BEST SELLER

WAIST BAG

TRAVEL POUCH

BACKPACK

LIGHT TRAVEL BACKPACK

TRAVEL BACKPACK

PACKING ORGANIZER

OFFICE SERIES

OFFICE TOTEBAG

OFFICE SLEEVE

CASUAL CAMPING

UMBRELLA

GLASSES

MULTIFUNCTIONAL TOOLS

ARRAFA SANDAL

JACKET

T-SHIRT

PANT

SHIRT

OUTERWEAR

NECK WALLET

KEYCHAIN

WALLET

KONFIRMASI PEMBAYARAN

#TORCHSTORY

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

Marvel Black Panther

This section doesn’t currently include any content. Add content to this section using the sidebar.

Image caption appears here

Add your deal, information or promotional text

Hobi Riding? Ini Dia 4 Manfaat Sunmori untuk Kesehatan Tubuh 

tour guide adalah

Sobat Torch anak motor? Kalau begitu, pasti sudah tau dong apa saja manfaat Sunmori? Salah satunya bisa menjadi sarana untuk menghilangkan stres setelah lima hari berkutat dengan berbagai pekerjaan.


Aktivitas Sunmori biasanya dilakukan pada Minggu pagi bersama sekumpulan komunitas motor sambil mengelilingi kota. Untuk manfaatnya sendiri tidak hanya untuk healing, tetapi ada manfaat lain yang bisa Sobat Torch rasakan. Apa saja itu? Simak di bawah ini ya Sob.

Apa Itu Sunmori?


Sunmori merupakan singkatan dari Sunday Morning Ride, yaitu mengendarai motor pada Minggu pagi. Kegiatan ini biasanya dilakukan bersama komunitas pecinta motor sambil mengelilingi kota. Pesertanya sendiri beragam, mulai dari kalangan artis, mahasiswa, karyawan, hingga komunitas pecinta motor lain.


Kegiatan Sunmori tidak hanya mengelilingi kota tanpa maksud, tetapi menjadi ajang silaturahmi juga antar sesama komunitas. Sebelum memulai riding, biasanya peserta Sunmori akan berkumpul di salah satu tempat yang telah ditentukan oleh pemimpinnya. Setelah semuanya berkumpul, peserta akan mengelilingi kota dengan rute dan jarak tempuh yang telah ditentukan.


Apa Saja Manfaat Sunmori?


Layaknya mengendarai motor, Sunmori memberikan manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Apalagi kegiatan riding yang dilakukan bagian dari menyalurkan hobi serta dilakukan pada pagi hari. Apa saja manfaat Sunmori? Mari simak uraian lengkapnya di bawah ini.


1. Menurunkan Tingkat Stres


Faktanya, mengendarai motor pada pagi hari ini dapat membantu menurunkan tingkat stres. Apalagi kalau Sobat Torch berstatus sebagai karyawan yang punya banyak deadline pekerjaan yang begitu ketat pada lima hari sebelumnya.


Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan Mark Barnes, seorang motorcycling clinic psychologist. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa, seseorang yang mengendarai motor dapat menurunkan tingkat stres hingga 28%. Ini dapat terjadi karena saat berkendara, tubuh mengeluarkan hormon endorfin.


2. Membakar Kalori


Menurut sebuah penelitian yang pernah dilakukan, menunjukkan bahwa mengendarai motor dapat membakar kalori sebanyak 2.000 - 3.000 kalori setiap harinya. Tubuh kamu perlu bergerak menjaga keseimbangan motor, secara tidak sadar hal ini bisa membantu untuk membakar kalori.


Selain itu, Sobat Torch memerlukan konsentrasi tingkat tinggi supaya aman dan nyaman saat mengendarai motor. Nah, tubuh yang bergerak dan konsentrasi yang tinggi ini yang akan membakar kalori dalam tubuh selama Sobat Torch mengendarai motor.



3. Waktu Bersosialisasi


Sunmori tidak hanya menjadi ajang mengendarai motor untuk keliling kota saja, tetapi juga menjadi ruang untuk bersilaturahmi dan bersosialisasi. Apalagi setelah dua tahun ke belakang, sosialisasi dilakukan secara daring. Melalui kegiatan Sunmori, Sobat Torch dapat mengasah kembali kemampuan bersosialisasi ini secara langsung.


Bagaimana Tips Aman Melakukan Sunmori?


Setelah mengetahui apa saja manfaat Sumori, selanjutnya Sobat Torch perlu memahami tips aman saat akan melakukan Sunmori. Mulai dari memastikan motor yang akan digunakan dalam kondisi prima hingga menggunakan safety gear yang lengkap. Perhatikan tips aman berikut ini.


1. Pastikan Motor Siap Digunakan


Sehari sebelum berangkat Sunmori, ada baiknya Sobat Torch mengecek ulang kondisi motor untuk memastikan semua komponen berfungsi dengan baik. Mulai dari kondisi mesin, ban, hingga bahan bakar yang harus diisi dengan penuh. Bahkan akan lebih baik kalau Sobat Torch melakukan servis motor terlebih dahulu, supaya lebih aman selama perjalanan.


