6 Macam-Macam Olahraga Seru yang Bisa Dilakukan Saat WFH

6 Macam-Macam Olahraga Seru yang Bisa Dilakukan Saat WFH

Akibat pandemi COVID-19, aktivitas sehari-hari sudah tidak lagi sama seperti biasanya. Sudah ada “New Normal” yang harus dilakukan untuk beradaptasi dengan berbagai perubahan. Salah satunya ialah bekerja dari rumah alias Work From Home (WFH). Meski di rumah saja, Sobat Torch harus tetap berolahraga agar tubuh tetap fit dan bertenaga. Tenang Sob! Ada macam-macam olahraga yang bisa kamu coba lakukan selama WFH.

 

Pastinya tidak perlu semua alat besar seperti yang ada di gym. Namun tidak menutup kemungkinan kalau kamu bisa membuat gym sendiri di rumah. Apabila ada biayanya maka sah-sah saja membeli semua alat-alat tersebut.

 

Kalau Sobat Torch ingin tetap dalam konsep simpel yang penting bisa bergerak dan meregangkan tubuh maka informasi kali ini perlu dibaca hingga akhir. Dari banyaknya olahraga yang akan dijelaskan, Sobat Torch bisa memilih satu atau dua yang paling bisa dilakukan dengan mudah. Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini!

 

Apa Saja Manfaat Olahraga Saat WFH?

Melakukan olahraga sangat penting untuk memastikan tubuh kamu tetap sehat meski tidak banyak kesempatan untuk bergerak seperti biasanya. Jika kalau dahulu kamu selalu harus naik kendaraan umum untuk pergi ke kantor, pastinya tubuh masih punya kesempatan bergerak. Namun kini kamu hanya duduk seharian di depan laptop lalu sisanya makan, mandi, dan tidur.

 

Kalau kamu sudah mulai merasakan sakit pada pinggang atau di bagian tubuh lainnya maka hal ini sudah menjadi pertanda bahwa olahraga harus dilakukan. Ketika tubuhmu mulai diajak bergerak maka akan ada banyak manfaat yang bisa dirasakan, seperti hilangnya sakit pinggang saat bekerja. Coba perhatikan berbagai manfaat lainnya berikut ini.

 

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Paru-paru

Saat kamu berolahraga maka jantung dan paru-paru akan ikut terlatih untuk bekerja lebih baik. Pastinya kamu sudah mengetahui hal ini, bukan?

 

Olahraga sudah terbukti sangat efektif dalam memperkuat jantung sehingga mampu mengalirkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh dengan baik. Dalam jangka panjang, olahraga secara rutin juga bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan paru-paru.

 

2. Meningkatkan Konsentrasi dan Produktivitas

Rutin berolahraga juga dapat meningkatkan konsentrasi dan produktivitas karena salah satu hormon dalam tubuh manusia, yakni endorfin, jadi diproduksi dalam jumlah yang lebih banyak.

 

Endorfin sangat penting karena bertanggung jawab untuk membuat seseorang merasa senang dan bahagia. Ketika kamu senang tanpa merasa terancam maka hormon ini jadi dapat meningkatkan fokus dan produktivitas.

 

3. Meningkatkan Kebugaran Fisik

Banyak orang berhenti melakukan olahraga karena setelahnya tubuh akan terasa sangat sakit dan lelah. Padahal rasa sakit itu wajar dirasakan saat kamu baru mulai berolahraga. Perlu diingat bahwa hasil dari olahraga hanya akan terlihat kalau kamu melakukannya secara konsisten untuk waktu yang panjang.

 

Tidak percaya? Coba lakukan olahraga secara konsisten mulai dari sekarang. Kemudian lihat hasilnya untuk 3 bulan atau 5 bulan mendatang. Pasti tubuhmu jadi terasa lebih segar dan dapat berkonsentrasi melakukan berbagai macam hal. Kekuatan otot dan fleksibilitas tubuh bahkan meningkat untuk mempercepat penyelesaian pekerjaan sehari-hari.

 

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

Olahraga yang dilakukan secara rutin pada akhirnya tidak hanya meningkatkan kesehatan tubuh, tetapi juga mental yang kamu punya. Hal ini masih ada hubungannya dengan produksi hormon endorfin yang mampu diproduksi lebih banyak. Ketika jumlah endorfin dalam otak meningkat maka rasa khawatir dan takut jadi bisa ditekan.

 

Kalau kamu merasa happy maka akhirnya kesehatan mental akan ikut menjadi lebih baik. Pikiran yang jauh lebih tenang membuat kamu bisa berpikir lebih jernih dan rasional. Jadi kalau kamu rutin berolahraga maka hormon endorfin yang mampu menciptakan “lingkungan yang lebih sehat” bagi mental. 

 

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Nah ini dia manfaat yang harus kamu ketahui bahwa olahraga rutin mampu meningkatkan kualitas tidur yang baik. Kalau kamu selalu berkata susah tidur setelah beraktivitas seharian maka olahraga bisa dijadikan solusi efektif.

