WAIST BAG

TRAVEL POUCH

BACKPACK

LIGHT TRAVEL BACKPACK

TRAVEL BACKPACK

PACKING ORGANIZER

OFFICE SERIES

OFFICE TOTEBAG

OFFICE SLEEVE

CASUAL CAMPING

UMBRELLA

GLASSES

MULTIFUNCTIONAL TOOLS

ARRAFA SANDAL

JACKET

T-SHIRT

PANT

SHIRT

OUTERWEAR

NECK WALLET

KEYCHAIN

WALLET

KONFIRMASI PEMBAYARAN

#TORCHSTORY

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

Marvel Black Panther

This section doesn’t currently include any content. Add content to this section using the sidebar.

Image caption appears here

Add your deal, information or promotional text

Mengenal Apa Itu Survival dan Apa Manfaatnya Melakukan Latihan Survival

apa itu survival

Mengenal Apa Itu Survival dan Apa Manfaatnya Melakukan Latihan Survival


Apakah Sobat Torch seorang pecinta alam? Jika ya, maka memahami apa itu survival menjadi salah satu hal yang penting lho. Survival dapat dimaknai sebagai kemampuan bertahan hidup di alam bebas dengan memanfaatkan perlengkapan seadanya. Seseorang yang berusaha untuk bertahan hidup itu disebut dengan survivor. Untuk lebih mengenal manfaat survival, simak penjelasan di bawah ini ya Sob.


Apa Itu Survival?


Survivalmerupakan kemampuan untuk bertahan hidup dalam menghadapi kondisi darurat saat melakukan perjalanan di alam terbuka. Survival terjadi karena adanya kondisi darurat yang sulit diprediksi atau diperkirakan, seperti bencana alam, kecelakaan, gangguan satwa, dan berbagai kondisi lainnya. 


Salah satu langkah untuk menghadapi kondisi darurat tersebut yaitu dengan mempersiapkan perencanaan yang matang, seperti membawa perlengkapan yang dibutuhkan dan pengetahuan dasar mengenai survival itu sendiri. 


Jadi, saat kamu melakukan perjalanan di alam terbuka, sebaiknya membawa peralatan lengkap ya, termasuk peralatan survival. Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi kamu terhadap kondisi yang tidak menentu saat melakukan perjalanan di alam terbuka. 


Apa Manfaat dari Mengikuti Latihan Survival?


Ilmu survival bukan hanya tentang cara bertahan hidup di alam terbuka, tetapi cara menyelamatkan diri juga saat terjadi bencana alam. Misalnya mempelajari apa yang harus dilakukan saat tenggelam, mengobati sakit demam, hingga cara mendapatkan air bersih di alam liar. Begitu banyak manfaat dari mengikuti latihan survival, beberapa di antaranya akan diuraikan secara lebih jelas di bawah ini.


1. Lebih Menghargai Alam


Mempelajari ilmu survival dapat membuat Sobat Torch menyatu dengan alam. Hal ini karena yang kamu butuhkan untuk bertahan hidup tersedia di alam. Mengetahui betapa pentingnya alam untuk keberlangsungan hidup manusia akan membuat kamu lebih menghargai alam. Minimal kamu tidak lagi membuang sampah sembarangan.


2. Aman Selama Berpetualang di Alam


Salah satu kemampuan yang didapatkan saat mengikuti latihan survival yaitu bisa membuat api tanpa korek api dan menemukan sumber mata air bersih. Kemampuan ini setidaknya akan membuat kamu aman selama berpetualang di alam. Terlebih jika kondisi logistik kamu semakin berkurang.


3. Mengetahui Tanda-tanda Bahaya Alam


Sebagai survivor, penting untuk mengetahui tanda-tanda bahaya alam, seperti akan terjadinya bencana alam, munculnya hewan predator, cuaca dan suhu yang buruk, dan lain sebagainya. Tanda bahaya ini bisa jadi mengancam keselamatan Sobat Torch saat berpetualang di alam. Untuk itu, penting untuk kamu mengikuti latihan survival, supaya kamu bisa mengantisipasi tanda bahaya tersebut dengan segera.


4. Bisa Bertahan Saat Terjadi Bencana Alam


Dalam situasi darurat seperti bencana alam, tim penyelamat tidak dapat menolong semua orang secara bersamaan. Jika kamu memiliki ilmu dan kemampuan survival, maka kamu bisa menyelamatkan diri sendiri sambil menunggu bantuan datang. Bahkan kamu bisa membantu dan menolong orang lain dalam kondisi tersebut. 


Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Mengikuti Latihan Survival?


Dalam mengikuti latihan survival, Sobat Torch akan terjun langsung ke lapangan untuk merasakan berbagai kondisi darurat yang mungkin terjadi. Terdapat beberapa hal yang perlu kamu persiapkan untuk memahami apa itu survival dan mengikuti pelatihan tersebut. Simak selengkapnya di bawah ini.


