Itinerary Surabaya 3 Hari 2 Malam yang Super Seru!

Itinerary Surabaya 3 Hari 2 Malam yang Super Seru!

Mau liburan ke tempat seru dan anti-mainstream? Surabaya bisa jadi salah satu destinasi di Indonesia untuk kamu coba. Bali dan Yogyakarta tentu sudah jadi tempat yang banyak dikunjungi ketika liburan. Tidak ada salahnya pergi ke tempat berbeda dengan suasana yang baru. Kali ini Torch punya rekomendasi itinerary Surabaya 3 hari 2 malam yang bisa kamu coba. Sudah siap? Mari mulai liburan bersama Torch sekarang!

 

Apa Itu Itinerary?

Itinerary adalah daftar rencana perjalanan yang mencakup rute, destinasi, serta kegiatan yang akan dilakukan. Itinerary biasanya dibuat sebelum seseorang berangkat agar perjalanan jadi lebih terorganisasi dan terjadwal dengan baik.

 

Itinerary juga bisa membantu kamu merencanakan anggaran perjalanan dengan lebih baik. Semua biaya transportasi, akomodasi, makanan, dan kegiatan yang akan dilakukan selama perjalanan jadi bisa dipersiapkan lebih matang.

 

Intinya, pembuatan itinerary berguna supaya tidak ada barang yang tertinggal atau masalah seperti kekurangan uang di tengah perjalanan. 

 

Bagaimana Cara Membuat Itinerary Surabaya 3 Hari 2 Malam?

Membuat itinerary sangat mudah Sob! Namun membantu atau tidaknya itinerary tersebut menjadi hal lain yang perlu dipikirkan. Untuk memastikan itinerary berguna, kamu perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini. 

 

1. Research Destinasi

Itinerary yang berguna membutuhkan usaha yaitu mencari di internet mengenai destinasi seperti apa yang ingin dikunjungi. Cari dan catat tempat-tempat yang menarik dalam kertas atau catatan online. Kumpulkan semua destinasi terlebih dahulu, setelahnya barulah kamu pilih mana saja yang worth it untuk dikunjungi.

 

2. Research Transportasi

Jangan lupa mencari transportasi untuk pergi ke tempat-tempat yang telah dipilih. Catat semua opsi transportasi dari biaya hingga lama waktu untuk mencapai destinasi tersebut. Makin lengkap detail informasi maka makin mudah bagi kamu untuk merencanakan itinerary.

 

3. Gabungkan Semua Destinasi Sekaligus Transportasi

Selanjutnya gabungkan semua informasi yang telah kamu dapatkan menjadi satu kesatuan yang utuh. Tulis destinasi pilihan yang dituju sekaligus transportasi dan biayanya. Kamu bisa menyusunnya berdasarkan hari atau membuat time table layaknya rundown sebuah acara. Cara seperti ini sangat efisien dan mudah dibaca ketika liburan dimulai.

 

4. Hitung Biaya Keseluruhannya

Itinerary belum lengkap tanpa total biaya keseluruhan yang harus disiapkan. Hitung satu per satu supaya tidak ada yang terlewatkan. Nantinya total biaya yang kamu dapatkan akan menjadi patokan minimal untuk melakukan perjalanan.

 

Ada baiknya menyiapkan jumlah uang yang lebih banyak untuk berjaga-jaga apabila ada harga yang sudah berubah dari informasi di internet.

 

Itinerary Surabaya Hari ke-1

Jika berangkat dari Jakarta, kamu punya 2 opsi transportasi untuk bisa sampai ke Surabaya yaitu menggunakan kereta atau pesawat. Jika kamu memiliki budget terbatas maka kereta dengan biaya Rp150.000 - 650.000 bisa jadi pilihan.

