dua orang anak sekolah perempuan sedang mengobrol di tepi jalan

11 Perlengkapan Sekolah Anak SD yang Wajib Disiapkan

Halo Sobat Torch! Apakah kamu sedang mempersiapkan anak untuk memulai petualangan barunya di Sekolah Dasar? Tahun-tahun SD adalah masa yang sangat menyenangkan sekaligus menantang bagi buah hati kita. Di sinilah mereka akan belajar banyak hal baru, bertemu teman-teman baru, dan mengembangkan kemandirian.


Sebagai orang tua, kita tentu ingin memberikan yang terbaik untuk mendukung fase penting dalam kehidupan anak. Salah satu persiapan penting adalah membekali mereka dengan perlengkapan sekolah yang lengkap dan berkualitas. Memiliki peralatan yang tepat tidak hanya akan membuat anak nyaman, tetapi juga membantu mereka fokus dalam belajar.


Torch hadir untuk membantu kamu memilih 10 perlengkapan sekolah anak SD yang wajib disiapkan. Dengan panduan ini, kamu akan mendapatkan tips dan trik dalam memilih barang-barang berkualitas, aman, dan tahan lama untuk si kecil


Daftar Perlengkapan Sekolah Anak SD


Berikut adalah daftar wajib yang perlu Sobat Torch persiapkan sebelum anakmu memulai pembelajarannya di Sekolah Dasar:


1. Tas Sekolah Anak SD

dua orang anak sekolah yang menggunakan tas torch ingin menyebrang

 

Pilihlah tas sekolah yang kokoh, tahan lama, dan nyaman dikenakan. Sobat Torch, perhatikan bahan tas yang ringan namun kuat seperti kanvas atau nilon. Selain itu, pilih juga tas dengan kompartemen tambahan untuk menyimpan buku, alat tulis, bekal makan, dan barang lainnya. 


Jangan lupa untuk mengukur punggung anak dan memilih tas dengan panjang tali yang sesuai dan bantalan bahu yang nyaman. Tas ransel adalah pilihan terbaik untuk mendistribusikan bobot secara merata.


Torch ada merekomendasikan beberapa tas sekolah yang cocok untuk anak SD di pembahsan bagian bawah. Jangan lupa di cek ya!


2. Botol Minum

botol minum custom dari torch

 

Anak-anak perlu menjaga dehidrasi selama aktivitas di sekolah. Botol minum yang terbuat dari bahan berkualitas seperti stainless steel atau plastik BPA-free adalah pilihan bijak. Pilih desain yang mudah dibuka dan digenggam oleh tangan kecil mereka. Tambahkan nama anak pada botol untuk menghindari tertukar.


Torch punya beberapa rekomendasi botol minum atau tumblr yang cocok untuk dibawa anakmu ke sekolah, yaitu Fatih Tumblr Masjid Nusantara dan Jara Tumblr. Kedua botol tersebut terbuat dari bahan stainless steel sehingga lebih awet dan bisa menjaga suhu minuman. Selain itu, kamu juga bisa cutom nama di Jara Tumblr agar tidak mudah hilang dan tertukar dengan teman sekolah.


3. Kotak Makan

 

Bekal sehat adalah kunci agar anak tetap berenergi sepanjang hari. Kotak makan bertutup rapat dengan kompartemen terpisah memudahkan kamu menyiapkan makanan bergizi. Bahan kotak yang tahan panas akan menjaga makanan tetap segar.


4. Sepatu Sekolah


Sepatu yang nyaman dan aman sangat penting untuk aktivitas berjalan, berlari, dan bermain di sekolah. Pilihlah sepatu dengan sol karet yang tidak licin dan lapisan pelindung jari kaki. Kemudian, pilih ukuran sepatu yang lebih besar sedikit untuk menghindari lecet dan memaksimalkan kenyamanan anak saat beraktivitas di sekolah.


5. Kaos Kaki


Kaos kaki yang menyerap keringat dapat mencegah infeksi kaki dan bau tidak sedap. Pilihlah kaos kaki katun atau campuran katun-polyester yang melapisi bagian telapak dan jempol kaki. Jangan lupa menyiapkan beberapa pasang kaos kaki agar bisa diganti saat kotor.


6. Seragam Sekolah


Seragam ini mungkin sudah ditentukan oleh sekolah. Pastikan membelinya sesuai dengan ukuran anak saat ini untuk kenyamanan maksimal. Seragam yang sedikit longgar akan memberi ruang untuk pertumbuhan.


