5 Tips Liburan Low Budget yang Menarik

5 Tips Liburan Low Budget yang Menarik

Sobat Torch berencana liburan tapi terkendala budget? Tenang, liburan tetap bisa berjalan lancar dengan mengikuti beberapa tips liburan low budget, tetapi tetap aman, nyaman, dan menyenangkan.

 

Waktu liburan memang selalu ditunggu, lantaran bisa menghilangkan stres. Apalagi setelah berkutat dengan rutinitas pekerjaan yang terkadang menjenuhkan. Jika budget kamu pas-pasan, ikuti tips liburan di bawah ini ya Sob. 

 

Apa Saja Tips Liburan yang Low Budget?

Liburan tetap bisa berjalan dengan baik kok Sob meski kamu lagi punya budget pas-pasan. Banyak hal yang bisa kamu lakukan supaya dana yang kamu miliki bisa memenuhi berbagai kebutuhan perjalanan. Apa saja itu? Simak terus artikel ini hingga habis ya.

 

1. Memilih Destinasi Wisata yang Terjangkau atau Gratis

Tips pertama, Sobat Torch bisa memilih destinasi wisata dengan harga tiket yang sangat terjangkau atau gratis. Sobat Torch bisa riset destinasi wisata terlebih dahulu, sembari menyusun rencana perjalanan yang disesuaikan dengan anggaran yang tersedia.

 

2. Memilih Transportasi yang Murah

Selanjutnya, pastikan terlebih dahulu kendaraan yang hendak digunakan untuk sampai ke destinasi wisata tujuan tersebut. Jika Sobat Torch akan menggunakan transportasi umum, maka lakukan riset mengenai harga tiket. Pilih harga yang paling terjangkau dan bisa masuk ke anggaran dana liburan kamu.

 

3. Memilih Penginapan yang Tepat

Setelah memilih lokasi wisata dan transportasi keberangkatan, langkah selanjutnya riset penginapan. Cari penginapan dengan harga terjangkau, tetapi fasilitasnya cukup lengkap. Namun, pastikan juga penginapan yang kamu pilih tidak jauh dari lokasi wisata. Ini bertujuan supaya kamu tidak ada pengeluaran tambahan untuk transportasi.

 

Baca Juga: Solo Trip: Arti dan Bagaimana Caranya Tetap Aman Walau Sendirian di Jalan

 

4. Mengambil Waktu Di Luar Hari Libur

Liburan di hari libur biasanya cuku pricy, lantaran harga transportasi, tiket masuk, sampai penginapan akan melonjak. Bagi Sobat Torch yang ingin liburan tapi dengan anggaran yang low budget, sebaiknya mengambil waktu di luar hari libur. Selain harganya lebih murah, tempat wisata juga lebih sepi, sehingga kamu bisa leluasa mengeksplorasi destinasi wisata tersebut.

 

5. Mengajak Teman atau Keluarga

Jika ingin liburan low budget, Sobat Torch bisa ajak teman atau keluarga untuk menghemat pengeluaran. Sobat Torch bisa berbagi anggaran, mulai dari makan bersama, bayar penginapan dan transportasi bersama, dan berbagai hal lainnya yang bisa dibagi bersama-sama.

 

Di Mana Saja Destinasi Liburan yang Low Budget?

Punya dana pas-pasan alias low budget tidak bisa menjadi alasan Sobat Torch untuk tidak berlibur. Saat ini, masih banyak destinasi wisata yang menyenangkan tetapi harganya sangat terjangkau. Sobat Torch hanya perlu melakukan beberapa tips liburan low budget yang telah diuraikan sebelumnya untuk menghemat pengeluaran. Berikut ini beberapa rekomendasi destinasi liburan low budget yang bisa Sobat Torch kunjungi.

 

1. Kepulauan Seribu di Jakarta

Sobat Torch yang tinggal di ibu kota dan ingin liburan dengan memaksimalkan dana yang dimiliki bisa berkunjung ke Kepulauan Seribu. Selain harganya murah, kamu bisa menikmati pemandangan laut lepas dengan nyaman. Selain itu, destinasi wisata yang bisa dikunjungi banyak, seperti Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Pramuka, Pulau Harapan, Pulau Bidadari, Pulau Macan, dan pulau-pulau lainnya yang mempunyai ciri khas keindahannya masing-masing.

 

2. Jalan Braga di Bandung

Jalan Braga dikenal sebagai salah satu jalan bersejarah di Kota Bandung. Letaknya sangat strategis berada di tengah-tengah kota. Jalan ini dikelilingi dengan bangunan-bangunan tua peninggalan Belanda. Deretan bangunan yang ikonik ini kerap dijadikan sebagai angle menarik untuk berfoto.

 

Selain berfoto untuk diunggah di sosial media, di sini Sobat Torch bisa berwisata kuliner atau sekedar duduk-duduk santai menikmati suasana. Di sekitar Braga juga terdapat penginapan yang terjangkau jika kamu hendak menginap dan melanjutkan perjalanan besok hari.

 

Baca Juga: Cara Membersihkan Luka Jatuh dari Motor dengan Baik dan Benar

 

3. Jalan Malioboro di Yogyakarta

Setelah Bandung, sekarang kita bergeser ke Yogyakarta. Malioboro merupakan salah satu tempat wisata ikonik di Kota Yogyakarta. Banyak destinasi yang ditawarkan di sekitar Malioboro yang bisa Sobat Torch nikmati. Mulai dari museum, angkringan, cafe, resto, pasar tradisional hingga taman wisata.

