BEST SELLER

WAIST BAG

TRAVEL POUCH

BACKPACK

LIGHT TRAVEL BACKPACK

TRAVEL BACKPACK

PACKING ORGANIZER

OFFICE SERIES

OFFICE TOTEBAG

OFFICE SLEEVE

CASUAL CAMPING

UMBRELLA

GLASSES

MULTIFUNCTIONAL TOOLS

ARRAFA SANDAL

JACKET

T-SHIRT

PANT

SHIRT

OUTERWEAR

NECK WALLET

KEYCHAIN

WALLET

KONFIRMASI PEMBAYARAN

#TORCHSTORY

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

This section doesn’t currently include any content. Add content to this section using the sidebar.

Image caption appears here

Add your deal, information or promotional text

Kenali Jenis-jenis Bahan Kain yang Nyaman Digunakan

Sobat Torch pasti memiliki pakaian dengan berbagai macam model. Jika Sobat Torch perhatikan secara saksama maka pakaian tersebut terbuat dari jenis-jenis bahan kain yang berbeda. Pernahkah Sobat Torch mendengar jenis kain bernamaSuede, Velvet, Sifon, Rajut, atau Katun? 

Nama-nama kain tersebut hanyalah beberapa dari banyaknya jenis yang digunakan untuk membuat pakaian. Sebelum akhirnya menjadi suatu pakaian jadi siap pakai ada begitu banyak proses yang harus dilalui. Mulai dari desain, pemilihan bahan, sampai proses pembuatannya. 

Jadi pakaian yang Sobat Torch pakai memerlukan waktu produksi yang tidak sebentar. Penasaran dengan kain-kain yang digunakan untuk membuat pakaian Sob? Yuk baca informasi selengkapnya di bawah ini. 

Mengapa Harus Memperhitungkan Jenis Bahan Kain yang akan Digunakan?

Setiap jenis kain memiliki karakternya masing-masing. Ada yang mudah menyusut, ada yang perlu dibersihkan secara khusus, dan masih banyak lagi. Karakteristik inilah yang perlu diperhitungkan baik-baik dalam setiap pembuatan pakaian. 

Ada berbagai alasan lain mengapa jenis kain yang akan digunakan perlu diperhitungkan. Baca informasinya berikut ini ya Sob. 

1. Menghindari Penyusutan

Penjahit perlu memperhitungkan bahan kain yang digunakan karena kain dapat mengalami proses penyusutan. Proses penyusutan ini terjadi akibat kain yang terendam air atau dicuci layaknya pakaian yang digunakan sehari-hari. 

Setiap penjahit seharusnya sudah tahu jenis kain apa saja yang mengalami penyusutan sehingga perhitungan khusus pasti akan dilakukan sebelum mulai memotong dan menjahit. 

Supaya tidak kebingungan atau tidak salah dalam membuat ukuran maka ada baiknya kain disusutkan secara keseluruhan agar perhitungan menjadi jauh lebih mudah. Sobat Torch jadi tidak perlu mengira-ngira ukuran yang harus dibuat. 

Baca Juga: 3 Tujuan Kopdar yang Sudah Lama Menjadi Tren

2. Menghindari Ketidaksesuaian 

Perhitungan juga perlu dilakukan untuk menghindari ketidaksesuaian yang dapat terjadi. Bayangkan jika Sobat Torch memesan baju dengan desain tertentu namun tidak memperhitungkan jenis kainnya, pasti hasilnya tidak sesuai dengan keinginan awal, bukan? 

Hal seperti inilah yang berusaha dihindari. Jadi perhitungan sangat penting dilakukan sebelum membuat pakaian. 

 

jenis bahan kain

 

Bagaimana Cara Menentukan Jenis Bahan Kain yang akan Digunakan?

Supaya pakaian sesuai dengan desain dan keinginan awal maka Sobat Torch perlu memilih jenis kain yang cocok untuk digunakan. Cara memilihnya bukan hanya berdasarkan harga dan kualitas. Pemilihan bergantung pada tujuan pakaian tersebut dibuat. 

Apakah untuk digunakan berolahraga atau aktivitas dalam ruangan. Torch punya beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menentukan jenis bahan kain yang tepat. Perhatikan penjelasannya berikut ini ya Sob. 

1. Nyaman di Kulit

Cara paling mudah untuk menentukan kain yang tepat ialah dengan merasakannya di tangan. Apakah kain tersebut lembut dan nyaman di kulit? Cobalah menyentuh bahan kain yang ada dan bandingkan kenyamanannya. Setiap jenis kain memiliki serat yang berbeda-beda dan hal inilah yang menentukan kenyamanannya ketika digunakan. 

