6 Rekomendasi Tempat Wisata di Kalimantan Barat

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Kalimantan Barat

Indonesia menyimpan berbagai kekayaan alam yang bisa memanjakan mata. Sobat Torch mungkin tidak mengetahuinya karena hanya daerah tertentu saja yang cukup booming di kalangan masyarakat. Contohnya seperti Bali dan Raja Ampat di Papua. Padahal ada juga tempat wisata di Kalimantan Barat yang tidak kalah menawan.

 

Itu sebabnya kali ini Torch akan mengajak kamu menyelami indahnya alam dan budaya di Kalimantan Barat. Ketika akhirnya liburan tiba, Sobat Torch jadi tidak pusing lagi harus mengunjungi wisata apa saja. Mari mulai lihat daerah Kalimantan Barat secara keseluruhan!

 

Apa Itu Kalimantan Barat?

Kalimantan Barat adalah sebuah provinsi yang terletak di pulau Kalimantan, Indonesia. Provinsi ini terletak di bagian barat pulau dan memiliki luas sekitar 147.000 km². Penduduk yang tinggal dalam provinsi ini mencapai 4,5 juta jiwa dan memiliki ibu kota bernama Pontianak.

 

Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi dengan sumber daya alam yang melimpah, seperti kayu, minyak bumi, dan gas alam. Provinsi ini juga memiliki sejumlah pulau kecil dan hutan hujan tropis dengan keanekaragaman hayati yang sangat kaya. Budaya provinsi ini tidak perlu ditanya, ada banyak etnis yang tinggal bersama dan memiliki tradisi unik masing-masing.

 

Apa Saja Larangan Ketika Berada di Kalimantan Barat?

Secara umum setiap daerah memiliki peraturannya masing-masing yang dibuat berdasarkan budaya masyarakat setempat agar ketertiban bersama dapat tercipta.

 

Namun ada juga aturan tidak tertulis lainnya yang harus dipatuhi oleh siapa saja yang datang ke daerah tersebut, termasuk di Kalimantan Barat. Dikenal sebagai tempat tinggal suku Dayak, provinsi ini memiliki beberapa larangan yang harus kamu hindari.

 

1. Jangan Menghina Patung

Penduduk di Kalimantan Barat masih melakukan beberapa adat istiadat seperti menciptakan patung kayu sebagai simbol anggota keluarga mereka yang sudah meninggal. Ketika kamu datang dan akhirnya melihat patung tersebut, jangan berkomentar apa pun.

 

Tidak peduli diucapkan atau berbicara dalam hati, hindari menghina atau menilai patung tersebut. Masyarakat percaya bahwa malapetaka bisa menimpa siapa saja yang menghina patung tersebut.

 

2. Tidak Boleh Sembarangan Bermain atau Menyentuh Alat Penduduk Setempat

Saat berada di tempat asing, tentu kamu harus bersikap sopan dengan penduduk setempat. Kalau tidak diizinkan atau ditawarkan maka jangan menyentuh apalagi sampai bermain dengan alat-alat tersebut.

 

Tindakan seperti ini jelas tidak sopan dan hanya akan menimbulkan kemarahan penduduk. Kemudian jangan pernah menyentuh Mandau alias senjata suku Dayak. Dipercaya apabila Mandau keluar dari sarungnya maka akan ada korban jiwa yang termakan.

 

3. Jangan Menjawab Suara Asing yang Memanggil

Budayanya yang masih sangat kental terhadap hal gaib dan mistis membuat pengunjung bisa saja mendengar suara-suara aneh. Apabila kamu sedang berjalan lalu merasa mendengar suara yang memanggil nama, hiraukan saja. Masyarakat percaya bahwa suara tersebut akan menyesatkan siapa saja yang bereaksi menjawabnya.

 

4. Jangan Sampai Tidak Menyentuh Makanan atau Minuman yang Sudah Disajikan

Adat budaya bertamu ke rumah penduduk juga perlu kamu waspadai. Saat disuguhkan makanan atau minuman, sebaiknya kamu makan atau setidaknya menyentuh piring dan gelas selama 1-2x supaya tuan rumah merasa dihargai. 

Apa Saja Rekomendasi Tempat Wisata di Kalimantan Barat?

