Self Care: Pengertian, Manfaat, Tujuan, dan Cara Melakukannya

Self Care: Pengertian, Manfaat, Tujuan, dan Cara Melakukannya

Self care adalah konsep mencintai diri sendiri yang banyak membantu individu untuk pulih masalah mental yang mereka hadapi. Konsep ini jelas berbeda dengan keegoisan yang ada dalam diri manusia. Ketika seseorang mempraktikkan self care maka dirinya sadar tentang perasaan yang sedang dialami tetapi tidak mengabaikan orang di sekitar.

 

Konsep satu ini cukup penting mengingat ada banyak kejadian serta perubahan yang terjadi dalam waktu cepat. Belum lagi tekanan sosial yang cukup tinggi bisa membuat orang membandingkan diri mereka dengan yang lain. Oleh karena itu Sobat Torch juga harus memahami konsep self care dengan baik agar kesehatan mental tetap terjaga dengan baik.

 

Untuk meningkatkan kesadaran Sobat Torch, kali ini sudah tersedia informasi lengkap tentang self care yang perlu dipahami baik-baik. Kamu akan diajak memahami definisi, manfaat, tujuan, hingga cara melakukannya dengan baik. Simak selengkapnya di bawah ini ya Sob! 

 

Apa Itu Self Care?

Self care adalah suatu konsep yang mencakup tindakan-tindakan untuk menjaga dan meningkatkan kesejahteraan fisik, mental, serta emosional seseorang. Self care melibatkan perhatian dan perawatan terhadap kebutuhan diri sendiri, baik secara fisik maupun mental.

 

Konsep ini sebenarnya sudah ada sejak lama, tetapi kembali booming setelah pandemi yang berlangsung di seluruh dunia selama kurang lebih 3 tahun. Sejak semua orang “dipaksa” untuk beraktivitas di rumah, ada banyak masalah yang terjadi dan meningkatkan depresi.

 

Tidak sedikit yang akhirnya harus menemui psikolog karena masalah yang mereka hadapi membuat stres berlebihan. Namun dengan melakukan self care maka setiap orang jadi dapat mengatasi kesehatan mental mereka secara lebih baik.

 

Menurut The National Institute of Mental Health, mempraktikkan self care dapat membantu seseorang mengelola stres, menurunkan risiko terkena penyakit, termasuk meningkatkan energi.

 

Bahkan hal-hal sederhana seperti memanjakan diri dengan spa atau bermain game pada tingkat wajar dapat membantu mengelola rasa stres yang dihadapi. Self care adalah tentang komitmen untuk memberi waktu dan perhatian kepada diri sendiri dengan tujuan menjaga keseimbangan serta kebahagiaan dalam hidup masing-masing individu.

 

Itu sebabnya memahami self care sangat dibutuhkan agar setiap orang bisa menjaga kesehatan mental mereka terlepas kejadian yang terjadi dalam hidup. Makin mereka sadar untuk memperhatikan diri mereka dengan lebih baik maka makin stabil juga emosional yang dimiliki.

 

Apa Saja Manfaat dan Tujuan Self Care?

Self care memiliki manfaat serta tujuan yang signifikan dalam menjaga kesehatan dan keseimbangan hidup seseorang. Ketika kamu meluangkan waktu untuk merawat diri sendiri maka manfaat yang positif bisa sangat dirasakan. Berikut beberapa manfaat self care yang penting untuk diketahui.

 

1. Meningkatkan Kesehatan Fisik

Salah satu manfaat utama dari self care adalah meningkatkan kesehatan fisik. Hal ini dilakukan dengan berolahraga, istirahat yang cukup, dan menjaga pola makan yang seimbang. Tiga tindakan tersebut jelas merupakan bentuk self care yang bisa kamu lakukan di rumah. Meski terlihat sederhana, menjaga diri sendiri jelas dapat meningkatkan kondisi fisik kamu secara keseluruhan.

 

2. Meningkatkan Kesehatan Mental dan Emosional

Self care juga memiliki dampak positif pada kesehatan mental dan emosional. Dalam dunia yang serba sibuk dan stres, penting untuk memberikan waktu untuk merawat pikiran dan perasaan.

