5 Cara Menghilangkan Bau Sepatu dengan Mudah

5 Cara Menghilangkan Bau Sepatu dengan Mudah

Memiliki sepatu dengan tampilan keren tentu sudah biasa. Namun Sobat Torch pasti jarang menemukan sepatu yang keren dan wangi setelah digunakan. Biasanya sepatu pasti akan langsung mengeluarkan bau busuk karena kaki yang berkeringat. Tenang, Sobat Torch tidak sendirian karena ada banyak orang yang juga tidak tahu cara menghilangkan bau sepatu.

 

Bau tidak sedap pada sepatu sebenarnya wajar saja tercium. Ketika tidak mendapatkan sirkulasi udara tetapi terus beraktivitas maka kaki akan mulai berkeringat. Hal inilah yang sebenarnya membuat sepatu menjadi berbau aneh. Nah pada kesempatan ini Sobat Torch akan diajak mengetahui bagaimana cara menghilangkan bau sepatu sekaligus bau kaki.

 

Siapkan catatan Sobat Torch dan mari mulai pembahasannya!

 

Apa Saja Penyebab Sepatu Menjadi Bau?

Jika kamu merasa sudah menyimpan sepatu dengan benar tetapi masih mencium bau tidak sedap, sebaiknya pikirkan lagi. Tidak mungkin penyimpanan dan perawatan sepatu yang benar menciptakan bau aneh mengganggu. Coba sadari perbuatanmu dengan mengetahui beberapa kemungkinan penyebabnya berikut ini.

 

1. Sepatu Kehujanan Tetapi Tidak Dikeringkan

Ada banyak orang hanya menggunakan sepatu tanpa tahu bagaimana merawatnya. Apalagi kalau sepatu sudah kehujanan dan menjadi lembap. Biasanya orang akan langsung melepaskan sepatu tetapi tidak membersihkan dan mengeringkannya.

 

Alhasil sepatu jadi mengeluarkan bau tidak sedap. Meskipun pada akhirnya sepatu kering, kamu tetap bisa mencium bau tidak sedap karena kotoran yang tertinggal di dalamnya.

 

2. Sepatu Jarang Dibersihkan

Penyebab berikutnya ialah sepatu yang jarang dibersihkan. Benar bahwa sepatu harus sering digunakan supaya tidak rusak karena didiamkan begitu saja. Namun bukan berarti kamu tidak membersihkannya sama sekali.

 

Sepatu yang sering digunakan jelas harus rutin juga dibersihkan. Kotoran yang menempel di seluruh bagian sepatu akan menciptakan jamur, kelembapan, dan bau tidak sedap.

 

3. Sepatu Disimpan di Tempat Lembab

Jika sepatu sudah kering sempurna namun kamu menyimpannya di tempat yang lembab maka tidak heran kalau akhirnya timbul bau tidak sedap. Sepatu harusnya disimpan dalam tempat kering dan bersih.

 

Ketika justru tempat penyimpanannya sangat lembab maka jangan bingung kalau kamu masih mencium bau aneh setiap kali ingin menggunakan sepatu.

Penyimpanan sepatu yang lembab memang tidak akan membuatnya berkarat seperti benda yang terbuat dari logam, tetapi jika dibiarkan dalam waktu lama maka sepatu akan rusak. Itu sebabnya penting untuk menyimpan sepatu di tempat yang benar-benar kering.

 

4. Tempat Penyimpanan Sangat Kotor

Selain harus kering, tempat penyimpanan sepatu ada baiknya tidak kotor. Kotoran yang menumpuk bisa menjadi penyebab utama sepatu kamu jadi berbau tidak sedap. Sebenarnya wajar saja tempat penyimpanan sepatu jadi kotor, tetapi untuk alasan ini juga kamu harus rutin membersihkannya.

 

Tempat penyimpanan yang kotor bisa diakibatkan sol luar sepatu yang tidak dibersihkan ketika akan disimpan. Jadi mulailah membersihkan tempat penyimpanannya secara berkala agar sepatu kamu tidak mengeluarkan bau busuk.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Sepatu dengan Mudah?

Kabar baiknya, bau yang keluar dari sepatu bisa dihilangkan dengan mudah. Kamu hanya butuh beberapa bahan alami untuk membasmi bau tersebut. Coba lakukan berbagai cara berikut.

 

1. Campurkan Baking Soda dan Baking Powder

Cara pertama, kamu bisa mengambil baking soda dan baking powder yang ada di rumah. Campurkan kedua bubuk tersebut lalu taburkan di dalam kedua sepatu. Sebelum kamu menaburkannya, pastikan sepatu dalam keadaan kering ya Sob! Kemudian diamkan selama 1 malam. 

 

2. Gunakan Bubuk Kopi

Jika kamu tidak punya baking soda atau baking powder maka cobalah bubuk kopi. Ada baiknya menggunakan bubuk kopi yang sudah pernah diseduh. Keringkan dahulu bubuk tersebut lalu bungkus dengan tisu atau masukkan ke dalam kaus kaki yang tidak terpakai.

 

Pastikan masing-masing sepatu sudah dimasukkan bubuk kopi supaya bau tidak sedap bisa terserap dengan baik. Diamkan juga selama semalam untuk melihat hasil yang optimal.