 

Sebaliknya jika kamu tidak masalah soal biaya dan ingin lebih cepat sampai maka pergi pakai pesawat dengan biaya Rp 722.000 - Rp1.500.000 menjadi pilihan yang cocok. Untuk perjalanan yang lebih nyaman, kamu dianjurkan menyewa mobil pribadi. Jangan lupa hubungi pihak rental untuk mencocokkan jadwal kedatangan di Bandara Juanda.

 

Check In LUMINOR Hotel 30 menit - 429.000

Sesampainya di bandara dan setelah menyewa mobil, kamu bisa langsung menuju LUMINOR Hotel untuk menaruh barang bawaan. Perjalanan dari bandara ke hotel ini hanya sekitar 30 menit, jadi kamu bisa beristirahat sebentar.

 

Biaya menginap di LUMINOR Hotel per malam mulai dari Rp429.000. Jika kamu menghabiskan 2 malam di sana maka totalnya menjadi Rp 858.000. Tentu harganya akan berubah tergantung waktu kedatangan sehingga kamu harus memeriksanya secara berkala.

 

Makan Siang di Warung Tempe Penyet Mbak Noer

Sesampainya di Surabaya kamu pasti kelaparan, bukan? Berjarak 3,3 km dari hotel, kamu bisa sampai di Warung Tempe Penyet Mbak Noer dalam waktu 8-10 menit. Makanan yang ada di tempat ini cukup banyak digemari dengan biaya mulai dari Rp11.000.

 

Museum House of Sampoerna

Kemudian lanjutkan perjalanan ke Museum House of Sampoerna. Perjalanan dengan mobil pribadi ke tempat ini membutuhkan waktu sekitar 35 menit. Dalam museum ini kamu akan disuguhkan sejarah Sampoerna dari zaman Belanda.

 

Kalau beruntung, kamu bisa melihat para pekerja yang sedang memproduksi rokok dari awal. Selain itu terdapat kafe dan tempat pembelian suvenir untuk oleh-oleh keluarga. Biaya masuknya gratis, jadi kamu hanya perlu datang saja ke museum satu ini.

 

Kampung Bulak

Pernahkah kamu melihat perumahan dengan warna yang sangat beragam? Di Surabaya ada satu kampung unik bernama Bulak yang dicat dengan berbagai macam warna. Kamu bisa berfoto-foto sekaligus menikmati pemandangan sore Kota Surabaya.

 

Harga masuknya sangat terjangkau, yakni hanya Rp2.000. Tempatnya juga dekat Pantai Ria Kenjeran jadi kamu bisa langsung mampir ke pantai untuk melihat sunset.

 

Makan Malam di Nasi Bebek Purnama

Untuk mengakhiri aktivitas hari pertama, kamu perlu mencoba nasi bebek yang berjarak 14 km dari kampung bulak. Nasi Bebek Purnama ini cukup terkenal karena rasanya yang nikmat di mulut.

 

Sudah berdiri sejak tahun 1992, kamu pasti disuguhkan makanan terbaik. Mulai harga Rp12.000 kamu bisa makan dengan kenyang. Setelah itu kamu bisa kembali ke hotel untuk beristirahat.

 

Itinerary Surabaya Hari ke-2

Perjalanan hari ke-2 akan dimulai, pastikan kamu siap menjalani hari ini! Kegiatan hari ini dikhususkan untuk melihat sejarah kota Surabaya dari Hotel Majapahit. Jangan lupa siapkan semua barang bawaan dan pakai baju terbaik untuk berfoto selama perjalanan.

 

Sarapan di Hotel

First thing first, kamu perlu sarapan supaya punya kekuatan untuk beraktivitas seharian. Hari ini cukup sarapan di hotel karena kamu harus langsung pergi ke Hotel Majapahit untuk mengikuti Heritage Tour.

 

Surabaya Heritage Tour

Perjalanan dari LUMINOR Hotel ke Hotel Majapahit membutuhkan waktu 30 menit, jadi jangan sampai terlambat. Pergi lebih pagi akan sangat baik untuk menghindari kemacetan di jalanan. Tour untuk mengenali sejarah Kota Surabaya memerlukan biaya Rp800.000.

