WAIST BAG

TRAVEL POUCH

BACKPACK

LIGHT TRAVEL BACKPACK

TRAVEL BACKPACK

PACKING ORGANIZER

OFFICE SERIES

OFFICE TOTEBAG

OFFICE SLEEVE

CASUAL CAMPING

UMBRELLA

GLASSES

MULTIFUNCTIONAL TOOLS

ARRAFA SANDAL

JACKET

T-SHIRT

PANT

SHIRT

OUTERWEAR

NECK WALLET

KEYCHAIN

WALLET

KONFIRMASI PEMBAYARAN

#TORCHSTORY

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

Marvel Black Panther

This section doesn’t currently include any content. Add content to this section using the sidebar.

Image caption appears here

Add your deal, information or promotional text

Hiking: Pengertian, Manfaat dan Cara Melakukannya


hiking adalah

Apakah Sobat Torch punya hobi hiking atau naik gunung? Hiking adalah kegiatan outdoor atau juga sering dianggap sebagai olahraga. Tetapi bukan sekadar itu saja, hiking juga mempunyai arti yang luas seperti berjalan kaki menyusuri gunung. Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan ketika melakukan hiking, salah satunya mendapatkan kesehatan tubuh dan melepas stres. Kalau begitu, mari simak beberapa manfaat hiking di bawah ini ya Sob.


Apa Itu Konvoi Motor?


Kata konvoi dalam KBBI berarti iring-iringan kendaraan dalam suatu perjalanan bersama. Tidak ada batasan dalam kendaraan yang ingin digunakan untuk berkendara di jalanan. Kamu bisa konvoi dengan mobil, kapal, sepeda motor, dan lain sebagainya.


Intinya ialah melakukan perjalanan tersebut bersama-sama sampai tempat tujuan. Namun karena kali ini topik yang dibahas merupakan konvoi motor maka Sobat Torch akan diajak memahami lebih jauh perjalanan yang dilakukan dengan kendaraan bermotor roda dua.


Apa Itu Hiking?


Hiking merupakan aktivitas yang dilakukan di alam bebas dengan berjalan kaki. Biasanya, kegiatan hiking ini dilaksanakan dengan mendaki perbukitan atau gunung secara individu atau kelompok.


Kata hiking sendiri berasal dari kata kerja asing, to hike yang diartikan sebagai “gerak kaki”. Maksud dari gerak kaki ini yaitu berjalan kaki dengan tujuan bersenang-senang atau latihan menggerakan badan. Jadi, orang yang berjalan kaki di alam terbuka menuju tempat tertentu bisa disebut juga sebagai kegiatan hiking. 


Apa Saja Manfaat dari Kegiatan Hiking?


Kegiatan hiking mendorong kamu untuk menyatu dengan alam. Maka tidak heran kalau salah satu manfaat dari hiking sangat baik untuk kesehatan tubuh, baik secara fisik maupun mental. Tidak itu saja, terdapat manfaat lain dari kegiatan hiking yang akan diuraikan di bawah ini. 


1. Meningkatkan Kesehatan Tubuh


Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan saat melakukan kegiatan hiking yaitu tubuh yang sehat dan bugar. Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, hiking merupakan suatu kegiatan yang dilakukan di alam dengan berjalan kaki.


Melakukan perjalanan kaki menyusuri jalur pendakian dengan jarak yang cukup jauh akan memberi manfaat untuk kesehatan tubuh. Dalam hal ini, kamu sedang melatih kekuatan otot tubuh, terutama pada bagian kaki yang dipercaya bisa menurunkan risiko penyakit jantung.


Sebelum melakukan hiking, kamu wajib berolahraga secara rutin terlebih dahulu. Tujuannya untuk melatih pernafasan. Juga, supaya kamu tidak mudah lelah saat melakukan pendakian. Selain itu, olahraga rutin akan membuat kamu terhindar dari risiko keram pada kaki atau bagian tubuh lainnya.


2. Meningkatkan Kesehatan dan Ketahanan Mental


Mendaki gunung tidak hanya menyehatkan tubuh, tetapi juga bisa meningkatkan kesehatan dan ketahanan mental. Selama pendakian, Sobat Torch bisa menikmati alam dengan menghirup udara hutan yang segar, menikmati pepohonan yang hijau dan rindang, serta mendengar suara kicauan burung. Semua aktivitas ini bisa membuat kamu merasa lebih tenang. Bahkan bisa menyegarkan kembali pikiran dari berbagai kejenuhan.


Untuk ketahanan mentalnya sendiri akan terlatih selama kamu melakukan pendakian bersama kelompok. Adakalanya terjadi beberapa kendala saat mendaki dan membuat kamu cukup emosi. Namun, emosi tersebut bisa reda dengan cepat, lantaran pendakian mengutamakan kebersamaan. Sebab, saat pendaki tidak mampu mengendalikan emosi, maka rasa bahagia selama proses pendakian tidak akan didapatkan sama sekali.


Kemampuan menahan emosi ini bisa jadi akan terbawa dalam keseharian. Pada saat berhadapan dengan keadaan yang membuat emosi, para pendaki cenderung sudah mampu mengelolanya. Disadari atau tidak, perjalanan petualangan mampu meningkatkan ketahanan mental seseorang.


