Waist Bag

Travel Pouch

Backpack

Light Travel Backpack

Travel Backpack

Packing Organizer

Office Series

Office Totebag

Laptop Sleeve

Jacket

Celana

T-Shirt

Shirt

Outerwear

Neck Wallet

Keychain

Wallet

Neck Wallet

Keychain

Wallet

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

Marvel Black Panther

Marvel Hero VS Villain

Konfirmasi Pembayaran

Torch Story

Pentingnya Memahami Alat Navigasi Darat

alat navigasi darat

Berbagai alat navigasi darat diciptakan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Memahami berbagai alat navigasi darat jelas akan banyak membantu kalau Sobat Torch sedang menjelajah atau melakukan perjalanan darat lainnya.


Meski saat ini sudah ada banyak teknologi canggih yang bisa diakses melalui smartphone, tetapi adakalanya Sobat Torch tidak bisa menggunakan itu semua. Smartphone terbatas pada jaringan serta internet yang harus terhubung sepanjang waktu. Tentu saja Sobat Torch tidak bisa menggunakannya saat berada dalam hutan yang sangat jauh dari perkotaan.

Jadi Sobat Torch sudah mengerti mengapa memahami alat-alat navigasi sangat penting, bukan? Kalau begitu langsung saja simak informasinya di bawah ini!


Apa Itu Alat Navigasi Darat?


Alat navigasi darat mengacu kepada perangkat atau instrumen yang digunakan untuk membantu menentukan posisi ketika sedang berada di darat. Beberapa contoh alat navigasi darat yang dimaksudkan contohnya peta, kompas, GPS (Global Positioning System), altimeter, dan klinometer.


Hingga saat ini alat navigasi darat masih digunakan dalam berbagai aktivitas, seperti mendaki, mengeksplorasi hutan, camping, dan keperluan militer lainnya. Jadi keberadaan navigasi yang ada dalam smartphone tidak membuat kebutuhan alat navigasi darat berkurang.


Justru peran alat navigasi darat sangat dominan ketika kamu tidak memiliki jaringan internet. Namun sebenarnya ada yang unik dari penggunaan alat navigasi darat. Percaya atau tidak, penggunaan beberapa alat navigasi tersebut memerlukan pelatihan khusus atau bahkan sertifikasi terkait.


Hal ini dilakukan agar penggunanya bisa benar-benar memaksimalkan penggunaan untuk menemukan jalan yang tepat. Bayangkan kalau kamu memilikinya tetapi tidak bisa menggunakannya, bukankah semua itu jadi sia-sia? Jadi syarat yang harus dipenuhi bukan hanya kepemilikannya saja tetapi juga pemahamannya.


Apa Saja Fungsi Alat Navigasi Darat?


Alat navigasi darat memiliki beberapa fungsi penting, terutama dalam kegiatan luar ruangan. Keberadaannya banyak memberikan manfaat yang bisa menyelamatkan berbagai orang dari kejadian tersesat atau bahkan hilang. Simak penjelasan detailnya berikut ini!


1. Menentukan Arah dan Lokasi


Fungsi utama dari alat navigasi darat tentu saja untuk menentukan arah dan lokasi. Secara khusus, alat navigasi sangat berguna kalau jalan yang dilintasi tidak memiliki tanda penunjuk jalan sama sekali. Sebagai contoh, kompas yang dapat membantu pengguna menentukan arah utara, selatan, timur, dan barat dengan akurasi tinggi.


2. Menemukan Rute


Alat navigasi darat juga banyak digunakan untuk menemukan rute yang tepat agar bisa mencapai tujuan tertentu. Tentunya tidak semua alat navigasi bisa menemukan rute. Kalau kamu benar-benar membutuhkan alat penunjuk jalan secara lebih lengkap maka peta akan tepat digunakan.


Dalam hal ini, peta merupakan alat navigasi darat yang paling penting. Peta dapat memberikan informasi detail tentang jalur yang harus ditempuh, seperti sungai, jembatan, atau gunung.


