10 Jenis Sandal Jaman Sekarang untuk Wanita


OOTD kekinian

Menggunakan sepatu sneakers untuk tampil keren memang jadi pilihan banyak anak-anak muda. Namun bagaimana dengan sandal? Apakah penggunaannya juga keren? Tentu saja Sob! Memang dibutuhkan keberanian menggunakannya, tetapi kamu dijamin tampil memukau. Kali ini Torch ingin mengajak kamu mengenal jenis sandal jaman sekarang untuk wanita.


Semua Sobat Torch wanita, mari merapat! Dalam artikel ini Sobat Torch tidak hanya akan diajak memahami jenis-jenisnya saja, tetapi juga diajarkan bagaimana cara memilih sandal yang tepat. Terakhir, informasi akan ditutup dengan perawatan sandal tersebut supaya Sobat Torch bisa menggunakannya dalam waktu yang lama. Sudah siap?


Mengenal Sejarah Sandal


Sandal adalah salah satu jenis alas kaki yang paling tua dan paling sederhana dalam sejarah. Sejarah sandal dapat ditemukan sejak zaman prasejarah, yakni saat manusia masih menggunakan bahan-bahan alami seperti daun, rumput, dan kulit binatang.


Tujuan pembuatannya jelas yakni untuk melindungi kaki mereka dari bahan-bahan keras dan membuat perjalanan lebih nyaman. Dalam beberapa budaya, sandal juga digunakan sebagai simbol status sosial dan kekuasaan.


Sandal modern pertama kali ditemukan pada era Yunani dan Romawi kuno. Pada waktu tersebut sandal sudah dibuat dengan bahan-bahan yang lebih baik seperti kulit dan karet. Sandal ini biasanya digunakan oleh orang kaya dan pemimpin sebagai simbol kekayaan sekaligus kemewahan.


Berlanjut pada abad pertengahan, sandal mulai digunakan oleh pendeta dan biarawan sebagai bagian dari pakaian tradisional mereka. Sandal modern seperti yang kita kenal sekarang mulai dikembangkan pada abad 19 dan 20. Hal ini ditandai dengan penemuan bahan-bahan baru seperti gomma, karet, dan plastik.

Kemudian seperti yang diketahui, Industri alas kaki mulai berkembang pesat dan sandal menjadi salah satu jenis yang paling populer serta banyak digunakan masyarakat.


Sandal saat ini bukan hanya digunakan untuk melindungi kaki, tetapi juga sebagai pelengkap pakaian yang menunjukkan gaya dan mode. Sandal juga tersedia dalam berbagai bentuk, warna, dan desain yang sesuai dengan kebutuhan serta selera setiap individu.


Apa Saja Jenis Sandal Jaman Sekarang untuk Wanita?


Jenis sandal yang kamu tahu pasti sandal jepit, bukan? Faktanya jenis sandal sudah banyak berkembang loh Sob! Coba perhatikan beberapa jenis sandalnya berikut ini. 


1. Sandal Flip-Flop


Sandal flip-flop adalah jenis sandal yang paling sederhana dan paling umum. Sandal ini terbuat dari bahan karet dan memiliki dua bagian yang bergeser untuk menjaga kaki tetap di posisinya. Sandal ini cocok untuk aktivitas sehari-hari dan sangat nyaman digunakan.


2. Sandal Slide


Sandal slide merupakan jenis sandal yang mudah digunakan karena memiliki bentuk ramping dan lebar dengan bagian depan terbuka. Tidak ada tali atau kait yang harus kamu lepas-pasang sehingga cocok untuk aktivitas santai.


3. Sandal Wedges


Sandal wedges cukup unik dengan tinggi permukaan bagian bawah yang lebar dan dapat menciptakan ilusi kaki yang lebih panjang. Sandal ini cocok untuk acara-acara formal dan memiliki tinggi hak yang moderat.


4. Sandal Gladiator


Sandal satu ini disebut gladiator karena memiliki tali-tali yang menjuntai dari bagian atas sampai bagian bawah untuk memberikan kesan klasik dan glamor. Sandal ini cocok untuk acara-acara bergaya dan sangat menarik perhatian.


