Penerbangan

Terdapat penerbangan langsung dari Jakarta ke pulau Tarempa, salah satu pulau besar di Kepulauan Anambas. Setelah tiba di Tarempa, kamu bisa menggunakan jasa transportasi lokal seperti speedboat atau ferry untuk menuju ke pulau-pulau lain di Kepulauan Anambas.

 

2. Kapal Laut

Sobat Torch juga bisa mengunjungi Kepulauan Anambas melalui perjalanan laut. Ada beberapa kapal laut yang menyediakan jasa pelayaran dari Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, ke pulau-pulau di Kepulauan Anambas. Perjalanan ini biasanya memakan waktu sekitar 4-5 jam. Perjalanan menggunakan kapal laut sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati pemandangan laut. 

 

3. Paket Wisata

Jika kamu ingin mengunjungi Kepulauan Anambas dengan budget yang lebih efisien, kamu bisa menggunakan paket wisata yang disediakan oleh beberapa agen perjalanan. Paket wisata ini biasanya sudah termasuk transportasi, akomodasi, dan aktivitas selama di Kepulauan Anambas. Kamu pun bisa menikmati keindahan Kepulauan Anambas dengan lebih mudah dan nyaman.

 

Ketiga cara menuju Kepulauan Anambas ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan budget yang tersedia. Pastikan juga kamu memilih backpack yang cabin friendly apa pun jenis transportasinya.

 

Sobat Torch bisa pakai Takahagi Backpack untuk menemani perjalanan menuju Kepulauan Anambas. Backpack ini memiliki ukuran yang besar, tapi tetap bisa masuk kabin. Tentunya backpack ini bisa muat banyak barang bawaan juga. Cocok buat kamu yang akan traveling lama sekitar 1 minggu di Anambas. Yuk dapatkan backpack buat ke Anambas dengan kunjungi website Torch sekarang juga!

Back to blog

Leave a comment