BEST SELLER

WAIST BAG

TRAVEL POUCH

BACKPACK

LIGHT TRAVEL BACKPACK

TRAVEL BACKPACK

PACKING ORGANIZER

OFFICE SERIES

OFFICE TOTEBAG

OFFICE SLEEVE

CASUAL CAMPING

UMBRELLA

GLASSES

MULTIFUNCTIONAL TOOLS

ARRAFA SANDAL

JACKET

T-SHIRT

PANT

SHIRT

OUTERWEAR

NECK WALLET

KEYCHAIN

WALLET

KONFIRMASI PEMBAYARAN

#TORCHSTORY

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

This section doesn’t currently include any content. Add content to this section using the sidebar.

Image caption appears here

Add your deal, information or promotional text

Mengenal 5 Perbedaan Hiking dan Trekking

Menjelajahi alam dengan berjalan kaki kerap kali disebut denganhiking,tetapi sebagian lainnya mengenalnya dengan istilahtrekking.Lalu, istilah mana yang lebih tepat? Sobat Torch harus mengetahui perbedaanhikingdantrekkingterlebih dahulu untuk menemukan istilah yang tepat. Untuk lebih mengenal perbedaannya, simak penjelasan di bawah ini ya.

Apa Itu Hiking?

Hikingmerupakan kegiatan berjalan jauh yang melewati area pegunungan, semak-semak, hingga kawasan pedesaan. Biasanya medan yang dilalui lebih mudah jika dibandingkan dengantrekking.Hal ini karena jalurnya relatif sudah bersih, lantaran telah dibuka untuk jalur pendakian umum. 

Waktu yang dibutuhkan untukhikingrelatif sebentar, yaitu sekitar 5-7 jam dalam sehari dengan jarak tempuh mencapai 3 sampai 50 kilometer. Jika Sobat Torch melakukanhikinglebih dari satu hari, maka kamu akan menemukan banyak tempat pemberhentian untuk istirahat. Contohhikingyaitu perjalanan ke Wisata Batu Kuda di Manglayang, Bandung. 

Apa ItuTrekking?

Jikahikingmerupakan aktivitas berjalan jauh dengan waktu yang relatif singkat, makatrekkingmemakan waktu hingga beberapa hari bahkan pekan. Lokasitrekkingcenderung terpencil dan akomodasi yang tersedia lebih sedikit. Juga, medan yang dilalui biasanya lebih sulit dilewati. 

Saat melakukantrekking,Sobat Torch harus membawa peralatan khusus lantaran jalur yang dilewati cenderung ekstrem. Juga, jarak tempuhtrekkingbiasanya mencapai 50 km hingga 1.000 km. 

Contohtrekkingyaitu perjalanan pulang pergi kebasecampEverest di Gunung Everest, Nepal. Perjalanan ini akan menempuh waktu tempuh hingga 14 hari dengan jarak maksimal 130 km. 

Baca Juga: Jangan Terlewat! 5 Perlengkapan Anak Motor yang Wajib Dimiliki untuk Riding

Apa PerbedaanHiking danTrekking?

Perbedaanhikingdantrekkingdapat dilihat dari beberapa aspek, yaitu durasi, persiapan, jalur, dan intensitas. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Durasi

Perbedaan yang paling menonjol antarahikingdantrekkingyaitu dilihat dari sisi durasi.Hikingbiasanya dilakukan kurang dari sehari, sedangkantrekkingdapat dilakukan hingga berhari-hari. Mengapahikinglebih singkat? Sebabhikingdilakukan di tempat wisata dengan medan yang mudah dan tidak terlalu terjal.

2. Persiapan 

Hikingbiasanya tidak memerlukan banyak perencanaan, karena rute pendakian sudah ditandai dengan jelas. Namun, bukan berarti tidak melalui perencanaan yang matang ya Sob, kamu tetap harus mempersiapkan perlengkapan pendakian dengan teliti. Selalu ingat untuk membawa perbekalan yang cukup meskipun jarak tempuh pendakian hanya berlangsung beberapa jam saja.

Sementara itu, persiapantrekkinglebih ekstensif karena Sobat Torch harus menandai rute perjalanan yang diambil. Berbeda denganhiking,kegiatantrekkingbiasanya tidak dilakukan di jalur yang sudah ditandai. Dalam hal ini, kamu harus menyiapkantravel backpackyang memuat barang-barang penting dan cukup banyak. Sebab, durasi perjalanantrekkingakan berlangsung hingga berhari-hari atau melewati pekan.

3. Jalur

Jalurhiking biasanya sudah ditandai dan berada di tengah hutan, gunung, perbukitan, dan cagar alam. Sedangkantrekkingtidak memiliki jalur tetap, karena Sobat Torch akan menjelajahi dan mengeksplorasi alam secara langsung. 

Jalurtrekkingbisa dimulai dari gunung, kemudian melewati jalan raya, terkadang melewati hutan, bertemu wilayah pedesaan, bahkan melewati pantai.Trekkingmemberi banyak kebebasan terkait jalur yang ingin di jelajahi dibandingkan denganhiking. 

4. Intensitas

Perbedaantrekkingdanhikingdapat dilihat juga dari sisi intensitasnya.Hikingbisa dikatakan sebagai kegiatan rekreasi, sehingga intensitashikingtidak terlalu berat. Meskipun bagi sebagian orang melewati jalan setapak di alam terbuka merupakan bagian dari tantangan, tetapi, umumnya dapat dilalui dengan mudah.

