Mendaki Gunung Prau via Wates Berapa Jam? Ini Waktu yang Kamu perlukan

Mendaki Gunung Prau via Wates Berapa Jam? Ini Waktu yang Kamu perlukan

Sobat Torch sedang merencanakan naik Gunung Prau melalui jalur Wates? Mungkin akan muncul satu pertanyaan dalam pikiran kamu, yaitu mendaki Gunung Prau via Wates berapa jam ya? Nah, untuk mencari jawabannya, kamu perlu menyimak artikel ini hingga akhir. Kamu juga akan mendapatkan informasi penting lainnya tentang Gunung Prau yang tentunya sangat bermanfaat. Yuk langsung simak saja uraian lengkap di bawah ini. 

 

Apa Itu Gunung Prau?

apa itu gunung prau

 

Gunung Prau merupakan gunung yang terletak di Jawa Tengah, lebih tepatnya di wilayah Kabupaten Wonosobo. Gunung yang memiliki ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut ini terkenal dengan pemandangan matahari terbit dan kabut yang indah di puncaknya.

 

Untuk mencapai puncak Gunung Prau, terdapat beberapa jalur pendakian yang dapat dipilih, salah satunya melalui jalur Wates. Selain pemandangan yang indah, pendakian ke Gunung Prau via Wates juga terbilang cukup mudah, karena jalurnya yang sudah cukup teratur.

 

Namun, Sobat Torch tetap perlu memperhatikan kondisi fisik dan persiapan yang cukup agar bisa menikmati pendakian ini dengan nyaman. Kamu juga perlu memperhatikan pantangan dan menjaga kebersihan lingkungan agar keindahan alam di gunung Prau tetap terjaga.

 

Bagaimana Cara Transportasi Menuju Gunung Prau?

cara transportasi ke gunung prau

Jalur transportasi yang tersedia menuju Gunung Prau via Wates cukup beragam, tergantung dari preferensi dan budget kamu. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, umum, atau bahkan kereta api. Supaya kamu mendapatkan gambaran yang jelas apa saja transportasi yang tersedia, yuk simak pembahasan berikut ini.

 

1. Kendaraan Pribadi

Jika kamu ingin bepergian dengan kendaraan pribadi, kamu bisa menggunakan mobil atau motor hingga ke basecamp di Desa Cemoro Kandang. Dari Kota Wonosobo, kamu bisa mengikuti jalur utama menuju ke arah timur melalui Jalan Raya Dieng.

 

Setelah melewati Desa Kejajar, kamu akan tiba di pertigaan Desa Cepit dan Desa Cemoro Kandang. Kemudian, ikuti jalan ke kanan hingga sampai di basecamp. Namun, pastikan kendaraan Sobat Torch dalam kondisi yang baik dan perhatikan kondisi jalan yang cukup curam dan berliku.

 

2. Kendaraan Umum

Untuk opsi transportasi umum, kamu bisa memilih bus jurusan Purwokerto atau Wonosobo yang beroperasi di sepanjang jalan raya. Setelah turun di Terminal Wonosobo, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau angkutan umum yang tersedia di sekitar terminal.

 

Kamu bisa menanyakan rute dan harga angkutan umum tersebut pada pengemudi atau penjaga loket. Setelah sampai di basecamp, kamu bisa memulai pendakian dengan mengikuti jalur Wates.

 

3. Kereta Api

Apabila Sobat Torch ingin mencoba opsi transportasi yang berbeda, kamu bisa menggunakan kereta api hingga stasiun Dieng dan melanjutkan perjalanan dengan ojek atau angkutan umum. Stasiun Dieng berada di jalur kereta api Prambanan Ekspres yang menghubungkan stasiun Lempuyangan di Kota Yogyakarta dengan stasiun Purwokerto.

 

Setelah turun di stasiun Dieng, kamu bisa mencari ojek atau angkutan umum yang tersedia di sekitar stasiun untuk melanjutkan perjalanan ke basecamp. Jangan lupa untuk memperhatikan barang bawaan kamu, jangan sampai tertinggal di stasiun ya Sob. 

 

4. Travel

Opsi transportasi yang terakhir dengan menggunakan travel atau shuttle yang tersedia di beberapa kota seperti Yogyakarta, Semarang, atau Jakarta yang langsung menuju ke basecamp.

