5 Contoh Itinerary Perjalanan Dinas yang Patut Dicoba!

5 Contoh Itinerary Perjalanan Dinas yang Patut Dicoba!

Sob, apakah kamu pernah ditugaskan untuk perjalanan dinas? Supaya perjalanan dinas kamu makin terencana dengan baik, kamu perlu membuat itinerary. Hal ini berguna untuk bisa punya estimasi perjalanan dengan waktu yang sangat rinci. Jika kamu masih bingung bagaimana cara membuatnya, yuk simak contoh itinerary perjalanan dinas berikut ini.

 

Apa Itu Itinerary?

Itinerary merupakan rencana perjalanan yang mencakup rute perjalanan, tempat-tempat yang akan dikunjungi, dan jadwal perjalanan. Itinerary biasanya dibuat untuk membantu seseorang merencanakan dan mengelola perjalanan dengan lebih efektif.

 

Menyusun itinerary juga dapat membantu kamu memahami dengan lebih baik apa yang akan dilakukan selama perjalanan dan mengatur waktu dengan lebih baik, termasuk dalam perjalanan dinas.

 

Sobat Torch dapat membuat itinerary dengan berbagai macam alat, seperti aplikasi perjalanan, kalender di ponsel, atau hanya dengan mencatat rencana perjalanan secara manual. Itinerary juga dapat berisi informasi tentang akomodasi, makanan, dan kegiatan yang akan dilakukan selama perjalanan.

 

Ketika kamu memiliki itinerary yang tersusun dengan baik, kamu dapat mengelola perjalanan dengan lebih mudah dan teratur. Kamu pun dapat menikmati perjalanan dengan lebih aman, nyaman, dan menyenangkan.

 

Bagaimana Cara Membuat Itinerary Perjalanan Dinas 5 Hari 4 Malam?

Perjalanan dinas sendiri merupakan perjalanan bisnis untuk keperluan pekerjaan. Tujuannya untuk melakukan pertemuan dengan klien atau mitra perusahaan, mengunjungi lokasi proyek, atau mengikuti acara bisnis. Sebagaimana perjalanan liburan, perjalanan dinas juga memerlukan itinerary. Berikut cara membuat itinerary perjalanan dinas yang efektif.

 

1. Tentukan Tujuan dan Durasi Perjalanan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan perjalanan dinas, berapa lama perjalanan akan berlangsung, dan apa yang ingin dicapai selama perjalanan. Ini akan membantu Anda menentukan rute perjalanan yang tepat dan mengatur waktu dengan lebih baik.

 

2. Buat Rencana Perjalanan Harian

Setelah menentukan tujuan perjalanan dan durasi perjalanan, selanjutnya buat rencana perjalanan harian yang detail. Buat daftar tempat yang akan dikunjungi, kegiatan yang akan dilakukan, dan waktu yang akan digunakan untuk setiap kegiatan.

 

 

3. Sesuaikan Rencana Perjalanan dengan Kebutuhan

Jangan lupa ya Sob untuk menyesuaikan rencana perjalanan dengan kebutuhan. Buat daftar kebutuhan yang harus dipenuhi selama perjalanan, seperti makanan, minuman, dan kebutuhan pribadi. Pastikan juga bahwa rencana perjalanan tidak terlalu padat atau terlalu longgar, agar perjalanan dapat dinikmati dengan nyaman.

banner travel

Itinerary Perjalanan Dinas Hari ke 1

Seperti perjalanan pada umumnya, untuk perjalanan dinas di hari pertama, ketika kamu sudah sampai ke kota tujuan bisa langsung mengunjungi tempat penginapan. Supaya perjalanan dinas hari pertama ini makin terarah, berikut hal-hal yang dapat kamu lakukan dari contoh itinerary perjalanan dinas di bawah ini.

 

1. Berangkat ke Kota Tujuan

Sobat Torch bisa berangkat dari kantor kota asal pukul 08.00, lalu terbang ke kota tujuan menggunakan pesawat. Penerbangan bisa kamu estimasikan sekitar 1 jam dan tiba di bandara sekitar jam 11.30. Kamu juga bisa mengambil bagasi dan menuju hotel menggunakan mobil yang telah dipersiapkan perusahaan.