7. Buku Tulis


Siapkan buku tulis bergaris untuk mencatat pelajaran dengan rapi. Kertas berkualitas dan punggung buku yang kuat akan membuat buku tahan lama. Selain itu, Sobat Torch juga bisa membelikan pembatas buku yang lucu agar si kecil senang menulisnya.


8. Alat Tulis


Pena, pensil, penghapus, rautan, dan pensil warna adalah keperluan utama untuk si kecil di Sekolah Dasar. Pilihlah pensil dengan gripper yang lembut untuk pegangan nyaman. Pastikan juga pena dan pensil warna bebas dari bahan kimia yang berbahaya. 


9. Kotak Pensil

gambar dari salah satu stationery dari torch

 

Kotak pensil merupakan wadah penting untuk menyimpan dan melindungi berbagai alat tulis yang dibutuhkan anak selama di sekolah. Dengan memiliki kotak pensil, alat-alat seperti pensil, pulpen, penghapus, rautan, dan lainnya akan tertata rapi dan tidak tercecer.


Beberapa rekomendasi kotak pensil dari Torch adalah Evo Musu Stationery, Balleno Stationery Pouch, dan Choho Stationery Pack. Kotak pensil rekomendasi dari Torch ini sudah water repellent atau tahan air intensitas sedang, sehingga kamu tidak perlu takut barang di dalamnya menjadi basah. Selain itu, kotak pensil ini memiliki varian warna yang beragam, awet, dan kompartemen yang banyak. Cocok banget buat dipakai belajar di sekolah.


10. Baju Olahraga


Kebanyakan sekolah mengharuskan anak mengenakan seragam olahraga khusus. Pilihlah bahan yang menyerap keringat, lembut, dan tidak membatasi pergerakan. Celana olahraga dengan karet pinggang elastis akan nyaman dipakai.


11. Payung atau Jas Hujan


Lindungi anak dari hujan dengan menyediakan payung atau jas hujan. Pilih model dengan warna cerah dan desain menarik agar si kecil senang memakainya. Jas hujan bertudung akan melindungi kepala mereka.


Persiapan perlengkapan sekolah adalah proses yang menyenangkan apabila dilakukan dengan cermat. Torch juga sarankan untuk libatkan anakmu dalam pemilihan barang-barang ini agar mereka merasa dihargai dan lebih antusias dalam menggunakannya.


Rekomendasi Tas Untuk Anak Sekolah Dasar dari Torch


Torch merupakan sebuah brand yang awalnya didirikan untuk mengatasi permasalahan yang sering dialami oleh para traveler, mulai dari permasalahan saat packing hingga problem lain yang biasa ditemui dalam perjalanannya.

 

Namun seiring berjalannya waktu, Torch mulai menghadirkan berbagai macam produk tas seperti tas ransel, backpack travel, tas selempang, messenger bags, tas jinjing, tas pinggang, office bag, duffle bag, dan lainnya yang tak hanya variatif dan multi-fungsi, namun juga simpel dan inovatif, sehingga praktis untuk digunakan dalam setiap momen perjalananmu.

 

Jadi, Sobat Torch tidak perlu khawatir menggunakan tas dari Torch karena tas ini memang didesain untuk beragam keperluan, salah satunya untuk keperluan anak Sekolah Dasar. Berikut adalah beberapa rekomendasi tas sekolah untuk anak SD:


1. Sinpo Backpack Tas Sekolah

seorang siswi mengenakan sinpo backpack dari torch

 

Kamu pengen beli tas sekolah yang nyaman dan banyak kompartemennya? Sinpo Backpack adalah salah satu pilihan yang tepat untukmu. Apalagi dengan bahan duralite nylon yang water repellent, awet, kuat, dan ringan pastinya akan membuatmu nyaman memakainya.