 

3. Semprot dengan Campuran Air Cuka

Cara selanjutnya ialah menggunakan campuran air biasa dengan air cuka. Perbandingannya 1:1, jadi kalau kamu menuangkan 10 sendok air cuka, tambahkan juga air biasa dengan jumlah yang sama. Campur kedua cairan tersebut lalu semprotkan pada kedua sepatu dan keringkan.

 

4. Coba Bungkus dengan Koran

Koran nyatanya bisa juga digunakan untuk menghilangkan bau sepatu yang busuk. Pastikan kedua sepatu berada dalam keadaan kering sebelum kamu membungkusnya dengan koran. Jika sepatu sudah kering maka langsung saja bungkus dengan koran. Pastikan semua bagian sepatu tertutup rapat lalu diamkan semalaman.

 

5. Pakai Garam

Nah kalau kamu ternyata kehabisan semua bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas, masih ada satu lagi yang bisa dicoba yaitu garam. Cara menggunakannya hampir sama dengan kopi yakni bungkus garam dengan tisu lalu diamkan kembali sepatu selama 1 malam.

 

Ingat juga untuk memastikan sepatu berada dalam keadaan kering supaya tidak timbul jamur atau bakteri lainnya yang dapat menimbulkan bau busuk.

 

Apa Saja Tips Menghilangkan Bau Kaki karena Sepatu dengan Mudah?

Menggunakan sepatu yang bau dalam waktu lama jelas akan membuat kakimu mengeluarkan bau yang sama. Apalagi kalau kamu baru sadar baru-baru ini, bisa jadi bau tidak sedap tersebut ternyata sudah hinggap di kakimu selama beberapa bulan.

 

Kalau sudah begini jelas kaki bisa mengeluarkan bau yang aneh secara terus-menerus. Namun kamu pasti merasa tidak enak apabila harus bertamu dengan keadaan seperti ini, bukan? Itu sebabnya bau tidak sedap tersebut harus segera dihilangkan. Berikut Torch sudah mengumpulkan beberapa cara menghilangkan bau kaki akibat sepatu.

 

1. Bersihkan Kaki Secara Rutin

Pastikan kamu selalu membersihkan kaki setiap habis menggunakan sepatu atau setelah pergi dari luar rumah. Gunakan sabun mandi dan bersihkan hingga ke sela-sela jari kaki untuk membunuh semua kuman serta bakteri yang menempel.

 

Bersihkan juga bagian kuku-kuku karena bakteri bisa saja bersinggah di dalamnya. Jika sulit, tidak ada salahnya untuk menggunting kuku jari kaki supaya bersih dan rapi.

 

2. Rendam Kaki dengan Lemon

Kalau masih tercium bau tidak sedap, coba gunakan buah lemon yang diperas ke dalam air hangat. Masukkan lemon yang sudah diperas tersebut ke dalam baskom agar bisa membasmi bakteri lebih optimal.

 

Kemudian barulah masukkan kaki ke dalam baskom yang sudah terisi campuran air lemon selama 15 menit. Ulangi proses ini minimal seminggu sekali untuk hasil yang memuaskan. Jika dirasa baunya sangat mengganggu, kamu bisa merendamnya setiap hari setelah pulang bekerja.

 

3. Selalu Pakai Kaus Kaki

Kalau kamu harus menggunakan sepatu yang tertutup, cobalah untuk selalu menggunakan kaus kaki berkualitas. Pakai kaus kaki dengan campuran bahan wol karena cepat kering dan bisa membasmi bau tidak sedap. Kemudian jangan lupa selalu mengganti kaus kaki setiap hari agar tidak ada bakteri yang berkembang biak di dalamnya.

 

4. Hindari Menggunakan Sepatu Tertutup

Apabila memungkinkan, hindari menggunakan sepatu yang tertutup seperti sneakers atau flat shoes. Ada baiknya menggunakan sandal slip on atau sandal jepit yang membiarkan kaki terkena udara segar.

 

Bau sepatu yang tidak sedap memang sangat mengganggu, bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga orang lain. Itu sebabnya Sobat Torch harus segera melakukan cara menghilangkan bau sepatu yang sudah dijelaskan di atas.

 

Meski kaki yang wangi sangat penting, tetapi jangan lupakan juga keseluruhan badan Sobat Torch, ya! Pastikan seluruh bagian badan wangi agar percaya diri meningkat ketika sedang nongkrong dengan keluarga dan teman-teman.

 

Pakai juga pakaian serta tas yang keren untuk membuat penampilanmu trendy. Seperti halnya menggunakan Nanjeon Waist Bag yang berkualitas dan keren dari Torch. Selain menambahkan nilai dalam fashion, waist bag satu ini bisa menampung semua barang penting yang ingin kamu bawa.

 

Bahannya pun terbuat dari Poly-Elable yang pastinya 2x lebih kuat serta 30% lebih ringan. Kamu dijamin tidak menyesal menggunakan Nanjeon Waist Bag Sob! Dapatkan waist bag favoritmu hanya di official store Torch sekarang!

Back to blog

Leave a comment