WAIST BAG

TRAVEL POUCH

BACKPACK

LIGHT TRAVEL BACKPACK

TRAVEL BACKPACK

PACKING ORGANIZER

OFFICE SERIES

OFFICE TOTEBAG

OFFICE SLEEVE

CASUAL CAMPING

UMBRELLA

GLASSES

MULTIFUNCTIONAL TOOLS

ARRAFA SANDAL

JACKET

T-SHIRT

PANT

SHIRT

OUTERWEAR

NECK WALLET

KEYCHAIN

WALLET

KONFIRMASI PEMBAYARAN

#TORCHSTORY

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

Marvel Black Panther

This section doesn’t currently include any content. Add content to this section using the sidebar.

Image caption appears here

Add your deal, information or promotional text

Mengenal Apa Itu GPS Navigasi Darat Serta Fungsi dan Cara Menggunakannya


gps navigasi darat

Apakah Sobat Torch sering naik gunung? Pasti sudah tidak asing lagi ya dengan GPS navigasi darat. Navigasi yaitu ilmu yang mempelajari peta dan kompas dengan tujuan untuk menentukan titik awal perjalanan, titik akhir perjalanan, dan arah perjalanan itu sendiri. Kemampuan membaca peta dan kompas merupakan dua hal wajib yang perlu pendaki miliki. Maka dari itu, mari kenali lebih dalam tentang apa itu navigasi darat pada uraian di bawah ini.


Apa Itu GPS Navigasi Darat?


Navigasi darat bisa dikatakan sebagai sekumpulan ilmu untuk memahami berbagai peralatan navigasi, seperti peta, kompas, roamer, douglas protractor, dan lain sebagainya. Melalui peralatan tersebut, Sobat Torch bisa mengetahui gambaran medan yang hendak dilewati.


Pengetahuan tentang navigasi darat diperlukan juga untuk usaha-usaha pencarian dan penyelamatan korban kecelakaan atau tersesat di gunung dan hutan. Oleh sebab itu, kemampuan membaca navigasi darat termasuk ke dalam salah satu survival tips yang sangat penting bagi pendaki. 


Apa Saja Fungsi dari GPS Navigasi Darat?


Saat hendak mendaki gunung dan traveling, navigasi darat menjadi salah satu kemampuan yang wajib kamu kuasai. Mengapa? Supaya perjalanan kamu lebih terarah dan meminimalisir terjadinya faktor tersesat. Tidak itu saja, berbagai peralatan navigasi darat dapat membantu proses evakuasi korban bencana alam. Untuk lebih jelasnya, simak masing-masing fungsinya pada uraian di bawah ini


1. Memberikan Bayangan Medan


Peta termasuk salah satu alat navigasi darat. Melalui pembacaan peta, pendaki bisa menentukan suatu tempat dan memberikan bayangan medan yang akan dilalui. Mulai dari keadaan permukaan serta titik yang akan dijadikan sebagai tempat istirahat. Ketika Sobat Torch telah mengetahui bayangan medan tersebut, maka kamu bisa mempersiapkan berbagai hal yang sekiranya diperlukan untuk mencapai puncak gunung.


2. Perjalanan ke Tempat Jauh Lebih Aman


Menggunakan alat navigasi darat untuk persiapan naik gunung atau traveling akan membuat perjalanan kamu lebih mudah dan aman. Hal ini karena kamu sudah mengetahui medan atau perjalanan yang hendak dilalui. Melalui kemampuan navigasi darat, kamu bisa merencanakan perjalanan dengan baik.


3. Meminimalisir Tersesat


GPS navigasi darat dibutuhkan juga supaya kamu tidak tersesat saat melakukan perjalanan. Bahkan, navigasi darat menjadi ilmu yang bisa menyelamatkan nyawa saat kamu tersesat, terutama di gunung dan hutan. Ilmu ini sering digunakan juga sebagai usaha pencarian dan penyelamatan korban bencana alam.


Apa Saja Alat dari GPS Navigasi Darat?

Peralatan navigasi darat identik dengan peta dan kompas. Tetapi nyatanya tidak itu saja, seiring berkembangnya teknologi, alat navigasi darat juga makin canggih. Ada roamer, Google Earth, Global Positioning System (GPS), dan lain sebagainya. Berikut penjelasan dari alat-alat tersebut.


1. Peta


Peta yaitu gambaran dua dimensi dari sebagian atau keseluruhan permukaan bumi yang dapat dilihat dari atas. Peta bisa diperbesar dan diperkecil dengan perbandingan tertentu. Dalam navigasi darat, jenis peta topografi yang paling sering digunakan. Peta topografi dapat memetakan tempat-tempat di permukaan bumi yang memiliki tinggi yang sama dari permukaan laut menjadi bentuk garis kontur.


