WAIST BAG

TRAVEL POUCH

BACKPACK

LIGHT TRAVEL BACKPACK

TRAVEL BACKPACK

PACKING ORGANIZER

OFFICE SERIES

OFFICE TOTEBAG

OFFICE SLEEVE

CASUAL CAMPING

UMBRELLA

GLASSES

MULTIFUNCTIONAL TOOLS

ARRAFA SANDAL

JACKET

T-SHIRT

PANT

SHIRT

OUTERWEAR

NECK WALLET

KEYCHAIN

WALLET

KONFIRMASI PEMBAYARAN

#TORCHSTORY

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

Marvel Black Panther

This section doesn’t currently include any content. Add content to this section using the sidebar.

Image caption appears here

Add your deal, information or promotional text

Catat! Ini Dia Persiapan Touring Motor Jarak Jauh yang Harus Kamu Perhatikan

persiapan touring motor

Persiapan touring motor menjadi satu hal penting yang perlu kamu perhatikan. Mulai dari persiapan kondisi fisik dan motor yang prima hingga menentukan rute perjalanan. Biasanya, touring dilakukan bersama-sama dengan komunitas pecinta motor lainnya. Nah, supaya touring dapat terlaksana dengan baik, maka diperlukan persiapan yang matang. Sebelum itu, pahami dulu apa itu touring motor dan manfaatnya di bawah ini. 


Apa Itu Touring Motor?


Touring motor merupakan perjalanan jarak jauh ke luar kota atau lintas provinsi yang dilakukan bersama-sama dengan komunitas pecinta motor. Kegiatan ini biasanya dilakukan sebagai salah satu agenda spesial, seperti merayakan hari ulang tahun komunitas atau menyambut anggota baru. 


Kegiatan touring terbagi menjadi dua jenis, yaitu Tourjib atau Tour Wajib dan Tourgab atau Tour Gabungan. Tourjib diperuntukkan bagi semua anggota komunitas, sedangkan Tourgab merupakan touring yang dilakukan bersama anggota komunitas motor lain.


Apa Manfaat dari Mengikuti Touring Motor Jarak Jauh?


Mengendarai sepeda motor telah terbukti secara ilmiah memiliki banyak manfaat, seperti penghilang stres dan dapat meningkatkan fungsi otot dan otak. Begitupun dengan kegiatan touring motor jarak jauh, bahkan dapat membantu melepaskan hormon yang menimbulkan sensasi bahagia. Simak manfaat dari berkendara jarak jauh di bawah ini.


1. Mengasah Refleks


Touring motor mendorong pengendara untuk menjaga keseimbangan, terutama saat melewati berbagai rintangan di perjalanan. Mulai dari menghindari lubang dan tambalan aspal, berbelok, hingga mengendalikan setang. Semua aktivitas itu akan meningkatkan refleks ketika berkendara, lantaran kamu dituntut untuk terus fokus selama perjalanan.


2. Meningkatkan Kekuatan Otak


Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Universitas Tohoku selalu menjadi rujukan atau pembuktian bahwa seseorang yang sering mengendarai motor dapat meningkatkan fungsi kognitif mereka. 


Hal ini dibuktikan dengan para pengendara yang telah pensiun mengendarai motor selama 10 tahun terakhir, lalu mencoba berkendara kembali. Hasilnya membuktikan bahwa kekuatan memori dan spasial para pengendara tersebut meningkat secara dramatis. 


Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mengendarai motor mampu meningkatkan berbagai fungsi kognitif, terutama fungsi korteks prefrontal. 


3. Bebas Stres


Sebuah studi yang dilakukan oleh Institute of Neuroscience dan Human Behavior, mengungkapkan bahwa pengendara motor lebih bebas stres dibandingkan pengendara mobil. Hal ini karena hormon kortisol yang terbentuk saat otak merasakan stres lebih sedikit, yaitu hanya 28%. Persentase ini tentu lebih kecil dibandingkan para pengendara mobil.


4. Membantu Menurunkan Berat Badan


Touringmotor jarak jauh dapat membantu mengencangkan otot-otot tubuh dan menjadi pembakar kalori yang besar. Apalagi kegiatan touring melibatkan seluruh tubuh dibandingkan dengan mengendarai motor biasa. Menurut sebuah penelitian, setidaknya 200-300 kalori akan terbakar per jam ketika kamu mengendarai motor.



Apa yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Mengikuti Touring Motor?


Sebelum melakukan touring motor jarak jauh, pastikan kamu telah mempersiapkan berbagai hal yang diperlukan. Mulai dari kebutuhan pribadi seperti menggunakan perlengkapan yang sesuai dengan standar dan kebutuhan bersama seperti riset rute perjalanan. Di bawah ini terdapat berbagai persiapan touring motor yang wajib diperhatikan.