 

Melakukan kegiatan yang membawa sukacita, seperti membaca, mendengarkan musik, atau menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih akan membantu kamu mengurangi stres, kecemasan, sekaligus depresi.

 

Self care bahkan dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri, pemahaman diri, dan memperkuat koneksi sosial. Jadi saat kamu mulai merasa depresi, coba lakukan self care seperti yang dianjurkan dalam artikel ini.

 

3. Meningkatkan Produktivitas dan Kreativitas

Ketika kamu memberikan waktu untuk merawat diri sendiri maka dirimu juga sedang memberi kesempatan untuk beristirahat dan mengisi kembali energi. Hal ini jelas mampu meningkatkan produktivitas dan kreativitas kamu saat bekerja.

 

Keadaan tubuh dan pikiran yang segar akan membuat kamu lebih siap dalam menghadapi tugas maupun tantangan sehari-hari. Kamu juga akan lebih kreatif dalam menemukan solusi dan menghasilkan ide-ide baru yang dibutuhkan dalam hidup.

 

4. Meningkatkan Kualitas Hidup

Percaya atau tidak, self care bisa membantu kamu meningkatkan kualitas hidup secara menyeluruh. Memberi perhatian, menghargai, dan menghormati kebutuhan diri sendiri menjadi langkah awal bagi kamu untuk dapat meningkatkan kualitas hidup.

 

Kamu jadi tahu apa yang kamu rasakan serta inginkan untuk pada akhirnya membuat keputusan dengan lebih baik. Bukan untuk dinilai baik oleh orang lain tetapi demi kebahagiaan diri sendiri. Tindakan seperti ini jelas membantu kamu menciptakan hidup yang lebih seimbang, bahagia, dan juga bermakna.

 

5. Meningkatkan Ketahanan dan Keseimbangan

Melalui self care, kamu sebenarnya sedang membangun ketahanan fisik, mental, dan emosional yang kuat. Kamu jadi belajar mengatur batas, mengelola stres, dan menjaga keseimbangan antara pekerjaan, kehidupan pribadi, serta waktu untuk diri sendiri.

 

Hal ini akan membantu kamu menghadapi tantangan hidup dengan lebih baik dan mengurangi risiko kelelahan.

 

6. Meningkatkan Kualitas Hubungan dengan Orang Lain

Peningkatan kualitas hidup yang kamu punya melalui self care juga akan berdampak pada Self peningkatan kualitas hubungan dengan orang lain. Ketika kamu berhasil merawat dan mencintai diri sendiri dengan baik maka energi positif dan kebahagiaan akan terbawa ke dalam setiap hubungan yang dibangun.

 

Hal ini sejalan dengan pernyataan yang mengatakan “Kamu hanya bisa mencintai orang lain sebanyak dirimu mencintai diri sendiri”. Saat kamu memberikan perhatian yang besar bagi kebutuhan pribadi maka perbuatan yang sama juga akan tercermin saat berelasi dengan orang lain.

 

Bagaimana Cara Melakukan Self Care?

Mempraktikkan self care tidak perlu dengan biaya yang mahal atau sesuatu yang sangat sulit dilakukan. Kamu juga tidak perlu melakukan self care agar dinilai baik oleh orang lain. Cukup lakukan hal sederhana tanpa terbeban oleh siapa pun.

 

Lakukan semua tindakan untuk kepentingan serta kebahagiaan dirimu sendiri barulah kamu memikirkannya untuk orang lain. Cobalah mulai dari beberapa tindakan sehari-hari seperti berikut ini.

 

1. Menjaga Pola Makan

Pola makan yang seimbang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Itu sebabnya kamu perlu memperhatikan asupan nutrisi yang tepat, seperti mengonsumsi sayur dan buah-buahan, protein, karbohidrat, dan lemak sehat.

 

Mulailah untuk mengurangi dan menghindari makanan yang terlalu banyak mengandung gula dan lemak jenuh. Pemilihan makanan ini sejatinya cukup efektif untuk membuat diri kamu menjadi lebih baik, bukan hanya secara fisik tetapi juga mental.

