WAIST BAG

TRAVEL POUCH

BACKPACK

LIGHT TRAVEL BACKPACK

TRAVEL BACKPACK

PACKING ORGANIZER

OFFICE SERIES

OFFICE TOTEBAG

OFFICE SLEEVE

CASUAL CAMPING

UMBRELLA

GLASSES

MULTIFUNCTIONAL TOOLS

ARRAFA SANDAL

JACKET

T-SHIRT

PANT

SHIRT

OUTERWEAR

NECK WALLET

KEYCHAIN

WALLET

KONFIRMASI PEMBAYARAN

#TORCHSTORY

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

Marvel Black Panther

This section doesn’t currently include any content. Add content to this section using the sidebar.

Image caption appears here

Add your deal, information or promotional text

Suka Riding? Mari Mengenal Apa Itu Sunmori dan Manfaatnya

apa itu sunmori

Apa itu sunmori? Sunmori menjadi salah satu agenda rutin komunitas motor untuk berkumpul dengan anggotanya. Biasanya kegiatan ini dilaksanakan setiap Minggu pagi dengan mengelilingi kota. Apakah Sobat Torch salah satunya? Jika ya, berarti kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah sunmori. Namun, untuk lebih mengenal beberapa manfaat sunmori, mari simak penjelasannya di bawah ini.


Apa Arti Sunmori?


Sunmori merupakan singkatan dari Sunday Morning Ride, yaitu kegiatan berkendara menggunakan sepeda motor pada hari Minggu pagi atau waktu-waktu lain yang sudah ditentukan. Sunmori berbasis kegiatan komunitas, sehingga pesertanya tidak terbatas dan berasal dari berbagai macam kalangan.


Kegiatan riding ini dijadikan sebagai ajang berkumpul antar sesama anggota komunitas untuk berkendara bersama-sama. Para pengendara akan berkumpul di titik kumpul yang sudah ditentukan oleh pemimpinnya. Lalu, mereka akan berkendara mengelilingi kota. 


Apa Manfaat dari Mengikuti Sunmori?


Mengendarai motor di pagi hari ternyata memberikan banyak manfaat Sob, terutama untuk kesehatan mental dan jiwa. Mengapa demikian? Sebab, mengendarai motor dapat merangsang beberapa hormon dalam tubuh. Simak beberapa manfaat lainnya di bawah ini ya Sob.


1. Membakar Kalori 


Menurut sebuah penelitian, berkendara dapat membakar kalori sebanyak 200-300 kalori per jam. Berkendara kok bisa membakar kalori di dalam tubuh? Bisa dong. Sebab, tubuh kamu bergerak untuk menjaga keseimbangan motor dan mengontrol laju kendaraan.


Kamu juga harus berkonsentrasi penuh agar selamat selama di perjalanan. So, tubuh kamu akan mengeluarkan tenaga untuk melakukan aktivitas tersebut, sehingga kalori dalam tubuh berkurang. 


2. Melepaskan Hormon Endorfin


Para peneliti menemukan fakta bahwa mengendarai motor dapat melepaskan hormon dopamin dan endorfin. Kedua hormon tersebut bertugas memunculkan rasa bahagia, lantaran pengendara dapat melupakan berbagai permasalahan dalam hidupnya sejenak. Juga, pengendara dituntut untuk lebih fokus supaya bisa berkendara dengan selamat selama mengikuti sunmori.


3. Dapat Menurunkan Stres


Penelitian yang dilakukan oleh seorang motorcycling clinical psychologist menemukan bahwa mengendarai motor dapat menurunkan 28% tingkat stres. Sunmori di pagi hari memberikan sensasi kesenangan tersendiri, terutama saat memacu kendaraan pada kecepatan yang tinggi saat kondisi jalanan sedang sepi. Hal ini membantu pengendara terlepas dari berbagai tekanan pekerjaan atau masalah lainnya.


