10 Rekomendasi Aktivitas Terbaik untuk Kamu Lakukan di Surabaya!

10 Rekomendasi Aktivitas Terbaik untuk Kamu Lakukan di Surabaya!

10 Rekomendasi Aktivitas Terbaik untuk Kamu Lakukan di Surabaya!


Halo Sobat Torch! Surabaya selalu menjadi destinasi wisata favorit bagi banyak orang, baik penduduk lokal maupun wisatawan domestik ataupun mancanegara. Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya menawarkan beragam tempat wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Torch juga menyediakan artikel mengenai itinerary Surabaya 3 hari 2 malam untuk Sobat Torch yang bingung menentukan aktivitas ketika liburan di Surabaya.


Mulai dari wisata sejarah, kuliner, hingga spot Instagramable, semua bisa Sobat Torch temukan di Kota Pahlawan ini. Nah, penasaran tempat wisata apa saja yang paling hits dan recommended buat kamu kunjungi?


Yuk simak rekomendasi dari Torch tentang 10 Aktivitas Terbaik untuk Kamu Lakukan saat Liburan ke Surabaya!

Rekomendasi Aktivitas Terbaik di Surabaya

1. Berswafoto di Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan adalah monumen ikonik Surabaya yang dibangun untuk mengenang para pahlawan yang gugur dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Lokasinya yang strategis di Alun-alun Contong, pusat Kota Surabaya, membuat Tugu Pahlawan jadi salah satu landmark paling populer di Surabaya sebagai spot untuk berswafoto.

Dengan desain arsitektur yang artistik dan memiliki nilai historis yang tinggi, tak heran banyak wisatawan maupun warga lokal berebut swafoto di area sekitar Tugu Pahlawan. Kamu bisa mencoba berfoto dari berbagai sisi dan sudut untuk mendapatkan hasil foto yang keren. Jangan lupa upload dan tag foto kamu di media sosial supaya makin banyak yang tahu tentang keindahan Tugu Pahlawan ini ya Sobat Torch!

2. Mengunjungi Kampung Arab

Masih di sekitar kawasan wisata religi Sunan Ampel, Surabaya, ada destinasi wisata unik bernama Kampung Arab. Seperti namanya, Kampung Arab memang dibangun dengan konsep arsitektur Timur Tengah ala negara-negara di Arab. Selain itu, sebagian besar penghuni disini beretnis Arab.

Begitu memasuki Kampung Arab, Sobat Torch bakal disambut dengan pemandangan khas dan bangunan-bangunan bergaya Arab. Banyak spot bagus di Kampung Arab yang cocok buat foto-foto dan selfie. Tak hanya itu, ada banyak penjual oleh-oleh khas Arab seperti pernak-pernik, kopiah, baju muslim, hingga kurma dan kuliner khas lainnya.

Suasana Kampung Arab Surabaya yang eksotik dan berbeda dari tempat lain ini patut Sobat Torch datangi kalau sedang berwisata ke Kota Surabaya.

3. Mengunjungi Museum 10 November

Museum 10 November merupakan salah satu museum paling bersejarah di Surabaya. Museum yang dibangun untuk memperingati pertempuran 10 November 1945 ini menyimpan banyak koleksi benda-benda otentik yang dapat memberi edukasi sejarah pemuda Surabaya.

Tampilan eksterior dan interior Museum 10 November didesain apik sehingga nyaman untuk dikunjungi. Di dalam museum, pengunjung bisa melihat beragam koleksi senjata, patung, mural, hingga baju dan jejak kaki para pahlawan yang tersimpan rapi, baik itu dari tentara Indonesia, tentara Inggris, maupun Jepang.

Selain mengajarkan nilai patriotisme dan kepahlawanan, Museum 10 November juga menyimpan cerita budaya dan kehidupan masyarakat Surabaya tempo dulu.

4. Berfoto di Patung Suro dan Boyo

Patung Suro dan Boyo adalah ikon terpopuler di kota Surabaya. Terletak di sekitaran Bundaran Waru, tampilan patung Suro dan Boyo yang besar dan artistik membuatnya jadi objek foto yang pas untuk mewakili wisata di Kota Pahlawan ini.

Patung Suro dan Boyo sendiri merupakan personifikasi dari seekor hiu dan buaya raksasa, dinamai dengan Suro tunggangan seekor hiu dan Boyo tunggangan buaya. Kedua tokoh ini merupakan legenda pendiri Kota Surabaya.

Sobat Torch bisa berselfie atau minta bantuan temanmu untuk memotret dirimu di depan atau dengan latar belakang patung Suro dan Boyo. Hasilnya tentu akan keren dan unik karena melambangkan ciri khas kota Surabaya.

5. Wisata Kuliner di Food Junction Grand Pakuwon

Banyak sekali pilihan kuliner otentik khas Surabaya yang bisa Sobat Torch cicipi di sini. Salah satu lokasi paling oke untuk mencoba aneka kuliner Surabaya adalah Food Junction Grand Pakuwon Surabaya.

Berlokasi di area kelas atas Pakuwon City Superblok Surabaya, Food Junction menghadirkan lebih dari 40 pilihan kuliner lokal hingga internasional. Mulai dari makanan tradisional seperti Soto Daging dan Rawon, hingga street food laris seperti Siomay dan Dimsum, ada semua di Food Junction.