3. Keterampilan Hidup Meningkat


Mendaki gunung diketahui bisa meningkatkan keterampilan hidup. Pada dasarnya, hiking dilakukan di alam terbuka, sehingga para pendaki harus terampil dalam mengurus diri sendiri dan orang-orang di sekitarnya. Untuk itu, penting sekali bagi setiap pendaki memiliki ilmu yang cukup sebelum melakukan pendakian.



Apa Saja yang Harus Dipersiapkan untuk Hiking?


Kegiatan hiking dilakukan di alam bebas, sehingga kamu membutuhkan persiapan yang sangat matang. Pasalnya, berbagai risiko bisa saja terjadi. Berikut ini beberapa hal yang perlu Sobat Torch persiapkan sebelum melakukan hiking.


1. Mempersiapkan Fisik dari Jauh Hari


Sebelum kegiatan hiking dimulai, kamu perlu memastikan bahwa fisik kamu sehat dan kuat. Mengingat kegiatan pendakian membutuhkan kondisi fisik yang prima. Saat mendaki gunung, tubuh kamu akan membakar energi yang cukup besar, bahkan kurang dari 8 jam. Untuk mempersiapkan kondisi fisik yang prima, kamu harus rajin berolahraga untuk melatih fisik.


2. Menentukan Lokasi Pendakian


Penting untuk melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan lokasi pendakian. Apalagi kamu merupakan pendaki pemula. Pilih jalur pendakian yang sesuai dengan kemampuan. Informasi mengenai pendakian ini bisa kamu dapatkan melalui internet atau bertanya kepada pendaki berpengalaman.


3. Mempersiapkan Peralatan dan Perbekalan


Persiapan selanjutnya yaitu mengumpulkan peralatan dan perbekalan, baik itu individu maupun kelompok. Peralatan individu meliputi ransel atau backpack, matras, sleeping bag, baju hangat, sepatu gunung, dan lain sebagainya. Sementara itu, perlengkapan kelompok terdiri dari tenda, perlengkapan masak, dan bahan makanan.


Saat melakukan pendakian, kamu akan mengeluarkan banyak energi. Maka dari itu, jangan lupa untuk membawa beberapa makanan ringan berkarbohidrat seperti kacang dan roti. Tujuannya supaya tubuh kamu tetap berenergi selama perjalanan.


4. Mempersiapkan Tim


Melakukan pendakian sebaiknya dilakukan bersama tim. Mengapa? Karena akan menambah suasana yang lebih seru dan menyenangkan. Selain itu, beberapa logistik yang hendak dibawa bisa dibagi. Jika kamu pendaki pemula, pendakian bisa dilakukan bersama teman yang sudah berpengalaman naik gunung.


Cara Melakukan Hiking dengan Baik


Hiking adalah kegiatan outdoor yang memerlukan persiapan fisik dan logistik yang matang. Nah, setelah mengetahui beberapa manfaat hiking serta persiapan yang penting untuk diperhatikan, langkah selanjutnya yaitu mengetahui cara mendaki gunung dengan benar. Tujuannya supaya perjalanan mendaki gunung makin lancar dan maksimal. Berikut ini tips melakukan hiking yang bisa kamu langsung praktikan.


1. Menggunakan Pakaian yang Nyaman


Saat mendaki gunung, jangan lupa memakai pakaian yang aman dan nyaman. Gunakan pakaian yang menyerap keringat. Juga, bawa jaket tebal supaya kamu terhindar dari hipotermia. Supaya terlihat lebih keren, kamu bisa menambahkan beberapa aksesoris seperti kacamata dan topi.


2. Pasang Tenda di Tempat Aman


Jika kamu hendak camping setelah melakukan hiking, maka pastikan tenda yang kamu pasang aman. Hindari memasang tenda di tempat yang curam dan dekat aliran air, seperti sungai atau air terjun. Hal ini dilakukan agar kamu terhindar dari ancaman binatang buas.


3. Mengurus Izin


Apabila Sobat Torch hiking di pegunungan berupa taman nasional, maka kamu perlu mengurus surat izin terlebih dahulu. Tentu supaya perjalanan kamu aman dan selalu dalam pemantauan ranger atau petugas. Mengurus izin hiking tidak sulit kok, kamu hanya perlu mendatangi kantor petugas yang berjaga di pegunungan tersebut.


Sobat Torch, itu dia informasi seputar hiking yang perlu kamu ketahui. Perjalanan pendakian akan makin aman dan nyaman jika kamu menggunakan backpack Kanzaki 30 Liter dari Torch. Backpack ini bisa muat banyak barang untuk perjalanan hiking selama 3-4 hari.


Saat menggunakan backpack tersebut, punggung dan bahu kamu tidak akan merasa panas. Sebab, backpack ini dilengkapi dengan fitur airbender foam back system. Jadi, tunggu apalagi? Dapatkan backpack tahan air ini sekarang juga hanya di official website Torch.


Mengenal Apa Itu Survival dan Apa Manfaatnya Melakukan Latihan Survival
Mengenal Apa Itu Survival dan Apa Manfaatnya Melakukan Latihan Survival
Jangan Terlewat! 5 Perlengkapan Anak Motor yang Wajib Dimiliki untuk Riding
Jangan Terlewat! 5 Perlengkapan Anak Motor yang Wajib Dimiliki untuk Riding
Catat! Ini Dia Persiapan Touring Motor Jarak Jauh yang Harus Kamu Perhatikan
Catat! Ini Dia Persiapan Touring Motor Jarak Jauh yang Harus Kamu Perhatikan

Cari