 

Namun lebih baik kamu memesannya lewat aplikasi karena harganya bisa lebih murah. Tour ini akan mengajak kamu berkeliling Surabaya dengan pemandu dan sopir yang berpengalaman.

 

Jadi bukan hanya keliling, tetapi kamu juga akan mendapatkan informasi baru terkait sejarah Indonesia. Tergantung paket yang dipilih, kamu bisa saja menghabiskan waktu seharian berkeliling dengan makan siang yang sudah termasuk di dalamnya. Tetapi sebelum pergi, coba cek lagi karena tour satu ini tidak selalu tersedia sepanjang tahun.

 

Hutan Bambu Keputih

Selanjutnya kamu akan diajak melihat asrinya hutan bambu yang disebut Keputih. Memang tidak ada atraksi spesial tetapi pemandangan asri dan angin yang bertiup akan membuat hatimu damai. Suasana hutan bambunya akan membuat kamu merasa di luar negeri dan cocok dijadikan tempat foto instagramable.

 

Makan Malam di Tahu Campur H. ABD. Mahfud Asli Kalasan

Dari Hutan Bambu Keputih, mari menutup hari dengan makan malam di Tahu Campur H.ABD. Mahfud Asli Kalasan. Untuk ke tempat ini kamu akan menghabiskan waktu 26-30 menit. Sepiring tahu campur bisa kamu nikmati dengan biaya Rp25.000. Jika sudah kenyang, kamu bisa langsung kembali ke hotel supaya besok bisa beraktivitas dengan segar.

 

Itinerary Surabaya Hari ke-3

Tidak terasa sudah hari ketiga! Hari ini kamu akan diajak melihat kelenteng yang banyak dikunjungi penduduk setempat untuk beribadah. Setelah itu kamu akan langsung pergi ke Bandara Juanda agar tidak terlambat pulang ke Jakarta. 

 

Sarapan di Warung Kongde Mbak May

Untuk mengawali hari, mari makan di Warung Kongde Mbak May. Di sini kamu bisa menyantap daging sandung lamur, mi kuning, tahu, dan irisan selada. Kemudian tambahkan kerupuk dan kuah untuk melengkapi makan pagi. Harganya juga terjangkau, yakni hanya Rp25.000

 

Kelenteng Sanggar Agung

 

Destinasi terakhir di Surabaya ialah Kelenteng Sanggar Agung. Kelenteng ini dibangun pada tahun 1988 dan merupakan salah satu kelenteng terbesar di Surabaya. Di kelenteng ini, umat Tionghoa dapat beribadah, mengikuti ceramah, hingga melakukan kegiatan keagamaan lainnya. Harga tiket masuknya dihargai sebesar Rp5.000 - Rp10.000.

 

Kembali ke Bandara Juanda

Akhirnya perjalanan di Surabaya selama 3 hari 2 malam berakhir dengan baik. Sebelum pulang, hubungi lagi pihak rental mobil untuk bertemu di Bandara Juanda. Kemudian kamu bisa kembali tanpa beban ke Jakarta dan memulai aktivitas pekerjaan seperti biasanya.

 

Itu dia itinerary Surabaya 3 hari 2 malam yang bisa kamu contoh. Jangan lupa mempersiapkan semua hal baik-baik supaya perjalanan ke Surabaya bisa dinikmati dengan maksimal.

 

Siapkan juga tas yang cocok menemani perjalananmu. Ishikari 20 + 2 Liter bisa jadi pilihan yang tepat karena bahannya terbuat dari Duralite Nylon yang 2x lebih kuat serta 30% lebih ringan dari tas lainnya. Langsung saja kunjungi official website Torch untuk mendapatkan gratis ongkir dan promo menarik lainnya!

Back to blog

Leave a comment