 

2. Berolahraga

Berolahraga secara teratur juga dapat menjadi tindakan self care yang menghasilkan efek positif. Ketahanan fisik dan mental melalui olahraga pada akhirnya akan membantu kamu mengelola emosi dan pikiran yang banyak mengambil energi. Cobalah untuk mulai melakukan olahraga sederhana dalam waktu yang singkat sehingga kebiasaan baik dapat terbangun.

 

3. Tidur Cukup

Tidur yang cukup adalah salah satu aspek penting dalam self care. Cobalah untuk tidur minimal 7-8 jam setiap malamnya agar pikiran dan tubuh bisa beristirahat sebagaimana mestinya.

 

Tahukah kamu bahwa kurangnya tidur dapat menurunkan kinerja otak dan membuat pribadi menjadi lebih sensitif. Itu sebabnya memiliki tidur yang cukup sangat penting dilakukan. Hal ini bahkan dapat membantu kamu mengurangi risiko penyakit berbahaya.

 

4. Mengelola Stres

Stres dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. Untuk mengelola stres, cobalah luangkan waktu melakukan relaksasi, meditasi, atau kegiatan lainnya yang dapat membantu mengurangi tekanan. Kamu bisa mencoba membaca buku, menonton film, atau pergi memanjakan diri ke spa.

 

5. Menjaga Kesehatan Mental

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Untuk menjaga kesehatan mental, kamu bisa mencoba melakukan kegiatan yang dapat membantu mengurangi stres, seperti jalan-jalan di taman, meditasi, atau berbicara dengan teman atau keluarga.

 

6. Melakukan Hobi atau Kegiatan yang Menyenangkan

Melakukan hobi atau kegiatan yang menyenangkan juga termasuk bentuk self care yang banyak dilakukan oleh masyarakat di seluruh dunia. Melakukan hobi yang kamu sukai pasti akan meningkatkan mood dan perasaan senang sehingga beban pekerjaan bisa dilupakan sejenak.

 

Baca Juga: Apa Itu Traveling? Simak Tips, Manfaat, dan Cara Melakukannya Di Sini

 

7. Menghentikan Kebiasaan Berbahaya

Ada beberapa kebiasaan yang berbahaya bagi kesehatan, seperti merokok, minum alkohol, atau mengonsumsi obat-obatan terlarang. Meski awalnya terasa menyenangkan, kamu harus ingat bahwa dampak akhirnya sangat buruk bagi kesehatan fisik dan mental.

 

Jadi pilihlah dengan bijak apa saja tindakan yang bisa dijadikan kebiasaan baik. Hindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat membawa kamu dalam keadaan berbahaya pada masa depan.

 

Sekarang kamu jadi lebih paham mengapa melakukan self care sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Ingat bahwa self care adalah salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk mengelola perasaan dan pikiran yang sering tidak stabil.

 

Mulailah dengan memperhatikan diri sendiri dalam intensitas yang lebih banyak dari sebelumnya. Saat kamu memperlakukan diri dengan baik maka hubungan dengan orang lain pun akan jauh lebih bermakna.

 

Hal sederhana lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mempraktikkan self care ialah dengan berbelanja. Contohnya membeli baju baru yang bisa digunakan saat traveling atau dalam aktivitas sehari-hari.

 

Torch punya banyak baju dengan desain keren yang pastinya nyaman di kulit. Coba pahami dahulu seperti apa baju yang kamu butuhkan. Apakah untuk bersantai? Berolahraga? Atau nongkrong bersama teman? Tenang! Semuanya tersedia dan tinggal kamu pilih sesuai kesukaan.

 

Beberapa di antaranya seperti Yangbo Graphic Tshirt Boarding PassSuho Basic TshirtRafiq Jacket Button Overshirt, Hyobin Anorak Jacket, Zaydan Twotone Overshirt, Raiz Button Denim Overshirt, Asfar Hoodie Overshrt, dan masih banyak lagi.

 

Yuk segera kunjungi Official Store Torch untuk berbelanja baju-baju keren yang kamu butuhkan. Buat dirimu lebih bahagia dengan berbelanja yang mudah, cepat, dan nyaman hanya di Torch!

Back to blog

1 comment

Good

Leli

Leave a comment