4. Sarana Menyalurkan Hobi


Bagi sebagian orang, mengikuti kegiatan sunmori merupakan sarana untuk menyalurkan hobi, terutama untuk mereka yang menyukai dunia riding dan otomotif. Apalagi kegiatan ini hanya dilakukan setiap hari libur, pengendara bisa sambil refreshing setelah lima hari sebelumnya berkutat dengan pekerjaan. Menyusuri kota di pagi hari nyatanya dapat memberikan energi dan semangat baru bagi para pengendara.



Tips Aman Mengikuti Sunmori


Sunmori termasuk kegiatan berkendara yang jarak tempuhnya tidak terlalu jauh lantaran dilakukan di sekitaran kota. Berbeda dengan aktivitas touring yang memerlukan persiapan yang lebih matang karena jarak tempuhnya lebih jauh.


Meskipun demikian, aktivitas sunmori juga dituntut melakukan sejumlah persiapan kecil agar aman dan nyaman saat berkendara menyusuri kota. Berikut ini tips aman mengikuti sunmori yang dapat Sobat Torch aplikasikan. 


1. Berkumpul di Titik Kumpul yang Luas


Sebelum melakukan sunmori di pagi hari, biasanya para pengendara akan berkumpul di satu titik kumpul yang telah ditentukan oleh pemimpin di komunitasnya. Nah, upayakan memilih titik kumpul di area yang luas, supaya tidak menyebabkan kemacetan dan mengganggu pengendara lain saat menunggu peserta sunmori lainnya. 


2. Gunakan Peralatan Riding yang Lengkap


Pengendara sunmori wajib menggunakan safety gear, seperti helm, sepatu, jaket, sarung tangan, dan perlengkapan pendukung lainnya. Safety gear tidak hanya berlaku untuk pengendara, tetapi juga berlaku untuk penumpangnya. Selain itu, lakukan safety brief di area titik kumpul sebelum melaju menyusuri kota.


3. Hindari Ugal-ugalan


Pastikan untuk menghindari berbagai perilaku yang menimbulkan risiko kecelakaan, seperti ugal-ugalan, memainkan gas motor yang dapat mengganggu pengendara lain, berkendara dengan gaya zig-zag, merokok, dan berkendara sambil bermain ponsel. Jangan lupa juga untuk membawa surat-surat kendaraan dan patuhi rambu-rambu lalu lintas.


4. Pastikan Kondisi Motor dalam Kondisi Baik


Memastikan kondisi motor dalam keadaan baik menjadi satu hal penting yang wajib kamu lakukan. Terkadang karena terlalu excited, beberapa pengendara melewatkan untuk memeriksa kondisi motor secara keseluruhan. 


Periksa motor mulai dari kondisi mesinnya, bahan bakarnya, dan memastikan seluruh komponen motor dapat bekerja dengan baik. Memeriksa kondisi motor sebelum sunmori dapat meminimalisir berbagai risiko. Jadi, jangan lupa untuk memastikan kondisi motor kamu dalam keadaan baik ya Sob. 


5. Pasang Action Camera dengan Kuat


Jika kamu hendak memasang action camera saat sunmori, pastikan proses pemasangannya kuat sehingga tidak mengganggu kamu saat berkendara. Pada intinya, hindari berbagai hal yang menyebabkan konsentrasi kamu terganggu saat riding, supaya terhindar dari berbagai risiko yang mungkin terjadi.


Nah, itu dia informasi lengkap tentang apa itu sunmori beserta manfaatnya. Jika Sobat Torch hendak mengikuti sunmori, pastikan dulu perlengkapan riding kamu sudah lengkap dan sesuai dengan standar berkendara ya. 


Gunakan Junha Packable Jacket  sebagai jaket andalan kamu saat melakukan sunmori. Selain aman dan nyaman untuk riding, jaket ini hadir dengan desain yang lebih keren dan trendi. Bahkan jaket ini bisa dilipat dan dimasukkan ke dalam pouch yang terpasang pada jaketnya. So, tunggu apalagi? Cek official store Torch kami sekarang juga untuk #SolusiKeren kamu saat berkendara. 



Cari