 

Harga tiket travel biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan opsi transportasi umum lainnya, namun kamu akan mendapatkan kenyamanan dan kepraktisan selama perjalanan. Kamu bisa mencari informasi mengenai travel tersebut pada agen perjalanan atau di media sosial.

Berapa Jam yang Dibutuhkan untuk Mendaki Gunung Prau via Wates?

Berapa Jam yang Dibutuhkan untuk Mendaki Gunung Prau via Wates

 

Jalur pendakian Gunung Prau via Wates memiliki jarak tempuh sekitar 9 kilometer dari basecamp. Biasanya, pendaki akan memulai pendakian di malam hari agar bisa menikmati pemandangan matahari terbit di puncak.

 

Untuk mendapat jawaban dari pertanyaan Prau via Wates berapa jam, yaitu tergantung dengan kondisi fisik kamu. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mendaki Gunung Prau via Wates tergantung kecepatan kamu mendaki. Namun, rata-rata waktu yang dibutuhkan sekitar 4-6 jam untuk mencapai puncak dari basecamp.

 

Jika kamu memiliki kondisi fisik yang baik dan sudah terbiasa mendaki gunung, maka waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak bisa lebih cepat. Namun, jika kamu belum terbiasa atau memiliki kondisi fisik yang kurang prima, waktu yang dibutuhkan mungkin akan lebih lama. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum mendaki gunung.

 

Apa Saja Pantangan saat Mendaki Gunung Prau?

pantangan mendaki gunung prau

Memiliki kesadaran lingkungan yang tinggi merupakan suatu bentuk tanggung jawab terhadap alam. Saat kamu melakukan pendakian di Gunung Prau, kamu perlu memperhatikan beberapa pantangan yang berlaku untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar. Apa saja pantangan tersebut? Mari simak selengkapnya di bawah ini.

 

1. Hindari Merokok

Merokok saat mendaki tidak hanya merugikan diri sendiri, tetapi juga merugikan orang lain. Sisa rokok juga dapat mengotori lingkungan dan dapat memicu terjadinya kebakaran hutan jika tidak dibuang dengan benar. Upayakan kamu tidak merokok selama perjalanan menuju ke puncak Gunung Prau. Hormati juga orang lain yang tidak merokok di sekitar kamu ya Sob.

 

2. Hindari Mengambil Flora dan Fauna

Kemudian, hindari juga mengambil atau merusak flora dan fauna di sekitar Gunung Prau. Flora dan fauna merupakan bagian dari ekosistem di gunung tersebut, dan sebagai pendaki, Sobat Torch harus memahami pentingnya menjaga kelestarian alam dan keberlangsungan hidup flora dan fauna yang ada di sekitar gunung. Jangan merusak atau mengambil apa pun dari alam yang tidak kamu ketahui pengaruhnya terhadap ekosistem alam.

 

3. Jangan Membuang Sampah Sembarangan

Upayakan untuk tidak membuang sampah sembarangan di sekitar Gunung Prau. Sampah yang dibuang sembarangan dapat merusak lingkungan sekitar dan memengaruhi keindahan alam di gunung tersebut. Sebaiknya bawa kantong plastik atau wadah lainnya untuk membawa kembali sampah yang kamu hasilkan saat mendaki gunung. 

 

4. Tidak Memotong Pohon atau Membuat Api di Lokasi Tertentu

Pantangan berikutnya yaitu tidak memotong pohon atau membuat api di lokasi yang tidak diperbolehkan. Pohon dan api adalah unsur penting dalam menjaga keseimbangan alam di Gunung Prau. Dalam hal ini, Sobat Torch harus menghormati peraturan yang berlaku dan menjaga kelestarian alam agar bisa dinikmati oleh generasi selanjutnya.

 

5. Patuhi Semua Peraturan

Patuhi semua peraturan yang berlaku di Gunung Prau. Peraturan tersebut tidak hanya berkaitan dengan hal-hal yang telah disebutkan di atas, tetapi juga berkaitan dengan keselamatan saat mendaki dan menjaga keseimbangan alam. Sebagai pendaki, kamu harus menghormati peraturan dan mematuhi aturan yang berlaku untuk menjaga keselamatan dan kelestarian alam di Gunung Prau.