 

2. Check-in di Hotel

Diperkirakan kamu akan sampai ke hotel sekitar jam 12.30, lalu kamu bisa istirahat sebentar dan makan siang di restoran terdekat sekitar jam 14.00. Di hari pertama ini kamu bisa menikmati hotel dengan nyaman dan santai hingga malam untuk persiapan bertemu dengan mitra perusahaan di hari selanjutnya.

 

Itinerary Perjalanan Dinas Hari ke 2

Untuk hari kedua itinerary perjalanan dinas, kamu bisa mempersiapkan diri untuk bertemu dengan mitra perusahaan. Pertemuan dengan mitra bisa dilakukan dalam 2 kali pertemuan yaitu pagi dan siang atau dilanjutkan besok hari. Berikut ini contoh itinerary perjalanan dinas hari kedua yang dapat kamu jadikan referensi.

 

1. Sarapan di Hotel, Lalu Bertemu dengan Mitra Perusahaan

Sebelum bertemu dengan mitra perusahaan, kamu sarapan terlebih dahulu di hotel dan siapkan dokumen apa saja yang perlu dibawa. Setelah itu, kamu bisa berangkat sekitar jam 08.00 pagi untuk bertemu dengan mitra. Sobat Torch dapat mengestimasikan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

 

2. Pertemuan dengan Mitra Perusahaan

Penting untuk setting waktu pertemuan dengan mitra perusahaan, misalnya 2 - 3 jam untuk satu pertemuan. Kamu bisa mulai meeting dari jam 10.00 - 12.00 dan dilanjutkan dengan makan siang bersama. Jika pertemuannya dirasa masih kurang namun waktunya belum cocok, kamu bisa melanjutkan pertemuan pada hari ketiga.

 

3. Makan Malam

Saat pertemuan pertama telah selesai, Sobat Torch bisa eksplor kota sambil kulineran. Jika pertemuan dengan mitra bisnis dilakukan di Bandung, kamu bisa mencari makanan ciri khas Bandung untuk kamu coba, misalnya soto khas Bandung. Setelah itu, kamu bisa kembali ke hotel.

 

Itinerary Perjalanan Dinas Hari ke 3

Di hari ketiga kamu bisa melanjutkan pertemuan yang tertunda dengan mitra perusahaan dan membicarakan hal yang belum tersampaikan. Pada hari ketiga ini kamu bisa melakukan meeting seharian dari pagi hingga sore. Berikut ini rekomendasi jadwal yang bisa kamu jadikan referensi.

 

1. Sarapan dan Persiapan

Seperti biasa, sebelum berangkat menuju pertemuan kamu perlu sarapan terlebih dahulu dan mempersiapkan data dan dokumen yang diperlukan. Setelah itu, kamu dapat menghubungi mobil yang perusahaan sewa menuju perusahaan mitra.

 

2. Pertemuan Kedua dengan Mitra Bisnis

Sobat Torch bisa langsung bertemu kembali dengan mitra bisnis dan melanjutkan topik pembicaraan hari sebelumnya. Kamu bisa set up pertemuan dari jam 10.00 - 12.00, dilanjutkan dengan makan siang. Setelah makan siang selesai, kamu bisa melanjutkan pertemuan tersebut hingga jam 16.00.

 

3. Makan Malam

Supaya hubungan kamu dengan mitra perusahaan makin rekat, kamu bisa mengajaknya makan malam sambil bercengkrama membicarakan hal di luar pekerjaan. Kamu bisa mengajaknya makan malam di restoran khas kota tersebut, sehingga kamu juga bisa sambil kulineran dan menikmati suasana kota di mana kamu ditugaskan. Jika sudah selesai, kamu bisa kembali ke hotel untuk beristirahat.