2. Gunakan Safety Gear yang Lengkap


Pastikan Sobat Torch menggunakan perlengkapan Sunmori dengan lengkap, seperti helm yang berstandar nasional, jaket tahan angin, sepatu yang menutupi jari kaki, hingga backpack untuk membawa barang-barang penting.


Jika perlu, Sobat Torch bisa melengkapinya dengan berbagai aksesoris supaya tampak lebih keren, seperti kacamata hitam, sarung tangan, pelindung lutut, dan berbagai aksesoris lainnya yang dapat melindungi tubuh dari kecelakaan.



3. Pahami Seluruh Peraturan Lalu Lintas


Sebagai pemilik kendaraan, sudah seharusnya kamu memahami seluruh peraturan lalu lintas. Mengingat pengguna jalan raya saat Sunmori tidak hanya kamu dan rombongan komunitas lainnya. Tetapi, ada juga pengguna jalan lain yang melintasi jalan tersebut. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu mematuhi setiap plang lalu lintas yang ditemukan di jalan raya demi keselamatan bersama.


4. Pastikan Kondisi Tubuh Sehat


Sebelum Sunmori, sebaiknya tidak hanya memastikan kondisi motor yang siap digunakan. Namun, tubuh kamu juga harus dalam keadaan sehat. Ada baiknya rutin mengonsumsi vitamin untuk menjaga kekebalan tubuh. Juga, rajin makan buah dan sayur supaya saat Sunmori terhindar dari sakit. Alhasil, kamu bisa mengelilingi kota pada Minggu dengan aman.



Dimana Saja Rekomendasi Rute Sunmori?


Biasanya, Sunmori dilakukan dengan mengelilingi kota atau menikmati keindahan alam di pinggiran kota sambil menikmati kuliner khas yang disajikan. Nah, Sobat Torch bisa melakukan kedua hal tersebut dengan melakukan Sunmori di Jakarta atau Bandung. Berikut rekomendasi rute Sunmori yang dapat kamu coba.


1. Kawasan Bandung Selatan


Kawasan Bandung Selatan seperti Ciwidey dan Pangalengan kerap menjadi rute favorit para pengendara motor. Untuk sampai ke kawasan ini, Sobat Torch bisa memulai perjalanan dari arah kota Bandung, lalu ke Ciwidey. Jangan lupa untuk mengenakan jaket tahan angin dan sarung tangan tebal, karena kawasan ini cukup dingin.


2. Kawasan Bandung Utara


Bagi Sobat Torch yang mencari suasana hening dan dingin ala pedesaan, melakukan kegiatan Sunmori dengan rute ke kawasan Bandung Utara bisa menjadi pilihan. Kamu bisa melewati jalanan Ciumbuleuit hingga Lembang, lalu menikmati pemandangan di sana. Sama seperti di kawasan Bandung Selatan, gunakan jaket tahan angin supaya kamu tidak terlalu merasa dingin saat sampai di kawasan ini.


3. Jakarta Selatan


Sobat Torch yang tinggal di Jakarta, kamu bisa melakukan Sunmori di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan. Sobat Torch bisa memulai perjalanan dari Bintaro Xchange, lanjut ke arah Boulevard Bintaro Jaya, kemudian mengarah ke Graha Bintaro via Sekolah Jepang. Selama perjalanan, kamu bisa menemukan berbagai aneka kuliner untuk sarapan.


Apa Perbedaan Sunmori dan Night Ride?


Perbedaan yang paling mencolok antara Sunmori dan Night Ride yaitu waktu pelaksanaannya. Jika Sunmori dilakukan pada pagi hari, maka Night Ride adalah mengendarai motor pada malam hari. Saat Night Ride, Sobat Torch memiliki kesempatan untuk menikmati pemandangan malam kota dan jalanan yang lebih kosong.


Manfaat Sunmori dan Night Ride hampir sama, terutama dapat menurunkan tingkat stres. Saat melakukan Sunmori maupun Night Ride, pastikan Sobat Torch menggunakan safety gear yang lengkap, termasuk menggunakan Incheon Neck Wallet untuk menyimpan ponsel, uang kertas, dan kartu-kartu untuk kamu yang cashless.


Terbuat dari material poly elable yang sudah teruji kuat, lentur, dan tahan air. Dilengkapi dengan resleting yang juga tahan air. Selain itu, terdapat saku pada bagian depannya yang dapat digunakan untuk menyimpan barang kecil seperti karcis parkir.


Pemakaian neck wallet bisa dikalungkan di leher, di slempangkan, juga digunakan di pinggang seperti waist bag. Efisien bukan? Miliki neck wallet dari Torch sekarang juga dengan mengunjungi situs resminya secara langsung!


Cari