 

Apa Saja Perlengkapan yang Harus Disiapkan untuk Mendaki Gunung?

perlengkapan mendaki gunung

 

Saat hendak mendaki Gunung Prau, persiapan yang matang harus dilakukan. Selain memperhatikan pantangan dan rute pendakian, persiapan perlengkapan juga sangat penting untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan. Berikut ini beberapa perlengkapan yang harus dibawa saat mendaki Gunung Prau.

 

1. Gunakan Sepatu Gunung

Perlengkapan pertama yang harus diperhatikan adalah sepatu gunung. Penting untuk Sobat Torch menggunakan sepatu gunung untuk memberikan perlindungan dan kenyamanan pada kaki selama perjalanan. Pastikan sepatu yang digunakan memiliki sol yang kuat dan tidak licin, serta memberikan dukungan yang cukup pada pergelangan kaki.

 

2. Bawa Jaket dan Pakaian yang Cukup

Cuaca di Gunung Prau bisa sangat dingin dan berubah-ubah. Untuk itu, selain jaket gunung yang tebal, hangat, dan anti air, pastikan juga membawa pakaian yang cukup untuk menghangatkan tubuh seperti kaos kaki, kaos kaki tebal, sarung tangan, dan topi.

 

Ada beberapa pilihan jaket anti air di Torch yang bisa kamu gunakan saat mendaki Gunung Prau, salah satunya Hyobin Anorak Jacket. Material jaket ini terbuat dari polyester-ripstop yang ringan dan breathable. Material ini juga dapat menahan hujan ringan saat sedang beraktivitas.

 

Jaket Minwoo ini memiliki potongan rileks dengan detail kerut dibagian bawah jaket yang nyaman digunakan. Dilengkapi dengan 2 saku bersleting yang bisa muat handphone dan barang kecil sesuai kebutuhan, serta aksen saku dada yang stylish. Jaket ini juga dilengkapi dengan detail logo reflektif yang memantulkan cahaya.

 

3. Bawa Makanan dan Minuman

Persiapkan makanan dan minuman yang cukup untuk memenuhi kebutuhan selama perjalanan. Hindari membawa makanan yang mudah busuk seperti buah-buahan dan sayuran. Sebaiknya membawa makanan berkalori tinggi seperti roti, mie instan, kacang-kacangan, dan camilan yang tahan lama. Untuk minuman, pastikan membawa air yang cukup untuk menghindari dehidrasi.

 

4. Bawa Senter

Senter menjadi perlengkapan yang sangat penting saat mendaki Gunung Prau, terutama saat akan mencapai puncak pada malam hari. Selain senter, pastikan membawa baterai cadangan agar tidak kehabisan daya saat digunakan. Sebagai cadangan tambahan, Sobat Torch bisa membawa senter lebih dari satu. Kamu bisa membagi setiap barang bawaan yang digunakan bersama dengan teman pendaki lainnya.

 

5. Membawa Obat-obatan Pribadi

Membawa obat-obatan pribadi seperti obat sakit kepala, obat anti-mual, atau obat anti-diare menjadi persiapan yang sangat penting. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kondisi kesehatan yang tidak diinginkan selama perjalanan. Mengingat obat-obatan yang tersedia di basecamp belum tentu memenuhi kebutuhan kamu. Jadi, pastikan kamu tidak lupa membawa obat-obatan pribadi ini ya.

 

Perlengkapan lainnya yang penting juga untuk kamu perhatikan yaitu tas yang hendak kamu gunakan untuk membawa barang bawaan. Torch menyediakan travel backpack yang bisa kamu gunakan juga untuk mendaki gunung, salah satunya Kanzaki Light Travel Backpack 30 Liter.

 

Jika waktu pendakian kamu hanya satu hari, Seo 30 Liter sudah cukup untuk menemani kamu. Bahan tasnya juga 30% lebih ringan dari tas pada umumnya namun 2x lebih kuat. Jadi, bawa banyak barang gak akan bikin tas ini terasa berat. Selain itu, shoulder strap-nya sudah dirancang ergonomis, jadi tidak akan membuat pundak kamu terasa pegal saat membawanya.

 

Kalau begitu, yuk segera miliki tas tersebut sekarang juga agar kamu bisa mempersiapkan diri dengan lebih matang untuk mendaki Gunung Prau via Wates. Kunjungi website Torch sekarang juga sebelum kehabisan!

Back to blog

Leave a comment