2. Memberikan Sirkulasi Udara yang Baik

Baju Sobat Torch pasti ada yang dapat menyerap keringat tetapi ada juga yang tidak. Nah kain yang tepat biasanya memiliki kemampuan untuk menyerap keringat dan memberikan jalan bagi udara untuk masuk. 

Kain yang memiliki kemampuan ini sangat nyaman untuk digunakan dalam berbagai aktivitas. Ketika hawa ruangan sangat panas karena sinar matahari, jenis kain seperti ini tidak akan membuat Anda berkeringat karena udara masih dapat masuk untuk memberikan kesejukan.

3. Cari Tahu Fungsi Jenis Kainnya

Jenis kain yang tepat juga dapat dipilih dari fungsinya. Ada kain yang berfungsi sebagai dekorasi, tetapi ada juga yang digunakan khusus untuk membuat tas atau pakaian. Penggunaan kain yang sesuai dengan tujuannya pasti akan menghasilkan produk berkualitas yang diminati banyak orang. 

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Riding Motor yang Sedang Tren Saat Ini

4. Pelajari Karakteristiknya

Selanjutnya Sobat Torch perlu mempelajari karakteristik yang dimiliki oleh berbagai jenis kain. Sebagai contoh, Sobat Torch bisa memilih berdasarkan tekstur, ketebalan, dan daya tahannya.

Jenis-Jenis Bahan Kain

Untuk memberikan gambaran cara memilih yang tepat, Torch telah mengumpulkan informasi karakteristik berbagai jenis kain. Perlu diketahui bahwa jenis kain yang ada di dunia saat ini ada lebih dari puluhan. 

Jenis kain yang dijelaskan di bawah ini hanyalah sebagian kecil dari banyaknya jenis kain yang ada. Kalau begitu tanpa berpanjang lebar lagi mari simak selengkapnya berikut ini. 

1. Bahan Linen

Bahan linen memiliki tekstur kain yang kaku dan seratnya pasti dapat Sobat Torch lihat dengan jelas. Bahannya cukup nyaman untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Linen bahkan lebih halus daripada bahan katun. Bahan linen juga dikenal dengan kualitasnya yang bagus sehingga tidak heran kalau harga jualnya sangat tinggi. 

2. Bahan Kulit

Bahan kulit tentunya sudah tidak asing lagi bagi Sobat Torch. Bahan satu ini jarang digunakan untuk membuat pakaian sehari-hari tetapi cenderung dibuat jaket. Bahannya terbilang cukup kaku tetapi memiliki penampilan yang mewah danclassy

3. BahanPolyester

Bahanpolyestermemiliki tekstur yang agak kasar dan lebih tebal dari jenis kain pada umumnya. Perawatan kain satu ini tidak sulit karena bisa dicuci dengan mesin cuci. Sobat Torch juga tidak perlu repot-repot menyetrika karena kainpolyestertidak mudah kusut. 

Baca Juga: Ketahui 7 Tips Perjalanan Jauh Menggunakan Mobil Sebelum Kamu Pergi!

4. Bahan Katun

Bahan katun menjadi pilihan utama ketika mencari kain yang dapat menyerap keringat danbreathable. Teksturnya cukup halus serta terbuat dari serat kapas. Kualitasnya juga sangat baik karena serat bahan katun tidak mudah terpisah alias kuat digunakan. 

5. BahanLycra

Bahanlycramemiliki karakteristik yang tidak kalah unik yaitu elastisitasnya yang sangat tinggi. Karakteristiknya membuat penggunaan bahan lycra sangat cocok untuk pakaian olahraga. 

6. Bahan Sifon

Mencari bahan yang halus, mengilap dan terlihat mewah? Sobat Torch bisa memilih bahan sifon sebagai kain utama dari pakaian yang ingin dibuat. Bahan sifon terbuat dari beberapa jenis kain sekaligus, yakni nilon, katun, sutra, rayon, danpolyester.

Demikian informasi mengenai jenis-jenis bahan kain yang umumnya digunakan untuk membuat pakaian. Torch juga punya produk pakaian atauapparelyang mampu melengkapi penampilan kamu menjadi lebih keren. 

Contohnya seperti  Minwoo Packable Jacket,  Chulmoo Packable Jacket, dan  Jongdae Packable Jacket. Ketiganya menggunakan bahanpolyesteryang dikenal ringan sertabreathable. Keunikan dari jaket ini adalah sangat mudah dilipat dan disimpan. Sobat Torch bisa melipatnya menjadi kecil hingga seukuran telapak tangan. 

Penggunaan Minwoo Packable Jacket, Chulmoo Packable Jacket, dan Jongdae Packable Jacket sangat cocok untukhangoutataupuntraveling. Kamu pasti akan terlihat keren dan bergaya dengan jaket dari Torch. Jadi tunggu apalagi? Pesanpackable jacket sekarang juga di  official website Torch  sebelum kehabisan!

Cari