1. Pastikan Kondisi Fisik Prima


Hal paling penting yang mesti Sobat Torch persiapkan untuk mengikuti latihan survival yaitu kondisi fisik dan kesehatan yang prima. Jika perlu, kamu bisa mengecek kondisi kesehatan ke klinik kesehatan. Untuk persiapan lainnya, kamu bisa mendapatkan vaksinasi terlebih dahulu supaya terhindar dari berbagai penyakit menular. 


2. Peralatan yang Lengkap


Dalam kondisi darurat ini setidaknya kamu membawa peralatan pribadi yang lengkap seperti jaket, jas hujan, baju hangat, pakaian cadangan, pelindung kepala dan leher, kaos kaki, masker, sepatu, dan backpackyang memenuhi standar. Bahkan perlengkapan pendukung seperti kompas, tenda, sleeping bag, dan peta lokasi pun perlu kamu bawa supaya tetap aman.


3. Persiapan Perbekalan


Saat melakukan perjalanan di alam terbuka, kamu wajib mempersiapkan perbekalan yang disesuaikan dengan rencana perjalanan. Misalnya, track yang akan kamu lewati adalah bukit, maka kamu perlu mempersiapkan kebutuhan dan asupan kalori yang cukup. Jika perlu, kamu bisa membawa cadangan perbekalan.


4. Membawa Buku Catatan


Buku catatan ini akan digunakan untuk membuat catatan-catatan penting selama perjalanan, seperti lokasi yang dilewati, kondisi cuaca, dan lain sebagainya. Buku catatan ini akan berguna seandainya kamu dihadapkan dengan dengan kondisi survival di tempat tersebut. Jadi, kamu bisa menghemat waktu untuk mengeksplorasi ulang tempat tersebut, lantaran sudah tercatat di buku catatan.



Apa Jenis-Jenis Kegiatan dan Latihan Survival?


Terdapat beberapa jenis kegiatan dalam latihan survival yang setidaknya wajib Sobat Torch kuasai saat menjelajahi alam. Simak jenis kegiatan tersebut di bawah ini.


1. Menyalakan Api


Api dapat digunakan untuk memasak, menetralkan air, sebagai sinyal penyelamat, hingga menjauhkan predator. Setiap survivor setidaknya memiliki dua cara untuk menyalakan api, yaitu menggunakan korek api dan alat lainnya atau menggunakan gesekan batu. 


Jika digunakan untuk memasak atau menghangatkan diri, maka kumpulkan kayu bakar yang membentuk starfire. Bentuk starfire merupakan susunan sebuah kayu yang mana ujung kayu tersebut saling bertemu untuk menyalakan api dalam waktu yang cukup lama.


2. Memberikan Tanda Bahaya


Dalam latihan survival, kamu akan mempelajari cara membuat tanda bahaya, baik itu dari api, batu, maupun kayu. Jika menggunakan media api, bentuk api tersebut dengan bentuk segitiga sebagai tanda bahwa kamu sedang dalam kondisi bahaya. Selain itu, kamu dapat membuat api yang mengeluarkan asap pada siang hari untuk mendapat perhatian. 


Sobat Torch dapat menggunakan kayu dan batu juga yang membentuk tanda SOS. Batu tersebut dapat disusun di area yang lumayan luas, seperti lapangan untuk memberikan sinyal lewat udara. 


3. Pengelolaan Makanan dan Air


Dalam kondisi darurat, kamu harus membagi makanan dan air sehemat mungkin supaya bisa bertahan dalam kurun waktu yang cukup lama. Saat berupaya bertahan hidup, kamu bisa mencoba meminum air hanya ketika keadaan dingin di malam hari. Jika menemukan sumber air bersih, kamu dapat menyaring air tersebut menggunakan saputangan untuk menghilangkan bebatuan yang berukuran besar.


4. Pertolongan Pertama


Pertolongan pertama sebagai teknik bertahan hidup tidak hanya tentang kebutuhan dasar medis, tetapi juga menjaga kesehatan mental dalam kondisi darurat. Selalu ingat prinsip STOP, yaitu Stop, Think, Observe, dan Plan. Sebelum melakukan perjalanan, Sobat Torch dapat mempersiapkan kebutuhan menggunakan prinsip STOP. 


Demikian informasi tentang apa itu survival dan manfaatnya yang dapat Sobat Torch aplikasikan saat melakukan perjalanan di alam terbuka. Membawa berbagai perlengkapan yang memadai dapat membantu kamu bertahan dalam kondisi darurat, seperti membawa Minwoo Packable Jacket yang dapat menahan hujan ringan serta Travel Backpack yang bisa muat banyak barang. 


Sobat Torch bisa memiliki kedua perlengkapan penting tersebut melalui official store Torch. Kunjungi website kami sekarang juga untuk solusi traveling kamu.



Cari