3. Mengetahui Kecepatan dan Jarak Tempuh


Alat navigasi darat juga dapat digunakan untuk mengetahui kecepatan dan jarak tempuh selama perjalanan. Contohnya seperti odometer atau GPS yang akan membantu pengguna mengetahui berapa jarak yang telah ditempuh serta berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Informasi ini sangat penting untuk memperkirakan sisa waktu serta persediaan bahan makanan dan minuman yang harus dibawa.


4. Menentukan Ketinggian


Selanjutnya, alat navigasi darat memiliki fungsi untuk menentukan ketinggian di atas permukaan laut. Ketika kamu melakukan pendakian, penting untuk mengetahui ketinggian tempat yang akan dituju.


Kamu jadi bisa memperkirakan berapa banyak persediaan makanan yang tersedia untuk sampai di puncak. Begitu juga ketika kamu akan turun dari puncak gunung, memahami ketinggiannya akan membantu menginformasikan berapa lama waktu yang tersisa sebelum gelap.


5. Menemukan Jalan Untuk Pulang


Menjelajahi alam terbuka termasuk kegiatan menantang yang tidak bisa dilakukan semua orang. Pasalnya kemungkinan tersesat ketika berada di dalamnya sangat besar. Namun tidak demikian kalau ada alat navigasi karena kamu bisa menemukan jalan pulang dengan selamat.


Tidak adanya penunjuk jalan yang jelas membuat kamu harus pintar dalam membaca arti dari alat navigasi yang digunakan.


6. Memberikan Informasi Tentang Cuaca


Tidak hanya sebagai penunjuk arah maupun rute, kamu harus tahu bahwa tersedia juga alat navigasi darat yang dapat memberikan informasi tentang cuaca dan kondisi lingkungan sekitar. Contohnya seperti barometer dan termometer yang sudah dianggap paling penting.


Barometer dapat membantu pengguna mengetahui kondisi tekanan udara, sementara termometer dapat membantu pengguna mengetahui suhu udara. Informasi ini sangat penting untuk mempersiapkan diri dengan persediaan pakaian dan perlengkapan yang sesuai.


7. Menyediakan Informasi Terkait Kecepatan dan Arah Pergerakan


Selain mengetahui lokasi, alat navigasi darat juga dapat memberikan informasi tentang kecepatan sekaligus arah pergerakan. Hal ini sangat penting terutama bagi pengendara kendaraan bermotor, seperti mobil atau sepeda motor.


Ketika kamu mengetahui kecepatan dan arah pergerakan yang ditunjukkan maka pengendara dapat memperkirakan waktu tiba di tempat tujuan serta menghindari terjadinya kesalahan arah atau masuk ke jalur yang salah.


8. Membantu dalam Kegiatan Olahraga dan Petualangan di Alam Terbuka


Alat navigasi darat juga sangat berguna dalam kegiatan olahraga dan petualangan di alam terbuka, seperti hiking, pendakian gunung, dan camping.


Dalam kegiatan-kegiatan tersebut, alat navigasi darat dapat membantu menentukan jalur yang aman dan tepat. Selain itu alat navigasi darat juga dapat membantu untuk menghindari bahaya yang mungkin terjadi selama perjalanan, seperti tanah longsor atau jatuh dari jurang yang curam.


Apa Saja Jenis-jenis Alat Navigasi Darat? 


Alat navigasi darat memiliki banyak jenis dan sebutannya. Kamu pasti sudah mengenal beberapa alatnya karena sering diajarkan ketika masih duduk di bangku sekolahan. Coba temukan alat navigasi apa saja yang kamu ketahui dan tidak diketahui berikut ini.


1. Peta


Peta menjadi alat navigasi darat yang paling dasar, tetapi juga sangat penting. Peta dapat menunjukkan gambaran atau representasi permukaan bumi dalam bentuk gambar atau diagram dengan detail topografi, jalan, sungai, dan objek lainnya.


Peta memungkinkan kamu untuk mengetahui lokasi dan membuat perencanaan rute perjalanan yang lebih baik. Bahkan kalau kamu membutuhkan sumber air atau ingin menemukan tempat berkemah yang tepat, semuanya bisa dicari dalam peta.


2. Kompas


Kalau peta memberikan gambar secara keseluruhan dalam konsep yang besar maka kompas akan membantu kamu menemukan jalan sampai ke tempat tujuan step-by-step. Bukan berarti kompas bisa langsung menunjukkan kamu harus belok kanan atau kiri, tetapi keberadaannya memberikan arah mata angin yang tepat.