 

Biasanya setelah olahraga, tubuh kamu akan menjadi lebih rileks dan akhirnya mudah tertidur. Kamu pun tidak akan merasa lelah lagi ketika bangun pada pagi hari. Justru rasa bugar dan segar akan mendorong kamu beraktivitas dengan lebih maksimal alias lebih baik dari hari-hari sebelumnya.

Apa Saja Macam-Macam Olahraga Seru yang Bisa Dilakukan Saat WFH?

Ada banyak macam olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah. Dari peregangan biasa hingga olahraga intensif yang sangat seru. Coba pilih olahraga yang paling cocok di bawah ini.

 

1. Senam Aerobik

Senam aerobik merupakan salah satu olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Olahraga ini melibatkan gerakan-gerakan seperti loncatan, gerakan tangan, dan gerakan kaki. Itu sebabnya senam aerobik dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan organ dalam lainnya, sekaligus menggerakkan seluruh tubuh agar kekuatan ototnya tidak hilang.

 

2. Yoga

Kalau kamu mau olahraga yang lebih tenang tanpa melompat-lompat maka yoga bisa dijadikan pilihan. Meski terkesan tidak bisa memberikan manfaat yang dibutuhkan, tetapi saat kamu melakukannya secara terus-menerus maka hasil melakukan yoga akan mulai terlihat.

 

Melakukan yoga di rumah bisa membantu kamu meregangkan tubuh yang kaku atau bahkan pinggang yang sakit setelah duduk seharian. Kamu juga jadi bisa mengatur pernapasan untuk mengembalikan ketenangan pikiran. Banyak orang suka melakukannya selama WFH karena cenderung memberikan rasa lega yang dibutuhkan.

 

3. Lari atau Jogging

Lari atau jogging di sekitar kompleks rumah juga bisa dijadikan pilihan untuk berolahraga. Melakukannya akan membantu kamu meningkatkan kesehatan seluruh tubuh karena semua otot dari kepala hingga kaki harus ikut bekerja.

 

Namun jangan lari menggunakan sandal jepit. Risiko terpeleset dan kecelakaan akibat lari menggunakan sandal jepit akan sangat besar. Pakailah sepatu khusus lari yang nyaman bagi kaki dan mendukung aktivitas tersebut.

 

4. Skipping

terlihat mudah, sebenarnya skipping membutuhkan tenaga yang sangat besar. Kamu perlu melompat berulang kali untuk membantu memicu detak jantung.

 

Semua otot tubuh bahkan ikut bergerak meski hanya melompat-lompat. Berolahraga menggunakan skipping pada dasarnya sangat sederhana karena kamu hanya membutuhkan tali untuk dilompati. Namun semua manfaat olahraga akan bisa kamu rasakan pada kemudian hari.

 

5. Zumba

Buat Sobat Torch yang hobi menari maka zumba bisa dijadikan olahraga yang tepat. Zumba termasuk olahraga aerobik hanya saja dilakukan dengan gerakan-gerakan seperti sedang menari. Lagu yang digunakan pun tidak kaku atau monoton. Maksudnya kamu bisa menggunakan lagu apa pun untuk melakukan zumba.

 

Mulai dari lagu pop ala barat hingga k-pop, semuanya bisa dipilih sesuai keinginan. Biasanya olahraga ini dilakukan bersama-sama agar lebih seru, tetapi tidak apa-apa juga kalau kamu hanya bisa melakukannya sendirian. Buat suasana yang menyenangkan di rumah lalu tonton video zumba dan mulailah berolahraga!

 

6. HIIT 

Kemudian ada juga olahraga intens yang bisa dilakukan tanpa memerlukan alat apa pun, yakni HIIT. Bermodalkan yoga matt maka kamu bisa berolahraga hingga keringat bercucuran. HIIT sendiri merupakan kepanjangan dari High-Intensity Interval Training yang melibatkan gerakan intensif dan pendek dengan istirahat singkat di antara setiap gerakannya.

 

Melakukan HIIT di rumah juga tidak perlu lama-lama Sob. Waktu 10 hingga 15 menit saja sudah bisa membuat kamu terus berkeringat. Melakukan HIIT sebagai permulaan bisa cukup sulit, tetapi kamu bisa merasakan manfaat berolahraga lebih cepat apabila dilakukan dengan konsisten.

 

Namun kamu harus tahu sampai di mana limit tubuh diri sendiri. Jangan memaksakannya apabila tidak kuat agar kamu tidak mengalami cedera berbahaya.

 

Bagaimana Tips Melakukan Olahraga Saat WFH?

Sesungguhnya tidak ada tips khusus untuk melakukan olahraga saat WFH. Kamu hanya perlu memastikan bahwa olahraga tetap dilakukan terlepas sibuknya jadwal pekerjaan yang ada. Namun supaya kamu tidak berhenti di tengah jalan ketika baru memulainya, Torch punya beberapa tips yang bisa dicoba.