List fitur Sinpo Backpack Tas Sekolah:

  • Bahan Duralite Nylon yang sudah teruji anti air dengan intensitas air sedang. Selain itu, bahannya dijamin lebih awet, kuat, dan warnyanya yang tahan lama.
  • Kompartemen utamanya muat banyak barang dan memiliki kompartemen khusus untuk laptop berukuran 14 inch.
  • Di saku atasnya terdapat bagian flap yang bisa muat untuk tissue pack atau headset.
  • Terdapat 2 saku samping yang cocok untuk menyimpan tumbler ataupun payung lipat.
  • Terdapat rain cover agar tas semakin terlindungi dari hujan dengan intensitas tinggi.
  • Ada back system TRD foam canal melindungi punggung menjadi nyaman ketika memakai tas.
  • Volume tas: 20 Liter
  • Varian warna: Black, Legion Blue, dan Nine Iron Grey
  • Dimensi tas: 30cm x 45cm x 15cm

2. Laudio School Backpack

seorang siswi sedang bersender di tembok sambil memegang laudio school backpack dari torch

 

Backpack compact untuk teman sekolah? Ada banget dong, Laudio backpack bisa jadi pilihan untuk kamu yang mau tampil lebih simple dan preppy. 


List fitur Laudio School Backpack:

  • Dengan kapasitas kurang lebih 16 liter, tas ini bisa muat untuk bawa 5 buku mata pelajaran ditambah dengan laptop berukuran hingga 14 inch. Kamu juga masih bisa bawa barang seperti topi upacara, pin ekstrakulikuler, power bank, hape, dan alat tulis. 
  • Series tas ini sudah menggunakan Duralite Nylon, yang tentu saja bisa menahan cipratan air masuk ke dalam tas, ditambah bahan ini sudah 2 kali lebih kuat dan 30% lebih ringan. 
  • Bentuk tas yang terkesan rapi tetapi masih terlihat kece saat digunakan pergi sekolah atau hangout. Menjadikan tas ini rekomendasi untuk kamu yang suka dengan penampilan stylish.
  • Terdapat kompartemen laptop yang terpisah dari kompartemen lainnya, agar laptop kamu aman dari gesekan benda lain. Sudah terdapat padding pengaman agar terhindar dari benturan.
  • Sudah menggunakan Shoulder-S-Strap dan TRD Foam pada bagian belakang, membuat tas ini nyaman dan mengurasi rasa pegal saat bawa tas dengan keadaan berat.
  • Volume tas: 16 Liter
  • Varian warna: Black, Legion Blue, dan Steel Grey
  • Dimensi tas: 27cm x 11cm x 40cm

3. Almeria School Backpack 16L

seorang siswi sedang berjalan mengarah ke sekolah mengenakan almeria school backpack 16 liter dari torch

 

Almeria School Backpack ini merupakan salah satu tas Torch yang compact dan cocok banget untuk temani aktivitas di sekolah ataupun di luar sekolah. Desain yang sporty tetapi tetap terlihat simple dan trendi. 


List fitur Almeria School Backpack:

  • Berbahan Duralite Nylon yang sudah teruji 2x lebih kuat dan 30% lebih ringan membuat tas ini pas untuk digunakan setiap hari. Tas ini juga sudah aman dari cipratan air dengan intensitas kecil-hingga sedang. 
  • Bagian belakang tas sudah dilengkapi TRD Foam dan Shoulder-S-Strap yang membuat punggung jadi nyaman saat digunakan.
  • Bentuk tas yang simple klasik tetapi masih cocok untuk dibawa ke sekolah atau hangout bareng teman-teman. Tas ini juga bisa buat penampilanmu jadi semakin eye catching.  
  • Muat banyak barang seperti buku pelajaran, alat tulis, peralatan ekskul dan lainnya karena berkapasitas hingga 16 liter. Tas ini juga sudah punya kompartemen untuk laptop hingga ukuran 14 inch lho.
  • Terdapat saku tambahan di samping yang cocok untuk menyimpan tumblr ataupun payung lipat dengan lebih cepat.
  • Varian warna: Grey, Navy, Legon Blue, dan Nine Iron Grey
  • Dimensi tas: 26cm x 13cm x 40cm

4. Hwado Daypack 17L

seorang wanita yang membawa buku ingin mengambil barang dari tas hwado daypack dari torch

 

Backpack untuk sekolah yang kecil tapi muat laptop? Ada? Ada dong! Hwado Backpack hadir khusus untuk kamu. Desainnya simple tapi playful cocok digunakan sekolah atau hangout bareng teman. Selain itu, bahannya 2 kali lebih kuat, dan 30% lebih ringan. Asik banget pake backpack ini karena udah dilengkapin sistem yang nyaman di punggung.