5. Sandal Platform


Sandal platform memiliki permukaan bagian bawah yang lebar dan tinggi sehingga membantu untuk memperpanjang kaki sekaligus memberikan efek visual yang menarik. Sandal ini cocok digunakan untuk berbagai acara casual termasuk nongkrong santai.


6. Sandal Heels


Sandal heels merupakan jenis sandal dengan hak tinggi. Biasanya sandal ini terbuat dari bahan kulit atau suede yang membuat penggunanya tampil classy. Sandal ini cocok digunakan untuk acara-acara formal seperti pesta pernikahan.


7. Sandal Slip On


Sandal slip on adalah jenis sandal yang mudah digunakan, dengan bentuk ramping dan lebar yang membuat kaki leluasa. Sandal ini cocok untuk aktivitas sehari-hari dan sangat mudah dikenakan.


8. Sandal Slingback


Sandal slingback adalah jenis sandal dengan tali yang melingkar di belakang kaki dan memastikan kaki tetap di tempat. Sandal ini cocok untuk acara-acara formal dan memiliki tinggi hak yang moderat.


9. Sandal Flat


Pada sepatu flat, biasanya memiliki sol yang rata sehingga seluruh telapak kaki akan lurus menyentuh tanah. Sandal flat umumnya nyaman digunakan dalam waktu yang lama, terutama jika Sobat Torch harus berdiri selama berjam-jam. Meskipun sandal ini sudah muncul sejak lama, namun saat ini telah banyak model sandal flat yang unik dan stylish.


10. Sandal Flatbed


Tidak jauh berbeda dengan sandal flat, yang membedakannya dengan sandal flatbed adalah ketebalan sol dan bentuk permukaan yang mengikuti kontur telapak kaki secara alami. Permukaan sandal ini juga cukup luas dan empuk sehingga bisa menampung telapak kaki tanpa memberikan tekanan dari berbagai arah.


Apa Saja Tips Memilih Sandal Wanita yang Tepat agar Nyaman Dipakai?


Meskipun semua sandal terlihat sama nyamannya, ternyata kamu tidak bisa sembarangan membelinya Sob. Sama seperti memilih baju, kamu juga harus memilih sandal berdasarkan pertimbangan berbagai faktor. Kamu bisa mulai memilih sandal dengan beberapa aspek berikut.


1. Tentukan Tujuan Pemakaian


Pertimbangkan apakah kamu akan menggunakan sandal untuk aktivitas sehari-hari, acara formal, atau aktivitas outdoor. Menentukan tujuan penggunaannya akan membantu kamu memilih sandal dengan material dan desain yang sesuai.


2. Pertimbangkan Kualitas dan Keamanan


Carilah sandal yang memiliki kualitas dan keamanan yang baik. Maksudnya pas digunakan sehingga kaki kamu benar-benar terjaga dari batu atau aspal jalanan.


3. Sesuaikan dengan Ukuran Kaki


Pastikan sandal yang Anda pilih memiliki ukuran yang sesuai dengan kaki, tidak kekecilan ataupun kebesaran. Penting juga untuk memastikan bahwa sandal tersebut tidak terlalu longgar atau terlalu ketat. Hal-hal seperti Ini akan membantu mencegah cedera dan memastikan kenyamanan kamu saat menggunakannya.


4. Pilihlah Bentuk yang Sesuai


Carilah sandal yang bentuknya sesuai dengan kaki. Tahukah kamu bahwa bentuk sandal yang pas dengan kaki akan membuat kamu terhindar dari berbagai postur tubuh yang salah sekaligus memperlancar peredaran darah dari kaki.


5. Perhatikan Material


Selanjutnya pilih juga sandal yang terbuat dari bahan berkualitas untuk memastikan kenyamanan saat ingin digunakan. Bahan seperti kulit, tekstil, dan karet adalah beberapa contoh bahan yang populer dan nyaman.


6. Pertimbangkan Tinggi Hak


Carilah sandal dengan tinggi hak yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Jangan asal pilih yang paling tinggi supaya kamu terlihat lebih tinggi. Justru kalau kamu menggunakan hak yang terlalu tinggi maka kaki akan terasa sakit dan cepat lelah padahal baru berjalan sebentar.


