Panduan Lengkap Cara Naik MRT Jakarta

Panduan Lengkap Cara Naik MRT Jakarta

Halo Sobat Torch! Kamu tertarik naik MRT Jakarta tapi masih bingung cara menggunakannya? Tenang saja, Torch di sini siap memberikan panduan lengkapnya untukmu!

 

Sebagai transportasi massal cepat dan nyaman, MRT ditujukan untuk mempermudah pergerakan masyarakat Jakarta. Agar pengalamanmu menggunakan MRT menjadi jauh lebih lancar, Sobat Torch harus mengikuti langkah-langkah berikut yang akan Torch berikan. Yuk simak baik-baik informasinya ya!

 

Cara Naik MRT Jakarta

Berikut adalah cara naik MRT Jakarta yang simpel:

Masuk ke Stasiun MRT Jakarta

Cari stasiun MRT terdekat dari lokasimu saat ini. Saat memasuki area stasiun, kamu akan menemukan papan petunjuk, peta rute, dan rambu lain untuk memandu ke jalur masuk ke kereta.

Beli Tiket MRT Jakarta

Sebelum masuk gerbang, Sobat Torch perlu membeli tiket masuk terlebih dahulu. Ada dua jenis tiket yang bisa kamu pilih, yaitu Single Trip Ticket (STT) tiket yang hanya berlaku di hari yang sama, dan Multi Ticket Trip (MTT) tiket yang dapat digunakan berkali-kali. Tiket ini bisa Sobat Torch beli di loket stasiun atau mesin Ticket Vending Machine (TVM).

Tempelkan Tiket di Gerbang Masuk Penumpang

Setelah mendapatkan tiket, langkah selanjutnya menempelkan atau tap in tiket kamu di gerbang masuk penumpang. Tempelkan bagian depan tiket ke mesin tapping untuk membuka gerbang masuk.

Masuk ke Area Tunggu

Ikuti rambu dan marka untuk antre menunggu kereta dalam garis tertib. Berdirilah di belakang garis kuning aman menunggu kereta tiba.

Masuk ke Kereta MRT

Saat kereta tiba, dahulukan penumpang yang hendak turun untuk keluar gerbong. Setelah kosong, kamu bisa melangkah naik secara tertib. Isi gerbong sesuai arahan petugas atau marka kapasitas penumpang maksimal. Duduk atau berdirilah senyaman mungkin selama perjalanan.

Tap Out Tiket Saat Turun

Begitu sampai di stasiun tujuan, kamu tinggal tap out atau tempelkan kembali tiket di gerbang keluar. Masukan kembali tiket jika menggunakan MTT pulang pergi.
Itu dia panduan lengkap cara menggunakan MRT Jakarta. Mudah bukan Sobat? Ikuti saja langkah-langkah di atas dan perjalananmu akan nyaman terkendali.
Sekarang, agar bisa akses masuk ke dalam kereta pastinya dibutuhkan tiket masuk kan? Yuk cari tahu gimana cara mendapatkannya pada topik pembahasan selanjut ini!

Beli Tiket MRT Jakarta

Ada beberapa cara yang bisa Sobat Torch lakukan untuk mendapatkan tiket MRT Jakarta, yaitu:

Beli di Loket Stasiun

Cara paling mudah adalah membeli langsung di loket stasiun MRT. Tunjukan tujuan perjalanan, lalu petugas akan menawarkan pilihan tiket dan hitung biayanya. Bayar tunai atau kartu di tempat.

Beli di Mesin Vending

Cara lainnya adalah membeli di mesin penjual otomatis yang ada di setiap stasiun MRT Jakarta. Pilih menu tiket, masukan tujuan, pilih jenis kartu bayar, kemudian bayar sesuai nominal yang tertera.

Top Up E-Money

Sobat Torch juga bisa melakukan top up atau isi ulang uang elektronik yang nantinya digunakan untuk membayar tiket. Bisa diisi ulang di loket, mesin vending, atau aplikasi resmi MRT Jakarta. Praktis dan hemat!

Aplikasi MyMRT Jakarta

Download aplikasi MyMRT Jakarta dan isi saldo untuk pembelian tiket digital cashless. Bisa digunakan langsung scan untuk masuk stasiun.
Nah, setelah Sobat Torch paham bagaimana cara membeli tiketnya, sekarang Torch akan berikan daftar lengkap stasiun MRT beserta fasilitas unggulan yang bisa kamu nikmati di pembahasan selanjutnya!

List Stasiun MRT Jakarta

MRT Jakarta memiliki 13 stasiun dari Lebak Bulus hingga Bundaran HI. Berikut adalah list lengkap stasiun beserta fasilitas unggulan:
- Stasiun Lebak Bulus Grab
- Stasiun Fatmawati
- Stasiun Cipete Raya
- Stasiun Haji Nawi
- Stasiun Blok A
- Stasiun Blok M
- Stasiun ASEAN
- Stasiun Senayan
- Stasiun Istora
- Stasiun Bendungan Hilir
- Stasiun Setiabudi
- Stasiun Dukuh Atas
- Stasiun Bundaran HI
Itulah list ke-13 stasiun MRT Jakarta. Jadi, tunggu apalagi? Segera cek stasiun terdekatmu sekarang!

MRT Jakarta hadir sebagai transportasi massal modern yang memberikan solusi mobilisasi cepat, nyaman, dan terjangkau bagi warga Ibukota. Lewat artikel ini, Torch telah memberikan panduan lengkap mulai dari cara membeli tiket, prosedur naik yang benar, hingga daftar stasiun beserta fasilitasnya.
Dengan mengikuti langkah demi langkah yang sudah Torch jabarkan, Sobat Torch kini sudah siap untuk menggunakan MRT Jakarta setiap harinya. Naik MRT kini bukan cuma soal tren, tapi kebutuhan. Segera rasakan manfaat dan kemudahannya. Happy Trip Sobat Torch!

Back to blog

Leave a comment