Namun, intensitastrekkingjauh lebih besar daripadahiking,lantarantrekkingberlangsung di medan yang berbeda dengan waktu tempuh yang cukup panjang. Jadi, kekuatan fisik untuk kedua aktivitas ini tentunya berbeda.Trekkingseringkali membutuhkan latihan fisik yang lebih intens. 

Baca Juga: Catat! Ini Dia Persiapan Touring Motor Jarak Jauh yang Harus Kamu Perhatikan

Apa Manfaat dari Mengikuti KegiatanHiking danTrekking

Selain seru dan menyenangkan,hikingdantrekkingmemberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, baik secara fisik maupun mental. Berikut beberapa manfaat dari mengikuti kegiatanhikingdantrekkingyang perlu kamu tahu.

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Hipertensi

Sebuah studi yang dilakukan oleh Center for Disease Control and Prevention merekomendasikan agar Sobat Torch berjalan setidaknya satu jam sehari. Sebab, berjalan dengan rutin akan mengurangi risiko terkenastroke. Nah, melakukanhikingatautrekkingsecara teratur akan meningkatkan kinerja jantung dan tekanan darah, sehingga dapat meminimalkan kemungkinanstroke.

2. Membuat Tubuh Lebih Bugar

Kegiatanhikingdantrekkingsangat menyehatkan untuk otot tubuh, lantaran dapat membangun kekuatan di bagian paha, otot kaki bagian bawah, dan paha belakang. Kegiatan luar ruangan ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.Hikingdantrekkingpada dasarnya latihan menahan beban dan membangun kepadatan tulang yang memberi dampak kesegaran pada tubuh.

3. Meningkatkan Kesehatan Mental

Stres, depresi, dan kecemasan akan meningkat jika Sobat Torch berada dalam ruangan terlalu lama. Berbagai kondisi mental tersebut dapat teratasi dengan menjelajahi alam bebas, sebab dapat mengalihkan pikiran dan kekhawatiran yang sedang dirasakan.

4. Membakar Kalori

Menurut sebuah studi, kalori di dalam tubuh akan terbakar sebanyak 440 sampai 550 kalori per jam saat melakukan aktivitashikingatautrekking.Membakar kalori dapat menurunkan berat badan dan mengencangkan otot tubuh.

perbedaan hiking

Rekomendasi Perlengkapan untukHiking dan Trekking

Diperlukan persiapan yang matang sebelum melakukan aktivitashikingdantrekking.Mulai dari persiapan fisik dan mental hingga perlengkapan penting yang perlu dibawa. Berikut rekomendasi perlengkapan pendakian yang perlu kamu persiapkan.

1. Sepatu

Sebelum melakukan pendakian, pastikan kamu memiliki sepatu khusus untuk mendaki. Sepatuhikingatautrekkingmemiliki berbagai kelebihan yang membuat perjalanan kamu semakin lancar dan pastinya aman. Kelebihan tersebut meliputi daya cengkeram yang tinggi, tahan terhadap berbagai kondisi cuaca, dan melindungi kaki kamu secara maksimal.

2. Makanan dan Air Cadangan

Mendaki gunung memerlukan tambahan kalori dan air supaya kondisi tubuh kamu tetap prima. Sebagai bentuk antisipasi, alangkah baiknya kalau kamu membawa makanan dan air cadangan saat melakukan pendakian. Misalnya, kamu akan melakukantrekkingselama empat hari, maka bawa makanan untuk porsi lima hari. Lebih baik lagi kalau kamu membawa jenis makanan yang mudah diolah. 

3. Perlengkapan Serba Guna seperti Pisau, Gunting, Korek Api, Dll

Sobat Torch dapat membawa pisau lipat yang multifungsi dan korek api untuk menghangatkan tubuh, memasak, dan melindungi diri dari ancaman hewan liar. Jangan lupa membawa senter danheadlampjika rencanahikingmaupuntrekkingkamu akan dilakukan hingga malam hari.

4. Tas Gunung atauTravel Backpack 

Memiliki tas gunung atautravel backpackwajib hukumnya bagi Sobat Torch yang akan melakukanhikingdantrekking.Pilihbackpackyang tahan air, ergonomis, dan mampu memuat banyak barang tetapi tidak makan tempat. 

Kumano Foldable Bag 19 + 2 Liter  cocok dengan kebutuhan kamu. Tas ini bisa menjadi alternatif untuk membawa barang tambahan, seperti belanjaan saattraveling.Terdapatquick access2slotdi bagian depan yang memudahkan kamu mengambil barang kebutuhanmu. Praktis bukan? 

Baca Juga: Mari Mengenal Apa Itu Porter dan Jenis-Jenisnya di Indonesia

Selaintravel backpack,Sobat Torch pasti membutuhkan jaket yangwindproofdan tahan air.Junha Packable Jacket hadir sebagai jaket andalan yang bisa kamu bawa selama pendakian. Kelebihan jaket ini bisa dilipat dan dimasukkan ke dalampouchyang terpasang pada jaketnya, sehingga memudahkan untuk dibawa ke berbagai tempat. 

Setelah mengenal perbedaanhikingdantrekking,saatnya kamu cek  official websiteTorch untuk solusi berbagai perlengkapan pendakian. Tunggu apalagi? Kunjungi website kami sekarang juga ya Sob. 

Cari