7. Cek Keterangan Ukuran


Pastikan sandal yang dipilih memiliki keterangan ukuran yang benar dan sudah tepat kaki kamu. Kalau beli offline maka kamu bisa langsung mencoba untuk melihat apakah ukurannya pas. Namun kalau kamu beli secara online maka ukur dahulu telapak kakimu dengan meteran supaya tidak salah melakukan pembelian.


Apa Saja Tips Merawat Sandal Wanita Agar Tidak Cepat Rusak?


Pembelian sandal yang kamu lakukan pasti ditujukan untuk penggunaan dalam waktu panjang, bukan? Kalau begitu kamu harus tahu bagaimana cara merawatnya supaya tidak cepat rusak setelah beberapa kali digunakan. Ikuti cara-cara di bawah ini ya Sob!


1. Hindari Menggunakan Sandal Saat Hujan


Sandal berkualitas seperti apa pun pasti akan rusak juga ketika sering terkena hujan dan berada dalam keadaan yang lembap.


Kalau memang ternyata hujan tidak bisa dihindari maka kamu harus langsung membersihkan dan mengeringkannya dengan angin kipas atau angin alami. Hindari mengeringkan sandal dengan cara menjemurnya langsung di bawah sinar matahari.


2. Keringkan Sandal Secara Benar


Apabila sandal berada dalam keadaan lembap setelah digunakan, pastikan kamu selalu mengeringkannya dengan benar. Hindari membiarkan sandal dalam keadaan basah selama waktu yang lama.


3. Bersihkan Sandal Secara Berkala


Bersihkan sandal secara berkala untuk menjaga kebersihan dan memperpanjang umur pakainya. Gunakan bahan khusus untuk membersihkan sandal dan hindari penggunaan air yang terlalu banyak.


4. Simpan Sandal dengan Baik


Simpan sandal dengan baik setelah tidak digunakan. Jangan biarkan sandal diletakkan di tempat terbuka atau terpapar sinar matahari langsung.


5. Gunakan Perlindungan


Gunakan perlindungan seperti spray anti air dan anti bakteri untuk memperpanjang umur pakai sandal. Apabila sepatu terbebas dari jamur dan bakteri maka sandal bisa digunakan untuk waktu yang sangat lama.


6. Gunakan Sandal Sesuai Tujuannya


Pastikan kamu menggunakan sandal sesuai tujuannya supaya umur pakainya lama. Jangan menggunakan sandal untuk aktivitas yang tidak sesuai dengan desain dan bahan yang digunakan. Contohnya heels kamu gunakan untuk berolahraga. Selain sandal tersebut rusak, keselamatan kamu pun terancam.


Keberadaan berbagai jenis sandal jaman sekarang untuk wanita membuat Sobat Torch punya banyak pilihan untuk memilih yang paling cocok dengan gaya dan kebutuhan. Dari sandal slip on, sandal flat, hingga sandal heels, semuanya tersedia dengan desain dan bahan yang berkualitas.


Jangan lupa juga untuk memperhatikan kenyamanan dan keamanan ketika hendak memilih jenis sandal yang akan dibeli. Untuk memenuhi kebutuhan sandal yang berkualitas, Anda bisa membeli Sandal Arrafa di Torch.


Sandal Arrafa memiliki desain yang modern dengan penggunaan bahan yang nyaman digunakan sehari-hari. Segera dapatkan Sandal Arrafa di official store Torch dan rasakan kenyamanan untuk tampil bergaya setiap hari!


Sale Off
Ishikari Backpack 20 + 2 Liter
Rp 458.000Rp 425.940
Sale Off
Kanzaki Light Travel Backpack 30L
Rp 999.000Rp 949.050
Sale Off
Almagro Backpack
Rp 418.000Rp 384.560
Sale Off
Aquila Office Backpack
Rp 418.000Rp 388.740
Sale Off
Takahagi Travel Backpack 40L
Rp 1.299.000Rp 1.234.050
Sale Off
Solana Office Backpack
Rp 418.000
Sale Off
Kashiba 3L Travel Pouch
Rp 178.000Rp 178.000