Nah selagi mengingat larangan-larangan yang baru saja dijelaskan, Torch punya beberapa rekomendasi tempat yang perlu kamu kunjungi selama berada di Kalimantan Barat.

 

1. Bukit Penjamur

Bukit Penjamur sering disebut sebagai “Negeri di Atas Awan” karena keindahan alamnya yang bisa langsung dinikmati saat kamu berhasil mendaki sampai ke puncak. Di tempat ini kamu bisa berkemah mendirikan tenda sekaligus bersantai menikmati indahnya alam ciptaan Tuhan YME. Pastikan kamu menyempatkan mendaki bukit satu ini ya Sob!

 

2. Danau Sentarum National Park

Danau Sentarum National Park adalah taman nasional yang mencakup sejumlah danau dan hutan pantai yang menawarkan habitat bagi berbagai jenis satwa liar, termasuk burung. Danau Sentarum juga menawarkan aktivitas seperti berperahu dan berkemah yang bisa dijadikan aktivitas seru selama berada di Kalimantan Barat.

 

3. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang adalah pantai berpasir putih yang indah dan tenang dengan pemandangan laut yang luar biasa. Pantai ini cocok untuk berenang, berjemur, dan melakukan aktivitas air lainnya. Terletak di sepanjang pantai Barito Selatan, pantai ini menawarkan pemandangan alam menakjubkan yang siap memanjakan mata kamu!

 

4. Desa Wisata Kepala Gurung

Kalau kamu mencari daerah yang dilingkupi dengan alam seperti pepohonan maka Desa Wisata Kepala Gurung merupakan tempatnya! Tidak banyak yang mengetahui tempat ini, padahal ada banyak hal yang bisa kamu lakukan ketika mengunjunginya.

 

Ada banyak spot-spot foto yang tidak kalah kalau dibandingkan dengan alam di negara lainnya. Kamu juga bisa bermain arung jeram sekaligus tinggal bersama penduduk setempat untuk memahami budaya mereka lebih jauh.

 

5. Gua Beluan

Tidak berhenti di Desa Wisata Kepala Gurung, kamu juga bisa menikmati keindahan alam Indonesia di Gua Beluan. Di dalamnya terdapat sungai, hutan, dan air terjun yang pastinya akan menenangkan hati dan pikiran. Melakukan caving untuk menikmati alamnya bisa jadi salah satu pilihan yang menyenangkan.

 

6. Gunung Palung National Park

Gunung Palung National Park termasuk taman nasional yang terkenal karena keberadaan orang utan Borneo dan beragam jenis satwa liar lainnya. Terletak di daerah pegunungan, taman nasional ini memiliki hutan hujan tropis dan trek pendakian yang menantang. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang suka aktivitas outdoor! 

Apa Saja Rekomendasi Makanan Khas Kalimantan Barat yang Paling Terkenal?

Rasanya belum lengkap kalau kamu pergi ke Kalimantan Barat tanpa mencicipi berbagai makanan khas yang hanya ada di daerah tersebut. Dari makanan asin sampai yang manis, semuanya tersedia loh! Coba cek beberapa di antaranya berikut ini. 

 

1. Bubur Pedas Khas Pontianak

Bubur pedas sebenarnya hanyalah cara mengucapkan paling mudah dari nama aslinya yaitu “Bubbor Paddas”. Tidak ada yang pedas dalam makanan satu ini. Namanya menandakan bahwa ada banyak rempah dan sayur yang ada di dalam makanan satu ini. Mulai dari kangkung, pakis, wortel, kelapa parut, hingga kunyit.

 

2. Tempoyak

Tempoyak merupakan makanan yang terbuat dari buah durian hasil fermentasi. Tempoyak tidak dimakan sendiri, melainkan bersamaan dengan nasi atau pelengkap lainnya. Rasanya cukup unik karena kamu bisa merasakan asam dan gurih. Kamu harus coba sendiri supaya mengerti bagaimana rasa unik yang ada dalam Tempoyak!

 

3. Pengkang

Selanjutnya ada pengkang yang terbuat dari ketan. Cara membuatnya cukup unik karena harus dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus dan dibakar di atas api secara langsung. Sekilas serupa seperti bakcang yang dimakan oleh masyarakat Tionghoa, tetapi aromanya sungguh menggugah selera.

