10 Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan Ketika Sedang Liburan

10 Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan Ketika Sedang Liburan

Mabuk perjalanan menjadi musuh utama ketika waktu liburan tiba. Apalagi kalau perjalanan yang ditempuh cukup jauh dan memakan waktu lama untuk sampai ke tempat tujuan. Pasti sangat mengganggu, bukan?

Itu sebabnya kali ini Torch hadir dengan tips-tips agar tidak mabuk perjalanan. Pasalnya mabuk perjalanan bukan hanya mengganggu diri sendiri tetapi juga orang-orang yang ada di dalam kendaraan bersama Sobat Torch.

Jika akhirnya muntah di perjalanan maka kendaraan akan menjadi berbau tidak sedap. Mood liburan bahkan jadi hancur seketika itu juga. Kamu juga jadi merasa tidak enak karena harus membebani orang lain. Kalau begitu langsung saja perhatikan tips di bawah ini supaya kamu bisa menghindari mabuk ketika perjalanan. 

 

Apa yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh?

Supaya perjalanan Sobat Torch tetap aman tanpa drama mabuk perjalanan, ada baiknya kamu melakukan persiapan sebelum pergi. Bukan hanya persiapan mengemas barang-barang tetapi juga bersiap secara fisik dan mental. Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

1. Tubuh Harus Sehat

Kesehatan tubuh menjadi yang paling penting untuk dijaga. Pastikan tubuhmu tetap dalam keadaan sehat dengan rutin mengonsumsi vitamin, tidur cukup, dan makan makanan yang bergizi.

Jika ternyata kamu sakit saat hari H maka ada baiknya membatalkan perjalanan sebelum keadaan makin fatal. Apalagi saat ini COVID-19 masih menghantui siapa saja yang imun tubuhnya sedang tidak baik. Jadi lebih baik menunggu kamu sembuh dan lebih sehat baru melakukan perjalanan.

2. Buat Perencanaan Detail

Buatlah perencanaan liburan perjalanan secara matang dan detail. Kamu bisa membuat itinerary lengkap dari hari pertama sampai terakhir supaya tidak ada waktu liburan yang terbuang.

Cari tahu juga kondisi tempat tujuan, apakah ada transportasi yang mudah diakses, daerah mana yang menjadi pusat makanan, dan lain sebagainya. Makin banyak informasi yang bisa didapat, makin lengkap juga rencana liburan yang kamu punya.

3. Kemas Berbagai Barang Kebutuhan

Jangan lupa mengemas semua barang-barang kebutuhan untuk perjalanan jauh. Gunakan tas berkualitas yang kuat dan tidak mudah rusak supaya kamu tidak kerepotan. Tas Takahagi 40 Liter dari Torch bisa jadi pilihan karena terbuat dari bahan Duralite Nylon yang 2x lebih kuat dan 30% lebih ringan dari tas biasanya.

 Bukaan ritsletingnya mencapai 270 derajat sehingga akan memudahkan kamu saat mengemas barang-barang. Banyaknya kompartemen yang ada juga bisa membuatmu mengorganisasikan berbagai barang dengan lebih rapi. Jika tertarik dengan tas Takahagi, kamu bisa langsung memesannya di official website Torch, ya!

4. Jangan Lupa Bawa Obat-obatan

Mengemas obat-obatan tentu tidak boleh terlewatkan. Bawa berbagai obat umum dan khusus seperti obat masuk angin, demam, flu, batuk, mag, alergi, hingga perban tempel. Pastikan semuanya sudah lengkap supaya perjalanan liburan kamu tidak terhambat.

 

5. Periksa Kondisi Kendaraan yang Digunakan

Periksa juga kondisi kendaraan yang kamu gunakan. Apabila menggunakan mobil pribadi maka ada baiknya untuk melakukan service sebelum melakukan perjalanan jauh. Pastikan semua komponen dalam keadaan baik serta bahan bakar terisi penuh.

6. Pastikan Dokumen Penting Tidak Tertinggal

Jika kamu pergi menggunakan kendaraan umum seperti kereta, bus, atau pesawat maka jangan lupa mengecek berbagai dokumen penting yang dibutuhkan agar tidak tertinggal. Simpan semua dokumen penting dalam satu tas khusus.

Kamu bisa menggunakan travel pouch dengan tali selempang supaya tidak sulit mengeluarkannya ketika diminta petugas. Tidak punya travel pouch? Torch punya deretan travel pouch keren yang sudah pasti berkualitas seperti Mino 3L Travel Pouch dan Gifu 3L Travel Pouch

 

7. Bawa Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman juga harus dibawa untuk menghilangkan rasa lapar serta dahaga dalam perjalanan. Langsung saja masukkan makanan dan minuman tersebut ke dalam travel pouch yang kamu bawa supaya mudah diakses ketika membutuhkannya.

 

Apa Saja Tips agar Tidak Mabuk Perjalanan Ketika Sedang Liburan?

Nah ini dia tips yang sudah Sobat Torch tunggu-tunggu untuk mencegah mengalami mabuk perjalanan seperti pusing dan mual. Yuk langsung simak selengkapnya berikut ini.