List fitur Hwado Dayback 17L:

  • Materialnya terbuat dari Duralite Nylon yang udah terbukti water repellent (tahan air dengan intensitas sedang).
  • Ada banyak pilihan warnanya, kamu bisa pilih sesuai dengan warna yang kamu inginkan.
  • Bawa barang kebutuhan sekolah? Atau kebutuhan kerja? Simpan di kompartemen utama yang muat mulai dari notebook, buku novel, charger handphone, charger laptop, bahkan make up pouch.
  • Muat maximal laptop 14inch yang sudah dilengkapi sistem padding. Jadi aman dari benturan.
  • Terdapat saku depan buat kamu simpan stationary atau headset.
  • Bagian belakangnya udah dilengkapi dengan Back System yang nyaman digunakan dan anti pegal.
  • Traveling kamu bisa lebih aman dengan disediakannya compas puller di setiap tas dari Torch.
  • Varian warna: Grey, Black, dan Navy
  • Dimensi tas: 27cm x 40cm x 14cm

5. Cheonan Sling Bag (2 in 1)

seorang wanita sedang berjalan sambil mengenakan chonan sling bag 2 in 1 dari torch

 

Pergi ke sekolah atau kampus dengan tas simple anti ribet! Simpan barang-barang yang menunjang produktivitasmu dalam Cheonan Utility Sling Bag dan tampil keren setiap saat.


List fitur Cheonan Sling Bag:

  • Dengan fitur 2 in 1-nya tas ini dapat dijadikan backpack atau sling bag dengan strap webbing yang dapat dilepas pasang
  • Terbuat dari material polyelable yang sudah terjamin water repellent atau tahan terhadap air dengan intensitas sedang.
  • Memiliki kapasitas sebesar 12 Liter sehingga berukuran lebih kecil dibandingkan dengan tas lainnya tapi mudah untuk dibawa-bawa.
  • Kompartemennya terdiri dari kompartemen utama dan sub kompartemen yang muat untuk laptop hingga ukuran 14 inci
  • Terdapat quick access di saku depan untuk memudahkan penyimpanan barang
  • Varian warna: Black dan Grey
  • Dimensi tas: 35cm x 35cm x 11cm

Tips Mempersiapkan Perlengkapan Sekolah Anak SD


Selain daftar di atas, berikut tips lainnya untuk mempersiapkan keperluan sekolah dengan baik:


1. Kualitas vs Harga


Investasikan untuk membeli barang-barang berkualitas yang tahan lama, seperti tas, sepatu, dan botol minum. Namun, kamu tidak harus selalu memilih yang termahal. Carilah penawaran dan penjualan untuk mendapatkan harga terbaik.


2. Keamanan dan Kesehatan


Jangan abaikan faktor keselamatan dan kesehatan anak. Hindari bahan beracun seperti timah, plastik berbahaya, dan zat pewarna berbahaya. Pilih produk dari merek terpercaya dengan sertifikasi keamanan. Pertimbangkan juga desain ergonomis yang nyaman untuk anak.


3. Pelabelan Nama


Labeli semua keperluan sekolah anak dengan nama mereka untuk mencegah kehilangan atau tertukar. Kamu bisa menggunakan stiker nama atau menulis langsung dengan spidol tahan air.


4. Penyimpanan Rapi


Ajari anak untuk selalu merapikan dan menyimpan barang-barang mereka dengan benar. Siapkan rak, kotak penyimpanan, atau gantungan khusus di rumah untuk meletakkan perlengkapan sekolah yang rapi.


Nah, Torch harap panduan lengkap ini telah membantu Sobat Torch dalam memilih 10 perlengkapan sekolah wajib anak SD dengan bijak. Ingatlah untuk selalu mempertimbangkan kualitas, keamanan, kenyamanan, serta efisiensi agar investasi yang kamu keluarkan benar-benar bernilai.


Jangan lupa libatkan si kecil dalam proses pemilihan agar mereka merasa dihargai dan antusias menggunakan perlengkapan sekolah barunya. Dengan persiapan yang matang, Torch yakin anak-anak akan menikmati pengalaman berharga di sekolah.


Selamat memulai tahun ajaran baru yang menyenangkan, Sobat Torch! Torch selalu siap membantu dalam setiap petualangan kehidupan kamu.

Back to blog

2 comments

YundGDgIOv

RTuSFIvmBXZ

NJPpZqsofXzD

NJhCibtALMYmwoE

Leave a comment