 

1. Pilih Olahraga yang Sesuai dengan Kemampuan Tubuh

Setiap orang pastinya memiliki kemampuan tubuh yang berbeda-beda. Jadi kamu tidak bisa menyamakan stamina atau jenis olahraga yang dilakukan. Lebih baik kamu coba semua jenis olahraga yang ada, lalu lihat di mana kemampuan tubuhmu untuk mengatasinya.

 

Hal ini dilakukan agar aktivitas olahraga yang dilakukan dapat memberikan manfaat maksimal sekaligus meminimalkan kejadian cedera berbahaya.

 

2. Lakukan Pemanasan dan Pendinginan

Baik sebelum maupun sesudah olahraga, kamu harus melakukan pemanasan dan pendinginan. Hal ini sangat krusial dilakukan agar otot-otot tubuhmu tidak kaget ketika olahraga dimulai.

 

Aktivitas olahraga yang dimulai pun bisa dilakukan secara efektif untuk meningkatkan fleksibilitas dan kesehatan keseluruhan. Demikian juga berlaku ketika selesai berolahraga, pendinginan akan membantu otot-otot tubuh untuk kembali rileks setelah bergerak dengan intens.

 

3. Lakukan Olahraga dengan Benar

Semua olahraga yang dilakukan dengan benar pasti tidak akan menimbulkan masalah, seperti cedera atau kecelakaan berbahaya lainnya. Namun sebagai seseorang yang baru saja memulai olahraga secara mandiri, kesalahan bisa saja terjadi dan menimbulkan risiko cedera yang besar.

 

Biasanya kamu bisa tahu olahraga yang salah dari rasa sakit yang ditimbulkan. Apabila melakukannya membuat beberapa bagian tubuhmu nyeri luar biasa maka kemungkinan besar ada gerakan yang tidak tepat dilakukan. Jadi pastikan kamu memperhatikan apakah olahraga yang dilakukan sudah benar atau belum untuk menghindari semua kejadian buruk.

 

4. Tetap Teratur dan Konsisten

Mulai melakukan olahraga selalu jadi hal yang mudah dilakukan. Namun melakukannya dengan teratur dan konsisten memerlukan usaha serta tekad yang bulat. Kedua aspek ini sangat penting agar kamu bisa merasakan manfaat dari olahraga secara maksimal.

 

Bila diperlukan, kamu bisa membuat jadwal berolahraga untuk mengingat sekaligus mengusahakannya di tengah-tengah kesibukan bekerja.

 

5. Cari Teman Olahraga

Melakukan olahraga sendiri memang sah-sah saja. Namun biasanya kamu akan langsung menyerah ketika bertemu dalam keadaan sibuk dan kelelahan. Pada akhirnya habit olahraga yang sudah dibangun kembali runtuh.

 

Ketika kamu memiliki teman untuk berolahraga maka semangat dan motivasi yang padam bisa bangkit kembali. Kamu dan teman bisa saling menyemangati ketika ada yang mulai malas. Kamu bahkan bisa juga bergabung dengan kelompok olahraga yang tersedia untuk membuat aktivitas ini jadi lebih seru.

 

6. Tetap Terhidrasi

Aktivitas olahraga yang dilakukan biasanya akan membuat tubuh kamu kekurangan cairan. Jangan terlampau panik karena hal ini sangat wajar terjadi. Namun kamu perlu memastikan untuk minum air yang cukup selama dan setelah berolahraga.

 

Hal ini akan membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan membantu pemulihan otot setelah aktivitas olahraga dilakukan.

 

7. Konsultasikan dengan Dokter jika Diperlukan

Jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu atau baru memulai program olahraga, konsultasikanlah dengan dokter sebelum memulainya. Hal ini dapat membantu memastikan olahraga yang dilakukan aman dan sesuai dengan kondisi tubuh kamu saat ini.

 

Itu dia macam-macam olahraga yang bisa kamu lakukan selama WFH. Ingat bahwa berolahraga tidak harus selalu monoton dan membosankan karena kamu punya banyak pilihan olahraga yang bisa dilakukan. Jangan ragu untuk mengajak teman atau bergabung dalam komunitas kalau kamu memang membutuhkannya.

 

Ketika kamu mulai konsisten untuk terus berolahraga maka rasa percaya diri juga pasti akan meningkat. Kamu pun jadi bisa menggunakan baju apa pun tanpa rasa malu. Baju-baju keren di Torch seperti Namjoon Oversized Tshirt - Cactus Green, Junwook Long Sleeve - Black, Kemeja Jaket Jiseok - Yellow, dan Mujin Gamer Jacket - Navy pasti membuat kamu tampil makin percaya diri dari sebelumnya.

 

Coba temukan apparel lainnya yang keren dan berkualitas hanya di Official Store Torch sekarang!

Back to blog

Leave a comment