Taman Nasional Kalimantan Tengah: Tips Liburan & Rekomendasi Destinasi

Taman Nasional Kalimantan Tengah: Tips Liburan & Rekomendasi Destinasi

Kalimantan Tengah merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan alamnya yang masih terjaga. Di sana, Sobat Torch akan menemukan berbagai hutan yang ditetapkan sebagai taman nasional Kalimantan Tengah oleh pemerintah.

 

Terdapat empat taman nasional yang bisa Sobat Torch kunjungi saat berkunjung ke Kalimantan Tengah, yaitu Taman Nasional Tanjung Puting, Taman Nasional Sebangau, Taman Nasional Bukit Baka, dan Taman Nasional Konservasi Anggrek Hitam. Mengapa hutan ini dinobatkan sebagai taman nasional? Cari tahu jawabannya di bawah ini ya Sob.

 

Apa Itu Taman Nasional?

Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2016, taman nasional merupakan kawasan pelestarian alam yang memiliki ekosistem asli dan dikelola dengan sistem zonasi. Taman nasional dibuat untuk tujuan penelitian, pendidikan, budidaya, pariwisata, dan rekreasi.

 

Taman nasional memiliki ciri-ciri ekosistem yang masih asli dan memiliki luas wilayah yang cukup besar untuk menunjang proses ekologi. Biasanya, ekosistem di taman nasional terdiri dari flora dan fauna yang khas dan unik, seperti reptilia dan mamalia besar yang tumbuh dan berkembang di Taman Nasional Sebangau.

 

Istilah taman nasional berasal dari Amerika Serikat, ketika Yellowstone ditetapkan sebagai kawasan alam yang dilindungi pada tahun 1872. Konsep taman nasional lahir akibat adanya dua kepentingan yang berbeda, yaitu kepentingan pelestarian alam dan pemanfaatan alam sebagai tempat pariwisata.

 

Apa Manfaat dari Adanya Taman Nasional?

Keberadaan taman nasional sangat penting untuk pelestarian keanekaragaman hayati sekaligus ekosistemnya. Mengingat luas daerah hutan semakin berkurang, sehingga membawa beberapa spesies flora dan fauna menuju kepunahan. Tidak hanya itu, terdapat beberapa manfaat lain dari adanya taman nasional yang dapat Sobat Torch simak di bawah ini.

 

1. Menstabilkan Iklim

Taman nasional yang rimbun dengan pepohonan dapat membantu membentuk curah hujan, seperti mengatur siklus pelepasan uap air menuju atmosfer. Hal ini dapat membentuk keteraturan hujan, bahkan saat musim kemarau. Jadi, seluruh ekosistem yang ada di daerah taman nasional tidak akan merasakan kekeringan.

 

2. Menjaga Kenekaragaman Hayati

Berbagai spesies tumbuhan dan hewan langka dilindungi keberadaannya di taman nasional Kalimantan Tengah. Beberapa hewan yang dapat Anda temukan saat berkunjung ke sana yaitu harimau, macan tutul, orang utan, dan lain sebagainya. Taman nasional menjadi rumah bagi aneka tumbuhan dan hewan yang terusir habitatnya di hutan rimba.

 

3. Tempat Penelitian dan Pendidikan

Berbagai tumbuhan dan hewan langka di taman nasional dapat menjadi subjek penelitian para ahli dan pelajar. Hasil dari penelitian ini akan sangat berguna bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Begitupun proses belajar para pelajar yang dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya daerah hijau bagi keseimbangan alam.

 

4. Meningkatkan Kehidupan Sosial dan Ekonomi

Manfaat taman nasional untuk kepentingan sosial dan ekonomi warga sekitar di antaranya tersedia tenaga air PDAM untuk menunjang kebutuhan sehari-hari, meningkatkan budidaya tanaman hias dan herbal, serta menjadi tempat wisata alam terbuka. Bagi Sobat Torch yang menyukai tempat wisata alam dapat berkunjung ke salah satu teman nasional yang berada di Kalimantan Tengah.