 

Itinerary Perjalanan Dinas Hari ke 4

Dalam itinerary perjalanan dinas hari keempat, kamu dapat menyusun rencana untuk menghadiri kegiatan yang digelar mitra bisnis. Biasanya kegiatan seperti ini berlangsung seharian dari pagi hingga malam. Seperti biasa, di malam harinya kamu bisa mengeksplor kota dengan jalan-jalan atau kulineran. Berikut ini rekomendasi kegiatan itinerary perjalanan dinas pada hari keempat.

 

1. Berangkat Menuju Tempat Undangan

Pastinya kamu harus sarapan terlebih dahulu di hotel sebelum berangkat menghadiri undangan. Setelah itu, kamu bisa berangkat ke tempat acara dengan mengestimasikan waktu 1 jam perjalanan dengan perhitungan melewati kemacetan. Sesampainya di sana, kamu bisa langsung mengisi buku tamu lalu duduk di kursi yang telah disediakan.

 

2. Mengikuti Kegiatan

Selama berkegiatan, Sobat Torch hanya perlu mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan. Jika kegiatannya berbentuk seminar, biasanya selesai hingga jam 15.00 dengan waktu istirahat selama satu jam dari jam 12.00 - 13.00.

 

Jika kegiatan selesai dengan tepat waktu, kamu bisa menggunakan waktu hingga malam dengan mengeksplor kota. Jadi, perjalanan bisnis ini tidak hanya bertemu dengan mitra bisnis, tetapi bisa sekaligus refreshing. 

 

Itinerary Perjalanan Dinas Hari ke 5

Di hari kelima perjalanan bisnis biasanya sudah lebih santai, jadi kamu hanya perlu memastikan dokumen yang diperlukan perusahaan sudah tersedia. Sebelum pulang ke kota asal, kamu pun bisa membeli oleh-oleh untuk diberikan ke rekan kerja yang lainnya. Berikut ini kegiatan yang dapat kamu lakukan sebelum pulang dari perjalanan dinas.

 

1. Memastikan Dokumen Sudah Lengkap

Penting memastikan seluruh dokumen yang diperlukan perusahaan telah tersedia dengan lengkap, apa pun bentuk dokumennya. Sobat Torch dapat merapikan dokumen-dokumen tersebut sambil packing untuk memastikan tidak ada dokumen atau barang lain yang tertinggal.

 

2. Membeli Oleh-oleh

Membawa oleh-oleh setelah perjalanan dinas seolah menjadi kegiatan penting lainnya yang tidak boleh dilupakan. Kamu bisa googling tempat oleh-oleh mana saja yang sekiranya banyak dikunjungi orang. Jika ulasannya bagus, kamu bisa membeli oleh-oleh di tempat tersebut. Oleh-olehnya bisa berupa makanan, aksesoris, dan pakaian.

 

3. Check-out Hotel

Setelah membeli oleh-oleh, kamu bisa langsung check-out dari hotel, mengingat kamu sudah packing pakaian dengan rapi bersamaan dengan dokumen sebelum membeli oleh-oleh. Namun, kamu bisa melakukan double check untuk memastikan tidak ada barang-barang yang tertinggal. Selanjutnya, kamu bisa menikmati perjalanan pulang dengan santai.

 

Membuat contoh itinerary perjalanan dinas memang dinamis dan sangat bisa disesuaikan dengan kondisi yang terjadi. Namun, gambarannya bisa Sobat Torch lihat dari itinerary untuk perjalanan dinas 5 hari 4 malam yang telah dibuat di atas.

 

Perjalanan dinas kamu akan makin aman dan nyaman dengan ditemani perlengkapan traveling dari Torch, mulai dari backpack hingga travel pouch. Untuk perjalanan 5 hari, kamu bisa menggunakan Fujisawa Backpack 45+3 Liter yang dilengkapi dengan kompartemen khusus untuk laptop.

 

Kompartemen laptop ini memiliki fitur suspension system yang berfungsi melindungi laptop dari guncangan. Dimensi backpack ini memang besar, tetapi kamu tidak perlu khawatir karena cabin friendly Sob. Jadi, tunggu apalagi? Temani perjalanan dinas kamu dengan Fujisawa Backpack 4+3 Liter dengan mengunjungi Torch sekarang juga!

Back to blog

Leave a comment