WAIST BAG

TRAVEL POUCH

BACKPACK

LIGHT TRAVEL BACKPACK

TRAVEL BACKPACK

PACKING ORGANIZER

OFFICE SERIES

OFFICE TOTEBAG

OFFICE SLEEVE

CASUAL CAMPING

UMBRELLA

GLASSES

MULTIFUNCTIONAL TOOLS

ARRAFA SANDAL

JACKET

T-SHIRT

PANT

SHIRT

OUTERWEAR

NECK WALLET

KEYCHAIN

WALLET

KONFIRMASI PEMBAYARAN

#TORCHSTORY

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

Marvel Black Panther

This section doesn’t currently include any content. Add content to this section using the sidebar.

Image caption appears here

Add your deal, information or promotional text

7 Jenis-Jenis Makanan Hiking yang Praktis dan Mudah Dibawa


makanan hiking

Hiking termasuk salah satu kegiatan yang menguras banyak energi. Sebab itu, Sobat Torch perlu membawa perbekalan yang bergizi, namun tetap praktis untuk dibawa dan mudah dihidangkan. Pendakian juga akan lebih ringan jika makanan hiking yang dibawa tidak begitu makan tempat ketika disimpan di tas.


Berbicara soal perbekalan naik gunung, makanan praktis yang terlintas di pikiran banyak orang adalah makanan instan yang identik dengan mie. Makanan praktis untuk dibawa hiking bukan cuma mie instan ya Sob. Ada beberapa makanan bergizi lainnya yang bisa kamu bawa dengan praktis saat naik gunung. Apa saja itu? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.


Apa itu Kegiatan Hiking?


Hiking yaitu kegiatan outdoor untuk menjelajahi alam bebas sambil berolahraga. Orang yang melakukan hiking kebanyakan memilih lokasi dengan pemandangan yang indah dan menyusuri jalur yang mudah untuk dilalui. Jalur tersebut biasanya sudah disediakan tempat untuk istirahat, papan penunjuk jalan, dan lainnya.


Durasi hiking umumnya berlangsung kurang dari 1 hari, yaitu antara 2 sampai 8 jam. Namun ada juga yang melakukannya selama 2 hari 1 malam. Hiking juga tidak hanya dilakukan di gunung, bisa juga di cagar alam. Saat hendak melakukan hiking, hal-hal yang perlu kamu persiapkan lebih simpel, lantaran rute pendakian sudah ditandai dengan jelas untuk diikuti. 


Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan untuk Melakukan Hiking?


Bagi Sobat Torch yang baru pertama kali naik gunung, kamu perlu mempersiapkan berbagai keperluan hiking minimal 7 hari sebelum keberangkatan. Nah, apa saja yang perlu kamu persiapkan akan diuraikan lebih lanjut di bawah ini.


1. Sepatu Hiking


Sebelum mendaki gunung, pastikan kamu memiliki sepatu khusus untuk hiking bukan sepatu biasa. Sepatu hiking memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki sepatu biasa dan akan membuat perjalanan kamu makin lancar. Salah satu kelebihan sepatu hiking ini yaitu punya daya cengkeram yang tinggi, tahan terhadap berbagai cuaca, dan dapat melindungi kaki kamu secara maksimal.


2. Tas Gunung


Tas gunung termasuk peralatan wajib yang dimiliki untuk hiking. Sobat Torch bisa pilih tas gunung yang tahan air, ergonomis, dan bisa muat banyak barang. Torch menyediakan backpack yang bisa kamu gunakan untuk kegiatan hiking, yaitu Kanzaki 30 Liter.


Backpack dengan volume 30 liter ini ringan dan memiliki desain yang inovatif dan elegan. Backpack ini bisa muat banyak barang yang cukup untuk 4 - 5 hari. Jadi, cocok digunakan untuk rencana kegiatan hiking kamu saat ini.


3. Makanan dan Air Minum Cadangan


Upayakan untuk membawa perbekalan makan dan minum lebih dari cukup. Mengingat mendaki gunung bukan hal yang mudah dan tentu saja memerlukan banyak air agar kamu tidak dehidrasi. Meskipun alam menyediakan banyak air, namun akan lebih baik kalau kamu bawa cadangan air minum sendiri ya.


Begitu pun dengan makanan, disarankan untuk membawa makanan tambahan untuk satu hari. Jika kamu mendaki gunung selama 2 hari, maka kamu harus membawa makanan untuk 3 hari. Lebih baik lagi jika kamu membawa makanan praktis dan mudah diolah.


4. Bawa Jas Hujan


Penting ya Sob untuk bawa jas hujan saat akan naik gunung. Jas hujan tidak hanya berguna untuk melindungi tubuh dari air hujan, tetapi juga untuk menahan hembusan angin gunung yang dingin. Jas hujan yang kamu bawa bisa berbentuk ponco atau jas yang lengkap dengan bagian celananya.


5. Perlengkapan Serba Guna


Berbagai perlengkapan serbaguna seperti pisau lipat, korek api, dan senter penting kamu bawa juga ya Sob. Pisau lipat yang multifungsi ini bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan, misalnya untuk memotong bahan makanan. Begitu pun dengan korek api yang bisa digunakan juga untuk menyalakan kompor dan api unggun jika kamu bermalam.