1. Istirahat yang Cukup

Tidur yang cukup akan membuat kamu bangun lebih segar dan sehat. Perasaan hati juga lebih baik ketika kamu tidak mengantuk selama perjalanan. Pasalnya mood yang kurang baik akan menjadi pemicu kuat untuk kamu mabuk. Jadi pastikan tidur 7-8 jam sebelum keberangkatan. 

2. Tidak Makan Berat Tepat Sebelum Pergi

Tips mengatasi mabuk perjalanan berikutnya adalah hindari konsumsi makanan berat tepat sebelum pergi. Jika kamu ingin mengisi perut makanlah beberapa jam sebelumnya. Jadi perut sudah mencerna makanan terlebih dahulu sebelum kamu melakukan perjalanan jauh.

3. Konsumsi Obat Anti Mabuk

Saat ini sudah ada obat khusus mabuk yang bisa kamu konsumsi satu sampai dua jam sebelum perjalanan. Kamu bisa memakan obat tersebut beberapa jam sebelum berangkat untuk mencegah mabuk perjalanan atau bahkan muntah dalam perjalanan.

4. Hindari Membaca Buku atau Menggunakan Handphone

Kalau sudah tahu akan mabuk perjalanan, ada baiknya kamu tidak membaca buku atau menggunakan handphone. Keduanya dapat mendorong rasa mabuk dan pusing yang tidak tertahankan. Jadi jangan coba-coba melakukan dua hal tersebut ya Sob.

5. Duduk dengan Posisi Nyaman

Jika kamu sudah mulai merasakan gejala mabuk perjalanan seperti mual dan pusing, maka aturlah posisi duduk senyaman mungkin supaya kamu merasa lebih baik. Posisi duduk yang nyaman juga bisa diartikan tidak duduk melawan jalan yang dilalui. Jadi arah kamu duduk dan arah kendaraan pergi sejalan.

6. Distraksi dengan Musik

Terkadang ada ketakutan yang selalu menghantui pikiran yaitu kamu terlalu banyak berasumsi dan berimajinasi yang sebenarnya belum tentu terjadi. Daripada kamu panik dan khawatir lalu akhirnya mabuk, lebih baik distraksi semua pikiran tersebut dengan mendengarkan lagu. Buat diri kamu rileks supaya perjalanan berubah menjadi menyenangkan. 

 

7. Berbaring Sekaligus Berusaha Tidur

Jika masih merasa mabuk, coba untuk berbaring sejenak sampai kamu merasa lebih baik. Pejamkan mata dan tenangkan pikiran agar tubuhmu juga bisa lebih tenang dari guncangan berkendara.

8. Konsumsi Permen

Selain beberapa metode diatas yang dapat digunakan untuk mengatasi mabuk kendaraan, kamu juga bisa mengonsumsi permen mint atau jahe. Tips ini dapat membantu meredakan dan mencegah rasa mual yang disebabkan oleh mabuk perjalanan. Selain itu, aroma jahe atau mint dari permen tersebut diyakini mampu memberikan efek menenangkan pada tubuh Sobat Torch. 

9. Hindari Bau yang Menyengat

Jika kamu sering mengalami mabuk selama perjalanan, sebaiknya menghindari memakai atau membawa barang-barang dengan bau yang kuat di dalam mobil, seperti durian atau pengharum mobil dengan aroma yang tajam. Untuk itu, kamu disarankan untuk memakai pengharum mobil dengan aroma yang ringan dan menyegarkan untuk agar tetap nyaman selama di dalam mobil.

 

10. Cari Udara Segar

Apabila memungkinkan, coba cari udara segar. Menghirup udara segar dapat mengurangi mabuk yang kamu rasakan. Tubuh akan terasa lebih segar dan baik. Bahkan pusing-pusing atau mual akibat aroma pengharum mobil penyebab mabuk perjalanan dapat menghilang sedikit demi sedikit.

Pastikan kamu mencatat semua informasi dan tips agar tidak mabuk perjalanan. Jangan lupa mempersiapkan berbagai barang kebutuhan agar tidak ada yang tertinggal. Pastikan kamu sudah menggunakan tas kualitas terbaik supaya tidak robek di tengah-tengah perjalanan.

Jika kamu tidak mau ribet menarik-narik koper maka tas backpack bisa dijadikan #SolusiKeren untuk liburan. Belum punya? Yuk segera cek deretan tas backpack berkualitas hanya di official website Torch!

Back to blog

2 comments

My partner and I stumbled over hesre different web page and
thought I should chec things out. I like what I see so now i am following you.
Loook forward to finding oout about your web page repeatedly. https://Www.Waste-Ndc.pro/community/profile/tressa79906983/

https://Www.Waste-Ndc.pro/community/profile/tressa79906983/

My partner and I stumbled over here different webb page and thought I should check things out.
I like what I seee so now i am following you. Look forward to finding out about your web page repeatedly. https://Www.Waste-Ndc.pro/community/profile/tressa79906983/

https://Www.Waste-Ndc.pro/community/profile/tressa79906983/

Leave a comment