 

4. Pekasam Ikan

Masih dengan makanan fermentasi, kali ini ada pekasam ikan yang dipercaya mengandung banyak protein dan gizi. Makanan satu ini juga banyak dijadikan lauk dan dimakan bersama dengan sambal agar makin nikmat. Rasanya terbilang cukup kuat tetapi juga nikmat karena sudah di buat dari berbagai macam rempah.

 

5. Lemang

Kemudian ada juga lemang yang merupakan makanan terfavorit masyarakat setempat. Makanan ini terbuat dari beras ketan yang dicampur santan kelapa lalu dibungkus dengan daun pisang sebelum akhirnya direndam dalam bumbu. Makan lemang dirasa paling enak saat masih hangat dengan kombinasi selai serikaya dan kinca. 

 

Apa Saja Rekomendasi Minuman Khas Kalimantan Barat yang Unik?

Makanan sudah, tentu minuman tidak boleh ketinggalan Sob! Tidak sembarangan, Kalimantan Barat menyimpan berbagai minuman yang akan memuaskan lidahmu. Pastikan kamu coba beberapa minuman berikut ya!

 

1. Kopi Asiang

Kopi asiang menjadi yang paling terkenal di Pontianak karena sudah ada sejak tahun 1958. Kopinya memiliki wangi yang khas serta terlihat berminyak sehingga kamu pasti akan merasakan perbedaannya. Saat kamu memesannya, kopi akan disajikan dengan cantik ala Hainan. Jangan lupa mengeluarkan smartphone untuk mengambil gambar! 

 

2. Ce Hun Tiaw

Nama minuman satu ini pasti sudah tidak asing. Meski banyak ditemui di beberapa tempat di Ibu Kota, langsung minum di Kalimantan Barat pasti sangat berbeda. Sebenarnya ce hun tiaw bukan minuman melainkan es campur khas Pontianak. Warnanya sangat cantik dengan berbagai bahan seperti kacang merah, jelly, ketan hitam, bongko, dan cincau. Pasti sangat enak menyantap ce hun tiaw setelah berkeliling di bawah panas terik sinar matahari! 

 

3. Sari Kacang Hijau

Sari Kacang Hijau satu ini berbeda dari sucang (alias susu kacang) yang tersebar di berbagai daerah ya Sob. Minuman satu ini benar-benar dibuat dari kacang hijau yang pasti menyehatkan. Cara menyantapnya juga cukup unik yakni dengan air gula atau susu lalu ditambah es. 

 

4. Es Jagung

Pernah terpikir jagung dibuat menjadi es? Nah minuman seperti ini hanya ada di Kalimantan Barat. Nantinya jagung akan diolah sedemikian rupa lalu ditambahkan santan serta susu kental manis. Apabila kamu bisa suka dengan es yang harum, maka tinggal tambahkan saja sedikit sirup vanila.

 

5. Es Nam Mong

Terakhir, kamu belum ke Kalimantan Barat kalau tidak pernah mencoba jeruk kecil Singkawang alias jeruk sambal. Es nam mong terbuat dari jeruk sambal yang sudah dikeringkan dan difermentasikan sehingga rasanya akan menjadi asam. Minum es satu ini pasti akan membuat kamu merasa segar setelah seharian beraktivitas!

 

Kalimantan Barat memang tidak banyak dikenal oleh masyarakat luas, padahal daerahnya banyak menyimpan keindahan alam serta kekayaan budaya. Itu sebabnya Sobat Torch harus coba mengunjungi berbagai tempat wisata di Kalimantan Barat sekaligus mencicipi makanan dan minuman khas yang tersedia.

 

Siap traveling? Yuk mulai siapkan barang-barang dan tas yang akan digunakan. Jangan lupa pakai tas yang kuat, nyaman, dan keren supaya Sobat Torch bisa mengabadikan banyak kenangan indah dan memasukkannya ke dalam feed Instagram.

 

Belum punya? Tenang Sob! Torch punya tas backpack berbagai ukuran yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Contohnya seperti Sinpo Backpack, Takahagi Backpack, Hongcheon Roll Top, dan masih banyak lagi. Kunjungi official store Torch sekarang untuk pesan tas favoritmu supaya tidak kehabisan!

Back to blog

Leave a comment