Jenis-Jenis Makanan Hiking yang Praktis dan Mudah Dibawa


Ada berbagai jenis makanan hiking yang praktis dan bergizi yang bisa kamu bawa dengan mudah dan tidak memakan tempat. Jenis-jenis makanan ini akan mengembalikan energi kamu untuk melanjutkan perjalanan. Berikut ini jenis-jenis makanan hiking tersebut ya Sob.


1. Oatmeal


Oatmeal termasuk salah satu jenis makanan praktis dan bergizi yang mudah untuk disiapkan saat naik gunung. Kemasan oatmeal ini cukup beragam, namun kamu bisa memilih jenis sereal sachet yang lebih ringkas. Oatmeal memiliki kandungan gizi seperti vitamin B kompleks dan serat pangan yang baik untuk pencernaan dan kesehatan jantung. Sobat Torch bisa menyajikan oatmeal dengan tambahan topping seperti kismis, kurma, dan keju.


2. Sarden atau Tuna Kaleng Berbumbu


Makanan instan lain yang mudah diolah dan praktis saat naik gunung yaitu sarden atau tuna kaleng yang sudah dibumbui. Kamu hanya perlu memanaskannya dan memasukkan beberapa bumbu tambahan seperti cabai, tomat, dan bawang sesuai selera. Sebagai pendamping, kamu bisa memasak nasi atau membawa lontong dan singkong dari rumah.


3. Roti Gandum


Roti gandum terbuat dari biji gandum utuh dengan tekstur roti yang lebih kasar dan lebih tawar. Roti gandum sangat tinggi protein, serat, antioksidan, magnesium, zat besi, vitamin B, dan karbohidrat. Kandungan karbohidrat dan protein tinggi sangat berguna sebagai sumber energi untuk pendaki.


Kandungan serat yang tinggi juga akan menjaga kekenyangan perut selama pendakian, sehingga kamu tidak akan mudah lapar. Jika kurang menyukai roti gandum, kamu juga bisa membawa roti tawar atau roti basah lainnya.


4. Cereal Bar


Jenis makanan hiking satu ini sangat praktis untuk kamu bawa saat pendakian. Pada setiap 1 bungkus cereal bar biasanya terkandung kurang lebih 170 kalori. Tentunya sangat baik untuk memulihkan energi dan mengembalikan tenaga kamu Sob. Cereal bar ini cukup mengenyangkan, sehingga membuat kamu tidak mudah lapar.


5. Bubur Ayam Instan


Bubur ayam instan yang saat ini dikemas dengan lebih praktis bisa kamu bawa juga nih Sob untuk mengembalikan tenaga saat pendakian. Cara menyiapkannya pun sangat mudah, kamu hanya perlu mencampurnya dengan air panas dan mengaduknya hingga kental. Dibandingkan dengan mie instan, bubur ayam instan lebih direkomendasikan.


6. Sosis, Nugget atau Tempura


Sosis daging memiliki beberapa kandungan seperti vitamin B12, protein, dan zat besi yang cukup tinggi. Sosis ini bisa kamu olah dengan berbagai cara, seperti digoreng, dibakar, dan dinikmati secara langsung. Bisa juga dijadikan pendamping nasi dan roti, kamu hanya perlu menambahkan mayonaise untuk penambah rasa. Jika kamu kurang suka sosis, bisa menggantinya dengan nugget atau tempura.


7. Kurma, Madu, dan Cokelat


Ketiga jenis makanan ini dapat memulihkan stamina dan mengembalikan energi dengan segera saat sedang mendaki gunung. Cokelat mengandung 170 kalori dan madu mengandung 64 kalori. Ketiga makanan ini dapat dengan mudah kamu temukan, seperti kurma dalam bentuk cair dan madu dengan kemasan botol plastik. Tetapi ingat ya Sob, jangan sampai kamu meninggalkan sampah di gunung.


Selain rekomendasi makanan hiking di atas, kamu juga bisa membawa telur rebus dan wedang jahe untuk menghangatkan tubuh jika kamu bermalam. Nah, berbagai jenis makanan ini bisa kamu bawa menggunakan Shiroi Foldable Bag 19 + 2 Liter sebagai tas ekstra atau alternatif saat naik gunung.


Uniknya, tas ini bisa dilipat saat tidak digunakan. Jadi, jika makanan cadangan yang kamu bawa sudah habis, kamu bisa melipat tas tersebut, sehingga lebih praktis. Jadi, tunggu apalagi? Segera miliki tas unik tersebut hanya di Torchya Sob!

Mengenal Apa Itu Survival dan Apa Manfaatnya Melakukan Latihan Survival
Mengenal Apa Itu Survival dan Apa Manfaatnya Melakukan Latihan Survival...
Jangan Terlewat! 5 Perlengkapan Anak Motor yang Wajib Dimiliki untuk Riding
Jangan Terlewat! 5 Perlengkapan Anak Motor yang Wajib Dimiliki untuk...
Catat! Ini Dia Persiapan Touring Motor Jarak Jauh yang Harus Kamu Perhatikan
Catat! Ini Dia Persiapan Touring Motor Jarak Jauh yang Harus Kamu...

Cari