 

5. Sebagai Penyangga Kehidupan Masa Depan

Keanekaragaman sumber daya alam di kawasan konservasi, baik itu di darat maupun di perairan dapat dimanfaatkan untuk kehidupan masa depan. Misalnya, kehadiran pepohonan yang rimbun di taman nasional dapat menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida. Jika pohon semakin berkurang, maka sumber lapisan ozon pun akan menurun dan menyebabkan bumi mengalami peningkatan panas.

 

Kegiatan Apa Saja yang Bisa Dilakukan Ketika Berkunjung ke Taman Nasional Kalimantan Tengah?

Saat berkunjung ke salah satu taman nasional di Kalimantan Tengah, Sobat Torch bisa menyaksikan berbagai hewan konservasi dan keindahan alamnya. Berikut beberapa kegiatan yang dapat Sobat Torch lakukan.

 

1. Menyaksikan Aktivitas Orang Utan Secara Langsung

Sobat Torch dapat menyaksikan aktivitas harian orang utan di salah satu taman nasional Kalimantan Tengah secara langsung, tepatnya di Taman Nasional Tanjung Puting. Taman nasional ini merupakan habitat asli untuk orang utan. Di sini, orang utan belajar untuk hidup di alam bebas tanpa campur tangan manusia, sebelum nanti benar-benar dilepaskan ke hutan liar.

 

2. Menyaksikan Hewan Konservasi Lainnya

Selain ada orang utan sebagai penghuni asli Taman Nasional Tanjung Puting, terdapat beberapa hewan konservasi lainnya seperti bekantan, monyet, lutung, dan lain sebagainya. Jika beruntung, Sobat Torch bisa bertemu dengan rusa yang sedang mencari makan atau sedang minum di pinggiran sungai.

 

3. Mencoba Naik Sampan

Setelah menyaksikan aktivitas hewan-hewan, selanjutnya Sobat Torch dapat menikmati keindahan alam Sungai Sekonyer dengan menaiki sampan yang terbuat dari bambu. Sobat Torch dapat menyusuri sungai hingga sore hari sembari bersantai dan menunggu sunset.

 

4. Menikmati Sunset Sungai Sekonyer

Keanekaragaman sumber daya alam di kawasan konservasi, baik itu di darat maupun di perairan dapat dimanfaatkan untuk kehidupan masa depan. Misalnya, kehadiran pepohonan yang rimbun di taman nasional dapat menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida. Jika pohon semakin berkurang, maka sumber lapisan ozon pun akan menurun dan menyebabkan bumi mengalami peningkatan panas.

 

5. Menelusuri Sungai Sekonyer dengan Klotok

Klotok merupakan alat transportasi yang digunakan wisatawan saat menyusuri keindahan Sungai Sekonyer pada malam hari. Bentuk klotok ini bertingkat dan memiliki fasilitas yang lengkap untuk menginap semalaman. Juga, disediakan makanan khusus berupa hasil laut.

 

So, setelah kamu menikmati keindahan sunset di sore hari, kamu bisa mencoba menginap di klotok ini. Sobat Torch akan disuguhkan pemandangan tanaman bakau dan hewan yang bergelantungan seperti orang utan, bekantan, dan lutung.

 

Nah, itu dia rekomendasi kegiatan yang dapat Sobat Torch lakukan ketika berkunjung ke salah satu taman nasional Kalimantan Tengah. Melakukan berbagai aktivitas di taman nasional tentu memerlukan dukungan fisik yang prima serta perlengkapan yang berkualitas.

 

Fujisawa 45 + 3 Liter dapat menjadi partner andalan kamu selama menjelajahi taman nasional di Kalimantan Tengah. Backpack ini bisa muat banyak barang untuk traveling selama satu minggu, lengkap dengan fitur-fiturnya yang akan membuat perjalanan kamu semakin praktis dan nyaman. Kunjungi official store Torch sekarang juga untuk mendapatkan tas keren tersebut!

Back to blog

Leave a comment