Ketika tidak ada petunjuk jalan sama sekali yang bisa kamu andalkan maka kompas akan menjadi “teman perjalanan” yang setia membantu kamu mencapai tempat tujuan.


3. GPS


GPS (Global Positioning System) adalah alat navigasi yang menggunakan satelit untuk menentukan lokasi tepat di permukaan bumi. GPS dapat menunjukkan lokasi, arah, hingga kecepatan perjalanan. Kamu dapat menggunakan GPS untuk menentukan lokasi secara akurat atau untuk memetakan rute perjalanan yang lebih baik.


Beberapa GPS bahkan dapat menyimpan catatan perjalanan serta memungkinkan kamu untuk melacak kembali rute mereka pada masa depan. Perangkat navigasi yang sangat berguna, bukan?


4. Jam Tangan Navigasi


Kemudian ada juga jam tangan navigasi yang berfungsi untuk menunjukkan arah, kecepatan, dan jarak yang telah ditempuh. Tentunya akan sangat memudahkan kamu kalau ingin mencari jalan. Tinggal lihat jam tangan lalu jalan yang harus dipilih bisa terlihat jelas. Penggunaannya banyak dipilih oleh para pendaki dan pelari karena ukurannya yang kecil serta sangat ringan.

 

5. Altimeter


Altimeter merupakan alat navigasi yang berguna untuk mengukur ketinggian di atas permukaan laut. Altimeter banyak membantu para pendaki dalam menentukan lokasi keberadaan mereka di peta sekaligus menavigasi ketika kondisi cuaca sedang buruk, seperti halnya kabut tebal. Altimeter juga dapat membantu pendaki untuk mengetahui tingkat kelelahan dan kesulitan yang dihadapi.


Mengetahui cara menggunakan alat navigasi darat jelas akan sangat penting ketika Sobat Torch melakukan perjalanan darat. Entah ketika naik transportasi umum atau dengan berjalan kaki. Pemahaman penggunaan alat navigasi darat juga banyak membantu khususnya saat kamu berada di area terpencil yang tidak terjangkau oleh internet.


Jika Sobat Torch sudah merencanakan perjalanan darat untuk berpetualang atau mendaki gunung, mulailah mempelajari cara menggunakan masing-masing alat navigasi yang dibutuhkan. Bahkan ada baiknya kalau kamu langsung mempraktikkannya dengan mencari jalan menggunakan peta dan GPS.


Apabila sudah siap, jangan lupa siapkan barang-barang esensial yang akan membantu kamu dalam perjalanan. Kemudian, gunakan tas berkualitas yang kuat agar tidak mudah robek di tengah jalan. Kamu bisa membelinya di Torch karena hanya bahan-bahan berkualitas yang digunakan dalam setiap pembuatan tas.


Beberapa contoh tas di antaranya ialah Kanzaki 30 Liter - Legion Blue, Seo 30 Liter - Grey, Fujisawa 45+3 Liter - Shale Black, dan Takahagi 40 Liter - Nine Iron Grey. Bahan Duralite Nylon menjadi salah satu material unggulan yang digunakan oleh Torch karena terbukti 2x lebih kuat tetapi 30% lebih ringan dari tas biasanya.


Langsung saja pesan sekarang sebelum kehabisan! Temukan semua tas backpack atau packing organizer hanya di Official Store Torch!

Sale Off
Salta Two-Way Messenger Bag - Twotone Grey
Rp 348.000Rp 330.600
Sale Off
Amurrio Daypack 16L - Patriot Blue
Rp 298.000Rp 283.100
Sale Off
Ersalona Foldable Backpack - Grey
Rp 298.000Rp 283.100
Sale Off
Cheonan Sling Bag (2 in 1) - Black
Rp 228.000Rp 205.200
Sale Off
Cuncheon Backpack 22L - Navy
Rp 458.000Rp 421.200
Sale Off
Ishikari 20 + 2 Liter - Legion Blue
Rp 458.000Rp 412.200
Sale Off
Ider Backpack - Grey
Rp 398.000Rp 329.800

Search