2. Kompas


Alat yang satu ini wajib dibawa saat kamu melakukan pendakian untuk menunjukkan arah. Kompas memiliki sifat magnetis, sehingga jarumnya akan selalu menunjuk ke arah Utara-Selatan. Utara yang dimaksud di sini bukan arah mata angin yang sebenarnya, tetapi utara magnetis. Saat mendaki gunung, Sobat Torch bisa membawa compas puller supaya lebih efisien karena ukurannya lebih kecil. Kamu bisa mendapatkan kompas ini hanya di Torch.


3. Roamer


Roamer digunakan untuk membaca koordinat suatu titik yang telah diplot di peta. Terdapat garis-garis kecil pada alat ini yang berguna untuk membaca nilai-nilai dari titik koordinat secara lebih detail. Roamer terdiri dari dua jenis, yaitu roamer geografis yang berfungsi untuk membaca koordinat grafis. Lalu, ada roamer grid UTM (Universal Transverse Mercator) untuk membaca koordinat grid UTM.


4. Douglas Protractor


Sobat Torch mungkin lebih familier dengan sebutan busur derajat. Douglas protractor atau busur derajat ini berbentuk kotak. Berfungsi untuk menentukan posisi pendaki dan menentukan rute jalan pada sebuah peta secara lebih efisien dengan membaca titik koordinat.


5. Global Positioning System (GPS)


Alat ini berbasis satelit yang terdiri dari setidaknya 24 satelit. Fungsi dari GPS yaitu untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan memanfaatkan sinkronisasi sinyal satelit. Sinyal ini akan memberikan gelombang mikro ke bumi, sehingga GPS dapat digunakan untuk menentukan arah, kecepatan, letak dan juga waktu.


6. Google Earth


Google Earth atau disebut juga dengan Earth Viewer merupakan program globe virtual yang memetakan bumi dari superimposisi gambar yang dikumpulkan dari pemetaan satelit, fotografi udara, dan globe 3D. Melalui program ini, Sobat Torch bisa melihat rupa bumi dengan update dan 3D. Penggambaran bumi pada program ini tentu sangat membantu para pendaki untuk menentukan arah perjalanan.



Bagaimana Cara Menggunakan GPS Navigasi Darat?


Sebagai peta digital, GPS memberikan banyak manfaat kepada para pendaki, terutama untuk positioning, route recording, dan menandai berbagai tempat. Nah, bagaimana cara menggunakannya? Simak di bawah ini ya Sob untuk mengetahui cara menggunakannya.


1. Positioning


Untuk mengatur positioning, Sobat Torch dapat mengatur tampilan GPS supaya menunjuk ke arah perjalanan yang hendak kamu lewati atau selalu menghadap ke utara. Perangkat GPS ini nantinya akan menunjukkan posisi dengan sendirinya.


2. Route Recording


Perjalanan hiking atau traveling bisa direkam menggunakan perangkat GPS. Cara menggunakannya, cukup dengan menekan tombol rekam sejak memulai perjalanan. Fungsi dari perekaman ini yaitu untuk menandai rute baru atau menggabungkan jalur yang ada menjadi rute baru. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya faktor tersesat, terutama saat melewati jalan atau rute baru.


3. Menandai Tempat Secara Digital


Sobat Torch bisa menandai tempat secara digital untuk menentukan area kemah saat melakukan hiking. Cara menandai tempat tersebut bisa dengan memasukkan detail titik koordinat dengan tepat. Bahkan Sobat Torch bisa mengetahui juga kondisi di area tersebut, apakah cocok atau tidak digunakan sebagai tempat berkemah.


Nah, setelah mengetahui GPS navigasi darat serta fungsinya, kini saatnya kamu praktik langsung di lapangan supaya lebih paham cara menggunakannya. Kalau begitu, segera rencanakan liburan atau jadwal naik gunung dalam waktu dekat ini.


Jangan lupa siapkan juga berbagai perlengkapannya. Mulai dari penggunaan backpack yang bisa muat banyak barang seperti Kanzaki 30 Liter hingga berbagai alat navigasi darat untuk mengatur arah perjalanan. Dapatkan backpack Kanzaki sekarang juga dengan mengunjungi situs resmi Torch di sini.


Mengenal Apa Itu Survival dan Apa Manfaatnya Melakukan Latihan Survival
Mengenal Apa Itu Survival dan Apa Manfaatnya Melakukan Latihan Survival...
Jangan Terlewat! 5 Perlengkapan Anak Motor yang Wajib Dimiliki untuk Riding
Jangan Terlewat! 5 Perlengkapan Anak Motor yang Wajib Dimiliki untuk...
Catat! Ini Dia Persiapan Touring Motor Jarak Jauh yang Harus Kamu Perhatikan
Catat! Ini Dia Persiapan Touring Motor Jarak Jauh yang Harus Kamu...

Cari