 

Tempat wisata di sekitar Malioboro terbilang cukup ramah di kantong. Jadi, Sobat Torch tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk berlibur. Destinasi yang direkomendasikan untuk dikunjungi yaitu titik 0 km, Pasar Beringharjo, Museum Benteng Vredeburg, Museum Sonobudoyo, dan Tugu Pal Putih.

 

4. The Heritage Palace di Solo

The Heritage Palace terletak di kota Sukoharjo. Meskipun tempat wisata ini terbilang baru di Solo, tetapi mampu menarik perhatian banyak wisatawan. Destinasi ini terkenal dengan bangunannya yang unik lantaran berkonsep Eropa klasik.

 

Di The Heritage Place ini, Sobat Torch bisa mencoba berbagai wahana menarik seperti 3D Trick Art Museum, Oma Walik, Garden Retro Paradise, dan Transport Museum. Kamu juga bisa mencoba berbagai aneka food street khas Solo.

 

5. Lotus Lagoon di Bali

Destinasi wisata low budget terakhir yang bisa Sobat Torch kunjungi yaitu Lotus Lagoon, Bali. Lotus Lagoon terletak di kawasan yang strategis, sehingga banyak diminati para wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain itu, keindahan alam yang ditawarkan menjadi daya tarik tersendiri. Spot terpopuler di Lotus Lagoon yaitu taman bunga teratai dan situs bersejarah.

 

Apa Saja Kelebihan Liburan Low Budget?

Terdapat dua pilihan skema liburan low budget yang bisa kamu pertimbangkan, yaitu liburan ala backpacker atau liburan jasa on trip. Kedua skema ini memiliki kelebihannya masing-masing. Di bawah ini akan diuraikan kelebihan liburan low budget ala backpacker.

 

1. Waktu Bisa Diatur Sendiri

Jika Sobat Torch memilih liburan menggunakan jasa on trip, biasanya harus mengikuti jadwal yang sudah ditentukan. Berbeda dengan liburan ala backpacker, Sobat Torch bisa mengatur waktu keberangkatan sendiri, sehingga lebih leluasa.

 

2. Bisa Menentukan Tempat Wisata yang Hendak Dikunjungi

Salah satu kelebihan liburan low budget ala backpacker yaitu bisa menentukan sendiri tempat wisata yang hendak dikunjungi. Saat menyusun rencana perjalanan, kamu bisa menghitung biaya yang bisa digunakan untuk mengunjungi tempat wisata tersebut dengan sangat rinci. Mulai dari tiket, transportasi, hingga penginapan.

 

Baca Juga: Rock Climbing: Pengertian, Jenis, Peralatan, Serta Tekniknya

 

3. Bisa Mengenal Banyak Orang

Kelebihan lainnya jika Sobat Torch memilih liburan low budget ala backpacker, yaitu kamu bisa mendapatkan kesempatan berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Mempelajari budaya mereka, berinteraksi langsung dengan mereka, bertemu orang baru, bahkan menjalin relasi. Hal ini dapat terjadi, karena liburan low budget ala backpacker akan membuat kamu lebih berani untuk bertanya dan meminta bantuan kepada setiap orang yang ditemui.

 

Apa Saja Kekurangan Liburan Low Budget?

Bagi Sobat Torch yang tidak memiliki keberanian yang cukup untuk liburan low budget ala backpacker, kamu bisa menggunakan jasa on trip. Pada dasarnya, liburan ala backpacker yaitu bepergian sendirian, sehingga tidak menutup kemungkinan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Hal ini yang kemudian menjadi kekurangan dari liburan low budget ala backpacker. Untuk kekurangan lainnya akan diuraikan di bawah ini.

 

1. Berpotensi Tersesat

Jika kamu bepergian ala backpacker tanpa ditemani orang lokal atau teman yang pernah mengunjungi tempat tersebut sebelumnya, bisa jadi kamu berpotensi tersesat. Untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya lakukan riset dengan lengkap mengenai tempat wisata yang hendak dikunjungi.

 

2. Merasa Lelah

Liburan ala backpacker biasanya dilakukan sendirian, artinya kamu akan merasa lebih lelah. Terlebih semua hal secara mandiri. Mulai dari mencari transportasi, tempat makan, penginapan dan lain sebagainya.

 

3. Harga Tiket Dinaikkan Oknum

Saat berlibur, terkadang ada oknum nakal yang mematok harga tinggi pada wisatawan. Seperti harga tiket masuk yang dijual dengan harga dua kali lipat, oleh-oleh yang ditawarkan dengan harga yang cukup tinggi, hingga kenaikan harga transportasi lokal. Oleh sebab itu, perlunya mencari tahu informasi tujuan wisata secara lengkap sangat penting, supaya Sobat Torch terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti ini.

 

Bagaimana, apakah tips liburan low budget yang telah diuraikan cukup membantu? Jangan lupa untuk mempersiapkan liburan dengan matang ya Sob, supaya tetap menyenangkan meskipun menggunakan anggaran yang pas-pasan.

 

Hal-hal yang perlu kamu persiapkan untuk liburan tidak hanya rencana perjalanan, tetapi ada perlengkapan yang perlu kamu siapkan dengan matang juga. Misalnya menggunakan Sinpo Backpack untuk membawa perlengkapan seperti pakaian, laptop, dan logistik lainnya.

 

Sementara itu, saat kamu jalan-jalan mengunjungi tempat wisata, Sobat Torch bisa menggunakan tas yang lebih kecil seperti Jixi Travel Pouch untuk menyimpan ponsel, earphone, dompet, power bank, dan lain sebagainya. Dapatkan kedua tas tersebut melalui official website Torch sekarang juga!

 

Back to blog

Leave a comment