Dengan harga terjangkau, fasilitas lengkap, dan spot selfie asyik di tiap sudutnya, Food Junction jadi rekomendasi pilihan tempat makan paling enak dan beragam untuk Sobat Torch.

6. Melihat Beragam Satwa di Kebun Binatang Surabaya

Masih di kompleks Pakuwon City, Surabaya, ada destinasi edukasi sekaligus rekreasi mengasyikkan yaitu Kebun Binatang Surabaya. Di sini Sobat Torch bisa bertemu langsung dengan ratusan hewan langka asli Indonesia maupun mancanegara.

Mulai dari harimau Sumatra, orangutan Kalimantan, hingga tiap jenis primata, burung hingga reptil bisa ditemukan di sini. Fasilitas Kebun Binatang Surabaya sangat lengkap, bersih, dan terawat dengan baik supaya pengunjung puas menikmati keindahan satwa-satwa di dalamnya.

Pengalaman melihat hewan secara live di habitat alaminya tentu sangat langka. Jadi, jangan lewatkan momen asyik ini saat berkunjung ke Surabaya ya Sobat!

7. Berwisata ke Atlantis Land

Atlantis Land adalah waterpark dan theme park paling populer di Surabaya. Dengan luas hingga 15 Hektar, Atlantis Land menyediakan puluhan wahana air sekaligus area bermain, outlet belanja, dan fasilitas makan yang sangat lengkap untuk semua kalangan.

Di sini kamu bebas menjajal wahana ekstrim seperti Niagara Flush, Kura-Kura, Hairpin, hingga area bermain anak seperti Dolphin Corner. Setelah puas bermain, Sobat Torch dapat bersantai sambil menikmati makanan dan minuman lezat.

8. Menikmati Pemandangan Ekowisata Mangrove

Destinasi wisata alam yang wajib Sobat Torch datangi saat ke Surabaya adalah Ekowisata Mangrove Wonorejo. Lokasinya berada di Kecamatan Rungkut, pinggir timur Kota Surabaya ini dikelilingi hamparan mangrove hijau yang asri dan sejuk.

Di Ekowisata Mangrove Wonorejo, Sobat Torch bisa menyusuri jalan setapak di hutan bakau sambil menikmati suasana alami nan sepoi-sepoi. Pemandangannya sungguh memanjakan mata dengan hamparan tambak dan laut lepas di kejauhan.

Aktivitas asyik yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Ekowisata Mangrove antara lain jelajah hutan mangrove dengan perahu tradisional, memancing, hingga sekedar bersantai di gazebo atau berjalan di jembatannya sembari menikmati panorama alam Wonorejo yang mempesona.

9. Berkunjung ke Kelenteng Sanggar Agung

Jika tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang sejarah dan tradisi masyarakat Tionghoa di Surabaya, Kelenteng Sanggar Agung bisa menjadi pilihan yang tepat. Didirikan sejak tahun 1999, Kelenteng Sanggar Agung ini menyimpan nilai historis dan religi yang tinggi.

Begitu masuk area kelenteng, kamu disuguhi arsitektur China kuno yang artistik dan penuh filosofi. Di dalamnya tersimpan patung-patung Dewa dan pelindung serta ornamen khas China yang unik. Suasananya yang tenang cocok untuk bersantai sejenak dari rutinitas perkotaan yang padat. Informasi kebudayaan dan religi China juga bisa Sobat Torch dapatkan saat mengunjungi vihara tua nan indah ini.

10. Berfoto di Pagoda Tian Ti

Destinasi hits lainnya di Surabaya adalah Pagoda Tian Ti yang berlokasi di Sukililo Baru, Surabaya. Pagoda bertingkat 3 dengan ketinggian mencapai 58 meter dan diameter sekitar 60 meter ini merupakan salah satu pagoda tertinggi di Indonesia, lho. Desain arsitekturnya yang artistik dan warna merahnya yang mengkilat, membuat Pagoda Tian Ti jadi spot selfie kekinian yang wajib Sobat Torch singgahi.

Boleh jadi landmark baru Kota Surabaya, keberadaan Pagoda Tian Ti makin memperkaya destinasi wisata menarik yang ditawarkan di kota ini. Jadi, tunggu apalagi? Segera datang dan rasakan sensasi berfoto ala negeri Tiongkok saat mengunjungi Pagoda Tian Ti Surabaya!
Jadi itulah 10 rekomendasi aktivitas seru dan terbaik saat berlibur ke Surabaya versi Torch. Mulai dari mengenang sejarah, menjelajah kuliner lezat, hingga berfoto di spot hits kekinian, semua bisa Sobat Torch rasakan saat berkunjung ke Kota Pahlawan ini.

Dengan keramahan warga lokal dan fasilitas wisata kelas dunia, Surabaya layak menjadi destinasi impian untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau sahabat terdekat.

Nah, tunggu apalagi? Segera kemas koper dan siapkan kamera untuk menjelajahi Surabaya. Dijamin pengalaman seru dan keseruannya akan tertinggal di memori Sobat Torch. Selamat berpetualang ria di Kota Pahlawan, Surabaya!
Back to blog

Leave a comment