1. Menentukan dan Riset Rute Perjalanan


Hal yang paling penting ketika ingin mengikuti touring motor yaitu menentukan tujuan dan rute perjalanan yang akan dilewati. Setelah rute perjalanan ditentukan, lakukan riset terkait rute tersebut, seperti jarak dan estimasi waktu yang diperlukan untuk sampai ke tempat tujuan.


Kondisi jalan dan berbagai fasilitas yang meliputi tempat istirahat, bengkel, dan tempat pengisian bahan bakar juga penting untuk diketahui agar lebih mudah saat menentukan estimasi biaya. Juga, rute alternatif perlu dipersiapkan untuk mengantisipasi rute utama tidak bisa dilewati.


2. Menentukan Estimasi Biaya


Hasil riset dari rute perjalanan akan menghasilkan estimasi biaya yang diperlukan. Estimasi biaya ini biasanya mencakup biaya bahan bakar, penginapan, uang makan, tiket wisata, dan lain sebagainya. Sebagai persiapan, alangkah baiknya kalau kamu menyediakan uang tunai yang cukup, karena tidak semua tempat menyediakan pembayaran non-tunai dan mesin ATM.


3. Perhatikan Kesiapan Kendaraan


Motor kamu harus dalam kondisi prima, sebab perjalanan yang akan dilewati cukup jauh. Lakukan servis kendaraan sebelum berangkat touring. Kamu bisa melakukan double check pada bagian ban, gas, klakson, dan rem. Juga, bawa beberapa suku cadang penting dan ringan sebagai bentuk antisipasi. Selain itu, pastikan surat-surat kendaraan dalam kondisi lengkap.


4. Jaga Kesehatan dan Siapkan Fisik


Sebelum melakukan touring, pastikan kamu memperoleh waktu tidur yang cukup. Touring jarak jauh biasanya membutuhkan waktu berhari-hari yang membuat imunitas kamu menurun karena kelelahan. Disarankan untuk membawa vitamin supaya kondisi tubuh kamu setidaknya segar kembali.


Apa Saja Tips Mengikuti Touring Motor?


Supaya kegiatan touring motor kamu berjalan dengan lancar dan sesuai rencana, alangkah baiknya mengikuti beberapa tips di bawah ini. Tips ini setidaknya bisa memudahkan kamu dalam mempersiapkan berbagai kebutuhan touring


1. Membawa Bekal Makanan dan Minuman


Sebelum melakukan touring motor, tentunya kamu sudah melakukan riset tempat makan yang bisa disinggahi. Namun, untuk berjaga-jaga, sebaiknya membawa bekal dan minuman sendiri. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi berbagai hal yang mungkin terjadi, seperti turun hujan yang mengharuskan kamu berteduh terlebih dahulu dan berpengaruh pada jam makan.  


2. Memperkirakan Barang Bawaan


Upayakan tidak terlalu banyak membawa barang-barang, termasuk pakaian. Sebisa mungkin menghindari membawa barang berharga berlebihan. Bawalah barang elektronik sesuai dengan kebutuhan, misalnya hanya satu kamera, ponsel, charger, dan power bank. 


3. Berangkat Touring Sepagi Mungkin


Kondisi tubuh yang masih segar dan bugar di pagi hari dapat membawa energi positif sebelum memulai aktivitas touring. Selain itu, Sobat Torch memiliki banyak waktu untuk mengecek berbagai kesiapan tim. Begitupun ketika ada peserta yang terlambat, setidaknya tidak akan terlalu mengganggu jadwal yang telah disusun.


4. Gunakan Safety Gear yang Tepat dan Bersih


Penting untuk menggunakan safety gear yang sesuai dengan standar, seperti helm full face, sepatu, jaket, tas yang nyaman, dan berbagai aksesoris lainnya. Gunakan jaket yang tahan angin dan bisa menahan hujan ringan seperti jaket yang disediakan Torch. Kelebihan jaket Torch dapat dilipat dan dimasukkan ke dalam pouch, sehingga meringankan barang bawaan selama berkendara.


Selain jaket, penting untuk menggunakan travel backpack yang bisa memuat berbagai alat elektronik seperti kamera dengan aman. Sobat Torch dapat menggunakan Spider-man Torch Kazo yang terbuat dari material poly elable yang sudah teruji lebih kuat, lentur, dan tahan air. Tas ini dilengkapi dengan kompartemen utama yang cukup luas untuk menyimpan berbagai alat elektronik kamu. Miliki backpack tersebut dengan mengunjungi official store Torchsekarang juga!



Cari